1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Intermezo Rokok? Yuk kita ngobrol bareng!

Discussion in 'Official and Free Talk' started by nikensepteria, May 26, 2015.

  1. Offline

    nikensepteria Senpai Super Moderator

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    9,011
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +60,228 / -0
    #GirlsTalk

    Hallo perempuan cantik dan lelaki gagah indowebster :hi:
    Mungkin belum banyak yang aware sama salah satu thread Girls Talk Female Insight sebelumnya, yaitu: It's my real beauty thought, how about you?
    Kali ini, kami dari Female Insight ingin membuka diskusi Girls Talk yang baru, yaitu Rokok.
    Tema ini kami bahas karena pada tanggal 31 Mei 2015 nanti adalah World No Tobacco Day, dan akhir-akhir ini banyak sekali isu tentang rokok yang banyak beredar di masyarakat. Untuk beberapa teman-teman Female Insight disini mungkin sudah sering berbincang, tapi ada juga yang belum tahu mengenai isu rokok yang sedang kita perbincangkan ini, dan juga kenapa sih sampai harus seluruh dunia merayakan hari tanpa rokok ini, sebelumnya yuk kita simak dulu beberapa pengetahuan dan artikel yang kami sajikan:

    Sedikit pengetahuan tentang rokok

    Rokok - Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
    Adapun bahan-bahan kimia yang terkandung pada rokok yang sering di cantumkan dalam bungkusnya yaitu Nikotin (kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks) dan Tar (yang terdiri dari lebih dari 4.000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik).
    cr: wiki
    Lalu apa itu karsiogenik?
    Karsiogenik adalah zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, emfisema, dan bronkitis kronik. Atau juga kanker lain, seperti kanker nasofarings, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan rahim.
    cr: dailytribun


    Stop! Cukup disitu bahasan ilmiahnya, sekarang kita ke pengalaman yang ada di sekitar kita yuk!


    [​IMG]

    Pemuda yang memposting foto diatas adalah Robby Indra Wahyuda namanya, apa ada perempuan cantik di indowebster yang belum kenal? Tahun 2014 lalu Robby membuat ramai social media karna robby memposting foto selfienya di ruang isolator ke akun media social miliknya saat dirinya melakukan terapi penyakit kanker larynx yang didiagnosa oleh dokter segai akibat dari merokok. Tujuannya hanya satu yaitu mengingatkan dan menyadarkan para perokok tentang bahaya merokok.

    Sejenak kita tinggalkan dulu kisah robby diatas, kisah diatas hanya 1 dari beribu – ribu bahkan berjuta – juta himbauan tentang bahaya merokok. Masyarakat memang demikian sensitif ketika dihadapkan pada kenyatakan bahaya merokok. Akan selalu timbul masalah perdebatan antara mereka yang membela perokok, melawan yang memang sudah tidak bisa move on dari kebiasaan buruk merokok itu sendiri. Berbagai cara dilakukan untuk menyadarkan perokok dari bahaya merokok. Salah satunya adalah Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day). Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day) bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan.



    Yuk kita diskusikan perihal rokok ini dari kacamata kita sebagai perempuan dan pemuda penerus bangsa Indonesia~! :unyil:
    Ada pertanyaan untuk teman-teman semua seperti biasanya, silahkan di jawab ya:
    1. Apakah kalian mengetahui Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day)? Menurut kalian seberapa seberapa penting dan efektif Hari Tanpa Tembakau? Perlukah diterapkan juga di Indonesia?
    2. Seberapa efektif Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day) memberikan kesadaran tentang bahaya merokok bagi para perokok ? Apa saja yang sudah kalian lakukan untuk membuat kalian, keluarga, dan teman-teman kalian sadar bahaya akan rokok dan bahkan bisa membuat pecinta rokok berhenti merokok?
    3. Share yuk disini pengalaman pribadi kalian dengan tembakau dan rokok~!
     
    Last edited by a moderator: May 29, 2015
    • Like Like x 1
    • Semangat! Semangat! x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    uutchi29 Superstar Super Moderator

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    15,946
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +82,677 / -1
    Girls Talk Rules Discussion



    1. Grand Rules IDWS serta Rules Zona Female Insight tetap berlaku disini
    2. Member dapat saling membalas quote, dengan tetap membahas sesuai dengan tema Girls Talk
    3. Untuk Girls Talk kali ini, para laki-laki juga diperbolehkan untuk mengutarakan pendapatnya
    4. Silahkan ungkapkan apa yang kalian pikirkan mengenai diskusi Girls Talk, dengan tidak OOT, Flaming, Bashing, Trolling dan lainnya
    5. Sanksi yang di berikan tetap berlaku untuk seluruh member jika melanggar
    6. Rules lain akan di tambahkan jika diperlukan.
    Regards,
    Supermoderator & Moderator Female Insight
     
