1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Physics and Chemistry Partikel Materi dan Anti materi

Discussion in 'Science and Technology' started by Alovera, Aug 11, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Alovera Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,574 / -0
    Mohon Maaf Kalo repost :repost:

    [​IMG]
    Maximilian Kohler terpana dan tak percaya ketika Vittoria Vetra menuturkan keberhasilannya membuat lawan materi-antimateri. Direktur Badan Penelitian Nuklir Eropa (CERN) itu mengatakan tak ada lagi antimateri di bumi. “Bahkan mungkin tak ada lagi di galaksi ini,” Kohler menyergah.

    Dengan kalem, Vittoria kemudian mempertunjukkan “mesin” pembuat antimateri dan bagaimana dia bekerja menghasilkan lawan materi itu. Vittoria juga menjelaskan bagaimana dia bersama ayahnya, Leonardo Vetra, membuat alat “penjebak” antimateri. Alat ini perlu dibuat khusus karena antimateri akan luruh apabila bersen-tuhan dengan materi apa pun, termasuk partikel udara. “Hee…bat,” Kohler terbata memuji seraya terbatuk batuk.

    Kolaborasi fisikawan partikel dari 15 perguruan tinggi pelbagai negara yang tergabung di tim Alpha CERN berhasil membuat dan memerangkap antimateri antihidrogen. Hasil penelitian mereka ini dipublikasikan di jurnal Nature edisi 17 November lalu.

    Paul Adrien Maurice Dirac, fisikawan asal Inggris, pertama kali mencetuskan teori soal keberadaan antimateri pada 1928. Dia mengkombinasikan teori kuantum Erwin Schrodinger Werner Heisenberg dengan teori relativitas khusus Albert Einstein. Dirac, yang kala itu baru berusia 26 tahun, mengatakan setiap keberadaan partikel pasti diikuti pasangannya, antipartikel, yang berbeda muatan. Misalnya, jika ada elektron, akan ada antielektron yang sama dalam segala hal kecuali antielektron ini memuat listrik positif.

    Serupa dengan bayangan di cermin, ketika ada materi, akan ada pula pasang-annya, antimateri. Lalu sekarang ada di mana antimateri ini? Antimateri sudah sekian lama menghilang. Para fisikawan berteori, setelah terjadi ledakan besar (Big Bang) yang mengawali terciptanya alam semesta, lahirlah materi dan juga pasangannya, antimateri, dalam jumlah hampir sama. Jumlah materi sedikit lebih banyak daripada antimateri.

    “Cacat simetri di awal alam semesta inilah yang membuat jumlah antimateri terus menyusut,” kata Terry Mart, fisikawan dari Universitas Indonesia. Antimateri berumur pendek karena, ketika bertumbukan dengan materi, ia akan meluruh. Apalagi, menurut Laksana Tri Handoko, fisikawan dari Pusat Penelitian Fisika, antimateri cenderung tidak stabil. Pada akhirnya, walaupun sama sekali belum terang benar bagaimana prosesnya, hampir seluruh semesta hanya tersusun dari materi.

    [​IMG]

    Dengan memelototi sifat antimateri, jawaban atas pertanyaan terbesar dalam dunia fisika partikel itu mungkin bisa sedikit tersingkap. Yang jadi soal, mengamati sifat dan perilaku antimateri bukan soal gampang. Fisikawan CERN berhasil membuat sembilan atom antimateri antihidrogen pertama kali pada 1995. Namun antihidrogen itu melintas dengan kecepatan cahaya sehingga mustahil bisa diamati. Dua tahun kemudian, peneliti di Fermilab, Chicago, Amerika Serikat, juga berhasil membuat ratusan atom antihidrogen. Tapi, sekali lagi, atom itu hanya tampak selama beberapa mikrodetik dan kemudian luruh setelah menumbuk materi. Uji coba tim Athena CERN pada 2002 pun belum mampu menahan lama umur antimateri.

    Setelah lewat 15 tahun, baru kali inilah para fisikawan partikel berhasil menangkap dan menjebak 38 atom antihidrogen. Walaupun tim Alpha CERN hanya mampu menahan atom antihidrogen selama 170 milidetik, Cliff Surko, fisikawan dari University of Ca-lifornia, San Diego, menilainya sebagai satu kemajuan besar.

    Untuk menghasilkan atom antimateri, tim Alpha CERN menautkan 10 juta antiproton dengan 700 juta positron (antielektron) dengan menggunakan medan osilasi listrik. Antiproton sendiri didapat lewat tumbukan proton pada logam dengan kecepatan sangat tinggi dalam perangkat Large Hadron Collider. Sedangkan positron diperoleh dari sumber radioaktif sodium 22.

