1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Pemimpin Militer, Pemimpin Terbaik?

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by blacksheep, Apr 4, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,950 / -0
    Ada yang memperhatikan nama-nama calon kuat kandidat Presiden kita tahun ini?
    [​IMG]
    Susilo Bambang Yudhoyono. Prabowo Subianto. Sutiyoso. Wiranto. Selain Sutiyoso, mereka adalah pemilik nama yang popularitasnya stabil dan mendapat tempat yang cukup nyaman di puncak persentase dalam setiap polling pemilu saat ini. Selain nama mereka yang semuanya berakhiran huruf O, ada satu lagi fakta menarik : mereka semua mantan pemimpin militer.

    Lalu mengapa fakta ini menjadi menarik? Fakta ini menjadi menarik karena 10 tahun lalu, tahun 1999 saat diadakan pemilu untuk menentukan siapa Presiden pertama yang memulai & memimpin era reformasi setelah Habibie bersedia turun akibat lepasnya Timor-Timur melalui Sidang Istimewa MPR, satu slogan muncul dikalangan masyarakat yang trauma pada rezim Soeharto yang pejabatnya dipenuhi orang-orang militer atau ex-militer yaitu "Asal Jangan Tentara". 10 tahun kemudian saat ini, slogan ini menjadi berbalik.

    Hal yang wajar, atau perlu untuk dianalisa lebih lanjut? Mengingat tahun ini, calon kuat Presiden dari kalangan sipil hanya satu, yaitu Megawati. Dan jujur saja, Megawati dalam pandangan saya bukan Presiden dengan tingkat intelektualitas atau kemampuan orasi yang tinggi. Kemampuan orasi menjadi penting karena ia adalah satu-satunya pipa penyambung komunikasi tingkat tinggi diantara eksekutif dan legislatif dengan gang-gang kecil & warung kopi dipinggir kota. Tanpanya, maka kampanye hanya jadi pedih-pedih bawang merah semata. Nangis sebentar terus lupa.

    Terlebih lagi suara-suara negatif akan pemimpin sipil terus bermunculan di masyarakat. Gak usah jauh-jauh, bahkan di keluarga saya sendiri, ayah saya hampir selalu menyuarakan pendapat yang sama setiap saya membahas hal ini. "Pemimpin non-militer gak akan dihormati militer, jadinya ya kayak Megawati, gak berani membersihkan militer" katanya. Saya biasanya hanya bisa menambahkan bahwa militer yang harus lebih dewasa, karena sebagai panglima tinggi suatu negara, jabatan Presiden harusnya sudah cukup mendapat penghormatan. Buat apa jadi Presiden kalau harus jadi Panglima terlebih dahulu? Kenapa gak Panglima TNI kita jadikan Presiden seumur hidup? Lalu kita ubah negara ini jadi negara Junta, bukan Demokrasi, kalau rakyat memang betul-betul memuja militer. Dan ayah saya pun cuma bisa tersenyum misterius.

    Saya bukan anti pemimpin militer. Pemimpin militer tentu memiliki kelebihannya sendiri. Pendidikan militer yang mendasarkan sistemnya pada brain-wash dan indoktrinasi disiplinisme & otokrasi pasti menghasilkan orang-orang yang siap. Orang-orang yang siaga akan kecurangan, pengkhianatan & bau-bau penjilat. Orang-orang ini biasanya berciri sedikit bicara banyak bersikap. Sampai sini pemimpin militer masih bisa kita nilai positif. Tapi satu yang saya ragukan dari mereka : kemampuan menerima Demokrasi sebagai suatu ideologi, bukan praktikalitas atau kendaraan politik. Mereka yang besar di lingkungan keras, dengan orangtua yang senang memukuli satu sama lain biasanya tumbuh menjadi anak yang rusak secara psikologis. Jarang yang bisa mengubah mindset setelah otak kita dipenuhi satu ideologi. Dan ini yang saya lihat dari pemimpin-pemimpin ex-militer di Indonesia.

    Yang saya sering perhatikan adalah bahwa mereka gampang teriritasi oleh komentar negatif. Mereka juga senang mengumbar kalimat "demokrasi sudah kebablasan". Controlled Democracy, sepertinya jadi ideologi ideal para pemimpin ini. Yang perlu kita sadari tentu bahwa Controlled Democracy akan jadi "Demokrasi Terpimpin" kalau diterjemahkan. Yang itu sudah kita lewati. Dan gagal.

