1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Rahasia Terselubung Tanda Di Bawah Botol Plastik

Discussion in 'Science and Technology' started by Lord_Freakz, Sep 4, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Lord_Freakz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    1,279
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,423 / -0
    ini trit pindahan dari komunitas..:maaf:

    Rahasia Terselubung Tanda Di Bawah Botol Plastik

    [​IMG]
    Nah...Ternyata ada RAHASIA di balik tanda-tanda itu, yang penting banget kalian ketahui.

    Tanda di bawah botol itu merupakan kode yg dikeluarkan The Society of Plastic Industry pada tahun 1998 di Amerika Serikat dan diikuti oleh lembaga-lembaga pengembangan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization).

    Secara umum tanda pengenal plastik tersebut berciri-ciri :
    1. Berada atau terletak di bagian bawah,
    2. Berbentuk segitiga,
    3. Di dalam segitiga tersebut terdapat angka,
    4. Serta nama jenis plastik di bawah segitiga.

    Berikut arti dari istilah-istilah tersebut :

    1. PETE/PET
    [​IMG]
    Tanda ini biasanya tertera logo daur ulang dengan angka 1 di tengahnya serta tulisan PETE atau PET (polyethylene terephthalate) di bawah segitiga. Biasa dipakai untuk botol plastik, berwarna jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya.

    Botol jenis PETE/PET ini disarankan hanya untuk sekali pakai. Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang.

    Bahan PETE ini pun berbahaya bagi pekerja yang berhubungan dengan pengolahan maupun botol daur ulang botol PETE. Pembuatan PETE menggunakan senyawa antimoni trioksida. Senyawa ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan dengan menghirup udara yang mengandung senyawa tersebut.

    Seringnya menghirup senyawa ini dapat mengakibatkan iritasi kulit dan saluran pernapasan. Bagi wanita, senyawa ini meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran. Bila melahirkan pun, anak mereka kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan yang lambat hingga usia 12 bulan.

    Mayoritas bahan PETE di dunia digunakan untuk serat sintesis dan bahan dasar botol kemasan. Di dalam pertekstilan, PETE biasa disebut dengan polyester.

    2. HDPE
    [​IMG]
    Pada bagian bawah kemasan botol plastik, tertera logo daur ulang dengan angka 2 di tengahnya, serta tulisan HDPE (high density polyethylene) di bawah segitiga. Biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu, Tupperware, galon air minum, kursi lipat dan lain-lain.

    Botol plastik jenis HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya.

    Sama seperti PETE, HDPE juga disarankan hanya untuk sekali pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu.

    3. V/PVC
    [​IMG]
    Tertulis (terkadang berwarna merah) dengan angka 3 di tengahnya, serta tulisan V.

    V itu berarti PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap) dan botol-botol.

    Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan. PVC mengandung DEHA (diethylhydroxylamine) yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastik berbahan PVC ini saat bersentuhan langsung dengan makanan tersebut karena DEHA ini lumer pada suhu -15°C.

    4. LDPE
    [​IMG]
    Logo daur ulang dengan angka 4 di tengahnya, serta tulisan LDPE. LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic, dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek.

    Sifat mekanis jenis LDPE ini adalah kuat, tembus pandang, fleksibel dan permukaan agak berlemak, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, dapat didaur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibelitas tapi kuat.

    Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

    5. PP
    [​IMG]
    Tertera logo daur ulang dengan angka 5 di tengahnya, serta tulisan PP. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap.

    Jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.

    Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman.

    6. PS
    [​IMG]
    Tertera logo daur ulang dengan angka 6 di tengahnya, serta tulisan PS. Biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan.

    Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Bila didaur ulang, bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama.

    Bahan ini dapat dikenali dengan kode angka 6. Namun, bila tidak tertera kode angka tersebut pada kemasan plastik, bahan ini dapat dikenali dengan cara dibakar (cara terakhir dan sebaiknya dihindari). Ketika dibakar, bahan ini akan mengeluarkan api berwarna kuning-jingga dan meninggalkan jelaga.

    7. OTHER
    [​IMG]
    Tertera logo daur ulang dengan angka 7 di tengahnya, serta tulisan OTHER. Untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu:
    1. SAN – styrene acrylonitrile,
    2. ABS – acrylonitrile butadiene styrene,
    3. PC – polycarbonate,
    4. Nylon

    Dapat dtemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik dan plastik kemasan.