    Last edited: May 29, 2015
    • Like Like x 1
  4. Offline

    uutchi29 Superstar Super Moderator

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    15,946
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +82,677 / -1
    It's my real beauty thought, how about you? - Discussion

    mau ajak temen temen kesini~
    yuk ikutan diskusi disini :hmm:
    aianaaiana nengNidanengNida hazzastylehazzastyle wiwis6002wiwis6002 deiichandeiichan; dinaratnajuwitadinaratnajuwita Taeny87Taeny87 callanticallanti; yuihigayuihiga fennyJWZfennyJWZ ffdaffda TasayukiTasayuki AyumuAyumu; armDarmD; vagabondvagabond ernimulyandariernimulyandari jengkelinihjengkelinih deiichandeiichan bluejanuarybluejanuary; TezukayumuTezukayumu erfierfi HateLoveHateLove AynaAndalusiaAynaAndalusia CarlJSmithCarlJSmith daedaevidaedaevi yuramelodyyuramelody iniririniniririn; janicenaomijanicenaomi superraresuperrare akane_greenakane_green; RAAsyndromeRAAsyndrome theanttheicetheanttheice allisyaallisya; ohohleeohohlee indr3sindr3s luccianluccian AnjelLadyAnjelLady; R4COONR4COON Wid_HiWid_Hi novitanuphinovitanuphi; mystiquellemystiquelle vin_zhivin_zhi; fhierhafhierha bluejanuarybluejanuary armDarmD
    dan yang lainnya yang belum saya mention satu per satu boleh ikut diskusi disini loh :matabelo:
     
    Last edited: May 29, 2015
    • Like Like x 2
  5. Offline

    fhierha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2014
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,517 / -0
    Ikut jawab kak...
    1. Apakah kalian mengetahui Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day)? Menurut kalian seberapa seberapa penting dan efektif Hari Tanpa Tembakau? Perlukah diterapkan juga di Indonesia?

    Pernah dengar World No Tobacco Day, tapi hanya sekedar dengar aja. Menurutku, ini merupakan salah satu upaya dunia untuk menyadarkan warga dunia bahwa rokok itu bukanlah masalah skala kecil namun seluruh dunia. Ana sangat berterimakasih kepada pencetusnya, karena memberikan manfaat positif untuk banyak orang. Di sini, beliau-beliau ini sudah berupaya untuk mengajak seluruh masyarakat untuk sadar akan bahaya rokok, baik yang aktif maupun pasif. Sepatutnya, kita yang harus melanjutkan perjuangan mereka dengan mulai memberi perhatian pada masalah ini dan menyikapi, setidaknya dilingkungan kita sendiri dulu. World No Tobacco Day adalah simbol dan itu nanti yang akan diteruskan untuk menciptakan dunia yang bebas dari rokok. Kalau ini diterapkan di Indonesia, sangat bagus sekali. Karena, Indonesia memiliki perokok aktif yang banyak sekali apalagi tembakau juga banyak di Indonesia. Yaa, walaupun begitu banyak larangan dilarang merokok, mereka tetap saja merokok apalagi di RS dan tempat umum lainnya. Ini memang butuh kesadaran dari diri sendiri dan bantuan orang di sekitar kita untuk mengatasinya.


    2. Seberapa efektif Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day) memberikan kesadaran tentang bahaya merokok bagi para perokok ? Apa saja yang sudah kalian lakukan untuk membuat kalian, keluarga, dan teman-teman kalian sadar bahaya akan rokok dan bahkan bisa membuat pecinta rokok berhenti merokok?

    Kalau menyangkut kesadaran yaa, ini tergantung individu. Karena ada atau tidaknya World No Tobacco Day toh mereka tetap merokok tanpa mempedulikan akibat bagi dirinya maupun sekitarnya. Ini lebih kepada diri sendiri, diri yang sadar akan akibat rokok dan berkemauan menjauhkan rokok dari hidupnya. Tindakan ana sih, sering bilang ke saudara, jangan rokok kadang pakai isyarat tutup hidung atau gak kayak menghalau asapnya, nanti mereka matikan rokoknya kalau gak pergi ngerokok ke tempat terbuka dan jauh dari ana. Untuk info-info, menurutku mereka yaa udah pada tau, namun kemauan dari diri yang masih lemah. Soalnya, ketika puasa, mereka puasa juga ngerokok. Pas buka, yaa ngerokoknya lanjut. Ini butuh proses yang tidak sebentar dan ini juga butuh kedekatan dengan Tuhan karena merokok itu banyak mudharatnya, sehingga dalam agama itu perlu dijauhi. Berdo'a yang terbaik untuk para perokok aktif maupun pasif, terutama yang aktif untuk berhenti merokok dan membelanjakan uangnya untuk hal yang lebih bermanfaat lagi.. Aamiin.. Dan untuk yang pasif semoga di beri kesehatan dan kesabaran menghadapinya. Jangan putus asa selalu mengingatkan sesama.


