1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Perang-perang Terdahsyat Sepanjang Sejarah

Discussion in 'History and Culture' started by whitemaster, Feb 6, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    whitemaster Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +615 / -0
    sebelumnya... maaf :maaf: klu :repost: :idwspiss:
    TERIMA KASIH

    Perang terbesar, perang terdahsyat, perang yang menewaskan ratusan ribu hingga jutaan orang selama berlangsungnya. Perang-perang ini tercatat dalam sejarah dunia. Bahkan ada yang berlangsung hingga sekarang. Berikut ini adalah daftar perang-perang terdahsyat di dunia yang pernah tercatat.

    [​IMG]

    Perang ini timbul selama Napoleon Bonaparte memerintah Perancis sejak tahun 1799 hingga 1815 dan berdampak luas di Eropa. Napoleon Bonaparte yang berhasil merebut kekuasaan di Perancis melalui sebuah kudeta 18 Brumaire menata ulang sistem kemiliteran di Perancis dan secara mengejutkan berhasil memperluas kekuasaan Perancis hingga menguasai hampir seluruh wilayah Eropa. Namun Perancis tidak berdaya melawan Inggris dan Rusia. Perang Napoleon berakhir ketika ia mengalami kekalahan dalam Pertempuran Waterloo (18 Juni 1815) dan disepakatinya pakta Paris yang kedua. Jumlah korban sekitar 3.250.000 sampai dengan 6.500.000 juta jiwa.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Merupakan perang untuk merebutkan Yerussalem yang meluas menjadi konflik antar agama paling dahsyat sepanjang sejarah, dimulai sejak kaum Kristiani yang direstui Paus atas nama agama Kristen berusaha merebut kembali wilayah Yerussalem dan “Tanah Suci” dari kekuasaan Islam. Perang ini berlangsung selama beberapa periode dari abad ke-9 hingga abad ke-16 Masehi. Perang Salib pertama dilancarkan pada 1095 oleh Paus Urban II.

    [​IMG]

    Perang ini mencuatkan nama Salahudin Al Ayyubi dan Richard “The Lion Heart” sebagai pahlawan di kedua belah pihak. Perang ini sedikit banyak memberikan pengaruh dalam mengantarkan Eropa menuju zaman Renaissance. Hingga saat ini, istilah Perang Salib masih dipakai untuk menunjukkan konflik antar agama yang berlangsung hingga saat ini.

    [​IMG]

    Ekspansi Mongol adalah sebuah ekspansi besar bangsa Mongol yang dipimpin oleh Genghis Khan untuk menaklukan wilayah Eurasia pada awal abad ke-13. Dengan membawa pasukan berkuda dalam jumlah besar dan amat terlatih, Genghis Khan berhasil menebar teror di seantari Eurasia selama 1 dasawarsa.

    [​IMG]

    Genghis Khan berhasil menguasai Tiongkok, mengalahkan Rusia, menghancurkan kekaisaran Persia, mencaplok Polandia dan Hongaria, serta meluluh-lantahkan Baghdad sebagai pusat kekhalifahan Islam pada masa itu. Cara dan tujuan Ekspansi Genghis Khan berbeda dengan kaisar-kaisar sebeumnya. Ia menghancurkan apa saja di depan mata, tanpa pandang bulu. Ia menyerang bukan untuk memerintah, melainkan untuk menjarah, memerkosa, dan menculik gadis-gadis untuk mereka bawa ke negerinya, hal inilah yang membuatnya di takuti di seluruh Eurasia.

    [​IMG]

    Perang ini berlangsung dari 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918 dilatarbelakangi Pangeran Franz Ferdinand dari Austria dibunuh anggota kelompok teroris Serbia, Gavrilo Princip di Sarajevo. Perang ini menghadapkan blok sentral (Austria, Jerman, Turki, Bulgaria) dengan blok sekutu (Rusia, Perancis, Inggris, Kanada, Italia, Amerika Serikat).

    [​IMG]

    Perang ini menjadi tonggak runtuhnya kekuasaan monarki absolut di seluruh dunia. Selain itu empat dinasti, Habsburg, Romanov, Ottoman dan Hohenzollern, yang mempunyai akar kekuasaan hingga zaman Perang Salib, seluruhnya jatuh setelah perang. Perang ini menewaskan 40.000.000 orang di seluruh dunia dan munculnya depresi ekonomi 1929.

