1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Rahasia Shalat Tarawih

Discussion in 'Lifestyle' started by isee, Aug 14, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    isee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    546
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +448 / -0
    Salam buat agan2 sekalian. Berhubung ini lagi bulan ramadhan, bulan yg datangnya setahun sekali. Bulan pernuh berkah dan rahmat. Gak ada salahnya kita share informasi seputar shalat terawih. Mudah2n ada manfaatnya, let's cekidot...

    Shalat Tarawih

    Etimologi
    Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama’ dari
    تَرْوِيْحَةٌ , yang berarti waktu sesaat untuk istirahat. (Lisanul ‘Arab, 2/462 dan Fathul Bari, 4/294) Dan
    تَرْوِيْحَةٌ
    pada bulan Ramadhan dinamakan demikian karena para jamaah beristirahat setelah melaksanakan shalat tiap-tiap 4 rakaat. (Lisanul ‘Arab, 2/462)

    Shalat yang dilaksanakan secara berjamaah pada malam-malam bulan Ramadhan dinamakan tarawih. (Syarh Shahih Muslim, 6/39 dan Fathul Bari, 4/294). Karena para jamaah yang pertama kali bekumpul untuk shalat tarawih beristirahat setelah dua kali salam (yaitu setelah melaksanakan 2 rakaat ditutup dengan salam kemudian mengerjakan 2 rakaat lagi lalu ditutup dengan salam). (Lisanul ‘Arab, 2/462 dan Fathul Bari, 4/294)

    Hukum Shalat Tarawih
    Hukum shalat tarawih adalah mustahab (sunnah), sebagaimana yang dikatakan oleh Al-Imam An-Nawawi t ketika menjelaskan tentang sabda Nabi n yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah z:

    مَنْ قَامَ رَمَصَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

    “Barangsiapa menegakkan Ramadhan dalam keadaan beriman dan mengharap balasan dari Allah, niscaya diampuni dosa yang telah lalu.” (Muttafaqun ‘alaih)

    Mana yang lebih utama dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau sendiri-sendiri di rumah?
    Dalam masalah ini terdapat dua pendapat:
    1. Pendapat pertama, yang utama adalah dilaksanakan secara berjamaah.
    Ini adalah pendapat Al-Imam Asy-Syafi’i dan sebagian besar sahabatnya, juga pendapat Abu Hanifah dan Al-Imam Ahmad (Masaailul Imami Ahmad, hal. 90) dan disebutkan pula oleh Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni (2/605) dan Al-Mirdawi dalam Al-Inshaf (2/181) serta sebagian pengikut Al-Imam Malik dan lainnya, sebagaimana yang telah disebutkan Al-Imam An-Nawawi t dalam Syarh Shahih Muslim (6/282).
    Pendapat ini merupakan pendapat jumhur ulama (Al-Fath, 4/297) dan pendapat ini pula yang dipegang Asy-Syaikh Nashiruddin Al-Albani t, beliau berkata: “Disyariatkan shalat berjamaah pada qiyam bulan Ramadhan, bahkan dia (shalat tarawih dengan berjamaah) lebih utama daripada (dilaksanakan) sendirian…” (Qiyamu Ramadhan, hal.19-20).

    2. Pendapat kedua, yang utama adalah dilaksanakan sendiri-sendiri.
    Pendapat kedua ini adalah pendapat Al-Imam Malik dan Abu Yusuf serta sebagian pengikut Al-Imam Asy-Syafi’i. Hal ini sebutkan pula oleh Al-Imam An-Nawawi (Syarh Shahih Muslim, 6/282).

    Waktu Shalat Tarawih
    Waktu shalat tarawih adalah antara shalat ‘Isya hingga terbit fajar sebagaimana sabda Rasulullah n:

    إِنَّ اللهَ زَادَكُمْ صَلاَةً وَهِيَ الْوِتْرُ فَصَلُّوْهَا فِيْمَا بَيْنَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ إِلَى صَلاَةِ الْفَجْرِ

    “Sesungguhnya Allah telah menambah shalat pada kalian dan dia adalah shalat witir. Maka lakukanlah shalat witir itu antara shalat ‘Isya hingga shalat fajar.” (HR. Ahmad, Asy-Syaikh Nashiruddin Al-Albani t berkata: “(Hadits) ini sanadnya shahih”, sebagaimana dalam Ash-Shahihah, 1/221 no.108)

    Jumlah Rakaat dalam Shalat Tarawih
    Pendapat yang populer dalam jumlah rakaat shalat malam yang dilakukan Rasulullah adalah sebagai berikut:
    1. 11 rakaat terdiri dari 4 rakaat x 2 + 3 rakaat witir. Ini sesuai dengan hadist A'isyah yang diriwayatkan Bukhari.
    2. 11 rakaat terdiri dari 4 rakaat x 2 + 2 rakaat witir + 1 witir. Ini sesuai dengan hadist Ai'syah riwayat Muslim.
    3. 11 rakaat terdiri dari 2 rakaat x 4 & 2 rakaat witir + 1 witir. Ini juga diriwayatkan oleh Muslim.
    4. Ada juga riwayat Ibnu Hibban yang mengatakan 8 rakaat + witir.
    5. Ada juga riwayat yang mengatakan 13 rakaat termasuk witir.

    Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menyebutkan perbedaan riwayat mengenai jumlah rakaat yang dilakukan pada saat itu : ada yang mengatakan 13 rakaat, ada yang mengatakan 21 rakaat, ada yang mengatakan 23 rakaat.

    Khusus rakaat shalat tarawih, ada juga yang mengatakan 36 rakaat plus 3 witir, ini diriwayatkan pada masa Umar bin Abdul Aziz. Ada juga yang meriwayatkan 41 rakaat. Bahkan ada yang meriwayatkan 40 rakaat plus 7 rakaat witir. Riwayat dari imam Malik beliau melaksanakan 36 rakaat plus 3 rakaat witir.

    Kebanyakan masyarakat Indonesia yang mayoritas bermadzhab Syafi'i melaksanakan shalat Tarawih 20 rakaat atau 11 rakaat, termasuk witir. Kedua cara ini sama-sama mempunyai landasan dalil yang kuat.

    Keutamaan Shalat Tarawih
    Shalat tarawih atau shalat malam memiliki keutamaan dan keistimewaaan sebagai salah satu ibadah di bulan suci Ramadhan. Apa saja keutamaan shalat tarawih itu? Dari Ali bin Abi Thalib ra bahwa dia berkata: Rasulullah Muhammad SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan tarawih di bulan Ramadhan. Kemudian beliau bersabda:

    1. Orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.
    2. Dan pada malam kedua, ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.
    3. Dan pada malam ketiga, seorang malaikat berseru dibawah Arsy: "Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat."
    4. Pada malam keempat, dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).
    5. Pada malam kelima, Allah Ta"ala memeberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, masjid Madinah dan Masjidil Aqsha.
    6. Pada malam keenam, Allah Ta"ala memberikan pahala orang yang berthawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.
    7. Pada malam ketujuh, seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa a.s. dan kemenangannya atas Fir"aun dan Haman.
    8. Pada malam kedelapan, Allah Ta"ala memberinya apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahim as.
    9. Pada malam kesembilan, seolah-olah ia beribadat kepada Allah Ta"ala sebagaimana ibadatnya Nabi saw.
    10. Pada Malam kesepuluh, Allah Ta"ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.
    11. Pada malam kesebelas, ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.
    12. Pada malam keduabelas, ia datang pada hari kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama.
    13. Pada malam ketigabelas, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.
    14. Pada malam keempat belas, para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.
    15. Pada malam kelima belas, ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi.
    16. Pada malam keenam belas, Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam surga.
    17. Pada malam ketujuh belas, ia diberi pahala seperti pahala para nabi.
    18. Pada malam kedelapan belas, seorang malaikat berseru, "Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu."
    19. Pada malam kesembilan belas, Allah mengangkat derajat-derajatnya dalam surga Firdaus.
    20. Pada malam kedua puluh, Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).
    21. Pada malam kedua puluh satu, Allah membangun untuknya sebuah gedung dari cahaya.
    22. Pada malam kedua puluh dua, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.
    23. Pada malam kedua puluh tiga, Allah membangun untuknya sebuah kota di dalam surga.
    24. Pada malam kedua puluh empat, ia memperoleh duapuluh empat doa yang dikabulkan.
    25. Pada malam kedua puluh lima, Allah Ta"ala menghapuskan darinya azab kubur.
    26. Pada malam keduapuluh enam, Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun.
    27. Pada malam keduapuluh tujuh, ia dapat melewati shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.
    28. Pada malam keduapuluh delapan, Allah mengangkat baginya seribu derajat dalam surga.
    29. Pada malam kedua puluh sembilan, Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.
    30. Dan pada malam ketiga puluh, Allah ber firman : "Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku."