    SAN n ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia n suhu, kekuatan, kekakuan dan tingkat kekerasan yg telah ditingkatkan.

    Biasanya SAN terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi dan sikat gigi.

    Sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. Bahan-bahan ini merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman.

    PC (polycarbonate) dpt ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita (sippy cup), botol minum polikarbonat dan kaleng kemasan makanan serta minuman, termasuk kaleng susu formula.

    Bahan ini dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan n minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas.

    Pemakaian dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman. Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan. Entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave atau dituangi air panas.

    Kesimpulan yang didapat dari tanda klasifikasi plastik tersebut:


    • Hati-hati dalam menggunakan plastik, khususnya kode 1, 3, 6 dan 7 (PC), seluruhnya memiliki bahaya secara kimiawi. Gunakan hanya sekali pakai!
    • Cukup aman bila menggunakan plastik dengan kode 2, 4, 5 dan 7 (SAN atau ABS)

    Bagi orang tua yang masih memerlukan botol susu untuk putra atau putrinya:


    1. Pilih dan gunakan botol susu bayi berbahan kaca, atau plastik jenis 4 atau 5.
    2. Gunakanlah cangkir bayi berbahan stainless steel, atau plastik jenis 4 atau 5.
    3. Untuk dot, gunakanlah yang berbahan silikon, karena tidak akan mengeluarkan zat karsinogenik sebagaimana pada dot berbahan latex.
    4. Cegah penggunaan botol susu bayi dan cangkir bayi (dengan lubang penghisapnya) berbahan jenis 7 PC (polycarbonate),
    5. Jika penggunaan plastik berbahan polycarbonate tidak dapat dicegah, janganlah menyimpan air minum ataupun makanan dalam keadaan panas.

    Hindari penggunaan botol plastik untuk menyimpan air minum. Biasanya digunakan untuk tempat air putih di dalam kulkas.

    Jika penggunaan botol plastik berbahan PET (kode 1) dan HDPE (kode 2) tidak dapat dicegah, gunakan hanya sekali pakai dan segera dihabiskan. Gantilah dengan botol stainless steel atau gelas/kaca.


    [​IMG]

    Apakah manfaatnya bagi kita mengenali simbol atau angka dalam tanda segitiga?

    1. Setelah kita tahu, tentu harus lebih hati-hati dan bijak menggunakan plastik, khususnya kode 7 , 3, 6, dan 7 (PC), yang seluruhnya memiliki bahaya secara kimiawi. Usahakan untuk menggunakannya sekali.

    Seperti dikatakan oleh DR. Yadi Haryadi, Msc, sebenamya botol plastik, khususnya botol plastik PET, bila digunakan secara berulang-ulang tidak menjadi masalah. Syaratnya, setiap akan diisi ulang, botol-botol tersebut harus dicuci bersih dan dikeringkan lebih dahuiu.

    2. Aman bila menggunakan plastik dengan kode 2, 4, 5, dan 7 (SAN atau ABS).

    Satu lagi yang perlu diwaspadai dari penggunaan plastik daiam industri makanan adalah kontaminasi zat warna plastik dalam makanan. Contohnya, kita sering membeli gorengan di pinggir jalan, yang dalam keadaan panas lalu dimasukkan ke kantong kresek hitam.
    Zat pewarna hitam ini kalau terkena panas bisa terurai, terdegradasi menjadi bentuk zat-zat radikal beracun yang berbahaya bagi kesehatan, terutama memicu terjadinya sel kanker. Karena itu, mulai sekarang hindari membungkus makanan dengan tas kresek, terutama makanan yang masih panas.

    3. Pastikan-selalu menggunakan wadah atau kemasan yang berkualitas baik dengan cara selektif dalam memilihnya.

    Sumber: Portal CBN , Majalah Senior Gaya Hidup Sehat

    Tips buat kita semua bagi para orang tua yang masih memerlukan botol susu untuk putra-putrinya:

    1. Pilih dan gunakan botol susu bayi berbahan kaca, atau plastik jenis 4 atau 5.

    2. Gunakanlah cangkir bayi berbahan stainless steel, atau plastik jenis 4 atau 5.

    3. Untuk dot, gunakanlah yang berbahan silikon, karena tidak akan mengeluarkan zat karsinogenik sebagaimana pada dot berbahan latex.4. Cegah penggunaan botol susu bayi dan cangkir bayi (dengan lubang penghisapnya) berbahan jenis 7 PC (polycarbonate),
    [​IMG]

    4. Cegah penggunaan botol susu bayi dan cangkir bayi (dengan lubang penghisapnya) berbahan jenis 7 PC (polycarbonate),

    5. Jika penggunaan plastik berbahan polycarbonate tidak dapat dicegah, janganlah menyimpan air minum ataupun makanan dalam keadaan panas.


