1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Pornografi Menurunkan Kecerdasan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by kzha, Sep 11, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    kzha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,868
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    [​IMG]

    Jakarta, Pornografi kerap dituding sebagai perusak moral. Namun bisakah pornografi menurunkan kecerdasan dan IQ seseorang? Para ahli mengatakan bisa! Otak manusia ternyata bisa tidak berfungsi jika terlalu sering melihat sesuatu yang berbau porno.

    Sebanyak 70 persen informasi masuk melalui mata. Dan masuknya informasi melalui mata inilah yang terkadang tidak bisa dianalisis dan disaring oleh otak. "Melihat itu seharusnya memakai otak, bukan hanya mata saja," ujar Adre Mayza, SpK (K), Kabid Pemeliharaan Peningkatan Intelegensia Kesehatan, Depkes RI dalam acara Optimalisasi Peningkatan Intelegensia Otak di GKBI, Sudirman, Jakarta (10/9/2009).

    Dalam setiap tahap perkembangan umur, otak manusia menglami perubahan fungsi. Ketika masih bayi dan anak-anak, manusia masih menggunakan bagian otak primitifnya yaitu masih menggunakan naluri alamiahnya. Menjelang remaja, otak bagian belakanglah yang lebih banyak berfungsi sedangkan ketika dewasa otak depan yang lebih aktif.

    Dari seluruh tahap perkembangan otak itu, ternyata remajalah yang paling berpotensi mengalami kerusakan otak akibat pornografi. "Remaja adalah kelompok yang paling fatal rusaknya jika sudah kena pornografi. Itu karena bagian otak yang lebih berfungsi pada remaja adalah otak belakang yang tugasnya hanya menerima informasi tanpa melalui proses penyaringan atau analisis di bagian otak depan," jelas Adre.

    "Jika diibaratkan, pornografi itu seperti coklat, sama-sama bikin orang ngiler dan kecanduan. Tapi bedanya, orang yang ngiler coklat bisa beli coklat itu kapan aja tapi kalau remaja yang udah ngiler ngeliat hal-hal yang berbau porno nggak punya pelampiasan, akhirnya melakukan onani dan karena enak jadi ketagihan," ujar Adre.

    Menurut Adre, ketika seorang remaja melihat atau mendengar sesuatu yang berbau porno, semua rangsangan itu akan langsung masuk ke otak belakang tanpa tersaring. "Otak belakang memang tidak bisa menyaring informasi, tugasnya hanya menerima saja," tutur Adre.

    Lalu ketika rangsangan itu sudah masuk, otak akan mengeluarkan cairan atau zat neurotransmiter yang disebut Delta-FosB. Zat itulah yang membuat nafsu atau libido seseorang meningkat. "Bisa dibilang zat di dalam otak itulah yang bikin 'itunya' berdiri," ujar Adre.

    Ketika lebih banyak informasi tentang pornografi yang masuk ke otak, fungsi otak pun lebih banyak teralih pada bagian belakang. "Itu artinya bagian otak lainnya menjadi kurang aktif, terutama otak bagian depan yang seharusnya mulai diasah sejak remaja," jelasa Adre.

    Semakin sering otak belakang dipakai dan semakin jarang otak depan dipakai, seseorang bisa mengalami fungsi kognitif dan kecerdasan. Padahal yang mempengaruhi kecerdasan seseorang adalah ketebalan korteks yang ada di bagian otak depan. "Semakin banyak atau rimbun dendrit-dendrit di bagian otak depan, semakin cerdas seseorang," jelas Adre.

    Itulah sebabnya mengapa pornografi bisa menurunkan kecerdasan orang, terutama remaja. "Karena remaja lebih banyak menerima informasi daripada menganalisanya. Kalau orang dewasa mungkin sudah bisa menganalisa, apalagi kalau udah punya istri untuk pelampiasannya. Kalau remaja mau gimana lagi selain onani?" imbuhnya.

    Adre pun menyebutkan sebuah penelitian yang mengatakan bahwa seseorang yang sewaktu remajanya sering melihat pornografi, kemungkinan selingkuhnya lebih besar ketika dia sudah menikah ketimbang mereka yang jarang melihat pornografi. "Karena di dalam otaknya selalu terbayang yang lebih dan lebih, jadi merasa tidak puas," ujarnya.

