1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pendapat tentang A.I. pada permainan TURN-BASED STRATEGY

Discussion in 'Games Free Talk' started by saviorpalace, Apr 1, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. saviorpalace Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Hai ALL,,

    duh aku lagi butuh research data nih, yaa intinya sih butuh pendapat soal A.I. yang diterapin ke permainan turn based strategy(misal: Civilization, Suikoden Tactic, pokonya yang berbau taktik). mohon kerjasama semuanya ya...

    pendapat bisa berupa apa ajah, yang penting tentang A.I. nya,,

    regards..
    svp//ega
     
    Last edited: Apr 1, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Feischmaker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,024 / -0
    pendapat ya :hmm:

    kalo menurut gw, desain AI masih terlalu simpel, mereka maen jarang pake taktik (kecuali pada beberapa RTS tertentu), mereka cm maen pake overwhelming numbers, overwhelming life, etc... they are only "hard to beat" but not "smart"

    sederhana aja, ini disebabkan oleh terbatasnya riset dibidang AI untuk game, trus AI yang sekarang tuh masih sublinear sama "computing power" so for a stronger AI you need a stronger CPU gitu konsepnya...

    wajar aja, AI was supposed to be human imitation, but how many of them (the AI experts) are studying humanity (i.e. Philosophy, Psychology, etc)

    emang ngaruh ya? ya, karena pandangan yang beda tentang perilaku manusia dan bagaimana mereka meng-inferensi keputusan dari pengetahuan (yang banyak diajarkan di filsafat misalnya), dipercaya dapat meningkatkan kualitas algoritma AI hingga diharapkan bisa minimal "linear" ato bahkan "superlinear" dengan computing power...

    ah lanjut nanti lagi :bye:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. VSLAYER M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    894
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,737 / -0
    Yg namanya AI kan bikinan manusia pasti ada celahnya dimana2...

    Action & Cause itu yg dijalanin AI, dengan menggunakan perhitungan action and cause gk mungkin ada AI yg sempurna.
    Mungkin ada beberapa game yg kelihatan AInya bagus dan hampir mustahil buat dikalahin (kalo ini saya bilang sih ngecheat ^^) misal: HP musuh tinggal 100/100.000 Perintah yg sudah di implant mungkin "Deff Up+90%, STR Up+75%, Mag Up+85%, dst.. jadi itu yg bikin sulit buat dikalahin. ^^
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. aurora7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    1,209
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +342 / -0
    ini ttg turn-based ya, bukan RTS..
    kayaknya kalo turn-based simple aja tuh, kan gak perlu pake algoritma pathfinding yg ribet macem RTS..

    btw, apa ni gak masuk ke SF programming aja...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. saviorpalace Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    haha,, iya sih.. tapi aku cuma nekanin ke pendapat dan review dari game TBS yang udah2 sih..

    kira2 game TBS tuh A.I nya gimana yak?(dari sisi end-user gituh maksudnya)..
     
  7. aurora7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    1,209
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +342 / -0
    dari end-user yach ? hmm, susah juga ya, soale gw lebih suka dari sisi programmer nya... :D .. :haha:

    AI utk turn-based menurutku bebas, gak ada batasannya..

    kalo utk tactical macem front mission ato disgaea mungkin yg perlu diperhatikan landscapenya, medan pertempurannya.. mungkin ada area tertentu yg harus dihindari, harus dilindungi, dicapture, etc..

    biasanya simple probability function dah cukup..
    kalo mo bagus ya tambahin branch prediction kayak catur gitu, bikin prediksi beberapa langkah kedepan, kalo move kesini konsekuensinya begini... kalo ambil action ini ntar musuh kira2 bakal begini... gitu..

    tapi gak musti ribet, yg penting fun buat user... kalo terlalu susah player juga males maennya... :D :haha:

    ada yg cuma ngasih target/tujuan secara global, ntar tinggal di randomize tiap turn..
    kalo kita pernah pake savestate di emulator, kan bisa keliatan tuh decision nya enemy beda nggak kalo tiap kita re-load dari savestate.. kalo beda berarti dia randomize tiap turn...

