1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Historical Places Petra Kota di Dinding Batu

Discussion in 'World History' started by Nawainruk, Apr 13, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Nawainruk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,128 / -0
    [​IMG]
    Pintu masuk bangunan kota megah petra


    Petra merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia baru yang terletak di Yordania. Hal ini dapat mengingatkan kita betapa majunya teknik pembangunan dan peradaban manusia masa lalu. Disamping bangunan-bangunan megah lainnya didunia (ex : Giza pyramida, Taman gantung, Pyramida mexico dll) yang masuk dalam bangunan megah bersejarah. Kemegahan bangunan Petra, karena kota ini didirikan dengan memahat dinding-dinding batu. Petra berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'batu'. Petra merupakan simbol teknik dan perlindungan. Kata yang diambil pada bangunan kotanaya yang terbuat dari batu-batu di Wadi Araba, sebuah lembah bercadas di Yordania, indahnya kota ini karena didirkan dengan menggali dan mengukir cadas setinggi 40 meter.
    Petra merupakan ibukota kerajaan Nabatean. Didirikan pada 9 SM-40 M oleh Raja Aretas IV sebagai kota yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir. Hebat bukan???
    Suku Nabatean membangun Petra dengan sistem pengairan yang luar biasa rumit. Terdapat terowongan air dan bilik air yang menyalurkan air bersih ke kota, sehingga mencegah banjir mendadak. Mereka juga memiliki teknologi hidrolik untuk mengangkat air.
    Didalam bangunan petra Terdapat juga sebuah teater (gedung pertemuan/pertunjukan) yang mampu menampung 4.000 orang. Kini, Istana Makam Hellenistis yang memiliki tinggi 42 meter masih berdiri impresif di sana.

    [​IMG]
    Petra the lost Civillization

    Pernah saya singgung diatas kalo bangunan ini adalah kota bagi suku Nabatian, sebuah kota yang terletak kurang lebih 3-5 jam perjalanan darat dari kota amman, Yordania, dulu merupakan Ibukota suku Nabatean, salah satu rumpun bangsa Arab yang hidup sebelum masuknya bangsa Romawi. Sebenarnya, asal usul suku Nabatean tak diketahui pasti. Mereka dikenal sebagai suku pengembara yang berkelana ke berbagai penjuru dengan kawanan unta dan domba..
    Sama halnya dengan kebanyakan keyakinan masyarakat masa itu, Masyarakat petra pada mulanya adalah penyembah berhala. Dewa utama mereka adalah Dushara, yang disembah dalam bentuk batu berwarna hitam dan berbentuk tak beraturan. Dushara disembah berdampingan dengan Allat, dewi arab kuno.
    Masyarkat petra sangat mahir dalam membuat tangki air bawah tanah untuk mengumpulkan air bersih yang bisa digunakan saat mereka bepergian jauh. Sehingga, di mana pun mereka berada, mereka bisa membuat galian untuk saluran air guna memenuhi kebutuhan mereka akan air bersih.

    Di akhir abad ke-4 Sebelum Masehi, berkembangnya dunia perdagangan membuat suku Nabatean memberanikan diri mulai ikut dalam perdaganan dunia. Rute perdagangan dunia mulai tumbuh subur di bagian selatan Yordania dan selatan Laut Mati. Mereka lalu memanfaatkan posisi tempat tinggal mereka yang strategis itu sebagai salah satu rute perdagangan dunia.
    Suku Nabatean akhirnya bisa menjadi para saudagar yang sukses, dengan berdagang dupa, rempah-rempah, dan gading yang antara lain berasal dari Arab bagian selatan dan India timur.
    Letak yang strategis untuk mengembangkan usaha dan hidup, serta aman untuk melindungi diri dari orang asing itulah alasan suku Nabatean memutuskan untuk menetap di wilayah batu karang Petra.
    Lebih maju dengan peradaban ini yaitu adanya pungutan bea dan cukai yang berguna untuk mempertahankan kemakmuran yang telah diraih, mereka memungut bea cukai dan pajak kepada para pedagang setempat atau dari luar yang masuk ke sana. Suku Nabatean akhirnya berhasil membuat kota internasional yang unik dan tak biasa.
    Pada awalnya Petra dibangun untuk tujuan pertahanan. Namun belakangan, kota ini dipadati puluhan ribu warga sehingga berkembang menjadi kota perdagangan karena terletak di jalur distribusi barang antara eropa dan timur tengah.
    Pada tahun 106 M, Romawi mencaplok Petra, sehingga peran jalur perdagangannya melemah. Sekitar tahun 700 M, sistem hidrolik dan beberapa bangunan utamanya hancur menjadi puing. Petra pun perlahan menghilang dari atlas bumi saat itu dan tinggal legenda.
    Barulah pada tahun 1812, petualang Swiss, Johann Burckhardt memasuki kota itu dengan menyamar sebagai seorang muslim. Legenda Petra pun meruak kembali di zaman modern, dikenang sebagai simbol teknik dan pertahanan.

