1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Puasa dan proses penyembuhan tubuh

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Aug 12, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    Salah satu manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh adalah proses penyembuhan yang terjadi lebih cepat. Jadi, pendapat “Sebaiknya tidak berpuasa saat tubuh tidak fit” mungkin harus dikaji kembali untuk penyakit dan kondisi tertentu.

    Saat kita sakit, sel-sel tubuh kita mengalami kerusakan. Semakin parah penyakit kita, semakin banyak sel-sel yang rusak. Dalam kondisi semacam ini, tubuh memulai proses penyembuhan dalam beberapa tahap.

    Yang pertama adalah ketika tubuh mengenali ada masalah di dalam sebagian sistemnya. Misalnya ketika terserang flu, tubuh kita sudah bisa menandai dan seperti memindai tanda-tanda flu akan datang. Pada tahap ini tubuh juga mulai mempersiapkan respons yang tepat untuk menangkal flu.

    Tahap kedua, ketika tubuh mulai memperbaiki sel-sel yang rusak dan menangkal kerusakan baru. Pada saat inilah seluruh sumber daya yang ada dalam tubuh kita dipusatkan untuk melakukan penyembuhan.

    Puasa mendorong terjadinya kedua tahap ini dengan lebih cepat, karena tubuh sedang tidak disibukkan oleh tugas mencerna makanan, yang menguras energi, sehingga dapat bertindak lebih optimal untuk penyembuhan.

    Pada hari-hari biasa, ketika kita mengkonsumsi bermacam-macam makanan, entah itu makan besar atau camilan, tubuh kita terus-menerus bekerja keras dengan jadwal yang ketat. Sepanjang itu pula, konsentrasi tubuh tertuju pada proses pencernaan makan, lalu penyaluran ke seluruh tubuh. Pekerjaan berat ini memerlukan sekitar 65 persen energi tubuh kita.

    Dalam keadaan semacam ini, tugas perawatan yang juga penting seolah diabaikan oleh tubuh.

    Tetapi ketika berpuasa, seluruh organ pencernaan kita, dan organ lain yang bersangkutan beristirahat. Saat inilah tubuh dapat melepaskan energi untuk merawat seluruh sistem dalam tubuh— memperbaiki yang rusak, memperkuat yang lemah, menambal yang berlubang, melumasi yang mulai berkarat serta membuang racun-racun, mengeluarkan semua sampah.

    Tentu saja tidak semua penyakit dapat disembuhkan dengan berpuasa. Dalam hal ini, fungsi terpenting puasa adalah menyiapkan kondisi agar proses penyembuhan dapat segera dilakukan.

    Yang penting harus kita ingat, kita wajib menahan diri untuk tidak menginterupsi proses ini dengan bahan-bahan kimia, karena tubuh kita cukup pintar untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Terapi dengan puasa ini diketahui dapat memperbaiki kondisi tubuh saat mengalami radang sendi, berbagai jenis gangguan pencernaan, masalah dengan kondisi kulit, asma dan penyakit kardiovaskular.

    sumber : http://id.custom.yahoo.com/ramadan/artikel-article/puasa-dan-proses-penyembuhan-tubuh-743
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    YoungGunners Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2010
    Messages:
    10,065
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +173,954 / -2
    Puasa emang banyak gunanya.... tp ada juga penyakit yang bahaya klu tetep maksa untuk berpuasa contohnya kena penyakit maag :hmm:

    karena memerlukan cairan lebih untuk tubuh :iii:
     
  4. Offline

    RFShipper Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 11, 2011
    Messages:
    158
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +36 / -0
    LAlu sprti apa puasa yang baik dan bnar, dan pastinya aman dijalani untuk kshatan iman dan tubuh?
    Apa saja yang tidak bolh dimakan saat puasa?
     
  5. Offline

    Superlivy29 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +12,683 / -0
    Oh gitu ya... 2 hari sebelum puasa ane pas baru mulai meriangnya. 14 hari puasa ini masih batuk-batuk (tapi makin jarang sih), tapi alhamdulillah puasa tetep lancar sih, paling lemes dikit. Tapi ya kalau penyakitnya membahayakan mending jangan puasa dulu. Kan kalau sudah sehat bisa bayar hutang puasanya.
     
  6. Offline

    indahfida Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,705 / -0
    Nice Info TS :top: Baru tau gw, jadi setelah tubuh kita nganggur, baru deh bebenah lainnya... hmm, puasa emang hebat ya, unik dan bermanfaat.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.