    3. Share yuk disini pengalaman pribadi kalian dengan tembakau dan rokok~!

    Pengalaman pribadi palingan kalo ketemu orang ngerokok itu sering pake bahasa isyarat, ujung-ujungnya rokoknya dimatikan. Kalau di lingkungan keluarga, ya dikasih tau langsung kalo rokok itu gak baik dan ana gak bisa kena rokok, jadinya keseringan di suruh pindah kalo duduk di rumah:sigh:. Kalau kena asap rokok, rasanya udah sekarat. Karena penciuman agak tajam, jadi sesek rasanya kalo ketemu asap rokok. Apalagi kena baju atau jilbab :aghh: baunya itu loo... gak banget :mandi: . Itu dulu deh... :hmm:
     
    Last edited: Jun 1, 2015
    • Like Like x 1
  6. Offline

    andr3a Silent Reader Members

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -1
    asap rokok menganggu pernafasan
     
  7. Offline

    armD gori's rule Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2012
    Messages:
    5,039
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1,896 / -0
    Hari ini hari tanpa tembakau

    Diharapkan bagi yg merokok mngurangi dan tdk merokok di t4 umum. Teruatama areal puplik yg biasa diakses anak2, bumil dll

    Mo jwb pertanyaannya.
    1. Apakah kalian mengetahui Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day)?
    Ga tau secara detail. Cuma pernah tau aja kalo hr ini hr tanpa tembakau.
    Taunya dr mana? Papan iklan di jalan.

    2. Menurut kalian seberapa seberapa penting dan efektif Hari Tanpa Tembakau?
    Kalau disosialisasi..dibikin acara dan dipatuhi c mungkin effektif/penting. Walaupun cuma 1 hari.
    Minimal bs mengurangi sdikit polusi.

    3. Perlukah diterapkan juga di Indonesia?
    Yg perlu diterapin di Indonesia itu penegakan dan kesadaran orang ttg t4 merokok yg tepat.
    Kalo dilarang2 jg malah kayak disuruh. #ups :lol:

    4. Seberapa efektif Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day) memberikan kesadaran tentang bahaya merokok bagi para perokok ?

    Efektif ngaknya c g tau. Hbs g tau jg program apa yg dilakuin hr itu. Ato hanya jd hari biasa aja bagi yg ga tau dan g peduli. :hmm:

    Tapi yg namanya usaha meskipun sedikit ato kecil pasti berdampak.

    5. Apa saja yang sudah kalian lakukan untuk membuat kalian, keluarga, dan teman-teman kalian sadar bahaya akan rokok dan bahkan bisa membuat pecinta rokok berhenti merokok?

    Di rumah g ada yg ngerokok c.

    Teman ada yg ngerokok pas SMA. Kbetulan dpt sekelompok tugas. Paling cm ngingetin aja buat ga ngerokok di sekitar kita pas ngerjain tgs. Dulu ada tman yg ga bs nerima asap rokok karena kondisi badannya yg g sempurna.
    "If you want to kill him." silakan merokok di sekitarnya.
    Trs mereka menerima syarat untuk tdk merokok di sekitar kita dimanapun itu.

    Kl ush buat pencinta rokok berhenti c g pernah cb. Tp kl ngingetin bahaya rokok c iya. Kadang kl pengguna cuek ma diri sendiri. Tp kl diingetin ttg effeknya bagi orang2 yg pengguna rokok sayang biasanya mempan.

    Jika itu g mempan patut dipertanyakan :haha:
     
    Last edited: May 31, 2015
    • Like Like x 1
  8. Offline

    Estherzilla Post Hunter Moderator

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,765
    Trophy Points:
    232
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +20,947 / -0
    [​IMG]

    Seminggu yang lalu, Aku kaget melihat iklan di salah satu stasiun televisi Indonesia. Dalam iklan layanan masyarakat tersebut, ada seorang perempuan yang mengajak kita menjauhi rokok. Awalnya kumengira wanita yang kehilangan suaranya tersebut adalah salah satu perokok yang aktif. Betapa terkejutnya aku saat mengetahui bahwa wanita berjilbab tersebut menderita kanker pita suara hanya disebabkan karena lingkungan kerja beliau selama 10 tahun yang selalu banyak dikunjungi oleh para perokok. Ya, hanya karena menjadi perokok pasif, wanita berusia 37 tahun itu menderita penyakit yang menyebabkan lubang besar pada bagian lehernya.

    Betapa berbahaya merokok hingga tidak hanya pelakunya saja yang mendapatkan akibatnya, melainkan orang-orang di sekitarnya juga ikut terkena bahaya rokok tanpa harus merokok.