    kalo utk strategy macem civilization ato rtk menurutku mirip, AI musuh tinggal masukin unsur ekonomi, supply, research, expansion, dll kedalem perhitungannya...

    trus yg perlu diperhatiin lagi, computer boleh 'cheating' gak.
    ada beberapa game (tun-based juga termasuk) yg dimana AI computer bisa cheat, misal bisa tau area2 yg belum di explore, unlimited money, etc...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. Sup32nova M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 11, 2010
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +1,110 / -0
    payah semua biar dah disetel sampe yg insane/hard/yg deity sekalian klo di civ series.....rata2 kan sama semua cuma andalin jumlah pake cara yg sama berkali2 pdhal dah jelas2 gak mungkin mempan diulang terus.....kaya gak kreatif gitu ( lho namanya juga A.I belum bisa kli kreatif sama kya lawan orang beneran hehhehe ) :piss:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. saviorpalace Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    wadooh, emang bagi user enak di random atau di branch predict?
    kayanya kalo dari segi fun nya sih enak di random,
    tapi kayanya g menonjolkan "strategi" nya itu..
    hahaha...

    emang A.I yang bagus tuh yang kata end-user gimana sih?
    (dengan mengesampingkan sistem cheating)
    kalo jumlah sih boro2 A.I. user juga kalo digempur pake perbandingan pasukan yang jauh kan susah juga..
    apalagi kalo pasukannya tuh seimbang, artinya stat nya sama kaya pasukan user..
     
    Last edited: Apr 1, 2010
  10. aurora7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    1,209
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +342 / -0
    ^
    dua2 nya bisa dipake..

    branch prediction kan kualitasnya tergantung depthnya, makin banyak prediksi langkahnya makin pinter AI nya, tapi ngitungnya bakal makin lama..

    randomize + probability itu bisa ngasih 'strategi' AI yg lumayan kok..

    contoh, kalo success prob=90%, randomize movement antara 4-10 step..
    kalo success prob=50%, randomize movement antara 1-3 step aja...
    jadi kalo dalam situasi bahaya, enemy bakal kebih hati2 bergerak..

    tinggal kasih percentage buat tiap factor di game, kasih randomize range, trus ama trigger dari event etc..
    biasanya dah lumayan kok..


    AI yg bagus ya, yg menantang (challenging) tapi gak terlalu susah..
    jadi kesannya AI nya pinter, tapi tetep bisa dikalahin... ^_^

    keknya tiap game prinsipnya gitu juga deh..
    cmiiw..
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. saviorpalace Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    kalo problem lain ada yang kerasa g, sisi selain langkah ama kreatifitasnya?
     
  12. rie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +460 / -0
    wah, ngobrol-nya pade dalem smua ya? umm.. dari segi gamer (at leat myself) AI d turn-based game (TBG) cukup menarik n fun, da yg brillian da yg bego banget dan itu tergantung dari develovernya siapa, dan tingkat kesulitan waktu kita maen.. pada dasar-nya menekankan pada AI decision untuk menang, dan itu bs berubah kalo kita milih satu jalan yg lain atau kalo game-nya d load ulang (kaya d civ4, dia punya sistem random seed)

    dan menurut gw paling nyebelin [ atau sangat menguntungkan, it depends :) ] adalah sistem LUCK, misalnya, chance untuk menang adalah 80% tp kita kalah, it sucks! tp menurut gw sih emang harus ada supaya game-nya tidak selalu menekan pada sistem STATISTIK (d mana yg gede slalu menang)

    game TBG yg pernah gw maenin (dan masih inget) : (any kind of) Catur/Chess (a simple yet brilliant decision), Fallout 1/2/tactics, Civ4 BtS, Final Fantasy Tactic (GBA/NDS), Age of Wonder 1/2..
     
