1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Rahasia anti tilang

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by R_Z4, Jun 8, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    R_Z4 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    145
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    Sebagai bangsa pecinta damai, sudah bukan rahasia jika banyak pengguna jalan yang lebih memilih jalur ‘salaman’ jika ditilang. Tapi sesuai dengan semangat reformasi, warga Indonesia juga anti praktik KKN, menyebabkan banyak yang berusaha untuk tidak menyogok, meski tetap keberatan ditilang.

    Cara yang diambil sebagai jalan tengah berbeda-beda. Berikut ini adalah tiga trik yang paling sering dicoba hingga terbukti keabsahannya. Dan trik-trik ini…TIDAK PERNAH GAGAL! (katanya :piss:)

    RAHASIA ANTI TILANG #1: Saya anak jendral!
    Trik ni merupakan trik yang paling umum. Kadang dikombinasikan dengan pengakuan saudara atau penyelipan kartu nama pejabat kepolisian. Saat dihentikan, calon tilang memasang tampang percaya diri, dan berbicara dengan suara lantang, nada sok, penuh keyakinan.

    Skenario

    “Maaf bu, ibu melanggar pasal sekian karena sekian-sekian”

    “YA SUDAH! YA SUDAH! KAU TILANGLAH AKU SEKARANG! AYO CEPAT! TILANG SAJA!”

    “Err…maaf bu, memangnya ibu..siapa ya?”

    “MACAM MANA PULA KAU TANYA-TANYA SIAPA AKU! KALAU KAU MAU TILANG, YA TILANGLAH SANA!”

    “Maaf bu, ibu kenal siapa?

    “MEMANGNYA KALAU AKU KENAL SIAPA-SIAPA KENAPA? HAH? MAU KAU TILANG LEBIH BESAR LAGI? HAH?”

    “Engga bu, lain kali hati-hati ya…”

    Mengapa tak pernah gagal…Dalam ilmu psikologi, taktik ini berpangkal pada reverse psychology, dimana seseorang melakukan persuasi guna mengarahkan lawan bicara melakukan hal yang justru tidak diinginkan. Menyuruh pak polisi untuk menilang dengan lantang akan memicu reaktan dalam diri Pak Polisi, yaitu respon negatif saat menanggapi sebuah persuasi, sehingga bertindak justru kebalikan persuasi yang diberikan (melepaskan dan tidak menilang).

    Teori psikologi ini sebenarnya berasal dari abad kuno Indonesia, dan dikenal dalam bahasa lokal sebagai teori gertak sambal, dimana seseorang mengambil peran yang mengisyaratkan kekuatan yang lebih besar dari yang sebenarnya dimiliki. Semakin banyak grey area, lawan bicara semakin ragu akan kemampuan kita sepenuhnya dan biasanya tidak berani mengambil risiko….

    Karena seringnya digunakan, diperlukan kehati-hatian dalam melaksanakan trik ini. JANGAN BERBOHONG adalah kunci sukses keberhasilan. Itu termasuk: jangan mengaku saudara jika bukan saudara dan jangan memberi nomor telpon yang tidak bisa dihubungi. Ingat, kegagalan dan gerak-gerik mencurigakan bisa berbuah tilang yang lebih berat!
    RAHASIA ANTI TILANG #2: Saya lagi banyak masalah, Pak!
    WASPADA! TRIK INI MEMBUTUHKAN LATIHAN AKTING! Tips ini sangat cocok bagi Anda para yang mempunyai kemampuan teaterikal. Begitu polisi menyetop, Anda harus segera mulai penjiwaan. Segera telengkupkan tangan, basahi mata dengan air mata buaya, dan tarik ulur ingus sehingga terdengar seperti menangis. Sepanjang interogasi, jaga kontak mata yang minim dengan Pak Polisi, gerakkan tangan menutup muka seperti sedang depresi.

