1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Perabot Melamin Picu Kanker dan Gagal Ginjal

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by jHony, Jun 18, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    jHony Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,604
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,505 / -0
    [​IMG]

    Meski terlihat menarik dan harganya murah, perabotan rumah tangga berupa piring dan gelas melamin diduga memiliki efek samping penyakit kanker dan gagal ginjal.

    "Kalau dilihat sekilas memang menarik, tetapi piring dan gelas plastik melamin ketika dituangi makanan panas akan mengeluarkan gas berbahaya formalin. Uap gas yang dihirup bisa menyebabkan kanker dan gagal ginjal bagi manusia," kata Kepala Seksi Bidang Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Muhada, ketika menggelar pemeriksaan terhadap sejumlah makanan dan produk melamin di Pasar Ciputat, Tangerang, Minggu.

    Menurutnya, perabotan melamin tersebut harus digunakan khusus bagi sajian makanan yang dingin karena tidak akan terjadi penguapan yang memancarkan gas formalin.

    "Perabot rumah tangga sebaiknya dilakukan pemeriksaan oleh BPOM dengan lebih teliti, karena semakin sering digunakan warga yang tidak mengetahui apa dampaknya, bisa berdampak negatif bagi kesehatan," ungkapnya.

    Kendati demikian, pihaknya tidak berwenang menarik perabotan melamin buatan Golden Dragon yang antara lain dalam bentuk mangkok, piring ceper, piring legok, dan gelas yang tersebar di Pasar Ciputat, karena sudah terdaftar di Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

    "Piring dan gelas itu tidak bisa ditarik dari peredaran, kita hanya melakukan pengecekan saja. Kami mengajurkan kepada masyarakat agar makanan dan minuman yang panas jangan ditiriskan di piring dan gelas melamin," jelas Suhada.

    Sementara Edi Rusdi, penjual perabot tersebut, mengaku setiap bulannya diantar sekitar enam hingga tujuh lusin dari masing-masing bentuk perabotan melamin itu oleh rekanan bisnisnya.

    "Banyak orang yang membeli piring, gelas dan mangkok melamin. Pembeli tidak khawatir karena lebih murah dan mudah digunakan," ucap pemilik toko Harapan Jaya di Pasar Ciputat itu.



    sumber : kompas.com
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,233 / -0
    besyud....formalin ?? emg bikin melamin ada zat formalin y ?? :???: ngeri tuwh..... :madesu:
     
  4. Offline

    Thirmizy Silent Reader Members

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    iya tuh.. tapi ada ga perabot rumah tangga yg ga pake formalin n melamin alias hanya plastik aja gitu,,

    hmmm

    kl ada kasih tw .. qhu tunggu info selanjutnya

    :cowboy:
     
  5. Offline

    hanamaru Post Hunter Moderator

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,886
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,094 / -0
    bwahhhh...
    syukurlah akhir-akhir ini gue make piring non melamin..., plastik tahan panas keknya.
    dulunya seh make...
    mudah-mudahan gue gak kena zat ntu [​IMG]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.