1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Peristiwa - Peristiwa Unik Semasa Perang Salib...

Discussion in 'History and Culture' started by Mamba, Aug 26, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Mamba Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +25 / -0
    Maaf Sebelumnya Klo simkuring REPOST:

    Apakah anda tahu, kalau raja Richard dari Inggris tidak bisa berbahasa Inggris? Ataukah anda tahu kalau raja Richard dan sultan Saladin sering makan malam bersama dijeda pertempurannya? Seperti layaknya perang-perang yang lain, maka perang salib banyak sekali menyimpan cerita atau fakta unik dibaliknya.

    [​IMG]

    1. Richard the Lion heart, yang terkenal sebagai Raja Inggris, dan konyolnya beliau tidak bisa bahasa inggris. Karena sejak kecil dia selalu berada di Prancis. Dia cuma numpang lahir di Inggris. Bahkan konon, beliau lebih mahir bahasa Arab daripada bahasa Inggris.


    2. Raja Richard berada di Inggris dalam masa pemerintahannya hanya selama 11 bulan. Permaisurinya, Queen Berengaria of Navarre, malah tidak pernah ke Inggris sama sekali. Oleh karena itu Richard juga dikenal sebagai " The Absent King


    3. Saking tidak percayanya dengan motivasi rekannya sesama ekspedisi perang salib, Raja Richard pernah mengatakan : "Saya lebih rela Yerusalem dipimpin oleh seorang Muslim yang bijak dan berjiwa ksatria daripada kota suci itu jatuh ketangan para baron Eropa yang hanya mengejar kekayaan pribadi "


    4. Pada suatu peristiwa di pertempuran di Jaffa, ketika pasukan kavaleri Tentara Salib merasakan kelelahan, Richard sendiri memimpin pasukan tombak melawan kaum muslim. Saladin nyaris berada di sisinya dengan penuh kekaguman. Saat dia melihat kuda Richard terjatuh di bawahnya, seketika Sultan mengirimkan tukang kudanya ke medan pertempuran dengan dua ekor kuda yang masih segar untuk Raja Inggris yang berani itu.

    5. Ada juga cerita mengenai Richard yang memasuki Yerusalem dengan menyamar dan makan malam bersama Saladin : mereka benar-benar saling bersikap ramah. Dalam rangkaian perbincangan, Richard bertanya kepada Sultan tentang bagaimana pandangannya mengenai Raja Inggris. Saladin menjawab bahwa Richard lebih mengunggulinya dalam sifat keberaniannya sebagai seorang ksatria, tapi kadang-kadang dia cenderung menyia-nyiakan sifatnya ini dengan terlalu gegabah dalam pertempuran. Sedangkan menurutnya Richard, Saladin terlalu moderat dalam memperkuat nilai-nilai keksatriaan, bahkan dalam pertempuran


    6. Ketika ada salah satu panglima perang saladin memberontak, Richard membunuhnya dan menyerahkan kepalanya pada saladin serta berkata, "Aku tidak ingin orang ini mengacaukan "permainan" kecil kita". Dan keesokan harinya mereka bertempur sengit.


    7. Pernah dalam suatu pertempuran, Richard melihat bahwa pedang saladin tumpul dan dia menghentikan perang hari itu untuk memberikan kesempatan agar saladin mengasahnya


    8. Suatu hari, Richard sakit keras. Mendengar kabar itu, Shalahuddin mengirimkan dokter terbaiknya untuk mengobati Richard. Kapan lagi kita bisa mendapatkan pemimpin kaum muslim yang memiliki akhlak seperti Salahuddin?


    9. Orang Eropa pada awalnya menyebut orang Muslim sebagai Barbarian, tetapi akibat kontak yang intensif dari perang salib, Lambat laun mereka menyadari bahwa yang barbar sesungguhnya adalah mereka. Jika ditilik dari tingginya peradaban budaya dan ilmu kaum muslimin saat itu.


    10. Menurut catatan sejarah, pada saat perang salib, semua wanita dan pelacur di usir keluar dari kamp crusaders. Seluruh crusaders harus suci secara jasmaniah, bebas dari nafsu. Tapi ada satu grup wanita yg bebas keluar masuk camp crusaders yaitu tukang cuci baju. Bahkan kalau satu grup tukang cuci mau bepergian antar kota, mereka dijaga oleh sepasukan knight, dan dibuntuti pasukan infantri. Kalau iring-iringan ini diserang, keselamatan para tukang cuci ini no.1. Waktu ditawan pasukan muslim, para tukang cuci ini lebih dihormati daripada prajurit biasa. Sampai-sampai Richard The Lion Heart juga rela membayar ransum buat para tukang cuci itu


    11. Ketika Frederick Barbarossa (kakek kaisar Frederik II) meninggal pada ekspedisi perang salib III, banyak ksatrianya yang menganggap bahwa ini adalah kehendak Tuhan dan banyak yang bergabung dengan kaum muslim. Lalu yang tersisa membawa jasad Barbarossa menuju ke yerusalem dengan anggapan nanti Barbarosa akan terlahir kembali.