    Skenario

    “Maaf bu, ibu melanggar pasal sekian karena sekian-sekian”

    “Aduh, teserah deh, pak, bapak mau nilang saya apa gimana teserah dhe,”

    “Memangnya ibu kenapa?”

    “Aduh, ga usah nanya-nanya dhe, Pak, saya lagi banyak masalah nih!”

    “Masalah ibu apa?”
    “Pokoknya saya lagi banyak masalah! Makanya saya ga lihat tadi tuh lampu merah di depan, pikiran saya kusut! Jadi teserah deh kalau bapak mau nilang saya…” Diucapkan dengan nada frustasi dan diakhiri dengan suara lirih dan nada gantung.

    “Duh, ada yang bisa saya bantu kalau lagi ada masalah?”

    “Ga bisa! Bapak ga bisa bantu saya!” terkesan mau nangis, “Ga ada yang bisa bantu SAAYAA!” menangis histeris.

    “Ya uda dhe kalau ibu lagi banyak masalah, lain kali hati-hati ya…”

    Mengapa tak pernah gagal… Karena orang jahat selalu menang, dan ini adalah teknik yang sangat jahat. Trik ini memanfaatkan sisi baik dari seorang Polisi. Manusia pada intinya mempunyai hati nurani yang dibimbing oleh nilai moral dalam lingkungan sosial. Tiada manusia yang lahir tanpa empati akan kesusahan manusia lain, bahkan meski hanya setitik. Apalagi seorang Polisi yang diharapkan menjadi pamong masyarakat.

    Taktik ini memang masih jarang digunakan, mungkin karena membutuhkan penghayatan yang mendalam dan juga karena trik ini begitu mudah dikenali. Sekali dipakai, tentunya para polisi akan selalu terkenang-kenang. Ibaratnya sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak percaya. Bisa-bisa bagian skenario tadi dipotong menjadi:

    “Ahhh!! Udah! Udah! Ga usah pura-pura! Kemarin uda ada yang pake tuh! Ibu-ibu!”
    RAHASIA ANTI TILANG #3: Saya mahasiswa hukum, lho!
    Jika Anda bukan mahasiswa hukum, tidak perlu jadi ragu karena membaca judulnya. Memang tidak perlu kuliah hukum sejati untuk menggunakan trik ini. Cukup kemampuan persuasi dan kegigihan mempertahankan kasus macamnya pengacara artis.

    Skenario:

    “Mbak melanggar pasal sekian karena sekian-sekian”

    “Aduh, maaf, Pak, soalnya rambu-nya nggak kelihatan, ketutupan pohon tuu…lagian saya itu baru pertama kali lewat sini, jadi saya kurang paham sama jalanannya…”

    “Ya tapi nggak bisa gitu dong, Mbak tetap melanggar dan harus ditilang”

    “Wah, nggak bisa langsung ditilang gitu, pak! Kan saya sudah bilang tadi alasannya, rambunya tidak kelihatan karena ketutupan pohon, jadi sebenarnya kesalahan bukan di pihak saya. Saya ini mahasiswa hukum lho, pak! Masyarakat sadar hukum! Saya tahu benar pasal-pasal dan penerapannya, bahwa kalau pelanggaran karena rambu yang tidak jelas, tidak bisa dikenakan sanksi!”

    “Memang aturannya seperti itu kok, melanggar ya kena sanksi!”

    “Nahh, itu dia, apalagi saya tadi sudah minta maaf karena pertama kali lewat. Saya ini mahasiswa hukum, Pak, jadi saya tahu aturan persidangan. Saya jelas tidak bersalah karena saya tidak diinformasikan sebelumnya bahwa apa yang saya lakukan itu salah. Rambu tidak jelas. Saya pertama lewat. Siapa yang bisa memberi tahu saya?”

    “Justru ini saya stop dan saya beritahu, Mbak melanggar!”

    “Benar sekali, terimakasih, Pak, tugas seorang polisi memang untuk membimbing anggota masyarakatnya agar patuh peraturan. Karena itu sekarang saya jadi tahu disini ga boleh belok, dan lain kali tidak melanggar.”