    Hindari penggunaan botol plastik untuk menyimpan air minum (biasa digunakan untuk tempat air putih didalam kulkas). Jika penggunaan botol plastik berbahan PET (kode 1) dan HDPE (kode 2), tidak dapat dicegah, gunakanlah hanya sekali pakai dan segera dihabiskan.

    Gantilah dengan botol stainless steel atau gelas/kaca. Cegahlah memanaskan
    makanan yang dikemas dalam plastik, khususnya pada microwave oven, bungkuslah terlebih dahulu makanan dengan daun pisang atau kertas sebelum dibungkus dengan plastik pembungkus ketika akan dipanaskan di mocrowave oven.


    Daun Pisang and Stainless Steel are the best !!

    [​IMG]
    ----------------------------------------------------------------------------------------------------------


    Daun Pisang is the best !!


    sumber.. tapi liat commentnya
    SUMBER + + juga~

    Saran kita seh sederhana :


    · Selalu teliti saat membeli barang plastik
    lebih baik dg logo ini..[​IMG]
    · Baca dan ikutin aturan pemakaian dengan benar
    · Cuci, sterilkan dan simpan barang plastik anda di tempat aman (teduh, bebas debu, tidak lembab dan kalo bisa tertutup)
    · Ganti peralatan pastik secara berkala (misalnya: peralatan makan, botol, dot, dsb)
    . Untuk menyimpan madu sebaiknya jgn disimpan dalam stainlees maupun plastik, karena dapat mengubah susuna komposisi madu tsb. Lebih baik dalam menyimpan madu menggunakan botol kaca.

    ----------------------------------------------------------------------------------------------------------
    :maaf: klo repost tapi ini disertai tambahan. :peace:

    :top: kalau boleh GRP atau thxnya jg boleh:maaf:
    terimakasih telah membaca.
    ==============THREAD LAINNYA===================
    Rahasia Terselubung Tanda Di Bawah Botol Plastik
    Sejarah Tanda Baca yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
    Jangan Pernah Menekan Tombol F1 Waktu Browsing
    Pernyataan Paling Terkenal dari Tokoh Dunia
     
    Last edited: Jul 3, 2012
    • Thanks Thanks x 66
    • Like Like x 5
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ru_dee Members

    Joined:
    Aug 3, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    perlu di carikan penemuan baru, spy kedepannya semua kemasan pake daun aja...xixixixi
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    Lord_Freakz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    1,279
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,423 / -0
    klo pke daun semua.. alhasil bakal busuk..:panda:
    harusnya uda pada pke stainless steel.. itu solusi yg paling awet:unyil:
    btw thx
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    easyvalen Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,829
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,074 / -0
    setahu ane yang no 2 itu klo dipake kelamaan pada saat panas bisa menyebabkan impotent loh:hehe:
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    HoRny Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,818
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +704 / -0
    cukup berguna gan
    entar ane cek botol" di Indo
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    GreaverS Beginner Members

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    wogh, sangat berguna infonya gan, kebetulan lagi mo cari botol aer ni, tapi klao bahan steel ato alumunium pelapisnya gmn ya? hahahahaha
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,177 / -0
    Kalo di kemasan plastik yg biasa di wadah makanan, kan sering ada angka 5 tuh.
    Nah asal angkanya 5 pasti aman deh :top:
    Jangan cari yg angkanya 7, belum pasti aman itu...
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    Lord_Freakz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    1,279
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,423 / -0
    :top: 5 best.

    tapi klo 7 itu kan asalnya dari biji plastik..(yg dikumpulin sama pemungkut plastik.. trus dibawa kemandor plastik :XD:)
    ^ bibi ane mandor plastik.. jdi tauk..
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    noerone Beginner Members

    Joined:
    Feb 26, 2009
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +4,322 / -0
    owh baru tau klo yang aman itu yang kode 2, 4, 5 dan 7 (SAN atau ABS)...
    cz setau ane sih semakin besar nilai kodenya berarti semakin banyak daur ulang
    yang dilakukan terhadap plastik tersebut.... :fufufu:
    dan tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan....
     