    =========================
    Sumber: detik.com :D
    =========================

    PS : hati2 loh gan,.... ! :unyil:
     
    Last edited: Sep 13, 2009
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    CarbuncLe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 25, 2009
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +251 / -0
    jadi fungsi otak belakang yang lebih aktif menerima informasi tanpa penyaringan itu juga ya yang menyebabkan kenapa remaja2 sering melakukan tindak2an di luar batas rasional (bagi ortunya atau orang2 dewasa lainnya) dan sering banyak orang yang mengatakan kalau masa remaja kalau tidak dibina dengan baik bisa menjadi masa2 rawan untuk kedepannya. Mungkin seperti itu penjelasannya.. gara2 fungsi otaknya itu...
     
  4. Offline

    tehkotak88 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,325
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,646 / -0
    Ah ngga percaya g :wuek:

    selama orangnya punya kesibukan sepanjang hari, pasti juga dah terlalu cape buat napsu liat2 begituan...

    tau d klo orangnya diem2 di rumah sepanjang hari...y ud pasti kepikiran sono terus...

    Mang dasarnya orang kan punya napsu...ngga ubahnya orang gua jaman dulu...

    Klo soal bodo ngga bodonya orang, itu mah soal kebiasaan aj orangnya suka muter otak ngga, kritis ap ngga...
    Klo mang dasarnya males mikir y lama2 ngga keasah..jadi bodo n cepet pikun...


    So, IMO ini TOTALLY HOAX!!!
    Don't believe everything you hear...or READ!!!
     
  5. Offline

    banop Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,900 / -0
    masa sih hoax , sumbernya detik.com kok :awas:

    kalo emang benar, sulit juga neh ngurangin kebiasaan :semangat:
     
  6. Offline

    piping1999 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 18, 2008
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    Kayaknya itu cuman berlaku buat yang maniak2,

    yang merasa maniak harap introspeksi diri :piss:
     
  7. Offline

    andysepta_reza Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    206
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +39,593 / -0
    Tergantung setiap person aja...kl bisa menyeimbangkan..pasti gak ada masalah...intinya yang sedang2 aja lah..jangan maniak..hahaha:th_102_:
     
  8. Offline

    Niddif Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    467
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +34 / -0
    setuju ..
    tapi kurangi juga meng-konsumsi barang porno, apalagi tidak bagi - bagi
     
  9. Offline

    ralven Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 27, 2009
    Messages:
    821
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,566 / -0
    tobat dah tobat:hahai:
    :???:tapi kenapa orang jepang pinter-pinter ya
    pornografi di sana kan bukan main bro!
     
  10. Offline

    Shad12ow Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 27, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +38 / -0
    Kok sering banget ya keluar artkel kayak gini. Emg gw sadar kebanyakan porgnografi gak bagus, tapi menurut gw kebanyakan sesuatu apapaun juga gak baik. Kalau semuanya di batas normal, menurut gw gak apa2 sih. Sebetulnya pernah gak sih bener2 diteliti hal kayak gini ? Soalnya setau gw nih, semua yang kayak gini cuma ambil gampangnya aja.

    Pornografi = gak baik secara moral = gak baik secara kesehatan = bisa ngerusak badan

    Kalau cuma begini terus sih, kita bener2 gak bisa maju, ntar malah kayak di jaman kegelapan, yang di mana semuanya dipandang secara mudah.

    Ada yang mau kasih pendapat gak nih ? And mohon maaf kalo tulisan gw bikin org tersinggung, ini pendapat gw.
     
  11. Offline

    shinchan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 8, 2009
    Messages:
    745
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +74 / -0
    yg penting jgn ampe berlebihan lah...
    kalo hanya ntn trus gak menyalahkan na rasanya ok2 aja deh...
    itu kan artinya kita bisa berpikiran dgn bener:hero:
     
  12. Offline

    aabule Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    2,721
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +14,810 / -0
    itu kan kalo informasi yang diliat mata ga disaring dulu ma otak'kan?
    berarti, kalo nonton pelemnya sambil mikir? ga masalah'kan?

    jadi, intinya, pikirkan terlebih dahulu semua hal yang kita liat, jangan telan bulat-bulat, sebelum kita menyimpulkannya, gitu ya??
    *berarti nonton pornonya sambil mikir dunk? hehe
    __________________________________
    still on going with 01 September 2013..
     
