1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Peneliti Kembangkan Sapi Kloning Hasilkan ASI

Discussion in 'Science and Technology' started by ghombalz, Jun 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    [​IMG]

    BUENOS AIRES - Para ilmuwan biogenetikal di Argentina telah berhasil menciptakan sapi kloning pertama di dunia yang dapat memproduksi air susu yang sama seperti air susu manusia.

    Sebuah rekayasa genetika digunakan untuk memperkenalkan gen "susu ibu" kepada binatang tersebut sebelum dia dilahirkan, demikian penjelasan dari National Institute of Agribusiness Technology di Buenos Aires.

    Sehingga pada masa dewasanya kini, sapi tersebut menghasilkan air susu yang sama seperti air susu manusia yang mengandung zat-zat penting untuk pertumbuhan bayi.

    Sapi kloning tersebut dinamakan Rosita ISA. Rosita merupakan sapi pertama yang lahir di dunia yang menggabungkan dua gen manusia yang mengandung protein air susu manusia.

    Pada April lalu, ilmuwan China juga mempublikasikan rincian penelitian yang menunjukkan bahwa mereka telah menciptakan sapi perah tipe GM Holstein yang menghasilkan susu yang mengandung protein yang ditemukan di dalam air susu manusia.

    Tetapi tim Argentina mengatakan China hanya memperkenalkan satu gen manusia, sedangkan penelitian mereka melibatkan dua gen artinya susu dari sapi kloningan mereka akan lebih dekat menyerupai manusia.

    Rosita ISA lahir pada 6 April melalui operasi caesar karena beratnya mencapai sekitar 100 pounds, kira-kira dua kali lipat dari berat badan normal dari sapi Jersey.

    Adrian Mutto, dari National University of San Martin yang bekerja dengan lembaga itu, mengatakan gen manusia yang diperkenalkan adalah protein baik yang hanya didapatkan dalam kelenjar susu selama menyusui.

    Tujuan kloning sapi tersebut pun dikatakan oleh Adrian untuk meningkatkan nilai gizi susu sapi dengan menambahkan dua gen manusia, laktoferin protein, yang memberikan bayi perlindungan anti-bakteri dan antivirus, dan lisozim, yang juga merupakan agen antibakteri.

    Awalnya sapi kloning tersebut akan dinamakan Cristina sebagai penghormatan kepada Presiden Argentina, Cristina Kirchner, atas keberhasilan penelitian ini. Namun Cristina menolak namanya digunakan.

    Kendati demikian Cristina tetap bangga dan mengatakan bahwa lembaga ilmiah tersebut membuat seluruh rakyat Argentina bangga

    Sumber : okezone
     
    Last edited by a moderator: Oct 21, 2011
  2. Offline

    killingmeinsidex Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +889 / -0
    menurut ane sih,mending tetap pake ASI manusia aja,biar terjalin hubungan yg baik antara sia bayi dan si ibu..tp ttp :niceinfo: gan..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.