    Saya sendiri juga baru mengetahui Hari Tanpa Tembakau sedunia pada awal tahun ini. World No Tobacco Day yang diperingati pada tanggal 31 Mei bertujuan untuk mengingatkan masyarakat dunia mengenai bahaya merokok bagi kesehatan, termasuk kesehatan para non-smoker yang terkena asap para perokok aktif.

    Menurut saya, penting sekali bahwa peringatan Hari Tanpa Tembakau sedunia ini untuk diperingati di Indonesia. Alasan saya adalah, negara Indonesia adalah negara yang cukup lunak dalam membuat hukum mengenai rokok. Di berbagai negara di dunia sudah banyak yang melakukan berbagai cara untuk membuat
    masyarakatnya menjauhi rokok, melalui gambar penderita penyakit akibat rokok yang dibuat sangat besar, hampir seluruh kartonnya tertutupi oleh gambar yang mengerikan itu, hingga larangan untuk menjual rokok seperti di negara Saudi Arabia. Lain halnya dengan Indonesia yang masih sangat mendukung warganya untuk merokok, bahkan acara-acara besar seperti konser musik di negara ini pasti selalu disponsori oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi rokok.

    1 hari tentunya tak cukup bagi para perokok untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Oleh karena itu, negara-negara anggota Organisasi Kesehatan dunia (WHO) sepakat untuk membuat perjanjian mengenai pengendalian rokok yang dikenal dengan nama FCTC atau Framework Convention on Tobacco Control.
    Perjanjian ini disepakati dalam sidang kesehatan sedunia pada tanggal 21 Mei 2003, dan 12 tahun kemudian, Indonesia yang seharusnya ikut menandatangani perjanjian pada saat itu, masih belum juga melakukannya. Padahal jumlah perokok di Indonesia diperkirakan mencapai 53,7 juta orang dewasa. Penelitian Global Adult Tobacco Survey (GATS) tahun 2008-2013 juga mencatat lebih dari 85 persen orang dewasa di Indonesia terkena paparan asap rokok di rumah, yaitu lebih dari 78 persen di tempat makan, dan lebih dari 50 persen di tempat kerja.


    Aku sebenarnya bersyukur dibesarkan dalam keluarga yang tidak merokok. Di rumahku, merokok sangat dilarang. Bahkan tidak ada tamu yang masuk ke rumah dalam keadaan merokok. Ayah yang dulunya juga perokok tidak pernah merokok saat di rumah. Beliau hanya sesekali merokok di saat keluar rumah.
    Aku dan adikku terus mengingatkan ayah untuk berhenti. Kebetulan ayah orangnya memiliki berat badan di atas rata2. Bahkan selain merokok, beliau juga gemar minum kopi. Makanya kami selalu mengingatkan tentang bahayanya merokok terutama untuk jantung dan paru2. Kami juga menyarankan kepada
    Ayah untuk check up ke dokter. Akhirnya Beliau check up dan disuruh untuk berhenti merokok oleh Dokter :yahoo:
    Alhamdulillah ayah sudah berhenti merokok dan mulai rajin berolahraga. Beliau juga menjaga pola makan dan berhenti minum kopi dan merokok.

    Kalau aku sendiri, sejak kecil sudah diajarkan merokok itu perbuatan yang buruk meskipun dulu tidak memikirkan bagaimana bentuk dari keburukan yang diakibatkan oleh rokok.

    Pengalaman saya mengenal kekejaman rokok adalah pada waktu smp. Waktu itu sekolah saya mendatangkan seorang pakar yang membahas akibat dari merokok.
    Ketika mendengar kata pakar, mungkin kita akan membayangkan seorang dokter atau ahli kesehatan. Tetapi yang datang ke sekolah saya waktu itu adalah seorang aktor :kaget:

    Ingat film jin dan jun? Aktor yang datang ini adalah pemain tetap dari sinetron itu. Tetapi yang datang bukanlah jun apalagi jin, melainkan "ayah" dari jun. :XD:

    Beliau bernama Fuad baraja. Pak Fuad datang ke sekolah saya membawa gambar-gambar mengerikan :takut: Mulai dari paru-paru yang hitam, bentuk tenggorokan yang terkena penyakit, lidah dan bibir perokok yang hancur dan hitam. Sampai sekarang gambar-gambar itu masih terpatri jelas.
    Bukan hanya itu, beliau juga membawakan contoh kotak kardus rokok dari negara-negara di dunia yang memiliki kebijakan rokok yang ketat. pada bungkus rokok itu, gambar penyakit akibat dari rokok dipasang penuh satu kotak (tidak separuh atau bahkan sepertiga). Pak Fuad juga menunjukkan gambar baliho
    yang ada di jalan-jalan raya negara lain yang memasang gambar penderita rokok dengan sangat jelas, meskipun sekarang sudah banyak negara yang melarang untuk memasang billboard iklan rokok.
    Sejak saat itu aku mulai membenci rokok.

