1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info PODCAR, naik mobil tanpa sopir pun bisa jalan ( keren gan )

Discussion in 'Random Images' started by gilbran, Apr 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gilbran Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +203 / -0
    Teknologi
    06 Juli 2009
    Podcar, Mobil Listrik Tanpa Sopir
    Tidak ada yang mengira, Uni Emirat Arab (UEA) yang hanya dikenal sebagai negara kaya minyak, kini juga gencar mengembangkan teknologi otomotif. Belum lama ini mereka meluncurkan mobil unik yang dinamakan podcar. Uji coba pun sukses dilakukan di Masdar City, sebuah kota kecil di Abu Dhabi, ibu kota negara. Apa saja kelebihan podcar?

    SEBENARNYA ide dasar UEA dalam pembuatan podcars memang bukan untuk mengembangkan teknologi industri otomotif. Pemerintah setempat justru sedang membuat proyek percontohan (pilot project), berupa pembangunan kota kecil yang bebas dari bahan bakar fosil seperti bensin dan solar.

    Maka dipilihlah Masdar sebagai lokasinya. Para perencana struktur kota ini telah mengungkapkan ke publik tentang rencana mereka untuk menggunakan cara baru dalam bidang transportasi, yaitu taksi listrik, sehingga tidak membutuhkan pasokan BBM yang menjadi komoditas ekspor andalan negara tersebut.

    Hebatnya lagi, alat transportasi ini pada akhirnya bisa dioperasikan tanpa sopir atau pengemudi. Sebab, semuanya telah digerakkan secara otomatis dengan tenaga listrik. Mobil unik itulah yang kemudian dinamakan podcar.

    Dalam uji cobanya, podcar yang difungsikan sebagai taksi dapat berjalan di atas sebuah jalur (mirip rel kereta api). Ia akan berhenti di tempat-tempat tertentu, di mana calon penumpang sudah siap menunggu.

    Kalau mau menggunakan taksi unik ini, calon penumpang mesti memilik kartu identitas. Jadi, mereka harus mendaftar dulu ke otoritas yang berwenang (semacam DLLAJ).

    Dalam kartu identitas ini tertera nama lengkap, juga nama panggilan pelanggan. Jika ingin memanfaatkan podcars, pelanggan cukup menggesekkan kartu identitas ke pintu mobil.

    Begitu taksi terbuka, sebuah suara otomatis akan memanggil nama akrab pelanggannya. Setelah penumpang naik, podcar segera meluncur ke tempat tujuan, atau setidaknya ke tempat pemberhentian yang terdekat dengan tujuan penumpang.

    Uji coba yang dilakukan bulan lalu ini diharapkan bisa ditingkatkan dengan operasionalisasi secara massal dan resmi, diperkirakan tahun ini juga.
    Berbeda dari MRT Diharapkan Masdar City menjadi kota yang benar-benar terbebas dari mobil konvensional. Artinya, tak ada lagi mobil berbahan bakar bensin dan solar di kota futuristik tersebut.

    Podcar pada hakikatnya merupakan personal rapid transit (PRT). Moda inilah yang bakal menggantikan peran mass rapid transit (MRT).

    Berbeda dari MRT yang jumlah penumpangnya hampir sama dengan jumlah penumpang kereta, maka PRT hanya memiliki maksimal 10 tempat duduk. Kecepatannya relatif lambat, yaitu 7 meter / detik, atau 25,2 km / jam.

    Podcar lebih diperuntukkan sebagai transportasi umum untuk melayani rute dari satu gedung ke gedung lainnya di Masdar City. Jarak terjauh hanya 2,5 km. Dengan sistem ini, tentu pembangunan infrastuktur tidak serumit MRT. Sebab PRT hanya memungkinkan untuk singgah ke beberapa gedung saja.

    Sebenarnya gagasan untuk mengembangkan podcars sudah muncul di mana-mana. Amerika Serikat pun mulai merintisnya, meskipun belum secepat UEA yang sudah melakukan uji coba dalam skala cukup luas.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun berencana melakukan hal yang sama di tahun 2010. Bentuknya memang bukan PRT, melainkan MRT sebagai moda transportasi massal pengganti bus, angkota, dan bajaj. MRT bakal bersanding dengan busway yang lebih dahulu dioperasikan, serta kereta rel diesel (KRD) yang beroperasi di wilayah Jabodetabek.
    Kendali Komputer Baik podcar/PRT maupun MRT dioperasikan lewat kendali komputer. Ia berjalan di rel khusus (mirip monorail atau subway). Proyek podcar di AS dijalankan oleh Connect Ithaca, grup perencana dan pembangunan yang diberi tugas mendesain sebuah kota untuk manusia; bukan kota untuk kendaraan.

    ”Podcar merupakan gabungan antara privasi dan otonomi era automobile, dengan aspek transportasi publik yang amat ramah lingkungan. Ini (podcar) adalah sebuah ciptaan yang sempurna,” kata Presiden Connect Ithaca, Jacob Roberts.

    Krisis energi fosil, kata dia, diyakini bisa mempercepat podcar sebagai idola baru dalam transportasi pribadi maupun massal. Podcar yang dikendarakan secara otomatis ini diharapkan mampu mengurai kemacetan, karena alat transportasi ini bebas dari lampu lintas.

