1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Physics and Chemistry Platina Si Primadona

Discussion in 'Science and Technology' started by cokyrambut, Jun 1, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    cokyrambut Silent Reader Members

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +19 / -0
    Apakah Anda tahu, diperlukan 10 ton bahan baku yang ditambang untuk dapat memproduksi 1 ons platina?

    Karena keindahannya platina telah menjadi komoditas yang menarik pada saat ini, terbukti satu dari empat wanita yang akan menikah memilih platina sebagai cincin pertunangannya dan platina akan menjadi perhiasan yang akan dibeli wanita untuk dirinya sendiri.

    Popularitas platina di jaman ini tidak terlepas dari sejarahnya 300 tahun lalu dimana masyarakat mesir kuno telah memanfaatkan platina untuk membuat benda-benda seni mereka, sedangkan penduduk asli Amerika menggunakannya sebagai perhiasan dan ornamen perias tubuhnya. Ketika bangsa Spanyol pertama kali melihatnya mereka menyangka bahwa ia adalah perak, akan tetapi setelah diketahui bahwa ia bukanlah perak mereka kemudian menamakannya ‘platinum’ yang berarti perak kecil.

    Dibawanya penemuan barang tambang ini ke benua Eropa menjadikannya sebagai bahan favorit dalam merancang properti kaum bangsawan saat itu, disamping sebagai bahan utama pembuatan perhiasan kerajaan. Hal ini berlangsung hingga abad ke-20.

    Meletusnya perang dunia ke-2 menurunkan popularitas platina sebagai bahan perhiasan karena adanya peraturan yang melarang penggunaan platina selain untuk keperluan militer. Para perancang perhiasan kehilangan platina hinga 40 tahun kemudian. Sekarang platina telah kembali menjadi primadona di dunia perhiasan dan fashion, masyarakat pun semakin menyukai keindahannya.

    Jenis platina yang digunakan untuk membuat perhiasan biasanya berkadar asli 90% sampai 95%. Jika Anda berniat membeli perhiasan yang menggunakan platina lihat etiketnya apakah terdapat tulisan 950Pt atau 900, karena inilah yang terbaik. Bukan hanya keindahan dan daya tahannya yang menarik minat,perawatan dan pemeliharaan platina yang sangat mudah juga menjadi daya tarik bagi konsumen. Untuk membersihkan debu dan minyak yang menempel cukup dibersihkan dengan lap dari bahan halus saja.

    Agar perhiasan platina Anda senantiasa gemerlap, ada beberapa saran yang Anda boleh coba.
    • Lepaskan perhiasan platina Anda saat ingin melakukan pekerjaan yang berat.
    • Jangan menyentuh atau menggunakan zat kimia saat Anda memakai perhiasan yang terbuat dari platina walaupun platina tidak akan rusak terkena zat kimia akan tetapi batu permata yang menjadi hiasannya mungkin akan memudar warnanya.
    • Letakan perhiasan Anda dalam kotak penyimpanannya sendiri agar tidak bergesekan dengan perhiasan lainnya.
    • Untu perhiasan platina dipadukan dengan batu permata, disuahakan untuk dibersihkan oleh ahli setiap 6 bulan sekali.

    Lebih Lengkap disini
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.