    Kalau dulunya aku cuma menghindari, sekarang buatku perokok sama seperti pembunuh.
    Karena sebagaimana yang dialami oleh Ike Wijayanti, nama wanita pada gambar di atas, rokok tidak hanya membunuh para perokok, para perokok pasif juga akan terkena dampaknya.

    Meskipun sekarang disediakan ruangan, tetapi itu hanya ada di kota-kota besar. Sedangkan perokok tidak hanya ada di kota besar. Bahkan menurutku, perokok terbesar adalah kaum menengah ke bawah.

    Jadi menurutku, peraturan merokok di Indonesia harus lebih ditegaskan lagi. Bukan hanya dalam bentuk peraturan daerah saja, tetapi peraturan yang mencakup nasional.

    Semoga Indonesia segera menandatangani FCTC dan meratifikasi pasal-pasal dalam perjanjian tersebut. :doa:
     
    • Like Like x 3
  9. Offline

    valentinorizall Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2010
    Messages:
    529
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +2,423 / -1
    ga tau knapa ane ga bisa merasakan kenikmatan yang dirasakan para peokok ketika merokok???
    jadi ane ga ngerokok deh
    ane lebih milih beli makanan daripada rokok gan, rokok ga ada rasanya buat ane sih
     
    • Like Like x 1
  10. Offline

    xanderbourneo Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 25, 2015
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    51
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +244 / -13
    banyak orang beralasan pikiran lebih tenang ketika merokok, apa benar?
     
  11. Offline

    fhierha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2014
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,517 / -0
    Mereka beralasan karena mindsetnya udah di buat kalo rokok itu bikin tenang, ato gak mereka udah candu ama rokok... Bukankah rokok itu bisa bikin orang mabok yaa, seperti narkoba ato miras...

    Kalo udah candu biasanya mau statement kayak gimanapun, baginya rokok itu seakan soulmate... Kalau ingin berhenti, sebaiknya memang bener-bener dari diri sendiri dulu... tobat dulu laah... (maaf jika kata-katanya tidak enak)... hehehe

    엘피라 ↖(^▽^)↗
     
  12. Offline

    arlentsoe Silent Reader Members

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    agak annoying liat iklan layanan masyarakat yg lehernya bolong.
     
  13. Offline

    fuikisama Superstar Moderator

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    17,814
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +22,676 / -179
    [​IMG]