    “Tapi yang ini tetap ditilang!”

    “Wah, saya yakin bapakpun sebagai penegak hukum juga belajar hukum seperti saya di fakultas hukum. Pelanggaran kali ini tidak kena tilang, pak, tapi berikutnya jika saya melanggar lagi, saya harus ditilang. “

    “Ya sudah ngomong sana di sidang tilang!”

    “Sekali lagi pak, saya ini sudah hampir lulus dari fakultas hukum, berarti saya menguasai materi hukum! Coba bapak liat klo ga percaya, ini kartu mahasiswa saya, FAKULTAS HUKUM angkatan tahun ini lulus. Menurut yang saya pelajari, tidak semua pelanggaran harus masuk tahap persidangan, jika sudah diberikan alasan yang valid atas pelanggaran. Saya sudah memberikan alasan saya. Saya bahkan tidak menyalahkan aparat yang meletakkan rambu di tempat yang tidak terlihat.”

    “Ya sudah sana pergi!”

    Mengapa tak pernah gagal… tidak ada teori psikologi di balik tips ini, kecuali pemahaman bahwa kejiwaan manusia bisa terganggu kalau mendengar suara yang memekakan telinga terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Polisi pun juga manusia, yang bisa gila mendengar rentetan alibi tak henti oleh suara yang tak enak didengar.

    Tentunya tips-tips tersebut tidak bermaksud menghina lembaga kepolisian. Kami pun pernah menikmati buah reformasi birokrasi saat mengurus SIM, surat tabrakan dan ditilang. Ramah-cepat-tidak mahal. Justru semua tips ini ditulis supaya pihak berwenang dapat menghindari orang-orang yang suka ngemplang tilang. Ada lagi yang mau membantu upaya penegakan hukum? :piss:
    di sini (Buku Have a Sip of Margarita dari Margareta Astaman)
     
    • Like Like x 8
    • Thanks Thanks x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    neckline Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    600
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +14,918 / -0
    wahahahahah
    ide gila buat di coba
    tapi ciut mental duluan gan
    biasa kantong kosong
    wkwkwk
     
  4. Offline

    yantanjunk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    904
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,732 / -0
    tip d atas mm brmanfaat ya gan,,??

    tp agan btul bngt,,, boro2 nerapin tu trik,,, ktm polisi ja gemeter dluan ane gan,,,walopun prlengkpan brkendra lngkap...

    mklum jg seh,,, oknum yg pling dtkuti msyrkat tu polisi,,, yg kdua n strusny ane ga tw...
     
  5. Offline

    zerto Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    2,592
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +2,814 / -0
    ni thread ga cuma buat tips aja tapi juga jokes
     
  6. Offline

    irwan4all Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    Sepertinya cara2 itu ntuk perempuan yak? coba kalo laki-laki
    1. Ngaku anak pejabat, polisinya bilang, "Sini gua telepon Babe lu!!". (Trus ketahuan n jebol dah dompetnya..:hot:)


    2. Nangis sambil bilang lagi banyak masalah, polisinya bilang "Sukurin, makanya jadi orang jangan bego2 baged. rasain lu dapet banyak masalah!! Nih, gua kasih lu satu masalah lagi!! Dah, jangan nangis, jadi co cengeng bener Luu!!!". (Wadoh ancur dah!:apa:)


    3. Ngaku mahasiswa Hukum, polisinya bilang gini "Owh ya dari Universitas mana?(Universitas Terkenal Pak!) lu ipnya berapa? (4.0 omm..) Coba Lu sebutin UU no. 22 tahun 2009, trus sebutin tuh pasal 14a-c KUHP!!:awas:! (Waduh.... :panik: )"

    Akhirnya jadi...:ngambek::hiks::dead:
     
  7. Offline

    daigo_madoka Beginner Members

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +445 / -0
    Kalo gw polisinya mah nggak bakal ketipu... :hahai:
     
  8. Offline

    silverkhingz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    2,770
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +26,733 / -0
    :lol: betul2

    tapi gmana kalo misal polisinya ternyata g** ??? biar wanita juga ga ngepek kan :lol:
     
  9. Offline

    bluesaveman Beginner Members

    Joined:
    Sep 19, 2009
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +20 / -0
    RAHASIA ANTI TILANG #3: Saya mahasiswa hukum, lho!
    wah, mesti sinau kitab undag-undang rambu lalu intas dulu nih..
     
