1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Disease Penyebab, Gejala,dan Pengobatan Wasir

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by blacksheep, Sep 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,962 / -0
    Rekan netter, kali ini postingannya mengenai tips kesehatan (Health tips). Disini saya akan membahas sedikit (lumayan banyak) tentang gejala, penyebab, dan bagaimana pengobatan tentang penyakit WASIR atau orang lebih mengenalnya dengan ambeien.
    Apa itu WASIR ??? – Secara anatomis wasir itu bukanlah suatu penyakit melainkan suatu perubahan pada bantalan pembuluh-pembuluh darah didubur (dalam bahasa latin disebut corpus cavernosa recti) berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Fungsi bantalan ini sebagai klep/katup yang membantu otot-otot dubur untuk menahan faeces. Ada tiga pembuluh darah (arteria ) didaerah dubur. Bila oleh salah satu sebab terjadi gangguan (bendungan) aliran darah, maka pembuluh darah ini akan melebar dan membengkak, keadaan ini disebut WASIR. Kita mengenal wasir dalam (haemorrhoid interna) seperti yang tertulis diatas, dan wasir luar dimana kulit luar sekitar dubur membengkak karena pelebaran pembuluh darah balik dibawah kulit.
    Gejalanya ??? – Salah satu gejala pertama yang sering dijumpai adalah perdarahan dari dubur mungkin hanya beberapa tetes saja tetapi bisa pula cukup banyak bahkan kadang-kadang memancur keluar. Darah yang keluar merah muda / segar. Umumnya tidak ada rasa sakit. Rasa sesuatu yang mengganjal atau keluar sementara atau setelah buang air besar adalah keluhan kedua yang sering dikemukakan. Ini menyebabkan perasaan buang air besar yang belum tuntas sehingga yang bersangkutan mengejan lebih kuat yang menyebabkan wasir bertambah parah. Prolaps atau menonjolnya wasir terjadi pada tingkat lanjut dan klasifikasi atau tingkat keparahan tergantung dari prolaps ini. Dengan adanya prolaps maka fungsi penutup dari otot-otot dubur dapat terganggu ini menyebabkan cairan dari usus dapat keluar sehingga penderita mengeluh bahwa ada bercak-bercak kotoran pada pakaian dalam. Ini disebut inkontinensi. Rasa sakit dapat terjadi pada tingkat lanjut jika terjadi thrombosis (gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah) umumnya terjadi pada wasir luar atau inkarserasi dimana wasir yang keluar terjepit.
    Penyebab WASIR ??? – Tentang penyebab terjadinya wasir terdapat banyak pendapat, antara lain : faktor keturunan, sikap tubuh manusia dalam berjalan dengan kaki sehingga tekanan kebawah lebih besar, kehamilan, perubahan hormonal (waktu hamil), jenis pekerjaan, dll. Kemungkinan besar berbagai faktor ini saling terkait dan mempengaruhi.
    Tingkat derajat keparahan penyakit WASIR :

    • Keadaan wasir derajat ini hanya dapat dilihat dengan teropong yang disebut proktoskop/anuskop. Gejala paling jelas adalah perdarahan waktu buang air besar.
    • Pada derajat ini sewaktu buang air besar atau berjongkok keluar benjolan dari dubur yang dapat masuk kembali secara spontan (tanpa dibantu tangan).
    • Disinipun terdapat bagian wasir yang menonjol keluar seperti pada derajat II, tetapi tidak dapat masuk secara spontan dan harus dibantu dengan tangan.
    • Wasir yang keluar tidak dapat masuk lagi atau keluar kembali, tetapi biasanya tidak sakit. Pada derajat II dan III ada kemungkinan bahwa bagian wasir yang keluar terjepit, membengkak dengan rasa sakit dan tidak dapat masuk kembali. Keadaan ini disebut inkarserasi.Kejadian ini biasanya terjadi setelah makan makanan yang pedas atau “panas” (seperti misalnya durian, kambing, tape, dll), mengejan, minuman beralkohol dan perjalanan yang jauh.
    Pengobatan Wasir
    Ada dua macam pengobatan yaitu tanpa operasi/oninvasiv dan dengan cara operasi/invasiv. Kedua macam cara ada keuntungan dan kerugiannya. Pada cara pertama dapat dilakukan dalam rangka rawat jalan sedang pada cara kedua pasien harus dirawat karena dilakukan dalam pembiusan/narkose.

