1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Geography & Astronomy Pulau tiga Gili - Keindahan alam milik Indonesia

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by babi_dugem, Jul 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    babi_dugem Beginner Members

    Joined:
    Mar 27, 2010
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +60 / -0
    Ternyata Indonesia memiliki pesona keindahan alam yang menjadi daya tarik wisatawan manca negara untuk datang kesana, selain pulau Bali.
    Sebelumnya kita liat dlu aja foto dari pulau gili itu gimana..
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Nah, spoiler di bawah ini sedikit penjelasan tentang pulau 3 gili ini..monggo di baca2 :piss:
    [​IMG]
    Pulau Tiga Gili(Gili,berarti pulau kecil) adalah sebuah fenomena alam yang terletak di sebelah utara Pulau Lombok. Gili Air, Meno, dan Trawangan itulah nama Tiga Gili yang menjadi salah satu pusat wisata Pulau Lombok.

    Dari tiga gili itu, wisatawan dapat menikmati matahari terbit dari balik Gunung Rinjani, lalu matahari terbenam, dan Gunung Agung di Bali, serta berbagai atraksi bahari yang disukai, seperti diving dan snorkling. Ada taman laut Meno Wall, dinding tebing curam di antara Meno dan Trawangan, yang bisa di saksikan pada kedalaman 15 meter.

    Kecuali ribbon coral dan finger coral, hampir di semua tempat di perairan tiga gili itu terdapat terumbu karang berwarna biru. Terumbu karang biru masuk marga Acropora. Warna biru itu disebabkan warna pigmen Zooxanthela atau alga bersel tunggal berwarna biru dan hidup bersimbiosis dalam jaringan karang. Suasana ini bagaikan karang biru di Laut Karibia.

    Keunggulan komparatif tiga gili itu menjadi magnet yang dinikmati wisatawan, kalangan usaha, dan masyarakat. Hanya, mengedepankan hitung-hitungan ekonomi yang diraih lalu mengabaikan aspek lingkungan justru memperburuk persoalan lingkungan yang dalam dua dekade terakhir ini dirasakan masyarakat. Jika lalai menjaga lingkungan yang menjadi daya tarik tiga gili itu, maka niscaya ”desa dunia” ini ditinggal pelancong.

    Dahulunya pulau ini pernah dijadikan tempat pembuangan narapidana. Pada waktu itu karena semua penjara sedang penuh, Raja yang waktu itu berkuasa membuang 350 orang pemberontak Sasak ke pulau ini. Baru sekitar tahun 1970-an pulau ini dikunjungi penduduk dari Sulawesi yang kemudian menetap di sini. Dan akhirnya terus berkembang hingga saat ini menjadi tempat wisata nan elok yg dimiliki Indonesia tercinta.

    Inilah "Desa Dunia" setelah Bali. Ini memang julukan bagi obyek wisata Tiga Gili atau pulau kecil yang berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

    Tiga Gili atau yang biasa disebut Triple Gili, Kawasan Wisata yang bukan hanya menjadi primadona bagi wisatawan Nusantara saja tapi menjadi primadona bagi wisatawan Manca Negara.

    Sebutan itu dapat dibuktikan melalui keberadaan sejumlah hotel berbintang yang umumnya milik investor asing yang bekerja sama dengan warga setempat sebagai pemilik lahan. Pesisir tiga gili, Trawangan, Meno, dan Air, juga didominasi turis muda usia dari mancanegara, yang berwisata di pulau kecil yang masih bersih dari polusi dan terpisah dari Pulau Lombok itu.

    Suasana ”Desa Dunia” sangat kental di Trawangan. Hal ini terindikasi dari bahasa yang digunakan wisatawan, seperti bahasa Jerman, Perancis, Spanyol, dan Jepang. malah ada sekelompok kecil wisatawan yang berkomunikasi dengan bahasa Lebanon. Meski demikian, pelancong yang berbahasa Inggris lebih dominan disini.