    ”Cara kerja podcar sebenarnya hampir sama dengan eskalator. Hanya saja, eskalator berjalan secara miring, baik menuju ke atas maupun ke bawah. Sedangkan podcar berjalan secara horisontal (mendatar),” tutur Roberts.

    Rencananya, pembangunan seluruh infrastruktur pordcar di beberapa negara bagian AS akan dimulai selambatnya tahun 2010. Jadi, masih kalah cepat dari rencana UEA.

    Saat ini, podcar sudah mulai diujicoba sebagai kendaraan wisata. Kapasitas duduknya baru sekitar 10 penumpang. Sejumlah warga Ithaca yang mencobanya terlihat gembira bisa menaiki inovasi terbaru di bidang transportasi ini.

    Tahun depan, Bandara Heathrow di London juga bakal mencoba sistem podcar ini. Beberapa perusahaan di Swedia, Polandia, dan Korea pun siap mengoperasikan podcar, meski masih dalam taraf uji coba.

    Bisa disimpulkan, podcar bakal menjadi tren mobil pribadi dan angkutan umum di masa datang, terutama untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar di dunia, sekaligus mengurangi polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor berbahan bakar bensin/solar.

    Keuntungan lainnya, operasionalisasi podcar bisa mengatasi maraknya kecelakaan lalu lintas akibat human error (kesalahan manusia), seperti mengemudi dalam keadaan mengantuk, sopir yang ugal-ugalan, atau kendaraan dalam keadaan tak layak jalan.

    Semua masalah itu bisa teratasi jika menggunakan podcar, karena tak lagi diperlukan pengemudi. Semua sudah disetel dan dikontrol komputer. Kapankah Indonesia bisa menerapkannnya? (Amanah-32)

    [​IMG]
    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]



    :kuning::merah::cihuy:


    klo untuk di indonesia kyknya harus nunggu 100 thun lagi ketika ntu podcar gak booming lagi :hot::hot::hot::hot:
     
    Last edited: Apr 16, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    porq Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +324 / -0
    buruan deh masuk indonesia khususnya jakarta biar gak macet dan polusi...
     
  4. Offline

    Meramera Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 5, 2009
    Messages:
    963
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,264 / -0
    kira2 50 taun lg kk.... :haha:
     
  5. Offline

    Hiiragi Beginner Members

    Joined:
    Apr 15, 2010
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +777 / -0
    sejenis kereta ya
     
  6. Offline

    kondomgajah Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 21, 2008
    Messages:
    235
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +42 / -0
    bener bro, jakarta semakin kesini semakin semrawut
     
  7. Offline

    nisfi19 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -1
    teknologi mmang pasti selalu brkembang,,, skrg udh kya gtu aj tapi di indonesia kndraan umumny masih ad yg taun 90an,,,hhaa
     
  8. Offline

    Painz Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    126
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    kerennn kapan indonesia punya ya hahahaha
     
  9. Offline

    amricemon Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2010
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +27 / -0
    y bner tu kasian jakarta, cpat-cpat masuk dech . . .

    bis tu ane pindah ke jakarta:hahai::hahai::hahai::hahai::hahai:
     
  10. Offline

    Hiiragi Beginner Members

    Joined:
    Apr 15, 2010
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +777 / -0
    50 tahun lg jg blom ada yakin gw
     
  11. Offline

    laruku Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 28, 2009
    Messages:
    928
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,609 / -0
    kerenn banget.. kapan indonesia punya kayak gitu.?
     
  12. Offline

    tooya Beginner Members

    Joined:
    Jan 22, 2009
    Messages:
    287
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +35 / -0
    itu juga belum tentu bro sepertinya bakalan lebih lama lagi :p
     
  13. Offline

    dizza Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 21, 2008
    Messages:
    5,578
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,516 / -0
    kayak kereta gantung ya bentuknya.. :cerutu:
    semoga cepat terealisasi, biar kemacetan nga semakin parah.. :kecewa:
     
    • Like Like x 1
  14. Offline

    Blad3 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    1,036
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +10,403 / -0
    itu keretanya terlalu teknologinya~~ kyknya ga bakalan bs macuk indonesia deh~~ coz kyknya "mahal" banget.... indo kan miskin...
     
  15. Offline

    hanamaru Post Hunter Moderator

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,886
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,098 / -0
    semoga cepet terealisasi dah...
    jakarta tambah macet aja sekarang... :panik:

    monorail, bagaimana kabarmu :???:
     
  16. Offline

    ombapho Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 21, 2009
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    podcar ini otomatis ya, berarti ada pengendali dari sekian banyak podcar dong? :???:
     
  17. Offline

    shadowhacker Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2008
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +17 / -0
    wew......
    sepp :top:
    nti honeymoon ksna ah
    heheheheh
     
  18. Offline

    diditzrogue Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 14, 2009
    Messages:
    754
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,576 / -0
    jangan harap bakalan ada di indonesia deh...:hehe:
     
  19. Offline

    dhoniBlowerZ Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    2,083
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +127,326 / -0
    pesimis bisa masuk indonesia dalam waktu dekat ini :rokok:
     
  20. Offline

    Animers Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    4,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +8,846 / -0
    wah keran , tapi jaannya pake rel ya, sama kayak monorail dong :???:
     
  21. Offline

    aryef23 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 3, 2008
    Messages:
    4,429
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +289,323 / -0
    keliatannya canggih :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.