    1. Tahu sih dicanangin ma WHO sejak 1987 tiap 31 Mei, meski sebenernya ada perluasan makna yg rada2 mengganggu jg. Hari tanpa tembakau, tembakau memang identik dengan rokok tapi jangan lupa banyak manfaat positif tembakau bila diolah bukan sebagai rokok, bahkan bila dalam bentuk rokok tembakau dpat menyebabkan kanker namun ternyata bisa diolah sebagai bahan anti kanker loh :unyil:
    1. Penghasil Protein Anti Kanker
    Tanaman tembakau ternyata dapat menghasilkan protein anti-kanker yang berguna bagi penderita kanker. Untuk mendapatklan protein dimaksud dapat dibuat dengan cara memasukkan DNA dari tubuh manusia dimasukkan ke dalam DNA tanaman tembakau melalui bakteri, sehingga tanaman tembakau secara alami akan menghasilkan protein sesuai DNA yang dimasukkan berupa cairan protein yang bermanfaat sebagai anti kanker, misalnya kanker mulut rahim karena tembakau mengandung sumber protein yang dapat menstimulasi antibody terhadap human papilloma virus (HPV), yang menjadi penyebab kanker mulut rahim. Selain untuk protein antikanker dapat juga sebagai stimulasi perbanyakan sel tunas (stemcell) yang bisa dikembangkan untuk memulihkan jaringan fungsi tubuh yang sudah rusak.
    2. Melepas gigitan lintah dan membunuh serangga
    Manfaat tembakau, selain bisa diekstrak dan diambil bagian tertentu seperti nikotin yang digunakan di berbagai macam produk baik makanan maupun minuman, tembakau juga dapat gunakan untuk melepaskan gigitan lintah kalo lagi di dalam hutan, tembakau juga bisa digunakan untuk insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang sangat ampuh untuk membunuh serangga.
    3. Obat diabetes dan antibody.
    Penggunaan tembakau yang dimodifikasi secara genetik untuk memproduksi obat diabetes dan kekebalan tubuh.
    4. Anti radang
    Tembakau transgenik dapat memproduksi interleukin-10 (IL-10), yang merupakan cytokine anti-radang yang ampuh. Cytokine adalah protein yang merangsang selsel kekebalan tubuh agar aktif. Kode genetik (DNA) yang mengode IL-10 ditanam dalam tembakau, lalu tembakau akan memproduksi protein yang bermanfaat sebagai anti radang, saelain itu dapat membantu mencegah kencing manis atau diabetes melitus tipe 1. Diabetes melitus tipe 1 atau diabetes anak-anak dicirikan dengan hilangnya sel beta penghasil insulin pada pankreas.
    5. Obat HIV / AIDS
    Tembakau dapat menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) penyebab AIDS, yang disebut griffithsin. HIV adalah virus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia. Bedanya, bukan tembakaunya yang menghasilkan protein, melainkan virus tembakaunya.
    6. Pemelihara kesehatan ternak
    Ekstrak tembakau (nikotin 1,68%) mempunyai potensi untuk membasmi cacing H.contortus. Sebagai akibatnya hasil pengobatan akan memberikan keuntungan bagi para pemelihara ternak, sebab kesehatan ternak tersebut makin baik.
    7. Penghilang embun
    Tembakau bisa juga digunakan untuk menghilangkan “embun” pada kaca dalam mobil pada waktu hujan dengan cara menggosokkan tembakau pada kaca tersebut.
    8. Obat luka
    Daun Nicotiana tabacum berkhasiat sebagai obat luka. Untuk obat luka dipakai ± 25 gram daun segar Nicotiana tabacum, dicuci dan ditumbuk sampai lumat. ditambah minyak tanah ± 25 ml diperas dan disaring. Hasil saringan dioleskan pada luka.
    9. Sebagai Biofuel
    Daun tembakau ternyata dapat meningkatkan kadar minyak nabati yang merupakan langkah awal dalam memanfaatkan tanaman ini untuk keperluan biofuel. Tembakau dapat menghasilkan biofuel lebih efisien daripada produk pertanian lainnya. Namun, sebagian besar minyaknya hanya terkandung di dalam biji/ benih tembakau (sekitar 40 persen minyak per berat kering). Meskipun kandungan minyak nabati biji tembakau telah diuji dan dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel, namun produksi biji tanaman tembakau masih sangat rendah, yakni sekitar 600 kg biji per hektar.
    Setiap usaha bt ninggalin sesuatu yang kurang bermanfaat (terlebih sebagian ulama ada yg menfatwakan haram) tentu penting + patut didukung.
    Kurang efektif IMHO :keringat: Memang di luar negeri tampak efektif dgn adanya dukungan peraturan dari pemerintah dan kesadran masyarakatnya tapi bila dicermati produsen2 rokok dunia mengalihkan produksi + pangsa pasarnya ke negara2 berkembang khususnya termasuk Indonesia. Terbukti pabrik2 rokok lokal semacam S*mp**rn* dibeli oleh Philip Morris.
    Biar bagaimana pun tetep perlu didukun penerapannya di Indonesia tapi bukan sekedar retorika hari2 pencangan seperti yg lainnya supaya efek nyatanya terasa.

    2. Seperti saya bilang di awal ga efektif sebenernya terlebih di Indonesia
    Tulisan bahaya merokok diperbesar + penyertaan gambar bahaya merokok di tiap kemasan jujur kurang terasa efeknya bt menyadarkan pecandunya biar berhenti atau mengurangi
    Jangankan cuma imbauan seperti itu, perda larangan merokok di tempat umum dgn denda hingga jutaan rupiah aja dianggap angin lalu bahkan oleh pemda (ga pernah terlihat beneran didenda sih pelakunya)
    Event2 yg dgandrungi remaja jg sebagian besar masih didanai produsen rokok loh
    Mulai dari musik, seni, olahraga
    CSR mereka jg rada2 absurd ngasih beasiswa tetep pake embel2 produknya, fasilitas kampus smacam tempat sampah jg mesti ada logo/nama produknya pdahal lita tahu aturannya lingkungan pendidikan hars bebas bgituan
    Bt aktivis jg jgn cuma sekedar dukung HTTS tpi klo cari sponsor kegiatan masih ngandelin produsen rokok

    Sebenernya tinggal ketegasan ma keberanian bt negur pecandunya
    Bt bikin pecandu berhenti itu susah kalo pake pendekatan ilmiah sebangsa bahaya kesehatan kecuali mereka dah beneran terasa sakitnya atau kesulitan dananya baru bisa drastis ngurangin/berhenti dlm waktu singkat
    Kudu perlahan pake semacam teguran moral
    Usahakan jangan pernah mau disuruh membeli rokok (klo pun terpaksa ya kurangi aj dari yg dsuruhnya bilang habis atau apa kek) atau berdekatan dengan yg merokok
    Saya bahkan 'mengusir' ayah & abang2 saya klo merokok di dekat saya :oglol:
    Temen2 kost jg dlarang masuk kamar alhasil mereka yang menyingkir klo merokok meski ga lagi dkamar saya