    • Pengobatan tanpa operasi : Salep dan/atau suppositori dapat mengurangi keluhan subyektif tetapi tidak dapat menyembuhkan wasir. Suntikan (dengan sklerosing agent) dapat diberikan pada derajat keparahan I-III dan kadang-kadang juga pada derajat IV. Prinsip dari obat suntikan ini adalah menyumbat pembuluh darah dan mengecilkan bantalan pembuluh darah. Infrared coagulation (IRC) sering dipakai pada derajat I lebih-lebih disertai perdarahan. Juga pada derajat II masih memberikan hasil yang cukup bagus. Prinsip IRC adalah pemberhentian perdarahan dengan sinar infra merah. Alternatif lain untuk pengobatan wasir derajat III dan IV adalah dengan ligasi yaitu pangkal wasir diikat dengan karet yang khusus sehingga wasir akan “layu” dan jatuh. Umumnya dipakai jika wasir hanya ada disatu atau dua tempat. Sering dilakukan kombinasi antara suntikan dan ligasi untuk mendapatkan hasil yang optimal.
    • Pegobatan dengan operasi : Operasi umumnya dilakukan pada derajat III dan IV. Keberhasilan operasi lebih bagus dibandingkan tanpa operasi, artinya kemungkinan kambuh kembalinya wasir lebih kecil. “Kerugiannya” adalah bahwa penderita harus dirawat disamping operasi harus dilakukan dalam pembiusan. Juga rasa sakit setelah operasi tidak dapat dihindari, meskipun dengan methode operasi sekarang rasa sakit jauh berkurang dan lama perawatan juga lebih cepat (3-4 hari). Dengan kemajuan teknik pengobatan tanpa operasi, pola pengobatanpun berubah. Hanya 20% dari penderita wasir yang memerlukan penanganan dengan operasi sedangkan 80% dapat diobati tanpa operasi. Catatan : Harus diingat bahwa dengan metode pengobatan apapun kemungkinan wasir dapat kambuh kembali selalu ada. Kambuh tidaknya wasir sangat tergantung dari kebiasaan makan, minum, buang air besar.
    Sebaiknya apabila anda sudah menemukan gejala yang disebutkan diatas, sesegera mungkin memeriksakannya ke dokter, sekalipun itu bukan wasir, setidaknya kita tetap perlu melakukan pemeriksaan karena takutnya itu penyakit yang lebih parah.
    NB : Postingan ini saya kutip dari http://www.indonesiaindonesia.com/f/7521-gejala-wasir-pengobatannya/
    Code:
    http://whyame.wordpress.com/2009/09/13/penyebabgejaladan-pengobatan-wasir/
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    krfor Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +110 / -0
    Serem yak.. Bahaya juga ni kalo kelamaan duduk nongkrongin kompie

    Kayaknya musti ada kompie yang mengharuskan kita untuk lari agar
    kompie menyala (kayak tv) dah

    pasti aman tu...
    :panda:
     
  4. Offline

    erickstrad Senpai Veteran

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    7,473
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,551 / -0
    haduh... jd ngilu sendiri bacanya :tega:

    kalo terlalu sering menahan u/ BAB itu trmasuk penyebab wasir jg ga? sya sering nahan2 soalnya :madesu:
     
  5. Offline

    banop Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,900 / -0
    faktor keturunan bisa juga ya? gwt juga :swt:
     
  6. Offline

    yuma Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,764
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,001 / -0
    Paman saya dulu pernah mengalami wasir. Amit-amit deh. Dia sampai harus menderita tiap kali mau ke belakang. Akhirnya wasirnya dioperasi. Baru setelah itu kondisinya membaik. Itu pun masa pemulihannya agak lama.

    BAB nggak lancar itu benar-benar musibah. Udah bikin perut sebah, wasir juga bisa mengincar :swt:
     
  7. Offline

    Brigwen Beginner Members

    Joined:
    Oct 25, 2012
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +33 / -0
    waduh untung saya blom parah wasir nya,, emg gk enakan abis BAB,, serasa blom 'puas' gitu....

    untung juga skrg dah gk ad lgi
     
  8. Offline

    Aurora_110347 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 16, 2012
    Messages:
    524
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +197 / -0
    waduuhh, ternyata pengobatannya bisa lewat operasi juga..

    dan bisa jugakarena faktor genetik??.. :apa:

    trus, dikira cuma pake obat aja cara pnanggulangannya,.
    ternyata di operasi juga..

    ngeri ngebayangin nya klo di operasi.. :takut:
     
    Last edited: Dec 21, 2012
  9. Offline

    GFA Beginner Members

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,296 / -0
    Kalau wasir sakitnya emang parah banget

    Coba obatin pake obat yang ada pada pasaran aja
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.