    Bukan berarti pemimpin non-militer berpikir dengan cara yang berbeda. Mereka pun banyak yang memiliki ideologi yang sama. Tapi ada keyakinan pada diri saya, bahwa mereka, yang sipil, yang tumbuh di lingkungan demokrasi, generasi pemimpin berikutnya akan siap menerima demokrasi sebagai suatu ideologi secara keseluruhan, mengingat generasi pemimpin sipil saat ini tumbuh di era dimana militerisme dan kepemimpinan sipil sering dilebur menjadi satu. Sementara pendidikan Militer tidak akan pernah berubah di era demokrasi ataupun era hibrida dua muka.

    Lalu apa berarti tahun ini kita harus memilih pemimpin tanpa latar belakang militer? Apapun jawabnya, pertanyaan baru yang akan muncul. Apa pemimpin sipil bisa memberikan kesejahteraan ekonomi & stabilisme seperti yang ditawarkan pemimpin dengan latar belakang militer? Ini seperti bertanya apa kopi & teh akan manis kalau diberi gula? Tanpa menjelaskan berapa banyak gula yang akan diberikan. Saya kira kita harus memberi kesempatan kepada pemimpin tanpa atau dengan latar belakang militer. Tapi yang saya tidak sependapat adalah memilih pemimpin dengan latar belakang militer karena latar belakangnya, bukan kapabilitasnya. Saya sadar mungkin kapabilitas dan latar belakang militer akan jadi korelasi yang nyata untuk para pemuja pemimpin militer, tapi yang saya maksud kapabilitas adalah kemampuan untuk menyatukan diri dan keinginan untuk memajukan perkembangan demokrasi di Indonesia tanpa interpretasi pribadi dan agenda tersembunyi.

    Pilihlah karena satu bekas tinta contrengan anda mungkin satu-satunya yang menghindarkan kita dari 30 tahun lagi rezim Demokrasi dengan embel-embel interpretasi seorang diri.
    http://politikana.com/baca/2009/04/04/pemimpin-militer-pemimpin-terbaik.html
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    rethong Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 9, 2009
    Messages:
    97
    Trophy Points:
    116
    Ratings:
    +2,286 / -0
    walaupun gw orang sipil,,tapi gw sangat mendukung pemimpin dari kalangan militer,,karena menurut gw,,pemimpin dari kalangan militer itu lebih tegas dan bertanggung jawab dalam setiap kebijakan yang mereka keluarkan. Apakah ada pemimpin militer yang mengeluarkan komando kepada anak buahnya tanpa berpikir keras bagaimana akibat dan kemungkinan" yang terjadi nanti dengan apa yang telah dikomandokannya kepada anak buahnya,,

    jadi menurut gw,,gw lebih setuju kalo negara ini dipimpin oleh orang dari kalangan militer "yang bertanggung jawab" dan berkewibawaan tinggi,,yang tidak goyah akan semua keputusan yang telah dibuatnya hanya dengan demo massa hingga demo nasional seluruh indonesia..

    sebagai contoh SBY yang tidak goyah akan keputusan menaikkan harga BBM walaupun di mana" masyarakat demo menuntut kenaikan harga BBM..

    :surrender:
     
  4. Offline

    Mr_barracuda Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    629
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +38 / -0
    BInguNg JAdi na Gua Mo MilIh sapa ntar D pilpress
     
  5. Offline

    sinaga86 Beginner Members

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +38 / -0
    ^
    ^
    pilih lah sesuai dgn kata hati mu gan.....jgn ada paksaan, jd kalo misalnya salh milih kita ga ada istilah nyalahin org,
    kan kita sendiri yg milih berdasarkan kata hati
    bener ga???

    udh kayak caleg aja ngomongnya ya :lol:
     
  6. Offline

    dawerzzzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,515
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,132 / -0
    [​IMG][​IMG] wkokwokwo benar juga cari lah pemimpin... yang adil[​IMG][​IMG]
     
  7. Offline

    tresnadi Senpai Banned User

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,162
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +113,118 / -0
    SBY tetep diunggulkan..

    putaran pertama pasti lolos deh..

    gw jg tetep dukung pimpinan dari militer, entah knp..
     