    Last edited: Apr 2, 2010
  13. Geekrulez M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 7, 2008
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +175 / -0
    Ini aja kok pakai susah...
    Pakai sistem catur aj.. Kan ada banyak konfigurasi; depth, dynamic, variation, rules, etc. Tentu dengan pre-set book.
    Untuk game lain cukup ditranslate aj main logicnya. Rules : attributes (terrains, characters, etc), movement points, restrictions, etc.
    Dynamic itu ya fun factorlah. A slight chance of occuring of a set of scripts, baik events maupun gameplay tendency of ai at random factor.
    Pre-set books merupakan main lines (most of the times) berupa kemungkinan2 langkah yang akan diambil lawan. Hal ini bisa berupa set langkah awal yang sering dieksekusi atau pertengahan atau di penghujung, e.g., pertama kali bangun base yang berorientasi ke perekonomian. Preset book ini akan menghemat computing power karena komputasinya berkurang.
     
  14. Sup32nova M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 11, 2010
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +1,110 / -0
    klo menurut gw sih enakan random gitu deh kya yg ada di civ 4 jadi gerakan A.I ga ketebak klo gak gak seru tinggal load doang klo situasi dah gak mungkin terus ambil langkah preventif jadi ilang serunya

    IMO gw pengen A.I yg lebih cenderung ke strategi sih drpada jumlah doang n bisa mutusin mana yg paling pas buat tu situasi (Brain rather than muscle)....ex: bangun militer kuat tapi di 1 titik bisa langsung ngubah bangun ekonomi yg kuat,soalnya selama ini kan A.I cenderung fokus ke 1 point klo militer ya militer trs n vice versa.....jadinya gampang bgt ditebak gw ngerasa kya kurang chalenging gt sih

    klo selain langkah n kreatifitas sih kyanya sampe sejauh ini gw no problem deh ( apa blm nemu kli yah hehehhe :piss: ) cuma asal tu masalah2 di atas td bisa dibenahi supaya A.I nya jd menantang cuma gak mustahil buat dikalahin sih gw rasa tu game dah termasuk ok deh....hope it helps.... :piss:
     
  15. donal1981 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +478 / -0
    mngkn lebih cucok bahas pendapat ai game na di game free talk ?
     
  16. aurora7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    1,209
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +342 / -0
    ^
    ^
    setuju, kayaknya lebih cocok di game free talk ni...
    momod tolong dipindahkan yah........ :)
     
  17. man32 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    667
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +198 / -0
    sebelum dpndah
    cuma pengen ngasih pndat
    kyknya slama ini blm ad y, AI yg bsa blajar gerakan playernya?
    msal klo qta nyerang lewat 1 bagian terus menerus, si AI tar jagain tu area nya, jd kyk d ambush gtu....
     
  18. monokoroboo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +45 / -0
    AI game turn based yang paling dodol setahu saya sih milik Serial Super Robot Wars. Bisanya cuman nyerang dengan serangan terkuat yang bisa ia keluarkan, nggak bisa pake magic, nggak bisa pake ability (semacam repair, refill). Tapi sama pembuatnya, musuh2nya dikasih HP yang jauh lebih banyak dari milik kita sendiri. Kalau musuh biasa kadang 2 hingga 3x lipat. Sementara pada robot boss, perbedaan HP kadang bisa 10x lipat atau lebih. Contoh developer yang "pintar", nggak mau susah2 bikin AI yang njelimet. Hehehe
     
  19. aurora7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    1,209
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +342 / -0
    nah itu, salah satu contoh dimana komputer bisa "cheating",
    caranya macem2, bisa hp gede, unlimited mana, unlimited money, etc dll dsb..
     
  20. t1t1nk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +34 / -0
    Yupz.. Emang sih seru dan menantang klo A.Iny bisa belajar gerakan playerny.. tapi.. ada jelekny.. Coba aja bayangin.. qta dah pake strategi apapun dan si AIny nginget serangan qta.. nah.. gmn ntar pas level" slanjutny.. bisa" ntar nyg ada kga tamat tuh gamesny.. har..har..har...
     
  21. adimerdeka Members

    Offline

    Joined:
    Apr 13, 2010
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    dimana daptin gamenya bro???
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.