    Yang paling sulit, menurut Joel Fajans, anggota tim Alpha CERN, justru bagaimana memerangkap antihidrogen itu. “Mereka bergerak terlalu cepat,” kata Fajans. Selain bergerak dengan kecepatan mendekati cahaya melintas, temperatur atom atom antihidrogen ini kelewat panas. Untuk mendingin-kan dan memperlambat laju atom antihidrogen, atom atom itu dilewatkan dalam medan magnet octupole.

    Dari jutaan atom antihidrogen yang dapat dibuat, hanya 38 atom yang bisa dihambat lajunya dan ditangkap. Itu pun perlu 335 kali uji coba. “Memerangkap antihidrogen ribuan kali lebih sulit daripada membuatnya,” kata Fa-jans. Dan 38 atom itu pun hanya berumur sepersekian ******* “Hanya beberapa detik sudah menyenangkan, walaupun kalau bisa bertahan selamanya tentu lebih bagus.” Walhasil, tak banyak informasi yang didapat dari 38 atom antihidrogen itu.

    Ketika setengah gram antimateri dibawa kabur dari laboratorium bawah tanah CERN dan disembunyikan di salah satu lorong Vatikan, negara kecil itu panik. Sebab, bila setengah gram antimateri yang kira kira sebesar sebutir beras itu bersentuhan dengan materi apa pun dan meledak, kekuatannya setara dengan 5.000 ton dinamit. Pusat gereja Katolik itu akan berubah menjadi kubangan besar. Tapi untunglah “bom antimateri” hanya terjadi di novel Dan Brown.

    Energi yang dihasilkan dari tum-bukan antimateri dengan materi memang luar biasa besar. “Satu kilogram antimateri saja bisa menghancurkan satu kota besar,” kata Terry Mart. Kekuatan ledakan satu kilogram antimateri kira kira setara dengan 3.000 bom atom yang dijatuhkan di Kota Hiroshima, Jepang.

    Untungnya lagi, bom antimateri ini hanya akan mungkin terjadi dalam angan angan Dan Brown. Sebab, menurut Jeffery Hangst, juru bicara tim Alpha CERN, untuk mendapatkan satu gram antimateri saja, perlu waktu 300 miliar tahun. Dan karena sifatnya yang sangat tidak stabil, sampai sekarang juga belum ada teknologi yang cukup aman untuk menyimpannya.

    Seperti halnya bom antimateri, berharap antimateri menjadi sumber energi besar seperti ketika antimateri menjadi bahan bakar pesawat penjelajah angkasa USS Enterprise di film seri Star Trek pun hanya impian belaka. “Sama sekali tidak efisien,” kata Cliff Surko. “Kalaupun efisiensinya bisa digenjot, berapa banyak antimateri yang bisa dibuat?”

    Antimateri adalah materi paling mahal. Badan Antariksa Amerika Serikat memperkirakan, untuk mendapatkan satu gram antimateri, butuh biaya US$ 62 triliun. Dengan semua halangan itu, Vatikan tak perlu takut tulisan Dan Brown menjadi kenyataan.

    Kau Cepat Kau Kutangkap

    Untuk menghasilkan atom antimateri, tim Alpha CERN menautkan 10 juta antiproton dengan 700 juta positron (antielektron) dengan menggunakan medan osilasi listrik. Antiproton sendiri didapat lewat tumbukan proton pada logam dengan kecepatan sangat tinggi dalam perangkat Large Hadron Collider.

     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    tygrex Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    564
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +335 / -0
    wahhh... rupanya antimateri it beneran ad y?:lol:
     
  4. Offline

    kasogi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    514
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +4,180 / -0
    Gak tau maksudnya apa anti materi
    perasaan bentuk/wujud elektron sama proton belum diketahui cuma bisa di deskripsikan az
    apalagi antimateri dimana bisa dibuat sebagai energi
    saya bingung kalo soal ilmiah
     
  5. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,573 / -1
    Aduh treadnya menguras otak nih.. :hoho:
    pembahasan artikelnya tinggi banget, menurut ane.. :sigh:
    tapi satu hal yang bisa ane petik ilmunya bahwa materi dan anti materi itu memiliki partikel Proton dan Elektron..
    :hmm:
     
  6. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    Btw, sebenarnya udah ada yg pernah membuktikan eksistensi antimateri secara gamblang belum yah :bingung:
    Kalo begitu bagaimana kaitannya dengan hukum kekekalan energi? :bingung:
     
  7. Offline

    mikeraphael Beginner Members

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    238
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,575 / -0
    jiaaah..... ini mah penggalan novel dan brown yang judulnya Deception Point.... ckckckckckck......
     
  8. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    Saya juga ingatnya begitu... -- Kohler kan karakter di Deception Point (untung diingatkan, saya malah lupa judul novelnya).

    Tapi kok ada Universitas Indonesianya ya di situ?
    Hm... ada yg mau konfirmasi hoax/enggaknya info ini?
     