  8. Offline

    shinbakayarou ダメ人間 Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2008
    Messages:
    8,603
    Trophy Points:
    251
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +24,973 / -0
    hmmm baik seh emang baik
    tapi katanya gampang dimanipulasi klo pimpny militer.....:swt:
    kan ancaman sebuah negara bukan hanya datang dari dalam negeri tetapi juga dari luar :swt:
     
  9. Offline

    Hell_Raiser Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    3,021
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,883 / -0
    Soalnya yang dari sipil melempem semua, keliatan banget cuman nyari kekuasaan. Kalo militer kan ngomong demi kesatuan bangsa dan negara padahal sama aja
     
  10. Offline

    Recs Post Hunter Veteran

    Joined:
    Aug 4, 2008
    Messages:
    4,444
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,228 / -0
    Sebenernya gw mau milih RM09 (keliatannya si pinter dari wawancara2 di tipi), tapi apa daya ternyata orangnya mengundurkan diri:haha:
    Buat pilpres ini si gw rasa SBY masih kepilih lagi...
     
  11. Offline

    shinbakayarou ダメ人間 Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2008
    Messages:
    8,603
    Trophy Points:
    251
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +24,973 / -0
    dibanding yg laen :swt:
    emang mendingan SBYberBUDI
     
  12. Offline

    Ryosuke Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    2,077
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,031 / -0
    ya ntah knp gw tetep milih dari kalangan dari pemimpin militer...
     
  13. Offline

    KyleSteward Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    1,294
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +82 / -0
    Gw milih SBY.
    JK -> NOOOOOOOOOO!!!!!!!!!!!
    Megawati ga terlalu bagus pemerintahannya dulu
     
  14. Offline

    gemburu Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    429
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +39 / -0
    gw sih juga lebih milih milter abiz yang lainnya nda teges...

    coba deh bill gate jadi capres pasti menang:hihi:
     
  15. Offline

    parisyah Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 1, 2009
    Messages:
    374
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +73 / -0
    Klo menurut aku sih, lebih baik dari militer dulu deh pemimpin kita. Liat aja waktu jaman di pimpin sipil. Presiden Mbah AW bikin negara kita jadi bahan tertawaan aja. Begitu juga waktu di Pimpin Mbok M banyak aset negara kita yg dijual keluar. Masih mending waktu di pimpin Pakde S, lebih ada peningkatan gitu dari pada yg laen, koruptor banyak tertangkap termasuk besan sendiri. Jadi klo pilpres nanti aku masih milih Pakde S. Satu lagi Om J aku juga suka soalnye cilik mekitik, suka melawan dan gak suka kompak dengan presidennya seolah-olah (oposisi dalam posisi teman - padahal sama2 duduk di eksekutif), apalagi istriku, dia paling sebel ama ini orang, klo muncul di tv pasti langsung ganti channnel termasuk Mbok M juga
     
  16. Offline

    Feischmaker Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,021 / -0
    kuno lah masih mikirin dikotomi militer-sipil, jawa-non jawa... :p
     
  17. Offline

    Arthuria Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    tidak banyak pilihan yang bagus di pilpres kali ini, yaaaa ga papa la kita pilih yang terbaik dari yg buruk. dari pada ga ada presidennya nie negara kaco kan
     
  18. Offline

    arthemia Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    173
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +45 / -0
    kenapa kita tidak pilih aja budi anduk jadi presiden, biar nrgara kita jadi negara paling kocak sedunia:clap:
     
  19. Offline

    budikikiw Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    1,005
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,168 / -0
    SBY aja lah...
     
  20. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,693 / -0
    lebih pilih pemimpin dari latar belakang militer...terutama yang tegas

    menurut wa pribadi pemimpin yang punya background militer lebih tau cara mengamankan situasi dalam negeri.
     
  21. Offline

    baxxxzz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 6, 2009
    Messages:
    324
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +242 / -0
    kalo disuruh pemimpin militer berarti SBY dong coz Prabowo sama Wiranto tuh RI 2

    klo disuruh milih berarti kita harus "lanjutkan" dong perjuangan kita
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.