1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Provinsi PAPUA BARAT

Discussion in 'Papua' started by khuma_putry, Aug 6, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,707 / -8
    Nama Resmi : Provinsi Papua Barat
    Ibu kota : Manokwari
    Luas Wilayah : 97.024,27 Km2 *)
    Jumlah Penduduk : 690.349 Jiwa *)
    Wilayah Administrasi : Kab.:8, Kota : 1, Kec.: 100, Kel.: 45, Desa : 1.149 *)
    Batas Wilayah : Wilayah Provinsi Papua Barat sebelah Timur berbatasan dengan Teluk Cenderawasih, sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Seram, tenggara berbatasan dengan provinsi Papua, sebelah Barat berbatasan dengan Maluku Utara dan provinsi Maluku, sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Pasifik

    Papua Barat (sebelumnya Irian Jaya Barat) adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian barat Pulau Irian. Ibukotanya adalah Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya adalah Irian Jaya Barat, yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini diubah menjadi Papua Barat. Papua Barat dan Papua merupakan provinsi yang memperoleh status otonomi khusus.

    Wilayah provinsi ini mencakup kawasan kepala burung pulau Papua dan kepulauan-kepulauan di sekelilingnya. Di sebelah utara, provinsi ini dibatasi oleh Samudra Pasifik, bagian barat berbatasan dengan provinsi Maluku Utara dan provinsi Maluku, bagian timur dibatasi oleh Teluk Cenderawasih, selatan dengan Laut Seram dan tenggara berbatasan dengan provinsi Papua.

    Provinsi Papua Barat ini meski telah dijadikan provinsi tersendiri, namun tetap mendapat perlakuan khusus sebagaimana provinsi induknya.Provinsi ini juga telah mempunyai KPUD sendiri dan menyelenggarakan pemilu untuk pertama kalinya tanggal 5 April 2004.

    [​IMG]
    Tulisan Papua Barat menjelaskan nama Provinsi Papua Barat

    Bintang berwarna putih bermakna Ketuhanan Yang Maha Esa dan cita-cita serta harapan yang akan diwujudkan.

    Pohon dan ikan bermakna bahwa Provinsi Papua Barat memiliki sumber daya hutan dan sumber daya laut yang berpotensi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.
    Menara kilang dengan semburan api berwarna merah bermakna bahwa Provinsi Papua Barat memiliki kekayaan bahan tambang yang melimpah.

    Leher dan kepala burung Kasuari menghadap ke kanan dalam bidang lingkaran hijau bermakna bahwa Provinsi Papua Barat secara geografis terletak di wilayah leher dan kepala burung Pulau Papua, sekaligus memilki filosofi ketangguhan, keberanian, kekuatan dan ketahanan menghadapi tantangan pembangunan dimasa depan serta berkeyakinan bahwa dengan semangat persatuan dan kesatuan, kesinambungan pembangunan akan mewujudkan masa depan yang cerah.

    Bidang Hijau yang diapit 3 (tiga) bidang biru bermakna kesatuan tekad dan perjuangan dari 3 (tiga) unsur: pemerintah, rakyat/adat dan agama mewujudkan keberadaan Provinsi Papua Barat.

    Perisai dengan warna dasar biru bersudut lima bermakna bahwa provinsi Papua Barat berasaskan Pancasila yang mampu melindungi seluruh rakyat.

    Sepasang pelepah daun sagu, masing-masing pelepah bagian kanan terdiri dari 12 (dua belas) pasang anak daun, bagian kiri terdiri dari 10 (sepuluh) pasang anak daun yang diikat oleh dua angka sembilan bermotif ukiran karerin budaya Papua, bermakna bahwa Provinsi Papua Barat dibentuk pada tanggal 12 Oktober 1999 NKRI. Sagu merupakan makanan pokok masyarakat Provinsi Papua Barat yang melambangkan kesejehteraan dan kemakmuran. sebagai Provinsi ke-2 di Tanah Papua dan ke-31 di wilayah

    Seutas pita berwarna kuning bertuliskan "CINTAKU NEGERIKU" terletak di bagian bawah perisai merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perisai bermakna folosofis perjuangan seluruh komponen masyarakat untuk mempertahankan keberadaan Provinsi Papua Barat dalam bingkai NKRI.


    Provinsi Papua Barat mempunyai potensi yang luar biasa, baik itu pertanian, pertambangan, hasil hutan maupun pariwisata. Mutiara dan rumput laut dihasilkan di kabupaten Raja Ampat sedangkan satu-satunya industri tradisional tenun ikat yang disebut kain Timor dihasilkan di kabupaten Sorong Selatan. Sirup pala harum dapat diperoleh di kabupaten Fak-Fak serta beragam potensi lainnya. Selain itu, wisata alam juga menjadi salah satu andalan Irian Jaya Barat, seperti Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang berlokasi di kabupaten Teluk Wondama.

