1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Puting Lecet Ketika Menyusui Masih Bisa Di Atasi Dengan Cara Ini

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by kirinochan, May 16, 2017.

  1. Offline

    kirinochan Silent Reader Members

    Joined:
    May 25, 2016
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4 / -0
    Bukan proses yang mudah ketika seorang wanita melahirkan. Ada banyak tahap yang harus dijalani untuk membuat tumbuh dan kembang anak berjalan maksimal. Apa lagi ketika melahirkan anak untuk pertama kalinya. Akan terasa sulit ketika bertemu dengan masalah-masalah yang normal terjadi ketika memiliki anak. Seperti misalnya mengalami puting lecet saat menyusui yang merupakan masalah atau kasus normal dialami para ibu yang baru melahirkan dan harus menyusui anak. Selain dapat bertanya pada dokter yang biasa menangani, Anda sebagai ibu baru juga dapat bertanya pada mereka yang sudah lebih berpengalaman. Di bawah ini ada sedikit ulasan seputar sebab dan akibat terjadinya lecet pada puting.

    Fakta Sebab dan Akibat Terjadinya Puting Lecet Saat Menyusui

    Menyusui adalah proses yang sangat berharga. Sang ibu dan bayi akan menjadi lebih dekat dan tali antara mereka semakin menjadi satu dengan proses ini. Sebagian besar para ibu ingin memberi ASI atau air susu ibu dengan maksimal dan sesuai. Namun berbagai permasalah sering muncul salah satunya mengalami puting lecet saat menyusui yang menimbulkan rasa perih serta nyeri. Perlu diketahui, terjadinya lecet pada puting ketika menyusui berkaitan erat dengan kondisi kebersihan seperti hal-hal berikut :

    • Kebersihan mulut bayi

    • kebersihan payudara ibu.
    Jamur yang menyebabkan infeksi dapat muncul ketika kebersihan kurang terjaga. Hal lainnya ialah karena pemakaian pompa ASI yang terlalu sering. Pemakaian pompa memang sering dilakukan untuk menyiapkan air susu lebih praktis atau juga karena air susu kurang lancar.

    Gesekan dari pompa ASI dapat membuat puting menjadi lecet dan terasa perih. Bukan hanya masalah kebersihan anggota tubuh juga pemakaian pompa, puting yang lecet juga dikarenakan kebersihan pakaian seperti bra atau pakaian menyusui kurang. Bahan yang terlalu kasar juga dapat menyebabkan gesekan pada puting. Fakta terakhir yang menimbulkan lecet pada puting adalah karena penyakit menular seperti herpes serta penyakit kulit. Segera konsultasi agar penyakit tersebut tidak menular pada bayi.

    Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

    Menyusui adalah anugerah yang luar biasa yang diberikan oleh Tuhan. Dapat melahirkan anak dan juga menyusui suatu anugerah yang sangat membanggakan bagi seorang wanita. Di dalam menyusui kadang seorang wanita mengalami masalah, terutama bagi wanita yang baru pertama kali melahirkan dan juga menyusui . Masalah yang datang pun beranekaragam, misalnya saja seperti Asi sedikit, puting lecet, posisi menyusui yang sulit dan tidak tepat, pegal badan pada saat menyusui dan masih banyak lagi. Puting lecet adalah masalah umum yang banyak dialami oleh ibu menyusui. Sebenarnya banyak cara untuk menghindari terjadinya puting lecet ini, namun terkadang kita terlewat dan kurang perhatian sehingga terjadilah masalah puting lecet ini.

    Bagi anda ibu yang terlanjur mengalami puting lecet, berikut ini akan diulas cara mengobati puting lecet, agar tidak semakin lecet dan sehingga apabila dibiarkan akan membahayakan. Berikut tips nya:

    1. Kompreslah dengan air hangat pada daerah payudara yang terasa nyeri. Terutama pada bagian puting anda.

    2. Jika anda tidak tahan dengan rasa nyeri yang anda rasakan, tetaplah menyusui bayi anda sebentar-sebentar namun dengan prekuensi yan sering.

    3. Ada kebiasaan si anak suka menggigit puting ibu,. Jika bayi mengigit putting ibu, maka lepaskanlah isapannya secara perlahan-lahan dan selembut mungkin , caranya yaitu dengan memasukan memasukan jari kelingking ke mulutnya. Selain itu dapat pula dengan cara menekan dagunya kearah bawah sehingga mulut si bayi akan membuka dan anda dapat menarik payudara anda.

    4. Apabila puting susu anda telah lecet hindari membersihkan menggunakan sabun mandi yang berlebihan karena dapat menyebabkan kulit putting menjadi kering. Cukup bersihkan menggunakan air hangat saja dan oleskan dengan baby oil.

    5. Setelah anda selesai menyusui, oleskan si di sekitar lecet anda. Hal ini bertujuan agar kelembapan payudara tetap terjaga, dan Asi juga berkhasiat untuk penyembuh luka.
    Demikianlah beberapa cara untuk mengobati puting lecet. Bagi anda ibu menyusui jangan lupa untuk selalu meminum susu lactamil agar asi tetap lancar dan mengandung gizi komplit. Semoga artikel ini bermanfaat.
     
    • Like Like x 1
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.