    [​IMG]

    Nah di bawah ini penjelasan untuk 3 Pulau yang di maksudkan
    [​IMG]
    Di Gili Trawangan tidak diizinkan menggunakan kendaraan bermesin. Yang diizinkan hanya cidomo (kendaraan khas), kuda, dan sepeda gayung. Transportasi ini disewakan kepada wisatawan yang ingin jalan-jalan mengitari pulau seluas 338 hektar itu.

    Gili Trawangan yang berada di deretan barat menjadi pilihan utama karena memiliki fasilitas lebih lengkap, seperti penginapan, hiburan malam, serta sarana komunikasi dan transportasi yang nyaris sepanjang hari melayani warga lokal ataupun wisatawan dari Pelabuhan Bangsal, Desa Pemenang, ke Gili Trawangan, termasuk ke Gili Air yang berada di deretan paling timur.

    [​IMG]
    Gili Meno adalah gili yang berada diantara Gili Trawangan dan Gili Air. Dari ketiga Gili, Gili Meno adalah gili yang terkecil dan yang gili yang paling sedikit dikunjungi oleh wisatawan. Gili ini tidak seperti dua gili lainnya yang lebih dulu berkembang dan merupakan gili yang paling tenang.

    Di Gili Meno, Agan akan menemukan hamparan pantai berpasir putih yang masih alami dengan suasana alam yang juga masih alami dan tidak adanya kendaraan bermotor yang membuat Agan seakan-akan berada di surga. Berlibur di pulau ini sambil menikmati birunya air laut yang biru jernih dimana Agan bisa melihat dasar pantai yang indah bersantai di pinggir pantai di bawah rindangnya pohon sambil di buai oleh nyanyian alam dari kicauan burung yang terbang bebasss akan membuat agan melupakan semua tekanan dalam pekerjaan dikarenakan suasana lingkungan sekitar Meno relatif sepi dan tenang, dan juga mungkin cocok untuk wisata keluarga

    Yang menjadi daya tarik dari Gili Meno adalah adanya taman burung yang mempunyai koleksi macam-macam burung dari Indonesia maupun dari luar negeri. Selain itu di gili ini juga terdapat Danau air asin dan beberapa tempat untuk diving yang terkenal seperti Meno Wall, Sea Turtle Point dan Blue Coral Point.

    [​IMG]
    Gili Air adalah Gili terdekat ke Lombok. Pulau ini masih mempertahankan daya tarik pedesaan. di Gili Air juga merupakan sebagian besar penduduk dan Agan akan menemukan lebih banyak pohon di sana daripada Gili lain. Penduduk lokalnya adalah Sasak, Mandar, Bugis dan Makassar. Agan dapat menemukan budaya yang unik yang berbeda dari Lombok dan pantai indah. Banyak dari generasi tua masih mencari nafkah sebagai tukang perahu, nelayan dan petani kelapa. dan pulau ini memiliki penduduk sekitar 1.000 orang.

    Code:
    Sumber foto dan bahasan : dari berbagai sumber di google en forum sebelah
    Maap kalo repost, tadi juga uda cari2 di Search ternyata belum ada yang posting. Tolong di laporkan ke momod terdekat kalo ternyata ini repost, biar segera di Lock atau di Hapus, demi menghindari orang2 yang ngejunk :piss:
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    bakaraider2005 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 6, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +66 / -0
    COOL!! gw pernah tinggal di Lombok dl waktu kecil tp gak pernah ke gili, pernah jg ke nusa penida, boljug utk alternatif wisata keluarga nih.. mahal gak ya kl kesana? ada yg pernah?
     
  4. Offline

    galuhrestu Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    474
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,073 / -0
    gue lom pernah ke situ.. cuma pernah ke pantai di Manokwari Papua, pantai disana hampir mirip ama yang di Gili pasirnya putih, air lautnya bening..
     
