1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Historical Places Rahasia Tugu Pancoran

Discussion in 'Indonesian History' started by lovemoca, May 31, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    lovemoca Beginner Members

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +924 / -0
    [​IMG]

    patung yang biasa disebut patung pancoran ini sebenarnya bernama asli patung dirgantara. karena letaknya yang berada di daerah pancoran, patung ini biasa disebut patung pancoran. patung ini memiliki tinggi 11 meter dan terbuat dari 11 ton perunggu serta memiliki landasan berbentuk lengkungan dari beton setinggi 27 meter. Dirancang oleh Edhi Sunarso, dibuat oleh seniman Keluarga Arca dari Yogyakarta, dan diawasi langsung oleh Presiden Soekarno sendiri, patung ini selesai dibangun dalam dua tahun (1964-1965).

    banyak yang bertanya mengapa arah tangan patung pancoran mengacung ke arah utara???
    mengapa tidak ke arah timur. atau selatan?? mengapa pula tidak mengarah ke istana???

    Sayangnya sekarang monumen ini tertutupi oleh jalan layang dan jalan tol
    inilah potret pancoran tempoe doloe…


    [​IMG]

    beberapa cerita tentang acungan tangan patung pancoran terus mengalir selama beberapa dekade. beberapa orang menceritakan bahwa patung ini menghadap ke sebuah pelabuhan sunda kelapa yang merupakan jantung peradaban bangsa indonesia selama di jajah belanda. ada juga yang mengatakan bahwa patung ini mengarah ke sebuah lokasi harta karun peninggalan Ir. Soekarno yang konon bisa melunasi hutang negara indonesia.

    ayo kita rame2 liat tangannya nunjuk mana terus ikutin arahnya :em0100:

    namun ada juga yang bilang dulu maksud di bangunnya tugu pancoran adalah untuk menyatakan bahwa kiblat politik indonesia adalah ke RUSIA arah komunis???
     
    Last edited: Oct 7, 2009
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    fuzee Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    311
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,981 / -0
    coba dibikin film mistery thriller kaya davinci code. pasti keren tuh.
     
  4. Offline

    rubah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    825
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +29 / -0
    mungkin tu patung kayak jam matahari ??? kan Jakarta dolo belum banyak gedung bertingkat
     
  5. Offline

    Lyco Senpai Staff on Hiatus

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,697 / -0
    ..:th_093: intinya rahasianya masih belum ketahuan?
     
  6. Offline

    Raestloz Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    5,098
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    Satu lagi topik yang isinya beda dengan judulnya... :hammer:
     
  7. Offline

    Sunoe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,950 / -0
    Bukannya tuh tangan klo angel samping miring ke atas, berarti ke arah angkasa...
     
  8. Offline

    Feischmaker Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,021 / -0
    menurut gw malah seperti salam pada der fuhrer :haha:
     
  9. Offline

    UCOKLUMBALUMBA Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 16, 2008
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,187 / -0
    hahaha itu gampang bro...
    tugu pancorana punya nama asli patung dirgantara
    jadi arah utara yang di tunjukan sama tuh patung adalah lokasi bandara di jakarta yang dulu ada di kemayoran jakarta
    sebelum di pindah kan ke cengkareng bro
     
  10. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    Wah keknya kalo 2 ini bisa jadi deh :haha:
    Tapi yg pertama gw rasa agak lucu karena jadi mirip dongeng/mistik :lol:
    Selain itu Bung Karno kan deket sama orang2 Rusia (tapi jangan dibahas lebih lanjut bisa bahaya nih ujung2nya).
     
  11. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,728 / -1
    Kalo bener harta karun sih lumayan :blink:
    Tapi hartanya tuh apaan dan darimana asal usulny :???:
    Terlalu banyak spekulasi :cerutu:
     
    • Like Like x 1
  12. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    Gak tau juga, mungkin itu harta dari warisan nenek moyang yang cuma Bung Karno yang tau...
    Ah, kok saya jadi berspekulasi juga :haha:
     
  13. Offline

    murbaut Members

    Joined:
    Mar 24, 2010
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    yah berarti tetap misteri,,

    tapi mungkin itu sebagai indikator ketinggian banjir jakarta,,kalo ketinggian air sudah sampai ke batas ketiak patung manusia bukannya terlihat seperti orang yang sedang berenang?hehehehehe :piss:
     
  14. Offline

    zakuroba Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    1,607
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +7,353 / -0
    g pernah denger berita kyak gini saia.. :piss:

    tapi kalo ada harta karun nya..boleh juga tuh.. :blink: :blink:
     
  15. Offline

    ilcloud Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    5,401
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +7,306 / -0
    beneran tuh???

    gw kira karena banyak orang yang a tau dimana tebet, makanya patung pancoran dibangun menghadap ke utara seakan berkata "mas, tebet disana :lol:"
     
    Last edited: Apr 8, 2010
  16. Offline

    aqua00 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,003 / -0
    mungkin patungnya jadi inspirasi film superman gan...
     
  17. Offline

    shini234 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    1,348
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,721 / -0
    ah. masa sih nunjikin tempat harta karun. mungkin itu cuman monumen biasa.
     
  18. Offline

    ThePuckals Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 6, 2008
    Messages:
    145
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,000 / -0
    umm.,patung Pancoran ya.,.
    klo gw denger dari temen gw,
    sebenarnya Patung Pancoran itu nunjuk ke arah Palangkaraya,mungkin ada yg bersedia ngukur pke GPS ama theodolit,,hehe
    ada pendapat yg menyatakan bahwa Bung Karno dulu sudah merencanakan ibukota di Palangkaraya,Kalimantan karena secara geografis lebih berada di tengah2 Indonesia dan memiliki luas yang lebih luas dari Jakarta, tapi belum sempet ngasi komando sudah di turunkan
     
  19. Offline

    davelf Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    792
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +65,113 / -0
    lunasin hutang bangsa Indonesia???:hahai::hahai::hahai: Dulu mungkin mantan Presiden Ir. :onion-86:Soekarno nga tau kalo utangnya Indonesia bakal ampe sebanyak ini
     
  20. Offline

    SanoAccuro Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +50 / -0
    fotonya keren, Jakarta tempo doeloe masih leggaaaaaaaa........
     
  21. Offline

    ZeronoZ Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 15, 2010
    Messages:
    174
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +21 / -0
    ad ap dgn arah'a y
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.