1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Resiko memiliki tubuh tinggi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Jul 27, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Memiliki tubuh tinggi semampai mungkin menjadi dambaan banyak orang. Namun sebuah penelitian justru mengungkap tubuh yang tinggi justru meningkatkan risiko penyakit tertentu. Sebelumnya, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang dengan tubuh yang tinggi lebih berisiko mengidap kanker.

    Seperti dikutip dari Daily Mail, pembekuan darah juga cenderung terjadi pada pria yang memiliki tubuh tinggi. Menurut tim peneliti di University of Tromso, Norwegia, hal itu karena mereka cenderung memiliki berat badan berlebih, dan risiko mengalami pembekuan darah pun bisa fatal.

    Penelitian ini menemukan kasus vena thrombo-emboli pada tubuh yang tinggi, yaitu kondisi pembekuan darah dalam paru-paru. Hal ini sering dipicu oleh gumpalan darah di kaki dan berisiko lebih tinggi pada pria yang ukuran tubuhnya 2,57 kali dibandingkan ukuran normal.

    Ssebuah teori menyebutkan bahwa darah harus dipompa dalam jarak yang lebih jauh pada orang yang tinggi. Hal ini menyebabkan aliran darah berkurang di kaki dan meningkatkan risiko pembekuan.

    "Pria tinggi cenderung memiliki massa otot yang lebih besar dan mungkin kecepatan darah mengalir ke dalam massa otot lebih lambat. Hal ini bisa mengakibatkan pembekuan," kata Aaron Sweeney, seorang ahli bedah konsultan pembuluh darah di Rumah Sakit Lewisham.

    Selain itu, pria dengan ukuran tubuh lebih tinggi, bobot tubuhnya lebih berat dan cenderung terus meningkat. Khususnya pada mereka yang mengalami obesitas. Karena, bobot menempatkan tekanan ekstra pada kaki dan betis, sehingga mengurangi aliran darah.
    Orang dengan tubuh lebih tinggi dari ukuran normal juga berisiko
    mengidap berbagai penyakit. Berikut tiga gangguan kesehatan yang cenderung dialami seseorang yang bertubuh tinggi.


    Nyeri Punggung
    Semakin tinggi seseorang, semakin besar kemungkinan untuk menderita nyeri punggung. Hal ini karena orang yang lebih tinggi memiliki kecenderungan lebih besar untuk membungkuk.

    "Sayangnya, ketika kita bungkuk, ligamen punggung kewalahan sehingga menyebabkan sakit dan nyeri," kata ahli bedah ortopedi Suhail Chughtai.

    Kanker Payudara
    Menurut studi terbaru tentang penelitian kanker, wanita yang ukuran tubuhnya tinggi risiko terkena kanker payudara meningkat sebesar 16 persen untuk setiap 4 inci. Profesor Karol Sikora, direktur medis Cancer Partners UK, percaya bahwa hal ini terjadi karena tingginya kadar hormon pertumbuhan pada wanita yang tinggi. Hormon ini merangsang pertumbuhan tubuh, khususnya selama masa kanak-kanak dan remaja.
    Sebuah studi yang dilakukan tim dari Universitas Oxford menemukan wanita yang tinggi, hormon pertumbuhannya lebih banyak 28 persen. Hal ini lebih mungkin untuk mengembangkan estrogen yang bisa memicu terjadinya kanker payudara.

    Melanoma
    Wanita dengan tubuh yang tinggi juga lebih berisiko terkena kanker kulit. Menurut penelitian terbaru oleh Cancer Research, risikonya meningkat sebesar 32 persen untuk setiap kenaikan 4 inci. Seperti kanker payudara, hormon yang terkait pertumbuhan dan tinggi tubuh juga diperkirakan memainkan peran.

    Tidak melulu membahayakan kesehatan, mereka dengan tinggi melebihi tinggi badan orang normal juga memiliki keuntungan. Beberapa penelitian juga menunjukkan dengan tubuh yang tinggi, seseorang bisa terhindar dari gangguan jantung dan berumur panjang.

    Penyakit jantung
    Studi ilmiah menunjukkan bahwa orang yang lebih tinggi berada pada risiko lebih rendah dari penyakit jantung koroner. Peneliti mengatakan orang yang lebih pendek memiliki arteri koroner lebih kecil, yang bisa lebih berpengaruh pada masalah aliran darah.

    Umur panjang
    Para ahli dari Universitas Bristol menemukan panjang kaki bisa menentukan rentang hidup seseorang. Kesimpulan ini didapatkan setelah mereka melakukan penelitian soal kerangka manusia.
    Teori ini menyatakan bahwa tinggi badan menjadi penanda untuk gizi yang lebih baik di dalam rahim. Hal ini berarti risiko yang lebih rendah menderita penyakit jantung dan penyakit pernapasan. (eh)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/236125-risiko-kesehatan-memiliki-tubuh-tinggi
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    acehkhan12 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,317 / -1
    anehnya org dulu tinggi2 malah umurnya lebih panjang dr org2 jaman sekarang..:hahai:
     
  4. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Badan tinggi yang abnormal = Marfan's syndrome.

    Penyakit ini merupakan kelainan pada jaringan ikat kolagen yg ditandai badan tinggi kurus + jari tangan panjang2 seperti laba2 + agak bungkuk + biasanya ada kelainan bentuk aorta (pembuluh darah terbesar yg keluar dari jantung).
    penderitanya bisa meninggal mendadak kalau kelainan aorta itu menyebabkan pecahnya pembuluh darah.

    Biasanya orang2 dengan penyakit ini lebih atletis sehingga kebanyakan jadi atlet.
     
  5. Offline

    FulLZac Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    495
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +4,303 / -0
    tinggi normal itu brapa gan? jadi kalo udah lewat tinggi nomar bisa gampang mati ya?
     
  6. Offline

    3Volution Beginner Members

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    449
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +1,039 / -0
    tinggi saya di atas rata-rata tapi kena penyakit sinusitis

    ya moga aja penelitiannya bener :hahai:
     
  7. Offline

    antclan Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 22, 2011
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    tapi setinggi apa dulu, klo tingginya lebih dari orang normal sih mungkin aja
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.