  5. Offline

    echalee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    1,515
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,430 / -0
    yang aku sering denger cuma gili meno sama gili trawangan.. ternyata itu ada 3 thooo... keren2 pula :top:
    trus foto yg ke-2 itu juga..bikin mupeng!! pengen kesanaaaaaaaa.... :panik:
     
  6. Offline

    bangkotan Members

    Joined:
    Jul 13, 2010
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Wiw, mataharinya keren gitu di pic nomer 2..
    btw ke 3 pulau itu rame ya pengunjungnya?? padahal pulaunya berdempetan gt tp masing2 alamnya beda jg ya..
    keren, indonesia gak kalah indah jg sama negara orang..
     
  7. Offline

    JojonAnakHaram Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    891
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,317 / -0
    duh... jd pengen ke lombok ni... aernya msh biru2...
     
  8. Offline

    nHnR Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    1,102
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,352 / -0
    ini daerah lombok y ?! :???:

    kek na bneran deh, target gw setela bandung n Jogja, mw ke Lombok..
    view ny itu lho :sebel:
    bkin ga tahan :hahai:


    tq info ny :top:
     
  9. Offline

    justinromanz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    1,823
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,611 / -0
    pengen bener k'sono
    tapi sayang g ada budget
    'ntar aja x klo udah berduit
     
  10. Offline

    reazon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,013 / -0
    alam indonesia memang indah......:hmm:
    sayang ada d lombok,, jauh bener deh......:sigh:
    mw k sana,, tapi ga ada uit....:sedih:
     
  11. Offline

    michael17bm Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 12, 2009
    Messages:
    4,447
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,024 / -0
    wah nikmat ni klo pingin keluar dari kehidupan modern sebentar,,,
    take a break from modern life to natural. mantap!!! :top:
     
  12. Offline

    1nuy45h4 Beginner Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    wah ternyata masih banyak yah keindahan alam negeri komodo yang belum diketahui masyarakat luas..? :???:
     
  13. Offline

    Xavier24 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Aset indonesia di bidang pariwisata emang ga abis2..

    Coba bisa ngurus nya..

    Makmur kita..
     
  14. Offline

    coolz23 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    wah, indah bgt...memang di Indo banyak bgt kekayaan alam yang ga habis2...............
     
  15. Offline

    bo_chama Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    837
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    hmmm, pesona alam indonesia emang gk da duanya
     
  16. Offline

    rajirukun Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    685
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +64 / -0
    duh kerenna
    jd pengen ke sana klo liburan
     
  17. Offline

    jack_hawkins Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 12, 2009
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,629 / -0
    wuih indah bgt[​IMG]
    airnya jernih bgt ampe penyu keliatan jelas bgt
    [​IMG]mau kesana
     
  18. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,393
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,071 / -8
    wah mantaf neh pulau gili... jadi kepengen ke sana..

    apalagi d pulau yang sepi tanpa ada suara kendaraan bermotor.

    bisa hidup tenang dan tidak bising dengan suara kendaraan.

    apalagi pantainya indah banget... :top:
     
  19. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,051 / -7
    Lombok...Jauh amat...:kecewa:

    gw pikir masih disekitar pulau jawa...padahal bagus bgt tu :sebel:
     
  20. Offline

    cnup Beginner Members

    Joined:
    Apr 7, 2010
    Messages:
    300
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +98 / -1
    wah...dua tahun yg lalu liburan ke lombok dan sempet ke gili trawangan
    emg bener2 indah bgt deh pemandangannya
    di sn jg sempet kebawa arus wkt lg snorkling gara2 arus lg kuat bgt
    untung aja diselametin sm penjaga pantainya T_T
     
  21. Offline

    royal_h Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,665 / -0
    indo negara kepulauan terbesar d duniya
    pulaunya ribuan, kecil ada, besar jg ada
    saking banyaknya mpe banyak keindahan mereka yg blm terekspos :swt: mengenaskan
    visit indonesia forever :terharu:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.