    [​IMG]

    Berlangsung dari tanggal 1 September 1939 sampai tanggal 14 Agustus 1945 ditiga benua: Asia, Afrika, dan Eropa. Di Eropa, Adolf Hitler sebagai kanselir Jerman yang berusaha membangkitkan kembali kejayaan Jerman melalui fasisme terlebih dahulu menyerang Polandia. Selanjutnya dengan dibantu oleh Italia dan Uni Soviet, Jerman terus memperluas wilayah pendudukannya.

    [​IMG]

    Di Asia, Jepang secara mendadak menyerang pangkalan laut AS di Pearl Harbour pada 7 Desember 1941, menyeret Asia sebagai medan Perang Dunia II. Amerika Serikat yang semula tidak ikut berperang mulai mengangkat senjata melawan blok Axis, bergabung bersama Inggris dan Perancis. Uni Soviet yang tiba-tiba diserang oleh sekutunya sendiri, Jerman melalui Operasi Barbarossa pada 1941 balik memusuhinya dan memulai rangkaian kekalahan Jerman. Perang berakhir pada 14 Agustus 1945 dengan menyerahnya Jepang kepada sekutu setelah dua kotanya, Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat. Perang ini mengakibatkan 50.000.000 tewas, lahirnya PBB, dan munculnya Uni Soviet dan Amerika Serikat sebagai negara adidaya.

    [​IMG]

    Terjadi dari tahun 1948 saat Inggris yang merampas tanah Palestina dari Kesultanan Turki Ottoman memberikannya kepada kaum Yahudi dalam rangka membangun kembali “tanah air” mereka, sejak mereka terusir dari wilayah tersebut karena “membangkang” kepada Tuhan sejak ribuan tahun yang lalu. Negara-negara Timur Tengah dengan mayoritas penduduk muslim yang tidak menyetujui hal tersebut langsung mengangkat senjata melawan Israel dalam Perang Arab-Israel 1948. Namun perang ini berakhir dengan kemenangan Israel. Perang kemudian berlangsung kembali pada tahun 1967, dikenal juga dengan Perang Enam Hari. Perang ini disebabkan masih tidak relanya negara Arab menerima Israel.

    [​IMG]

    Perang ini kembali dimenangkan Israel. Meski perang terbuka tidak ada lagi sesudahnya, namun konflik dengan intensitas rendah masih berlangsung hingga saat ini. Pada 13 September 1993 melalui kesepakatan Oslo, Palestina dan Israel sama-sama mengakui kedaulatan masing-masing. Namun faksi Hamas tidak menyetujui keputusan tersebut sehingga terus mendapatkan tekanan dari Israel hingga saat ini. Ratusan ribu orang tewas akibat konflik ini.
     
    Last edited: Feb 6, 2010
    • Thanks Thanks x 12
    • Like Like x 8
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    nofollower Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    105
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +444 / -0
    Perang di Cina waktu jaman 3 Kerajaan itu (Romance of Three Kingdoms) gak masuk perang terdahsyat?
    Sama yang di Jepang yang waktu jaman Tokugawa itu, gak masuk juga?

    menurut saya sih dahsyat juga tuh 2 perang
     
  4. Offline

    nurhana Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +683 / -0
    perang enam hari yang membunuh banyak syuhada akan di kenang sepanjang masa sebagai nisa abadi dan akan selalu di kenang kaum muslim sedunia semoga arwah mereka diterima di sisi-Nya ..... nice post gan
     
  5. Offline

    Kerrigan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 12, 2008
    Messages:
    1,276
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +938 / -0
    menurut ane yang paling dahsyat tuh perang salib karena efeknya masih bisa dirasakan ampe sekarang
     
  6. Offline

    taw2 Beginner Members

    Joined:
    Sep 21, 2008
    Messages:
    318
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0
    Perang yg berlatar perang agama pasti akan dasyat mudahan gw g sempet menyaksikan kiamat dah "istirahat" duluan
     
  7. Offline

    bibibi Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 13, 2008
    Messages:
    2,403
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,123 / -0
    Genghis Khan bener2 ditakuti pada zamannya
    keknya di 1-1 nya org yg hampir menguasai seluruh dunia