    Tempat umum langsung kasih 'tatapan buas' buat negurnya klo perlu langsung bilang area tsbt dilaang bt merokok dan kita ga nyaman masih kurang adukan aj ke petugas klo dikereta misalnya

    Tahun lalu pas saya mudik
    Sempet nyaksiin langsung kakek2 usia skitar 50-60 yg diusir dari kereta dan diturunkan paksa akibat ketahuan merokok didalam gerbong
    Dia langsung diturunkan dstasiun terdekat meski stasiun tjuannya masih jauh
    Sempet terlihat mengiba pas sebelum diturunin ke petugasnya tapi tetep dkasih sanksi tegas
    Soalnya bener jg klo dbiarin palagi itu klihtan ma pumpang lain bakal jadi contoh ga baik
    Terlebih secara aturan petugas yg ketahuan membiarkan dgn alasan apapun akan dberisanksi pemptongan gaji hingga dskors
    Trakhir terlihat pas kereta melaju pergi kakeknya memelas duduk diruang tunggu stasiun mungkin sedih + bingung lanjut perjalanannya gmana :sedih:
    Scara tiket kereta ga bgitu murah jg skarang + musim mudik pasti habis rata2

    So hati2 bt para perokok skarang mulai ada petugas yg tegas :terharu:

    3. Keluarga saya perokok berat dari ayah sampai 2 abang
    Mau ga mau mesti jadi perokok pasif drumah
    Bt ngurangin paparannya ya itu tadi 'diusir' aj jgn boleh deket2

    Saya sendiri sempet sih icip2 pas skitar SMP
    Maklum abg penginnya coba2 semua hal
    Dari yg lintingan bikin sendiri dari daun kawung (yg Sunda mungkin tahu apa itu daun kawung) kertas pahpir (ini kertas emang khusus bt ngelinting rokok ada manis2nya jg klo djilat :lol:) pake tembakau bikin ngerajang sendiri (hasilnya lebih mild) ato yg djual khusus (hasilnya ada yg lebih padet, berat isepannya dbanding 234 yg dianggap rokok kretek paling berat), rokok klobot yg suka pake menyan campurannya (skali isepan bkin mau muntah so cukup skali aj nyobanya), rokok putih yg mild, sampai cerutu yg bisa awet 1jam diisepnya. Untung yg jelas haram macem ganja ga pernah nyentuh sama skali :terharu:

    Well awalnya emang cuma iseng nyoba2 sih pnasaran lihat ayah ma abang ko demen
    Tahunya dtest sendiri sama skali ga enak rasanya + rokok itu asapnya bau
    Jelas ga baik bt indera penciuman saya yg tergolong sensitif (masuk kamar abang aj sampai sekarang masih bikin pusing :dead:)
    Slain itu ada hal yg lbih bkin saya nyandu karena enaknya, kopi ma coklat :p
    + hobi ngegame sbagai gamer dan tersedot kesana, sperti saya bilang soal terbasnya dana lbih efektif :XD: ngegame mendingan bareng ngopi ma coklat kenyang + lbih sehat
    1 hal lg saya ga peduli meski diblang ga gaul ga cowok dll ma temen2 yg sok2an mrasa keren klo ngerokok
    Ga pernah pduli pnilaian omongan orang slama bukan sesuatu yg jelas salahnya
    Dijauhin jg ga masalah brarti emang tuh taraf temennya cuma sbatas hal sepele kek gtu so ga patut dilanjutin
    I have my own life n my own principles :nikmat:


    Btw bt yg punya couple terlanjur nyandu usahain bt dilarang keras bgitu ketahuan deket2 rokok
    Sekedar share kaka ipar saya klo lihat abang pegang2 rokok mesti langsung dtanyain trus dminta + dipatahin rokoknya :lol:
    Ah tw caranya disesuaikan jg sesuai sikon jgn ampe maksud baik justru dianggap melecehkan pasangannya ya
    Terlebih klo dpan orang lain sbangsa temen2nya :XD:
    Slain itu arahin ke 'candunya' yg lain yg lbih sehat tpi tetep terkontrol jg (klo kasus saya gem ngopi ma coklat :malu)
     
  14. Offline

    fuikisama Superstar Moderator

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    17,814
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +22,676 / -179
    Bener soalnya rokok memicu peningkatan hormon dopamine yg berhubungan dgn mood baik

    Biasanya sebatang rokok akan habis dalam 10 kali hisapan atau sekira 5 menit. Hanya 5 menit, tapi menit-menit penuh malapetaka bagi organ-organ tubuh Anda.

    Sepanjang merokok, 4.000 bahan kimia menyusup ke dalam tubuh. Simak perjalanan 5 menit sebatang rokok bisa mengancam kesehatan jantung dan paru-paru Anda, seperti disitat Womenshealth. baca (Bahan Kimia Berbahaya Pada Rokok)

    0-10 detik pertama

    Ketika Anda mengambil hisapan pertama, asap melewati mulut Anda, meninggalkan semacam serbuk cokelat yang menempel di gigi. Gas-gas beracun seperti formaldehyde dan ammonia segera menempatkan sistem kekebalan tubuh pada status waspada, menyebabkan peradangan di setiap bagian.