    12. Frederick II Kaisar Jerman, punya hubungan khusus dengan Sultan Malik dari Mesir di perang salib V. Beliau merasa di jaman itu (jaman dark ages), satu-satunya yang sebanding dengan dia di masalah budaya dan personality adalah pangeran-pangeran dari kerajaan muslim. Oleh karena itu gaya hidupnya agak nyentrik (dia berpoligami, padahal seorang Katolik tidak demikian).


    13. Waktu terpaksa harus berpartisipasi dalam perang salib, Frederick II berhasil merebut Jerusalem, Betlehem dan Nazareth tanpa meneteskan setitik darahpun. Walaupun sebenernya dia cuma menyewa ke 3 kota tersebut dari sahabatnya si sultan Malik dari Mesir

    14. Pernah ada kejadian Frederick II memukul pendeta yang masuk ke dalam masjid dan memperingatkan agar jangan melakukan hal itu lagi. Sedangkan al-Malik pernah dinasehati oleh Knight Templar agar membunuh Frederick II pada saat pengawalannya sedang longgar. Mengetahui hal tersebut, al-Malik segera menyuruh Frederick II agar segera pergi dari situ karena keadaannya 'berbahaya'.


    15. Kekalahan pasukan Arab lebih sering karena mereka terpancing melakukan serangan terbuka melawan kavaleri berat Eropa. Dimana disiplin serta pengalaman tempur sukarelawan Jihad kalah jauh dari satuan tempur veteran Eropa khususnya ordo-ordo militer seperti Templar, Hospitallers dan Teutonic Knight.


    16. Kekalahan pihak Eropa umumnya akibat dari insubordinasi alias kurang kuatnya komando tunggal dalam kesatuan tentara yang terdiri dari elemen-elemen berbeda dari para baron dan ordo militer yang sebenarnya saling tidak suka satu sama lainnya. Selain itu dalam beberapa kekalahan, para tentara bayaran ( mercenary ) dan sukarelawan Eropa seringkali terlalu cepat meninggalkan barisannya untuk menjarah kota-kota Islam yang hampir ditaklukannya. Hal itu membuat pasukan Islam yg sebenarnya sudah terpojok bisa melakukan counter-attack


    17. Pasukan turki khwaraziman yang menyerang jerusalem tahun 1244 waktu itu dikontrol oleh keturunan genghis khan, Eljigidei. Yang lucu dari pasukan ini adalah pasukannya mayoritas beragama Buddha bahkan komandan Hulegu khan juga seorang Buddhis.


    18. Sebenarnya pengiriman para Crusader salah alamat, kaum Turki Seljuk yang banyak mengganggu ziarah kaum kristiani ke Yerusalem sudah diusir oleh khalifah Mesir. Akan tetapi lamanya perjalanan serta miskinnya informasi membuat pemimpin Crusader tidak mendengar pergantian kekuasaan di Yerusalem.


    19. Divisi elit pasukan berkuda Cossack di Rusia dan Musketer berkuda di Prancis karena terinspirasi suksesnya pasukan berkuda pemanah bangsa Arab. Pasukan berkuda bukan hanya sebagai pasukan sayab tapi menjadi pasukan khusus


    20. Membangun sepasukan knights memakan biaya yang sangat besar. Seorang raja sekalipun di abad pertengahan paling hanya memiliki sekitar 100 - 300 Full Knight dengan Heavy Horse yang berdinas dibawah komandonya secara full - time. Biasanya para raja akan mengumpulkan seluruh Knight yang berada di bawah para duke dan baronnya apabila menghadapi pertempuran besar.

    Gila bener klo baca point-point di atas Perang ini perang yang menggelikan!
    :haha:

    Credit By:
    rizaraki at Kaskus
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    ladai Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    417
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +301 / -0
    Banyak yg salah mengartikan kalau perang salib itu "perang agama". Padahal mah nih perang di provokasi sama Baron2 kaya supaya bisa memegang jalur supply... Cuma di"abu-abu"kan dengan dalih perang agama...

    Business is a war and War Itself is a business
     
  4. Offline

    achdy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 28, 2009
    Messages:
    297
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +961 / -0
    mirip yg digambarkan di film kingdom of heaven
     
  5. Offline

    der_kaiz3r Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    288
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +268 / -0
    referensinya dari mana ni bos?
     