  9. Offline

    chain94 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Nov 14, 2011
    Messages:
    3,198
    Trophy Points:
    186
    Ratings:
    +4,932 / -0
    Bukannya Angel And Demon ya? :???: Yang terakhirnya nanti antimateri itu meledak di atas langit St. Petrus (benar ka? :???: lupa2 ingat :dead:).

    Kalo saya baca di sini, anti matter itu "mitos" yang mungkin akan jadi kenyataan di masa depan..
     
  10. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    Eh iya ya, saya lupa... Kohler itu yg dibunuh pake cap iluminati yah --> *maklum udah tante2 jadi pelupa* :swt:
    Ya betul, orang2 yakin dengan teori pembentukan materi, sehingga antimateri secara hipotesis bisa menghancurkan materi (dalam prinsip keseimbangan).
     
  11. Offline

    kodox_tea Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 16, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    keberadaan lab CERN emang ada gan, itu diantara swis ama perancis, posisinya dibawah tanah berbentuk cincin terowongan besar....cari aj di mbah gugel banyak koq yang bahas ttg CERN
     
  12. Offline

    Alovera Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,574 / -0
    Yup CERN memang beneran ada

    Emang sih kayak d novel angel n demon, cuma antimatter itu katanya memang beneran ada, walapun masih dalam taraf kcil dan tidak terlalu seperti yang diceritakan dalam angel n demon, gw baca disini penelitian terhadap antimateri ini sudah berlangsung lama, dan untuk menghasilkan tenaga yang besar masih sulit untuk dibuat, cuma secara teori bisa, sama halnya dengan teorinya einstein dan teori mengenai time travel, Disini
     
    • Like Like x 1
  13. Offline

    kodox_tea Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 16, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    bicara ttg anti materi jadi inget dosen ane gan, dia selalu bermimpi pingin bisa buat printer 3D, ngeprint gambar sendok yang keluar sendok beneran....heu...entah sekarang udah kepikiran apa blm caranya ama tu dosen ane..
    kayaknya kl ilmuwan cern bisa menciptakan anti materi yg melimpah gak ada lagi deh gejala listrik byar-pret di kita
    kl gak salah, mesin LHC tu hidupnya cm pada musim panas aj, pada musin dingin gak bisa hidup solanya listriknya kepake sama penduduk eropa buat pemanas ruangan...
     
  14. Offline

    nostradummy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 28, 2011
    Messages:
    495
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +9 / -0
    wah..kirain cuman ada di novel doang anti materi itu.ternyata ada beneran toh??
    bisa jadi sumber energi baru ni.. :haha:
     
  15. Offline

    bizly Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,281
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +103,842 / -3
    Lebih tepatnya antiproton dan positron :hmm: untuk antimateri
    Saya jadi teringat film Angel& Demon, katanya kekuatan antimateri 1 gram bisa menyalakan kota Vatikan selama sebulan :ehem:
     
  16. Offline

    Zakuchan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2011
    Messages:
    1,766
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +1,480 / -0
    Ada juga yg bahas Anti materi [ bahan bakarnya star trek heheheheheh ], beneran ada ini bukan fiksi ilmiah doank
    Large Hadron Collider ntu pernah ada tayangan nya di tv sumpah gede banget,
    Untuk aja CERN ntu proyek kerja sama, coba bayangin ini teknologi cuman dikuasai 1 negara, beda teknologi ntu negara ama Indonesia bisa 100 - 200 thn
     
  17. Offline

    KRTC Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2011
    Messages:
    1,262
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,181 / -1
    kalau labnya dibawah tanah berarti penelitiannya dikatagorikan top secret dong:rokok:
     
    • Like Like x 1
  18. Offline

    mekongga Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    oh jadi CERN benar2 lagi meneliti anti materi toh. berarti sih vettra itu mencoba menovelkan dunia nyata. hehehe'
    semoga berhasil meskipun ane ragu untuk 50 tahun ke depan dapat berhasil. katanya sih sudah ada kemajuan tapi palng mandek smp 50 tahun ke depan.
     
  19. Offline

    stnho Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    ini bener" hebat, antimatter pertama dianggap fiksi di angel n demon, tapi bener" ada. hmmm ane pikir" buat apa ya kegunaannya
     
  20. Offline

    niklas Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +37 / -0
    jadi agak bingung, jadi tujuan CERN dengan LHC itu sebenarnya mau membuat antimateri atau mau menemukan partikel higgs boson??

    ada yang bisa nerangin gak?? :bingung:
     
  21. Offline

    aqua00 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,003 / -0
    pembahasan soal temuan cern ini menarik...
    seandainya partikel anti materi ditemukan, bukankah partikel itu akan menyedot segala yang diseklilingnya?
    peneliti cern emang gila nih...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.