1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Pemenuhan Nutrisi Jadi Vital

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinminho, Aug 4, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    ANAK masih bayi, namun sang ibu sudah hamil lagi. Dalam kondisi tersebut, ibu tetap bisa menyusui bayinya. Asalkan, memperhatikan beberapa hal. Nur Fadilah menyebut, kondisi kesehatan ibu dan janinnya. ''Bila ibu sehat dan kondisi janinnya baik, ibu tetap boleh menyusui bayinya. Untuk memastikannya, ibu harus rutin periksa ke dokter kandungan,'' katanya.

    Memang, saat menyusui, ada pelepasan hormon oksitosin yang merangsang kontraksi rahim. Bila tak ada riwayat gangguan selama kehamilan, seperti keguguran dan melahirkan bayi prematur, ibu tetap boleh menyusui. ''Tidak ada teori yang memvonis menyusui bisa memicu keguguran atau persalinan prematur. Asal, kondisi ibu sehat,'' ujar konselor laktasi dari RS Mitra Keluarga Surabaya itu.

    Yang tak kalah penting, pemenuhan nutrisi. Sebab, yang diberi makan tiga nyawa. Yakni, ibu, kakak yang masih bayi, dan adik dalam kandungan. Ibu tak perlu khawatir janin kekurangan gizi karena ''berebut'' dengan kakaknya. ''Secara alami, tubuh akan memprioritaskan pemberian zat gizi kepada janin yang sedang tumbuh, tanpa mengurangi porsi yang dibutuhkan untuk membentuk ASI,'' jelas perempuan yang akrab disapa Dila tersebut.

    Mia Andike, yang juga konselor laktasi dan pengurus Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Jatim, menambahkan, ibu harus memperhatikan jenis dan porsi makanan yang dimakan. Memberi makan tiga nyawa tidak berarti ibu ugal-ugalan saat makan. Misalnya, makan tiga porsi sekaligus. ''Hal tersebut justru mengakibatkan ibu obesitas. Porsi makan seimbang, pilih yang bergizi tinggi. Kalau ngemil, lebih baik buah dan sayur,'' jelasnya.

    Keputusan tetap menyusui selagi hamil juga menjadi momen pembelajaran bagi kakak. Mia mengatakan, tindakan tersebut membiasakan kakak menyesuaikan diri dan berbagi dengan adiknya yang masih dalam kandungan. Juga, akan terbuka kemungkinan kakak dan adik yang lahir menyusu bersamaan (nursing tandem). ''Ibu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengenalkan kakak akan keberadaan adiknya. Setelah adiknya lahir, si kakak tak melakukan aksi penolakan,'' ungkapnya.

    Memang, Mia mengatakan, ibu akan repot karena mengurus dua buah hati sekaligus. Namun, keuntungan yang didapat berlipat. ''Tak hanya anak mendapat ASI, tapi bonding antara ibu dan anak tetap terjaga,'' tuturnya. Kebetulan, Mia sudah menjalani nursing with pregnancy. (ai/c7/nda)

    sumber:jawapos
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.