    Demikianlah, keutamaan shalat tarawih yang disebutkan oleh Rasulullah SAW.


    gimana.. gimana?? mudah2n agan2 semua jadi tambah rajin tarawihnya yah.. :doa: yuk..yuk..yuk mulai nanti malam di isi shaf di masjidnya :onfire:





    maaf sebelumnya kalau :repost:, sebelum post :rules: dlu, maaf kalau :kacau: silahkan momod :tritclose:


    makasih sudah berkunjung k thread saya.. :bye::makasih-g:
     
    Last edited: Aug 14, 2010
    • Like Like x 7
    • Thanks Thanks x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Iken_Asano Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    tolong untuk yang menyatakan solat tarawih tuh lebih dari 11 rakaat dicek ke SAHIHannya.

    sedikit dari saya (dari ilmu yang saya dapat) : dalam hadist disebutkan "Rasulullah mengerjakan shalat sunnah di rumahnya kecuali shalat tahiyatul masjid"
    jadi menurut saya shalat tarawih lebih baik dikerjakan di rumah2 agan sendiri.
    tapi kalau agan-agan mau shalat di masjid juga gk ap2. atas hadist d bawah ini.

    untuk masallah berjamaahnya dan hukumnya, ada hadist "ketika seorang sahabat melihat Rasulullah sedang shalat di malam bulan ramadhan, sahabat mengikutinya dg berjamaah. dan diikuti oleh sahabat yang lain. saat hari ke (maaf lupa) para sahabat menunggu Rasulullah hingga sebagian sahabat tertidur di masjid menunggu kedatangan Rasulullah. Esoknya sahabat bertanya, dan Rasulullah menjawab "Saya takut ini menjadi suatu kewajiban""
    jadi hukumnya sunnah dan sesuatu yang sunnah boleh dikerjakan sendiri.

    kurang lebihnya mohon maaf.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    nuri111 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 23, 2010
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    :niceinfo: nih...
    jadi pengen tarawih terus...
    :hahai:
     
  5. Offline

    isee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    546
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +448 / -0

    iya kk, kita sharing info aja. mungkin yg 13rakaat (2x5 tarawih) + 3 witir.. kita sama2 belajar aja kk :belajar::piss:
     
  6. Offline

    dham_baylisstic Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,152 / -1
    Subhanalloh.. :matabelo:
    keutamaan-keutamaan shalat tarawih banyak sekali..
    btw, kalo diliat dari keutamaan shalat tarawih makin hari makin bertamabah aja ya bobot pahalanya..
    tapi kenapa ya kalo 10 hari terakhir yang shalat tarawih di masjid deket rumah saya semakin berkurang..
    saya juga termasuk orang yang tereliminasi dari shalat tarawih di masjid itu.. :swt:
    padahal keutamaannya luar biasa.. :nangis:

    oh ya, mau nambahin tentang shalat tarawih yang dilakukan secara berjamaah :
    jadi sebenarnya untuk shalat tarawih yang dilaksanakan berjama'ah itu karena kekhawatiran Umar bin Khattab yang ngeliat shalat tarawih itu dilakukan terpencar-pencar dalam satu masjid.. (mungkin kayak shalat sunnat rawatib/tahiyatul masjid lagi ya pada sendiri-sendiri :keringat:)
    sehingga terbentuklah shalat tarawih yang dilaksanakan secara berjama'ah.. dan mayoritas ulama pun menetapkan sunnahnya shalat tarawih secara berjama'ah..
    kalo saya sih lebih baik berjama'ah.. :hehe:, masalah tarawih sendiri atau berjama'ah sih terserah..
    yang penting niatnya karena Alloh Swt.. :ehem:


    btw, :niceinfo:
    untuk TS kalo bisa kasih sumbernya juga ya.. :hmm:
     
    • Like Like x 1
  7. Offline

    TheLastDon Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    terus mana yang benar? yang 23 rakaat ato 11 rakaat (setelah witir)? yang jelas, yang salah yang ngga tarawih
     
  8. Offline

    dham_baylisstic Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,152 / -1
    kalo ada landasan yang kuat dari hadits ya ikuti aja.. apakah itu 11 atau 23 rakaat.. asal jangan pake landasan hadits yang lemah aja..
    kalo saya sih lebih milih yang 11.. tapi di mesjid2 di deket rumah saya pada 23 rakaat semua.. :keringat:
     
  9. Offline

    mefreak Members

    Joined:
    Aug 10, 2010
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ane jadi iri sama bini yang tarawihnya ga pernah bolong..... kecuali yang seminggu
     
  10. Offline

    saoyuan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,037
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +364 / -0
    dibaca dan diamalkan
    info yg bgs
     
  11. Offline

    isee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    546
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +448 / -0

    di masjid rumah saya juga 23.. emg kalau di Indonesia kan banyaknya 11 atau 23 rakaat.
    intinya sih shalat sesuai dgn kemampuan kita. kalau 23 rakaat bisa kenapa ngga?? kan pahalanya juga banyak :piss:


    betewe, kalian kalau shalat tarawih suka ngantuk2 gitu gak sih?? :hot:
     
  12. Offline

    yuma Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,764
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,001 / -0
    Menurutku sih mau 11 atau 23 rakaat terserah keyakinan masing-masing. Selama kita yakin dan menjalani dengan sungguh-sungguh, Tuhan pasti memberi pahala yang setimpal. Percuma aja sholat 23 rakaat tapi menjalaninya sambil menggerutu capek lah, kelamaan lah.

