1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Perbedaan Warna Menjelaskan Kebahagiaan dan Depresi

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by gusrus, Feb 10, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gusrus Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,429 / -0
    [​IMG]

    Apakah Anda dalam suasana hati kelabu hari ini? Bagaimana biru funky? Mungkin kau tampak merah, karena warna hijau identik dengan kecemburuan. Warna dapat kita gunakan untuk menggambarkan emosi seseorang. Menurut penelitian baru baru ini dikatakan warna lebih berguna daripada yang Anda pikirkan,

    Studi ini menemukan bahwa orang yang sedang depresi atau cemas cenderung untuk mengasosiasikan suasana hatinya dengan warna abu-abu. Sementara orang yang sedang bahagia lebih menyukai warna kuning. Dalam Journal BMC Medical Research Methodology dijelaskan hasilnya secara rinci yaitu warna bisa membantu dokter mengukur suasana hati anak-anak dan pasien lainnya yang mengalami kesulitan berkomunikasi secara verbal.

    “Penggunaan warna adalah cara yang efektif untuk mengukur kecemasan dan depresi dibandingkan dengan penggunaan bahasa,” ujar Petrus Whorwell dari Rumah Sakit Universitas Manchester Selatan kepada LiveScience.

    Whorwell mengatakan warna sering digunakan sebagai metapora suasana hati, tapi belum ada seorangpun yang meneliti hubungan antar warna secara sistematis. Kemudian Ia dan rekan-rekannya melakukan penelitian dengan memilih delapan warna yaitu merah, oranye, hijau, ungu, biru, kuning, pink dan cokelat. Selanjutnya masing-masing warna tersebut dibagi menjadi empat warna yang serupa. Lalu mereka menambahkan putih, hitam dan empat warna nuansa abu-abu sehingga total warna yang terkumpul menjadi 38 pilihan warna. Setelah pertemuan dengan kelompok fokus, para peneliti memutuskan untuk menampilkan warna dalam bentuk roda.

    Berikutnya mereka merekrut 105 orang dewasa yang sehat, 110 orang dewasa yang cemas dan 108 orang dewasa yang depresi. Kemudian mereka mengirimkan roda warna kepada para panelis. Setiap orang diminta untuk memilih warna favorit dan warna yang paling “menarik”. Akhirnya mereka diminta untuk memilih warna yang menggambarkan suasana hati mereka sehari-hari selama beberapa bulan terakhir. Sementara itu ada kelompok lain berjumlah 204 sukarelawan sehat menggolongkan setiap warna dengan nilai positif, negatif atau netral.

    Apakah seseorang sedang depresi, cemas atau sehat dapat terlihat dalam pemilihan warna biru dan kuning. Biru 28 pada roda warna adalah warna favorit yang paling populer di kalangan orang sehat, sementara Biru 27 (yang sedikit lebih gelap dari biru 28) mendapat tempat pertama diantara orang-orang yang mengalami kecemasan dan depresi. Sementara itu, Kuning 14 dipilih sebagai warna yang paling menarik perhatian.

    Tapi ketika bicara suasana hati maka terjadilah kelompok-kelompok yang menyimpang. Hanya 39 persen orang sehat yang sesuai suasana hatinya dengan pilihan warna. Dari mereka yang melakukannya, Kuning 14 adalah pilihan yang paling populer sekitar 20 persen suara. Sementara itu sekitar 30 persen orang dengan rasa cemas yang memilih warna abu-abu hampir sama dengan yang dilakukan oleh lebih dari setengah relawan yang sedang depresi. Sebagai bahan perbandingan, hanya sekitar 10 persen relawan sehat yang menggambarkan suasana hati mereka dengan warna abu-abu.

    Para peneliti juga menemukan pentingnya saturasi warna ketika menetapkan suasana hati dengan warna,

    “Sebuah biru muda tidak terkait dengan suasana hati yang buruk tapi biru tua terkait ” kata Whorwell. “Bayangan warna lebih penting daripada warna itu sendiri.”

    Sekarang Whorwell menguji roda pada pasien dengan sindrom iritasi usus besar. Dia berharap bahwa pilihan warna pasien dapat mengungkapkan sikap dan memprediksi seberapa baikkah mereka akan merespon metode perawatan seperti hipnotis. Whorewell mengatakan kadang-kadang metode non-verbal bisa mendapatkan informasi yang lebih baik daripada metode verbal. Dengan riset tambahan, roda warna dapat digunakan dalam dunia medis terutama oleh dokter anak saat melakukan operasi.

    “Sekarang Kau telah memiliki instrumennya, mainkan dan cari tahu aplikasinya ,” kata Whorwell.


    Sumber bacaan : Livescience


    :idws:
    :idws:
    :idws:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    liquidfreedom88 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    561
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +59 / -0
    kebetulan gw lagi belajar warna :p pas banget :top:

    gw sih demen biru muda sama warna2 terang lainnya
     
    Last edited: Feb 11, 2010
  4. Offline

    antondraken Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2009
    Messages:
    326
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,469 / -0
    Klo gw sih demen nya warna2 yg terang gitu
    Termasuk healthy people donk gw :haha:
     
  5. Offline

    ryzqrd Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    1,552
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +528 / -0
    biru depresi sama biru yg satunya beda tipis banget...
    wew.. dah beda banget artinya..
    :panda:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.