1. Diberitahukan akan ada perpanjangan maintenance Forum IDWS pada hari Sabtu, 29 Agustus 2015 pada pukul 23.59 WIB. Informasi lebih lanjut ada di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
  4. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
  5. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.
  6. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Zona MTV membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Zona MTV (West Series, Asian Drama, Tokusatsu).

Saat Monster dan Naga Menghantui si Kecil

Discussion in 'Lifestyle' started by kiefs, Dec 5, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    kiefs Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +744 / -0
    Jakarta, Anak kecil terkadang menjadi penakut setelah menonton film atau animasi yang menggambarkan monster, naga atau karakter menyeramkan lainnya. Orangtua perlu memberikan pengertian soal makhluk-makhluk halus ini agar anak bisa melawan rasa takutnya.

    Seperti yang dilakukan seorang ibu bernama Melinda Roberts yang menonton film animasi bersama anak-anaknya yang berusia 7 tahun, 9 tahun dan 11 tahun. Melinda mencoba membantu anak-anak untuk mengenali suara aktor dan bagaimana proses film tersebut dibuat sehingga anak-anak tidak takut dengan monster, naga atau bentuk menyeramkan lainnya.

    Hal itu sesuai dengan sebuah penelitian dari jurnal Child Development yang menyatakan bahwa meyakinkan anak-anak gambar-gambar tersebut tidak nyata sangat membantu anak usia 7 tahun ke atas menjadi tidak takut. Tapi untuk anak di bawah usia 7 tahun hal ini tidak terlalu berhasil dan cenderung kurang disukai anak-anak.

    Jika seorang anak percaya adanya makhluk raksasa di tempat tidurnya, maka orangtua harus mengatakan bahwa makhluk tersebut hanya ingin bermain bersamanya. Saat anak sudah merasa sedikit tenang, orangtua bisa menjelaskan bahwa makhluk raksasa tersebut sebenarnya tidak ada dan tidak nyata.

    Dawn Huebner, seorang psikolog dari Exeter, New Hampshire mengungkapkan jika anak sudah bisa memahami perbedaan antara khayalan dan kenyataan, maka anak harus bisa mengatasi ketakutan tersebut dengan pikiran bahwa gambar yang menghantuinya adalah tidak nyata, seperti dikutip dari CNN.

    Orangtua bisa mengajari anak cara membedakan ketakutan di kepalanya dengan bahaya yang sebenarnya. Anak yang sudah bisa memahami konsep "false alarm" dapat membantunya memahami bahwa rasa takut tersebut tidak berarti ada ancaman dan dapat meyakinkan dirinya sendiri untuk menjadi lebih berani.

    Jika anak belum bisa membedakan antara khayalan dengan kenyataan, maka orangtua bisa menggunakan strategi "raksasa yang ramah" pada anak-anaknya saat masih kecil dan cara ini terbilang cukup berhasil. "Ini bukan menekan pikiran negatif, tapi berusaha membingkai sesuatu menjadi sedikit lebih positif," ujar psikolog Liat Sayfan dan Kristin Hansen Lagattuta.

    Tapi sebuah penelitian sebelumnya menunjukkan anak usia 3 sampai 4 tahun tidak dapat menggunakan penalaranannya untuk bisa membuat dirinya merasa lebih baik. Untuk itu Huebner menyarankan agar mematikan televisi jika program atau filmnya terlalu menakutkan bagi anak yang masih sangat kecil.

    "Lebih baik bagi anak-anak untuk meninggalkan ruangan atau penutup matanya jika menonton karakter yang menakutkan, karena melihat sekilas tontonan tersebut dapat meninggalkan kesan yang lebih dalam daripada melihat terlalu lama," ungkap Huebner.

    Sebagai contoh, beberapa anak bahkan ada yang merasa takut saat melihat sampul DVD. Bagi anak yang sudah lebih besar, mengajaknya berpikir tentang proses pembuatan film dapat membantunya mengatasi ketakutannya pada gambar-gambar yang menyeramkan. Karena nantinya anak-anak akan lebih terpesona dengan berbagai efek khusus yang dihasilkan dari gambar tersebut.

    Untuk bisa mengatasi ketakutan anak terhadap monster, naga atau raksasa lainnya, sebaiknya orangtua sesuaikan dengan usia si anak apakah sudah bisa membedakan antara fantasi dengan kenyataan atau harus menjauhkannya dari gambar atau tontonan tersebut.
     
    • Like Like x 1
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.


  3. Offline

    Suigintou Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    408
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +346 / -0
    Hohoho..................
    Persiapan untuk masa depan nih kalau udah berkeluarga :tampan:
    Moga2 aja kagak lupa :tega:
     
  4. Offline

    peter82 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    3,963
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,924 / -0
    ajak main ular naga panjang aja deh:haha:
     
  5. Offline

    IDWSdonator Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2009
    Messages:
    154
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +25 / -0
    trauma waktu kecil saya di takutin ama setan krudung, pocong

    mpe sekarang masih terasa takutnya

    [​IMG]
     
  6. Offline

    mr_ark Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    17,313
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +47,121 / -6
    Anak-anak perlu diajari untuk membedakan khayalan dan kenyataan supaya nantinya tidak terus terlena dengan khayalannya dan cenderung menjadi orang yang pemimpi. :semangat:
     
  7. Offline

    chipmunk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 23, 2009
    Messages:
    815
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +298 / -1
    klo gitu kasigh film tentang naga yg lucu ato imut aj
     
  8. Offline

    AlexRoddick Beginner Members

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    477
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21 / -0
    sejak kecil di takut2in sih, jadi trauma deh
     
  9. Offline

    isengdude Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    667
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +36,333 / -0
    gw dolo juga sering parno2 gara2 nonton horor.. tapi makin gede makin berkurang...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.