    [​IMG]
    Salah satu sudut ruangan di Petra


    Petra di Yordania, adalah situs purbakala. Petra dikelilingi gunung. Di sini ada gunung setinggi 1.350 meter dari permukaan laut. Inilah kawasan tertinggi di areal ini yang disebut Gunung Harun (Jabal Harun) atau Gunung Hor atau El-Barra.
    Gunung Harun paling sering dikunjungi orang. Para pengunjung percaya, di puncak Jabal Harun inilah, Nabi Harun meninggal dan dimakamkan oleh Nabi musa (Moshes)

    Sekelumit sejarahnya
    Di abad ke-14 Masehi, sebuah masjid dibangun di sini dengan Kubah berwarna putih yang terlihat dari berbagai area di sekitar Petra. Harun tiba di wilayah Yordania sekarang ketika mendampingi Nabi Musa membawa umatnya keluar dari Mesir dari kejaran Raja Firaun.
    Di abad ke-1 Sebelum Masehi, Kerajaan Nabataea yang kaya dan kuat, menjangkau wilayah Damaskus di utara dan Laut Mati di selatan. Saat itu, Petra telah didiami sekitar 30 ribu penduduk. Di masa itulah dibangun kuil agung.
    Tahun 100-an Masehi, Romawi pernah menguasai wilayah ini. Arsitektur di Petra pun terpengaruhi arsitektur Romawi. Pada 600 Masehi di Petra dibangun gereja. Abad ke-7 Masehi, Islam hadir, dan pada abad ke-14, makam Nabi Harun di Jabal Harun menjadi tempat keramat dari umat Islam, selain kaum Yahudi dan Kristiani. Konon Saat berusia 10 tahun, Nabi Muhammad pernah berkunjung ke gunung ini bersama pamannya. Setelah salib war (perang salib) di abad ke-12, Petra sempat menjadi 'kota yang hilang' selama lebih dari 500 tahun (lost city). Hanya penduduk lokal ( Badui) di wilayah Arab yang mengenalnya.
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    HoushiNoHikari Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 26, 2009
    Messages:
    3,406
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +4,949 / -0
    :top: arsitekturnya nga kalah ama jaman sekarang
    malah wa rasa lebih bagus :top:
     
  4. Offline

    blue_sky Members

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    tuh semua dari batu yang langsung dipahat ya? keren
     
  5. Offline

    logitech Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,375
    Trophy Points:
    241
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,674 / -0
    keren :top:... klo lbh suka yg kyk gini blh punya taste... :haha:
     
  6. Offline

    Dudut Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 28, 2009
    Messages:
    1,430
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,152 / -0
    keren....
    tapi klu gempa apa gk serem tub :???:
     
  7. Offline

    rotkrotk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    660
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +452 / -0
    kemungkinan terjadi gempa cuman dikit kali...
    dari 9SM sampe sekarang ga rusak2 tu...
     
  8. Offline

    kayubakar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    819
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,878 / -0
    lagian tuh prosesnya kayak bikin piramid ga sih?
    batunya kokoh2 gt,,
    klo menurut gw sih kuatan ini daripada rumah2 di pondok indah,,hehehehe
     
  9. Offline

    denylabrie Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +336 / -0
    Repost si, udah ada yang pernah ngebahasnya, walaupun agak beda dikit, but sebagai tambahan info ni
    so don't judge that ancient civilitations are lower than us
     
  10. Offline

    flamio Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 26, 2008
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +11 / -0
    @ denylabrie

    bener banget

    udah banyak bukti yang menunjukkan

    mungkin salah satunya piramida di mesir dan Petra ini
     
  11. Offline

    Mamba Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +25 / -0
    Oh jadi petra tuh peninggalan masyarakat pada zaman nabi harun y?
     
  12. Offline

    buxbux Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +540 / -0
    dijamin gak perlu pake ac lagi bobo nya
    soalnya dari baru bangunan tempat tinggal nya
     
  13. Offline

    ziga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    611
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,192 / -0
    arsitekturnya keren2 jd pengen liat langsung.
     
  14. Offline

    chipmunk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 23, 2009
    Messages:
    815
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +302 / -1
    loh hnacurnya petra bukanny karena di azab> di situ kok tertulis dicaplok bangsa romawi
     
  15. Offline

    ryan_kotzen Silent Reader Members

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    bener ini peninggalan nabi Harun.. lumayan buat pengetahuan neh... :)
     
  16. Offline

    Arthuria Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    keren banget dah
    ancient civilization emang rocks!
    btw gue rada kurang tau nie
    7 wonder yang baru apa aja sie hehehe
     
    Last edited: May 28, 2009
  17. Offline

    caesarkidd Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +936 / -0
    keren ..........
    banyak bangunan jaman dulu yang bagus....
    kesannya mewah meskipun usianya udah tua
     
  18. Offline

    stigermorgan Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +9 / -0
    koq bisa yah dipahat sampe begitu detail apa kagak ribet apalagi yang tempat2 tinggi kan ribet buat tangga nya apa ga pusink gitu. tapi salut lah jaman dulu udah bisa buat yang beginian. sekarang aja belum ada yang membuat lagi
     
  19. Offline

    joko_santoso Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Bisa nggak ya orang sekarang bikin seperti ini? Dengan teknologi modern sekarang...
     
  20. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,298 / -0
    kalau ghempaa , batu kek gitu kayaknya bakalan kuad deh
     
  21. Offline

    kurama013 Lurking Around Veteran

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,615
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,010 / -0
    ganteng bener arsitekturnya..
    bisa bikin sesuatu yg pada jamannya termasuk maju dan bisa membuat di tempat yg strategis..
    wah, dibayar brp ya pada waktu itu ??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.