    Taman Nasional ini membentang dari timur Semenanjung Kwatisore sampai utara Pulau Rumberpon dengan panjang garis pantai 500 km, luas darat mencapai 68.200 ha, luas laut 1.385.300 ha dengan rincian 80.000 ha kawasan terumbu karang dan 12.400 ha lautan.

    Disamping itu baru-baru ini, ditemukan sebuah gua yang diklaim sebagai gua terdalam di dunia oleh tim ekspedisi speologi Perancis di kawasan Pegunungan Lina, Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari. Gua ini diperkirakan mencapai kedalaman 2000 meter. Kawasan pegunungan di Papua Barat masih menyimpan misteri kekayaan alam yang perlu diungkap.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    sumber : http://www.depdagri.go.id/pages/profil-daerah/provinsi/detail/92/papua-barat
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zakainiwak Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,291
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,734 / -0
    hmm... :rokok:

    katanya ada rencana provinsi papua tengah ya..?? :???:

    CMIIW

    ya semoga papua semakin baik dan berkembang..:top:
     
  4. Offline

    FAJRATSYAH Beginner Members

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    380
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +5,237 / -0
    Mantap kaka, lengkap dgn logo dan artinya,
    ijin copas logo buat latihan di Corel....
     
  5. Offline

    Budinurdiansyah Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 5, 2012
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Pengen ke Provinsi Papua Barat. Jangan-jangan K'Riri lahir di Papua barat. Kangen nih ama Kak Riri udah lama gak ketemu semenjak kuliah di FE Universitas Gunadarma.
    Buat orang asal Provinsi Papua Barat. Salam kenal..
     
  6. Offline

    cuteyenny Beginner Members

    Joined:
    May 27, 2011
    Messages:
    308
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +59 / -0
    Rumahku di Manokwari itu termasuk Papua Barat ya?
     
  7. Offline

    rahm4tdp Members

    Joined:
    Jun 21, 2012
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +80 / -0
    sapu sodara ada d manokwari juga, klu tdk salah da tinggal d sanggeng
     
  8. Offline

    yezico Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 12, 2011
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +22 / -0
    ada gosip katanya sorong mau buat provinsi baru, mecah dari papua barat.

    jadi papua barat daya kalo ga salah, waktu disorong sa pernah liat demonstarinya
     
  9. Offline

    komikb4 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    37,206
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +9,901 / -0
    [setalah dibagi menjadi papua barat, apakah administrasi dan pembangunan kota2 dan desa di sana lebih baik dari sebelum dipisah?:bloon:]
     
  10. Offline

    FAJRATSYAH Beginner Members

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    380
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +5,237 / -0
    Harapannya demikian, dan sepertinya emang lebih baik.
     
  11. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,707 / -8
    kalau itu cuma gosip pace, tapi tidak tau ntar kedepannya gimana.

    so kalau yang saya dengar2 dari isu... dari pihak sorong tidak setuju kalau manokwarinya jadi ibukota.

    so makanya itu ada gosip yang mengatkan sorong mau pisah dari PB.

    untuk sementara ini yang saya dan masyarakat alami ada perubahan pada pembangunan terutama d kampung2.

    sedangkan untuk pihak pemerintah sendiri.. dah lama dan sampe sekarang lagi gencarnya membangun infrastruktur trutama jalan dan jembatan.

    karena d daerah PB terdapat banyak sungai.
     
  12. Offline

    komikb4 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    37,206
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +9,901 / -0
    banyak sungai pasti subur dan berpotensi besar untuk didirikan pembangkit listrik tenaga air yang ramah lingkungan :yahoo:
     
  13. Offline

    dj22kk Members

    Joined:
    Jul 18, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    yang ada tu manokwari mau pemekaran kabupaten bru lg.... ada 2 klo tdk slah dengar... CMIIW
     
    • Thanks Thanks x 1
  14. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,707 / -8
    itu sudah kaka, untuk manokwari tanah subur jika dikelola dengan baik maka potensi untuk pertanian :top:
    cuma sayang sekarang dah berubah menjadi kebun kelapa sawit dan Coklat :sigh:
    dulu taun 90an manokwari termasuk terbesar dalam hal pertanian (kedelai, jagung dan padi)
    kalau untuk akan dan mau pemekarang belum denger berita terbaru kaka :maaf:
     
  15. Offline

    jonikemod2 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 15, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    gw pernah ke Papua Barat Khususnya sorong, lucunya pantai di sorong dibagi banyak nama, padahal masih satu pantai, :oghoho:
     
  16. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,707 / -8
    sebenernya tu tergantung dari daerahnya. walaupun masih satu pantai kalau nama daerah su beda tetep lain nama pantainya :unyil:
     
  17. Offline

    phenkk Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 23, 2012
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Sebentar lagi ada Papua Tengah, Timika termasuk papua tengah
     
  18. Offline

    Antonwoo Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 2, 2012
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +6 / -0
    Baru dr sorong dan r4.
    Keindahan papua barat wow sekali.
    Smp ga pengen pulang.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.