1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Pentingnya Pasangan Bicara Keuangan

Discussion in 'Lifestyle' started by adi295, Sep 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    adi295 Beginner Members

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +78 / -0
    Pembicaraan keuangan sebaiknya dilakukan pasangan saat akan memasuki gerbang pernikahan. Bahkan penting bagi pasangan untuk membuat perjanjian pranikah perihal keuangan. Apalagi jika pasangan, masing-masing berpenghasilan. Dengan mendiskusikan keuangan, termasuk harta yang dimiliki pasangan, tanggungjawab masing-masing pihak menjadi lebih jelas.

    Perencana keuangan Ligwina Hananto menjelaskan, perjanjian pranikah yang menyangkut keuangan bermanfaat untuk memperjelas tanggungjawab. Baik tanggungjawab pribadi mau pun bersama.

    "Memilah mana harta atau utang individu mau pun harta atau utang bersama lebih dimaksudkan untuk membuat lebih jelas tanggungjawab kedua belah pihak. Membuat perjanjian pranikah menyangkut keuangan bukan berarti menjaga-jaga jika bercerai. Tujuannya lebih kepada pembagian tanggungjawab. Juga terkait pembagian warisan," tutur Ligwina dalam talkshow keuangan beberapa waktu lalu di Jakarta.

    Mengacu pada Undang-Undang Perkawinan tahun 1974, jelas Ligwina, utang yang dihasilkan saat menikah menjadi tanggungjawab bersama. Pembicaraan dan perjanjian pasangan mengenai keuangan dapat membantu meluruskan berbagai masalah terkait utang juga harta yang dimiliki pasangan sebelum dan setelah menikah.

    Jadi, saat memasuki gerbang pernikahan, sebaiknya pasangan sudah bisa memilah dan membedakan mana harta pribadi, dan mana harta pasangan. Begitu pun dengan utang. Utang pribadi yang sudah ada sebelum menikah, dan utang bersama yang baru muncul ketika pasangan sudah menikah.

    Pembedaan yang jelas mengenai harta dan utang pribadi atau bersama ini akan memudahkan pasangan dalam mengelola keuangan. Apalagi jika kemudian sudah mulai merencanakan warisan.

    Menurut Ligwina, sejumlah harta yang perlu diperjelas kepemilikannya di antaranya rumah, kendaraan, atau juga perusahaan. Jika setelah menikah, pasangan suami istri berkontribusi dalam membeli rumah, mobil, atau mendirikan perusahaan, artinya semua harta tersebut adalah harta bersama.

    "Pasangan perlu ngobrol dan mendiskusikan mengenai keuangan secara mendetil sebelum menikah. Jika saat mau menikah belum sempat melakukannya, bicarakan saat ini, setelah menikah, bersama pasangan," tandasnya.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    adi295 Beginner Members

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +78 / -0
    Kalo nanti terjadi cerai dan hal2 yg tidak diinginkan, bagaimana pembagiannya.
    Atau tergantung komitmen sih, bisa aja nikah sekedarnya aja, harta sih masing2, dua2nya kerja.
     
  4. Offline

    ayaya Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    ini kaya iklan bkkbn yang dibintangin afgan,persiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum nikah.
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,168 / -0
    bicara duitnya sama siapa dulu :sigh:
    kalo sama orang bank, ya pasti pusing :sigh:
    tapi kalo sama pasangan gimana :sigh:
     
  6. Offline

    blue_wind Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 16, 2011
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +7 / -0
    ga ada habisnya dah kalo ngomongin duit
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.