  11. Offline

    RainDog Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,315
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,595 / -0
    :niceinfo:

    kalo kantong plastik kresek warna putih termasuk aman gak utk makanan yg panas n berminyak..:???:
     
  12. Offline

    tracing_immortal Beginner Members

    Joined:
    Jun 7, 2010
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -1
    wah kok di botol minum ane gak ada tandanya ya??apa jangan2 bahaya ya botol minum ane?emm tapi no 5 tetep yang paling aman deh..
     
  13. Offline

    Infidelities Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 27, 2008
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +526 / -0
    oh brarti mang ada maknanya yah nomor2nya
    gw ga pernah perhatiin + ga ngeh maksudnya
    bagus infonya

    gw dapet pengetahuan baru
    thanks
     
  14. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,573 / -1
    ane pernah liat yang logo kek beginian..
    di kira ane sama ajja tuh nomor..
    tapi ternyata nomor 2,4,5,7 yang cukup aman..


    berhati-hati terhadap yang ini :

    3. V/PVC

    V itu berarti PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap) dan botol-botol.

    Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan. PVC mengandung DEHA (diethylhydroxylamine) yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastik berbahan PVC ini saat bersentuhan langsung dengan makanan tersebut karena DEHA ini lumer pada suhu -15°C.
     
  15. Offline

    bluex Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 1, 2007
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wah kudu diinget dari sekarang, angka 3,6,7 kudu ati2

    bungkusan yang paling aman ternyata masih dipegang oleh daun pisang :P
     
  16. Offline

    Lord_Freakz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    1,279
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,423 / -0
    :keringat: mas.. yg naamnya kantong kresek itu semua gk baik...
    :fufufu: itu adalah pemikran yang slah..
    urutan tak menjanjikan kualitas.. maka dariitu pentingnya mencari tahu:lol:

    jadi uda gk slh kan!?
    :iii: yang gk ada tanda segitga biasanya merk dari luar ngeri(indo), tapi klo merk lock n lock sama tupperware.. itu kuat kok...
    LnLock = ada infonya di depan..
    Tupperware = segitiga 2! HDPE namun karena food grade dan bahan2nya tidak beracun..[​IMG]
    :top: samehere.
    :maaf: sama2
    gk juga c.. kalau mau simpen air/makanan lebih baik dibotol stainless steel aja! >0<
    dan FOODGRADE!! tentunya!
    yg ada tanda foodgrade uda aman... kecuali merek abal2..:takut:

    :top: betul sekali.. hahaw
    :XD: daun pisang sama stainlessSteel.

    OWH! saya tambahin lagi..
    untuk menyimpan madu lebih baik jgn menggunakan stainless steel / plastik.. karena dapat merubah susunan komposisinya... entah jadi apa. racun atau aapa..lebih baik jgn d..
    menyimpan madu lebih baik dalam botol kaca:top:
     
  17. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,573 / -1
    betul mas bro sebaiknya klo menyimpan madu itu di botol kaca ajja.. :top:
    karena kaca tidak akan mengubah atau mengurai komposisi madu..
    artinya tidak akan ada kontaminasi..aman.. :top:
     
  18. Offline

    Lord_Freakz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    1,279
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,423 / -0
    :top: hahahaw...
    tapi saya bukan mas bro..:tega:
     
    Last edited by a moderator: Sep 9, 2011
  19. Offline

    juggybuddy Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 24, 2010
    Messages:
    591
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,699 / -0
    oh baru tau ane, nais inpo bro.
    btw, penyimpan makanan atw minuman paling steril adalah emas murni 24 karat kali yach? (banyak di pakai oleh raja2 jaman dulu, sehingga umurnya panjang) :hoho: :boong:

    [​IMG]
     
    Last edited: Sep 8, 2011
  20. Offline

    anind Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 11, 2010
    Messages:
    970
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +313 / -0
    oh jadi gitu yah.. kirain sama aja semua botol..
    nanti deh gw cek btotl2 dirumah,, yg aman yg bagus baut dikonsumsi
     
  21. Offline

    CerealLiller Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    242
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +269 / -0
    Jangan taroh makanan panas di kresek item dah. Bahaya.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.