  13. Offline

    front Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ada kalanya ingin melihat, dan ada kalanya tidak nafsu melihat... sepertinya tidak kecanduan... hanya ada waktu pengen dan tidak, jadi tidak apa-apa

    mikir apaan bang :haha:

    kalo ane sih mikir ketika lg nonton adegan "ini mereka acting ya? kayaknya boongan"
     
    Last edited: Sep 12, 2009
  14. Offline

    Shad12ow Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 27, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +38 / -0
    Setuju ama yang di atas. Temen2 gw yang rada menggila malah masuk univ negeri dengan nilai manthab. Rata2 juga nilainya minimal 85 ke atas. Gimana nih penjelasannya ?
    Bukannya gw menyetujui pornografi, tapi gw minta dipaparkan fakt.
    Wkwkwkwk...
    Maklum, gw emang gini orgnya, no offense bro...
     
  15. Offline

    kzha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,868
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    :yareyare: banyak yg ga setuju ne,.
    bukan gw loh,. yg ngomong,. ane kan cuma copas gan,.... :cerutu:

    oh ya,.. siapa ntu orangnya,..?
    coba sebutin 10 orang aja deh bro,. kan katanya banyak :hihi:
    kan enak ntu,. sering liat pornografi, bukannya text book,. tapi bisa jenius,. mau donk :onegai:

    waduh,. ga bisa di analogikan seperti itu bro,. :swt:
    apa bro mau bilang juga: ada orang yang kuat merokok dan peminum alkohol tapi umurnya panjang,.! jadi ga bener donk,. rokok dan alkohol ga baik untuk kesehatan,. :cerutu:


    bukannya munafik bro,. tapi semua laki2 pasti deh pernah mencicipi yg namanya pornografi (termasuk gw :malu2:),. kan itu hal yg normal,.
    asal jangan keseringan aja,. soalnya yg seperti ini seringnya kan bikin nagih :hihi:
     
    Last edited: Sep 13, 2009
    • Like Like x 1
  16. Offline

    vlava4eve Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Mungkin yang dimaksud pornografi bikin bodoh tu karena nonton bokepnya diatas 12 jam, truz sisanya mikir jorok terus seharian kali,, :piss:
     
  17. Offline

    donnyxme Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    365
    Trophy Points:
    71
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +34 / -0
    husss jgn salah artiin. Remaja umurnya ampe berapa aja gan? Kalo dah 20an keatas apa bisa di sebut remaja? Kikikkiki. Sense nya gini aja , pas manusia pertumbuhannya mulai meningkat drastis, sekitar umur 13-17thn jangan di sosor bokep. soalnya dimasa masa ini semua lsg diserap tanpa di anaalisa dulu/saring. Akibatnya ntar jadi cepet kecanduan, takutnya liat dikit lsg terangsang. Kayak bayi pas ibunya ngidam ga dapet kata org org tua. Kekekekekeke. Sisi baiknya gini .. yg udah dewasa bebas puas puasin ngebokep ... soalnya ga terpengaruh ma teori di atas ... yiiihaaaaaa. Lagian kalo dah dewasa, bisa cr cewe dan cr duit sendiri, bisa nyari tempat "plemapiasan" sendiri drpd anak remaja yg bisa cuma onani kan? Kecuali bapaknya tajir sih... masih smp tiap hari mangkal di sumo mesen uzbek 2 org kekekeee. Cuman anak yg beginian malah ga peduli lagi mah bokep , tiap hari action..
     
  18. Offline

    nokhara Beginner Members

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    420
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +14,783 / -0
    jah ga heran belakangan ni sejak sering ngebokep jadi rada oon ni...
    waduh tobat dlu dah...

    serem juga kalo di masa yang akan datang malah mengundang bencana gara2 pengen seligkuh...
    :takut::takut::takut::panda:
     
  19. Offline

    enc0re_12 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 4, 2008
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    Klo gak salah asalkan kita gak mendekati sesuatu yg berbau prono,otak kita jg gak akan mikirin tuh na*su,yaa sering2 aja ngelakuin aktifitas di luar rumah brg tmen2,sodara,orangtua,dll. agar kita jrang melakukan hal-hal yg bengong-bengong doank,akhirnya pasti lupa sendiri tuh sama hal-hal yg bgituan.. cMIIW:piss:
     
  20. Offline

    NuRaider Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    3,866
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54,511 / -0
    Gag setuju ah.. tergantung orangnya..

    klo emang otaknya udah ngeres yah ngeres aja,

    biarpun sering nonton porn tapi bisa konsen pas melakukan sesuatu yah jadinya ga masalah

    :haha:
     
  21. Offline

    namie04 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    1,127
    Trophy Points:
    146
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,316 / -0
    ayo2 yg suka liat pornografi alihkan ke yg positif dari pada jadii oon
    btw kalo liat echi gpp kan?
    kan masih ada ceritanya dikit :onegai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.