  10. Online

    noBasic Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    833
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +550 / -0
    Wahhh..... mesti ngapalin dulu skenarionya nehhh.......
     
  11. Offline

    LuvLiu Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    nice posting bro...
    huahauhauhauha...
    mantap dah :D

    tapi kalo gw di suruh lafalin skenario kayak gitu, gak bisa juga neh...
    apalagi kalo lawan bicaranya, ngak sesuai skenario, bisa mumet pala mikirin jawaban...
    hahaha :D
     
  12. Offline

    R_Z4 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    145
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    salah satu tips yg di atas sudah pernah loh di coba n di praktekan yang hasil nya mujarab dengan menempelkan foto bokap ny yg polisi tapi untuk sekedar catatan polisi yg mo nilang ny polisi yg pangkat ny gak lebih tinggi dari foto polisi yg ada di foto itu karena teman saya malah pernah di maki oleh polisi yg mo tilang ia karena pangkat bokap nya gak lebih tinggi dari sang penilang :piss:
     
  13. Offline

    rickybayu Beginner Members

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +174 / -0
    mantab bener ini tips anti d tilangnya...
     
  14. Offline

    MirageKids Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    1,058
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,389 / -0
    JGN PERNAH STOP APABILA DI STOP POLISI (kalau polisi dengan motornya jauh) :awas:
     
  15. Offline

    kimmothep8 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 21, 2009
    Messages:
    737
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,868 / -0
    :lol: boleh juga tuh tips2 nya...
    tapi si calon kena tilang musti punya banyak bakat nih...
    minimal bakat akting dah :lol:
     
  16. Offline

    luffy_kun Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    834
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +194 / -0
    wah nice info... bisa di terapkan nih...
    tapi cara paling jitu sih.. .jangan sampe ketemu polisi sih..:haha:
     
  17. Offline

    projectronic Beginner Members

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    415
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +1,802 / -0
    kayanya ga mungkin pak polisi percaya ama ini trik kalo gw yg lakuin
    1. Ngaku anak jendral, mana ada anak jendral pake speda motor butut kaya gw.. :D
    2. Akting banyak masalah, ga bisa akting, ntar takutnya malah dikira mabok lg..
    3. Ngaku mahasiswa hukum, daya nalar tentang hukum gw minim bgt..

    paling top kalo dibrentiin polisi manggil nya om kalo polisi nya agak tuaan atau mas kalo mudaan dgn harapan polisi itu ngira kita dari keluarga besar polri juga :D
     
  18. Offline

    myth73 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,370 / -0
    Hei Z4, ente ngasih info kayaknya berdasarkan pengalaman pribadi ente yach:lol:
    Itu cuma bisa berhasil kalo yang nilang polisi nakal, tapi kalo yang nilang polisi yang lagi operasi resmi, susah tuh:haha:
     
  19. Offline

    Izzur Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    694
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +65 / -0
    Latihan biar gak kena tilang susah banget. . . . :hot:
    Kalo ada belokan atau lampu merah gua tuntun aja dah sepeda gw :haha:
     
  20. Offline

    soebhan Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    bagus jg tuh..tp biasanya klo dah liat pak polisi dah keder dluan..:apa:
     
  21. Offline

    natasha_ihmut Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +25 / -0
    kalo cewek, bisa pake jurus panik terus nangis...emang lebay sih, tapi pernah manjur juga kok :piss: :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.