    Setelah di tenggorokan, asap rokok secara temporer memperlambat cilia Anda. Cilia bak “tukang sapu” yang bekerja membersihkan sistem pernapasan Anda dari serangan lendir dan partikel debu. Sementara itu, nikotin yang masuk lewat udara langsung menuju aliran darah Anda melalui jutaan kapiler di paru-paru.

    Tubuh Anda seakan mendapat sentakan energi ketika nikotin menyentuh kelenjar adrenalin, memicu produksi lebih besar yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Jantung Anda tidak bisa rileks sepenuhnya pada tiap detakan. Akibatnya, Anda berisiko lebih tinggi mengalami stroke.

    Pada saat yang sama, karbonmonoksida (komponen beracun yang juga ditemukan pada knalpot mobil) dari asap rokok mulai membangun dalam darah Anda, membatasi kemampuan tubuh untuk mengangkut oksigen ke organ-organ vital.

    Melalui aliran darah, nikotin menyerang otak Anda, di mana sel-sel saraf tertentu beraksi dengan membiarkan terjadinya lonjakan hormon dopamine, hormon yang berhubungan dengan mood baik.

    Setelah 5 menit

    Setelah tingkat dopamin melonjak dengan cepat, tubuh Anda merindukan sesuatu yang lebih “tinggi”, bahkan jika Anda tidak menyadarinya.

    Jika secara berkala Anda mulai ketagihan, otak akan menyesuaikan. Alhasil, Anda akan semakin sulit untuk berhenti merokok. Bahkan, beberapa ahli mengandaikan nikotin sama adiktif seperti heroin. Asap rokok memang sudah hilang, tapi tubuh Anda masih akan menyerap bahan-bahan beracun dari rokok hingga 6-8 jam berikutnya.
     
    • Like Like x 1
  15. Offline

    fajrimnugrah Members

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    saya sendiri tidak merokok, dan sangat tidak suka dengan bau roko
     
  16. Offline

    fhierha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2014
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,517 / -0
    Nah itu... sangat bagus sekali... semoga kebiasaan positifnya dapat ditularkan ke sekitarnya... ヽ(´▽`)/

    엘피라 ↖(^▽^)↗
     
  17. Offline

    jeanngriffin Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 28, 2011
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +25 / -0
    Saya sangat tidak suka bau asap rokok
    orang indonesia agak lucu juga
    jelas2 di kemasan dan iklan rokok nya sendiri sudah ada peringatan tapi tetap juga merokok dengan heboh.

    Pemerintah indonesia tidak tegas terhadap masalah bahaya rokok
    Bayangkan anak2 sekolah dibawah umur juga bebas beli rokok
    Kalau di Jepang, tidak akan ada pedagang yang berani menjual ke anak2 di bawah umur.

    Saya tidak tahu ini karena minim pengetahuan tentang bahaya rokok atau tidak perduli.
    seorang perokok aktif akan meracuni keluarga dan orang sekitar menjadi perokok pasif.
     
  18. Offline

    BadBoolean Members

    Joined:
    Feb 8, 2012
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Saya mantan perokok berat 4 tahun lalu,
    Niat aja gag cukup kayaknya buat berhenti merokok.
    Harus ada sock terapi baru bisa bener2 berhenti total
     
  19. Offline

    fahmigarpit Members

    Joined:
    Nov 26, 2009
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    udh berenti ngerokok dari 2010, rasanya plong paru2 klo olah raga :)
     
  20. Offline

    k1m0ch1 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,227
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,967 / -0
    saya penikmat rokok, bukan perokok berat dan saya adalah perokok beretika.

    etika gw kalo merokok :
    1. bukan di tempat umum.
    2. jangan keliatan orang lain.
    3. perhatikan jangan sampai asap kena orang lain (biarpun itu perokok juga)
    4. putung rokok tidak dibuang sembarangan.
    5. jauhi dari wanita dan anak kecil.

    perokok berat dan penikmat rokok itu beda..
    penikmat itu mereka punya etika dan tujuan merokok adalah menikmati, seperti hal lainnya seperti makanan dan minuman, ibaratnya hanya mencicipi dan beretika.
    penikmat itu bisa 1 minggu tanpa rokok.
    perokok berat itu trashing smoker.. mereka teracuni racun nikotin.
    perokok berat itu 1 hari tanpa rokok itu ga enak.
     
  21. Offline

    Messiah10 Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 9, 2010
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -2
    ane paling anti ma perokok...nyium bau n kena asapnya aja pasti kerasa beda di napas
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.