1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Penyakit gondongan yang menular

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by jHony, Jan 24, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    jHony Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,606
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,509 / -0
    LebihCepat.Com- Penyakit gondongan atau dalam bahasa medisnya disebut juga "Mumps atau Parotitis" adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus "Paramyxovirus".

    Virus ini menyebabkan pembengkakan pada kelenjar ludah di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah dan mengakibatkan rasa nyeri.

    Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Orang dewasa juga berpotensi untuk tertular, bahkan mungkin dapat menyerang bagian-bagian tubuh vital seperti testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.

    Adapun mereka yang beresiko besar untuk menderita atau tertular penyakit ini adalah mereka yang menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menekan hormon kelenjar tiroid dan mereka yang kekurangan zat Iodium dalam tubuh, ataupun orang-orang yang sedang dalam kondisi fisik lemah.

    Namun,umumnya bagi orang-orang yang telah pernah terjangkit penyakit gondongan ini maka dia akan mempunyai kekebalan terhadap penyakit ini selamanya.

    INDIKASI

    * Terjadinya pembengkakan pada kelenjar ludah yang terletak diantara telinga dan rahang, sehingga ada rasa nyeri pada saat mengunyah di ikuti dengan rasa kaku pada rahang. Gejala ini dirasakan pada awal-awal terkena penyakit ini.

    * Pada masa-masa awal yaitu pada hari 1-2, biasanya penderita mengalami demam tinggi, sakit kepala,nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan.
    * Bengkak yang terjadi umumnya akan dialami hingga 3 hari dan kemudian akan berangsur-angsur mengempis.
    * Biasa pula terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang, dan di bawah lidah. Bagi para pria dewasa terkadang terjadi pembengkakan pada buah zakar karena penyebaran melalui aliran darah.


    CARA MENULAR

    Cara penularan dari penyakit ini adalah apabila adanya kontak langsung dengan penderita, bergantian alat makan dengan penderita, ataupun melalui percika air ludah akibat bersin. Umumnya, penderita dapat menularkan penyakitnya kurang lebih semenjak 7 hari sebelum timbulnya gejala penyakit tersebut dan 9 hari setelah terjangkit penyakit gondongan.


    PENGOBATAN

    Biasanya penderita penyakit gondongan akan sembuh dengan sendirinya. Hanya bagi penderita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak karena kesulitan menelan, juga menjauhi makanan atau minuman dengan rasa asam karena menambah rasa nyeri.

    Dapat juga diberikan obat pereda demam dan nyeri yang mengandung parasetamol atau ibuprofen. Pada penderita dewasa yang mengalami pembengkakan pada buah zakar dapat mengkompres pada area yang bengkak, dan bagi penderita yang mengalami muntah terus menerus dapat dilakukan pertolongan melalui infus.

    Bagi beberapa orang mungkin lebih memilih cara tradisional yang banyak diberikan pada orang-orang jaman dulu seperti mengkompreskan "blau", yang berwarna biru dan biasa digunakan untuk mencuci baju zaman dulu. Blau diyakini dapat mengurangi rasa nyeri akibat bengkak. Atau dapat pula kita memanfaatkan buah belimbing dan bawang merah, kita cukup mengambil sedikitnya 10 buah belimbing beserta daunnya kita tumbuk bersama 4 butir bawang merah dan kemudian kita balurkan pada bagian yang terasa sakit.

    PENCEGAHAN

    Sebagai pencegahan utama adalah dengan selalu memperhatikan kesehatan fisik kita agar selalu dalam kondisi fit dan tidak mudah terserang penyakit. Bagi balita dapat juga diberikan imunisasi MMR. Selain itu hindari kontak langsung ataupun berada satu areal dengan orang-orang yang terserang penyakit ini.



    KOMPLIKASI

    Yang harus kita waspadai adalah memburuknya kembali kesehatan penderita setelah 2 minggu sembuh dari penyakit ini yang dapat mengakibatkan komplikasi bila fisik kita juga masih dalam kondisi kurang fit sehingga dapat menyerang ke bagian-bagian lain selain kelenjar ludah. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah:

    * Orkitis atau peradangan pada salah satu atau mungkin saja kedua buah zakar. Walaupun kasus yang mengakibatkan kemandulan jarang terjadi, namun setelah sembuh buah zakar yang terserang dapat menciut.

    * Ovoritis atau peradangan pada salah satu atau kedua indung telur pada wanita. Biasanya yang dirasakan adalah nyeri pada bagian perut, namun jarang menimbulkan kemandulan.

    * Peradangan otak atau pada selaput otak. Gejala yang dirasakan adalah sakit kepala, kaku pada bagian leher belakang, mengantuk, bahkan kejang hingga koma. Penderita yang mengalami komplikasi ini terhitung 5-10% dan umumnya sembuh total. Namun, penanganan harus secara tepat dan cepat agar dapat terhindar dari kerusakan otak dan saraf permanen.

    *Peradangan pada pankreas yang mengakibatkan rasa mual disertai muntah dan nyeri pada perut. Gejala ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu.
    * Peradangan pada daerah persendian yang menyebabkan rasa nyeri.

    Sumber
    http://www.lebihcepat.com/gaya-hidup/42-gaya-hidup/12235-penyakit-gondongan-yang-menular.html
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    yonkming Beginner Members

    Joined:
    Oct 18, 2008
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    hmmm ini cukup bahaya ya.
    yg mana bisa berakibat "tdk subur"
     
  4. Offline

    silverpine21 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 16, 2009
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    sebel bner klo kna gondogongan gan, wkowkokow
     
  5. Offline

    ryan_kotzen Silent Reader Members

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    baru tau kalai ini menular, nice inpo gan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.