    :sembah::sembah:
     
    • Like Like x 8
  8. Offline

    nurend Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,972
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +65,606 / -0
    setuju....
    selain berlatar agama....rentang waktunya itu lho...
    bukan lagi taunan, tapi hitungannya abad
     
  9. Offline

    mentor Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +49,149 / -0
    Menurut saya yg paling dahsyat adalah Perang Zionis Israel vs Palestina (Dunia Muslim), karena perang tsb timbul berdasarkan akar sejarah yang sudah sedemikian lama (yaitu perebutan Yerussalem dgn kuil Raja Solomon bagi Israel dan Masjidil Aqsa bagi Muslim).

    Berbagai perjanjian dan gencatan senjata telah dilakukan namun perdamaian masih sebatas impian. Karena berlarut2nya proses perdamaian antara Israel dan Palestina maka diperkirakan berakhirnya perang tsb hanya akan terjadi sesaat sebelum kiamat tiba. Yerussalem, sbg kota suci tiga agama (Yahudi, Kristen, Islam) seharusnya dijadikan sbg kota dunia yg netral di bawah penguasaan PBB terlepas dari Israel ataupun Palestina agar perdamain dapat segera terjadi di Timur Tengah.

    Dengan beralihnya penguasaan Yerussalem ke PBB dan dijaga oleh DK PBB maka setiap pemeluk 3 agama tersebut masing2 diberi hak kebebasan mengunjugi Kota suci Yerussalem tanpa ada diskriminasi.

    Long live :piss:
     
  10. Offline

    edrik Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +286 / -0
    bener seharusnya yerusalem itu tidak ada pemerintahan.
    tapi dijaga oleh militer khusus yang terdiri dari 3 agama itu.
    (itupun cuma sebatas menjaga keamanan dari maling dll) bukan untuk perang.
     
  11. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    :niceinfo: bro.

    perang2 yang dianggap terdahsyat disini adalah yang dihitung berdasarkan korban jiwanya. perang2 demikian betul2 dahsyat hingga merubah tatanan politik dan sekaligus peta dunia.

    namun masih banyak perang yang layak masuk dalam kategori dashyat ini, termasuk yang dikatakan bro nofollower yakni perang pada zaman tiga kerajaan. perang pada zaman dinasti di PRC selalu memakan korban banyak, selain diakibatkan banyaknya penduduk PRC, juga karena adanya wajib militer pada saat perang serta cara perang yang konvensional (gaya face to face seperti inggris dulunya) memakan banyak korban jiwa. demikian ini hanya sebagai masukan untuk dibaca untuk mengingatkan para brother tentang masih banyaknya perang dashyat didunia ini. :angel:
     
  12. Offline

    stereopony Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 10, 2010
    Messages:
    742
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,111 / -0
    perang it sangat menakutkan bro, knp manusia g' mw hidup damai z ya...
    khan indah ne dunia klo smwnya rukun...:piss:
     
  13. Offline

    GORI Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,264 / -0
    apapun kepentingan dan tujuannya.... terlepas dari faktor masa lalu atau sejarah...

    perang di muka bumi musti harus kudu dihentikan.... efek psikologis (balas dendam) yang berkepanjangan, efek ekonomi (embargo) dan efek politik akan menjadi bola salju yang semakin mengukuhkan paradigma bahwa peperangan adalah satu2nya cara untuk menguasai negara lain....

    dengan kehidupan yg damai dan toleransi, manusia bisa lebih menghargai dan memahami antar satu dengan yang lain, antar bangsa-bangsa, antar negara, dan antar agama.....

    selama niatan untuk berdamai masih ada... saya yakin perdamaian akan tercapai... hanya masalahnya di niat dan tindakan untuk berkata : STOP WAR NOW!!!!!
     
  14. Offline

    revenand Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +169 / -0
    perang ga cuman berdampak pada korban, ekonomi dan politis! yang paling parah adalah psikologi manusia itu sendiri!

    hampir ga mungkin menghentikan perang yg sudah berlarut! (saya ambil contoh perang salib) efeknya masih terasa sampai sekarang! kenapa?

    sudah merupakan sifat dasar manusia yang selalu menyimpan dendam! meskipun itu bisa di redam dengan perjanjian damai! Namun tetap saja masih ada rasa dendam!

