1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biology Penyebab Bayi Lahir Prematur

Discussion in 'Science and Technology' started by rizou, Aug 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    rizou Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2010
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,531 / -0
    KEHADIRAN buah hati di tengah keluarga merupakan impian setiap pasangan suami istri. Namun tak disadari, banyak kejutan yang sering terjadi selama masa kehamilan berlangsung.

    Contohnya, gejala morning sickness yang sering dialami oleh para calon ibu. Namun di antara semuanya itu, ada sebuah kejutan yang paling tidak diinginkan terjadi, yakni melahirkan bayi secara prematur.

    Seperti yang kita ketahui, periode kelahiran normal adalah 37-41 minggu. Kelahiran seorang bayi dianggap prematur bila terjadi lebih cepat dari 37 minggu, yang dihitung mulai dari hari pertama periode haid terakhir yang normal. Sebagian bayi prematur memiliki berat badan rendah (low birth weight) dan memang kedua kondisi ini terbukti saling berhubungan. Karena itu, WHO mendefinisikan bayi dengan berat badan lahir rendah apabila berat bayi kurang dari 2.500 gram ketika lahir. Bayi prematur pasti memiliki berat badan lahir rendah, sementara bayi dengan berat badan lahir rendah belum tentu dilahirkan prematur.

    Menyibak lebih dalam penyebab bayi lahir secara prematur, Dr Gilberto R Pereira, ahli perinatalogi terkemuka dan professor emeritus di University of Pennsylvania School of Medicine menjelaskan, ada banyak hal yang menyebabkan bayi lahir secara prematur.

    [​IMG]

    “Bayi prematur merupakan bayi yang lahir dengan kondisi khusus yang berbeda dengan bayi kelahiran normal pada umumnya. Oleh karena itu, bayi prematur memiliki kebutuhan khusus serta perawatan yang tepat dan saksama,” ujarnya dalam peluncuran kampanye ”Peduli Bayi Prematur” saat ditemui di Ruang Puri Asri 1, Lantai 1, Hotel Le Meridien Jakarta, Kamis (24/6/2010).

    Sebagian besar penyebab prematur tidak diketahui dengan jelas. Namun, ada beberapa penyebab bayi bisa lahir prematur. Di antaranya:

    Pre-Eclampsia/ Eclampsia

    Gangguan ini sering muncul pada masa kehamilan dan disebut dengan penyakit kehamilan. Gejala-gejala yang umum adalah tingginya tekanan darah, pembengkakan yang tak kunjung sembuh, dan jika diteruskan sang ibu bisa kejang-kejang terus menerus.

    Placenta Previa

    Kondisi ibu hamil dengan letak plasenta menutupi jalan lahir, termasuk kehamilan berisiko tinggi sehingga bayi lahir secara prematur.

    Fetal Growth Retardation

    Kegagalan dalam pertumbuhan bayi atau terdapat gangguan pertumbuhan dalam kandungan, dalam hal ini pertumbuhan bayi dalam kandungan tergolong lambat, sehingga bayi harus dikeluarkan dari rahim sang ibu.

    Infesction/ Chorio Amnionitis

    Salah satu kondisi yang menyebabkan bayi lahir secara prematur adalah infeksi pada selaput pembungkus bayi. Ini bisa terjadi ketika kantung yang berisi bayi dan cairan amniotik pecah atau menyembur sebelum waktunya untuk lahir.

    Multiple Gestation

    Dalam rahim ibu terdapat bayi kembar dan rahim ibu tidak bisa menampung, sehingga terjadi persalinan secara prematur.

    Poly Hydramnios/ Fetal Malformation

    Air ketuban terlalu banyak juga bisa menyebabkan bayi lahir secara prematur.

    [​IMG]

    Uterine Abormalities

    Rahim yang bentuknya tidak normal, memiliki bentuk rahim yang tidak normal juga bisa memicu kelahiran secara prematur. Terdapat beberapa perempuan yang mempunyai kelainan dalam bentuk rahimnya, tapi memberikan hasil yang sama, yaitu bayi memiliki ruang yang lebih sempit untuk tumbuh dibandingkan dengan bentuk rahim yang normal.

    WHO menyatakan setiap dua detik, di dunia ini lahir bayi dengan berat badan rendah (low birth weight). Bahkan, setiap 31 detiknya seorang bayi prematur meninggal di dunia. Di Indonesia, kelahiran bayi dengan berat badan rendah mencapai 400.000 jiwa per tahun, dan 30-40 persen dari bayi meninggal karena prematur.

    Tidak semua kelahiran prematur dapat dicegah, namun dapat dihindari dengan cara merawat kehamilan dengan baik. Untuk menghindari kelahiran prematur, ibu hamil sangat dianjurkan untuk menghindari asap rokok, polusi udara, serta meningkatkan asupan vitamin dan gizi. Ayo selamatkan bayi Anda dari risiko kelahiran secara prematur sekarang juga!

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4981742

    sorry klo :repost:

    klo g repost bisa kan :thx: :grp:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Xinez Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,933
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,263 / -0
    bayi lahir prematur kadang2 juga beresiko mengalami kelainan.. :swt:

    untuk pencegahannya juga kayaknya sulit.. :suram:
    polusi udara dan asap rokok ada dimana2.. :swt:
    mungkin bisa dicegah kalo tinggal di pedalaman ya?? :yareyare:

    gak tega ane liat gambarnya.. :hiks:

    btw :niceinfo: gan..!! :top:
     
  4. Offline

    PauseBreak Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 15, 2010
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    cukup mengerikan juga.. :takut:
    di Indonesia kebanyakan yang lahir prematur juga gara-gara asupan gizinya kurang :swt:
    padahal Indonesia termasuk negara yang kaya akan cendol :hihi:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.