  6. Offline

    edrik Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +286 / -0
    hahahaha.....
    iya...
    itu perang salib kenapa dinamakan perang salib karena pada waktu itu tentara Eropa.. melukiskan salib di jubah mereka.... dan konon selalu berjalan dengan formasi salib..

    jadi engak ada hubungan sama agama sama sekali... lawong... bayak komandan dari pihak muslim yang kristen dan banyak komandan eropa yang muslim
    begitu bro.....
     
  7. Online

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,154 / -0
    :lol::lol:
    cacad ah itu raja inggri stapi gak bisa bahasa ibu negarannya sendiri :swt:
     
  8. Offline

    0IF4T Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    10. Menurut catatan sejarah, pada saat perang salib, semua wanita dan pelacur di usir keluar dari kamp crusaders. Seluruh crusaders harus suci secara jasmaniah, bebas dari nafsu. Tapi ada satu grup wanita yg bebas keluar masuk camp crusaders yaitu tukang cuci baju. Bahkan kalau satu grup tukang cuci mau bepergian antar kota, mereka dijaga oleh sepasukan knight, dan dibuntuti pasukan infantri. Kalau iring-iringan ini diserang, keselamatan para tukang cuci ini no.1. Waktu ditawan pasukan muslim, para tukang cuci ini lebih dihormati daripada prajurit biasa. Sampai-sampai Richard The Lion Heart juga rela membayar ransum buat para tukang cuci itu


    wah koNyol nih..
    nYAwa tukang cuci lebih berharga.. hahahaha
     
  9. Offline

    Mamba Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +25 / -0
  10. Offline

    kodokodok Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 11, 2007
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +72 / -0


    jaman skrg juga masih ada gan yg pake tameng agama
     
  11. Offline

    setanbedul Senpai Moderator

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    5,130
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +11,564 / -0
    iyalah
    lu mau tarung sambil garuk2
    bayangkan tangan kanan pegang pedang.. tangan kiri garuk2 kayak monyet

    tp gw heran ada berapa periode perang salib?
     
  12. Offline

    uchiha_stasezz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    2,016
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +9,552 / -0
    parah amat itu no 10... wakakkakkaak

    tapi itu raja richard jg parah, masa raja inggris ga bs b.inggris... itu yg ngangkat dy jadi raja sapa ?? pemerintah?? mlh Queen na ga pernah k inggris lagi :swt:
     
  13. Offline

    ExotiCmaN Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    181
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,674 / -0
    biarpun ngak bisa bahasa inggris....
    yang penting kan keuletan dalam berperang cuy...

    oh ya dia harus sewa orang dong buat translate kata2nya...
    wokokokoko... biar dimengerti pasukan gitu... :onion-86:
     
  14. Offline

    t0p4z Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 10, 2008
    Messages:
    142
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +207 / -0
    ini betul bro dari pada pass mo nyaun pedang malah garuk-garuk

    wakkakaka makanya kudu di cuci
    waakakakakak
     
  15. Offline

    Dalin Members

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0

    Bangsawan Eropa emang gitu bro ! Nggak harus sama sama rakyatnya.

    Richard the Lionheart sebenernya bukan nggak bisa bahasa Inggris sama sekali. Untuk kalimat-kalimat sederhana dia bisa, cuman itu khan nggak cukup untuk dipakai dalam situasi resmi.

    Richard adalah orang Perancis. Ibunya adalah Eleanor of Aquitaine, orang Perancis. Sedangkan ayahnya adalah Raja Inggris Henry II (anak laki-laki dari Geoffrey, Count of Anjou, penguasa Normandia, Perancis Utara). Jadi wajar aja lah kalo sehari-hari dia pake bahasa Perancis, bukan Inggris.

    Richard menjadi raja 3 September 1189 setelah mengalahkan ayahnya, dengan dukungan dari ibunya. ortunya emang nggak akur bro. tindakan pertamanya tentu saja membebaskan ibunya yg selama beberapa tahun sudah dijebloskan dalam penjara oleh bapaknya.

    Raja Inggris yang nggak mudeng bahasa Inggris bukan cuman dia doanq bro.
    George I (1660-1727) juga hanya bisa beberapa patah kata bahasa Inggris.
    George Lewis lahir di Hanover 28 Maret 1660 dari keluarga Brunswick-L√ľneburg. Ibunya, Sophia, adalah cucu dari Raja Inggris James I. Jadi George ini orang Jerman. Setelah menjadi Raja Inggrispun dia tetap larut dalam budaya dan tata cara Jermannya.