    Kalo aku sih ambil yang 11, karena di masjid sebelah kantor menjalani yang 11 :piss:

    Ngantuk sih nggak. Kepanasan iya. Soalnya desain ventilasi masjidnya nggak beres :keringat:
     
  13. Offline

    isee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    546
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +448 / -0
    waah istri kk rajin terawih yah.. beruntung banget yah :piss:



    ya kk sholatnya deket jendela, biar agak adem2 dikit.
    jgn mojok2 kk.. keciri mau :maling: sendal yah :lol:
     
  14. Offline

    luckyaegy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +819 / -0
    bener banget.. ane juga miikir gitu soal rakaat.. :hehe: tapi tahun ini banyak tarawih yang kelewat ><'
     
  15. Offline

    dham_baylisstic Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,152 / -1
    Insya Alloh.. :doa:

    ngantuk sih tergantung situasi.. kalo siang2nya banyak aktivitas yang bikin cape, kadang suka ngantuk juga pas shalat tarawih.. :ngantuk:
    tapi kalo siang2nya sempet tidur, pas tarawihnya seger2 aja.. :nikmat:
    yang agak nyebelin itu pas tarawih di mesjid banyak anak kecil berkeliaran dan agak mengganggu kekhusyuan shalat..
    niatnya shalat tarawih di mesjid itu semakin khusyu, eh malah sebaliknya.. :kecewa:
    tapi biasanya anak kecil banyak berkeliaran pas tarawih itu di awal2 ramadhan aja.. pas akhir2 ramadhan udah ilang entah kemana.. :lol:

    betul banget.. :top:, saya sependapat dengan anda..
     
  16. Offline

    isee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    546
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +448 / -0

    bener banget.. :panda:
    walaupun saya pencinta anak kecil :cinta: tp kalau untuk yg satu itu rada gimana yah..
    solat kan mesti khusyu :doa:

    bagus sih anak kecil di ajak ke masjid, pembiasaan dari kecil
    tapi kalau nyampe sana anak2 itu biasanya jadi hyperkatif :tolong:
     
  17. Offline

    yuma Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,764
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,001 / -0
    Membawa anak kecil ke masjid untuk sholat tarawih itu kadang menimbulkan dilema juga. Di satu sisi niatnya baik, untuk mendidik anak sholat berjamaah sejak dini. Tapi di sisi lain perlu dipertimbangkan juga apakah usia anak sudah mencukupi untuk bisa memahami arti sholat. Kalo karena alasan anaknya nggak ada yang jaga di rumah, ya mending nggak usah maksain diri sholat di masjid daripada bikin sholat orang jadi nggak khusuk.

    Masalahnya, masjid di sebelah kantorku itu kan punya kampus. Sekarang lagi masa libur. Jadi cewek yang tarawih paling cuma 5-6 orang, termasuk aku. Otomatis kan ngambil shaf paling depan yang jauh dari ceiling fan :keringat:
     
  18. Offline

    beefreak Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    4,660
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,608 / -0
    makasih infonya :niceinfo:
    banyak amat keutamaannya :matabelo:
    tp di indonesia tuh unik klo masalah shalat tarawih, pas malam pertama shaf shalat penhu ampe keluar mesjid, tp semakin berakhirnya bulan ramadhan shaf semakin berkurang :piss:
     
  19. Offline

    phee70 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    11,291
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +60,296 / -1
    manfaat sholat tarawaih ternyata banyak..
    menyesal selama ini bolong2 :nangis:
    apalgi deket2 lebaran..
    :nangis:
    ampuunn...

    nice share... :top:
    makasih dah diingetin...
     
  20. Offline

    isee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    546
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +448 / -0
    iya yah.. kalo aku malah dibawah kipas angin..
    jadi hawanya nguap mulu.. trus berapa rokaat sekali pasti cuci muka :dead:



    bener banget dimana2 juga pasti gitu, ntar seminggu or 3 hari sebelum idul fitri pasti penuh lagi :swt:




    iya sama2 kk. semoga bermanfaat :doa: :bye:
     
  21. Offline

    tidus_1990 Silent Reader Members

    Joined:
    May 12, 2010
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +294 / -0
    keren!!
    baru kemarin di kasi tau temen eh ada yang pos mantep
    pelajaran baru
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.