    Singkatnya kayak gini! "Okeh kita damai, tapi saya masih inget rasanya dipukul!"

    kalo rasa kyak gini masih ada d prasaan manusia, hampir mustahil bagi dunia ini ga punya perang!

    perlu di yakini juga! bahwa peradaban bisa sampai semaju sekarang smua karena perang!

    jadi perang emang double-edge-sword! dan saya dah gatau mo dukung yg mana!

    IMHO ya! bukannya brarti gw dukung perang lo!
     
  15. Offline

    deleter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    743
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +129 / -0
    ........
    Kalu mau pendapat jujur perang sebenarnya kereen.....
    tapi yang tidak bagusnya ya korban jiwa....
    mending perang di game......
     
  16. Offline

    WhiTeAdicT Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    3,280
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,650 / -0
    memank nya knapa perang salib masih terasa sampe skarang :???:

    itu yg ekspansi mongol yg tumpukannya pala orang ya? serem cuy:apa:
     
  17. Offline

    suangga2003 Beginner Members

    Joined:
    Jun 20, 2009
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +60 / -0
    justru ini yg bikin perang
    karena tempat suci tiga agama itu berdiri di tempat yang sama

    sama aja lo nyuruh orang shalat di gereja/sinagog
    begitu juga sebaliknya
     
  18. Offline

    nit_nit Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +237 / -2
    PD I mah walaupun dahsyat tapi kebanyakan orang nya ngumpet di bunker semua :takut: oleh karena itu disebut perang statis.

    Tapi buat Israel-Palestina gw rada kurang sreg bilang itu perang, lebih tepatnya itu disebut penindasan sepihak Israel thdp Palestina. Palestina memangnya membalas pake angkatan bersenjata?

    @mentor
    idealnya begitu tapi... kalau kita kasi tarik garis lurus di dalam PBB sendiri... ketahuan siapa penguasa PBB itu
    AS
     
  19. Offline

    apple0093 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 20, 2009
    Messages:
    42,686
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +17,365 / -0
    Perang Salib masih kita rasakan sampe skarang :takut:
     
  20. Offline

    scorpion182 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +746 / -0
    Perang Salib pada hakikatnya bukan perang agama, melainkan perang merebut kekuasaan daerah. Hal ini dibuktikan bahwa tentara Salib dan tentara Muslim saling bertukar ilmu pengetahuan.

    Dan yang lebih menonjol adalah faktor ekonomi (perut), sebagian besar golongan rakyat yang miskin dan nomaden menyambut baik seruan Perang Salib, bukan karena panggilan agama, tetapi karena kebutuhan pribadi. Buktinya, mereka merampok serta merampas makanan dan harta benda sesama orang Kristen dalam perjalanan menuju Konstantinopel ketika menyerang Jerusalem. Selain itu, saat itu muncul "tiga pelabuhan besar" (Venisia, Genoa, dan Pisa) yang berada di bawah pemerintahan Italia, yang terutama memberikan bantuan berupa armada laut. Pemerintah Italia bermaksud untuk menguasai dan menduduki pelabuhan-pelabuhan timur dan selatan Mediterania, seperti pelabuhan-pelabuhan di Syam, agar perdagangan Timur dan Barat dapat mereka kuasai. Kepentingan ekonomi ini nampak ketika Tentara Salib mengarahkan serangannya ke Mesir dalam Perang Salib IV.

    bullshit klo ad orang yang bilang perang itu didasari oleh faktor agama.
     
    Last edited: Mar 8, 2010
  21. Offline

    ilcloud Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    5,401
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +7,306 / -0
    pertama emang didasri oleh faktor agama kok... terutama pada perag salib I
    coba ente liat titah paus (kalo ga salah urban III) yang bilang perang salib adalah paggilan tuhan...
    cuma masalahnya yang ikut bukanlah orang yang isap perang juga, tapi banyak juga ******** n penjahat yang ikut, karena dijanjiin penghapusan dosa dan tempat di sorga bagiyang ikutan...
    emang kalo ngeliat perang salib III -IX motifnya emang lebih sering pada motif politik dan ekspansi aja...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.