    Ratu Inggris Victoria (Ini terkenal banget, karena hampir semua monarki eropa sekarang ini punya pertalian darah dengan dia) lahir sebagai Alexandrina Victoria 24 Mei 1819. dari garis ayah dia adalah cucu Raja Inggris George III. Sedangkan dari pihak ibu, dia adalah cucu Francis Frederick Anthony, Duke of Saxe-Coburg-Gotha. Saxe-Coburg-Gotha adalah keluarga bangsawan Jerman yang terkemuka. Waktu kecil dia cuman ngomong bahasa Jerman bro, bukan Inggris. Setelah agak besar, baru belajar bahasa Inggris. Setelah kematian pamannya William IV, dia naik tahta sebagai Ratu Inggris. Ketika naik tahta dalam usia 18 tahun, slah seorang pamannya, Raja Leopold dari Belgia mengirimkan Baron Stockmar (seorang Jerman) sebagai penasehatnya.
    Lucunya lagi Bro, dia menikah dengan sepupunya (sesama keluarga Saxe_Coburg-Gotha). Albert. Karena perkawinan inilah, sejak itu dinasti yang berkuasa di Inggris adalah Saxe-Coburg-Gotha.Victoria digantikan oleh putranya, Edward VII. Sampai dengan 1917, dinasti yang memerintah di Inggris selalu disebut dengan Saxe-Coburg-Gotha. Karena pada tahun 1917, Raja Inggris George V mengumumkan perubahan nama keluarga kerajaan dari Saxe-Coburg-Gotha menjadi Windsor. Waktu itu Perang Dunia I bro, dan Inggris berperang sama Jerman. Lucu khan kalo raja Inggris pake nama Jerman (Walaupan mereka memang orang Jerman).

    Oh, satu lagi. Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II juga bukan orang Inggris. Dia adalah Pangeran Yunani keturunan Denmark (Dinasti Yunani yang terakhir adalah keturunan Denmark). Makanya waktu menikah harus pindah agama dulu (Orang Yunani agamanya Kristen Othodox).
    Dia pakai nama keluarga dari pihak ibunya, Mountbatten. Ini versi Inggris, aslinya adalah Battenberg (juga keluarga bangsawan Jerman). Diubah jadi Mountbatten untuk menghindari sentimen anti Jerman waktu itu. Jadi nanti kalo Pangeran Charles jadi Raja, maka keluarga yang memerintah adalah Mountbatten.

    Ya udah gitu aja bro. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan.
     
  16. Offline

    kaede_bliss Beginner Members

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,608 / -0
    ini info nya mayan bagus gan.. biar orang ga salah persepsi..
     
  17. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,297 / -0
    perang salib bukan perang agama

    awal mula nya karena perebutan wilayah ajah

    yerusalem ( palestina ) yg dl nya di kuasai oleh muslilimin namun di rebut paksa oleh segelintir tentara yg memakai jubah bersalib . mendengar hal itu khalifah mesir memerintahkan perebutan kembali , ini lah terjadinya perang salib pertama bukan karena agama melainkan perebutan wilayah , karena baik puhal muslimin maupun pihak kristen menjadikan kota ini menjadi kota suci dan peperangan terhenti ketika sulltan salahudin al ayubi berdamai dgn pemimpin yerusalem ( dr pihak kristen ) dan yerusalem di buka utk umum . tapi raja yesrusalem meninggal akibat penyakit kusta dan di gantikan ama traitor , yg menghianati perjanjian damai dan membunuh kaum salabi ( sebutan dr pihak salib ) dan menculik adek dr sultan , pecah lah perang salib tingkat 3 yg amad besar , sehingga yerusalem jatuh ke tgn muslimin sehingga dtg lah The Lion heart

    perang salib terjadi 7 kali 4 kali kemenangan muslimin 3 kali kemengan salib

    hingga sekarang yerusalem ( palestina ) belum jelas kemerdekaannya
     
  18. Offline

    KyleSteward Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    1,294
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +82 / -0
    King Richard emang klo ga salah ngehabisin hampir seluruh masa pemerintahannya di yerusalem untuk perang salibkan :???:

    Masalah Full Knight pastilah kyknya cuma punya sebagian. Umumnya Knight yang Full equipment kyk gitu mah mjadi letnan kalo ga jendral deh seharusnya
     
  19. Offline

    Mamba Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +25 / -0
    Thank's gan ifo tambahana!!
    :top:
    Jadi tambah wawasan saia tentang perang salib!!!
     
  20. Offline

    poirothercule Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 26, 2009
    Messages:
    295
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +23 / -0
    jgn2 lionheart n saladin waktu itu mo bikin philosopher's stone kayak di hagane no renkinjutsushi:P:P
     
  21. Offline

    basex Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    581
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +88 / -0
    paling g seneng agama dijadikan alasan untuk berperang...padahal intinya cuma kekuasaan...parah ni oarang-orang
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.