1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Hobby PARKOUR ( Art Du Deplacement )

Discussion in 'Sports Center' started by byahigh, Feb 11, 2011.

  1. Offline

    byahigh Beginner Members

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    282
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +35 / -0
    Sejarah Parkour

    Parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari Parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.

    Sebenarnya Parkour sudah ada sejak dulu sebelum manusia mengenal kata “Parkour” itu sendiri. Tapi Parkour dideskripsikan dan dikenalkan ke seluruh dunia oleh seorang pria berkebangsaan Perancis yang dikenal dengan nama David Belle. Dialah yang telah memperkenalkan olahraga ini ke seluruh dunia yang awalnya hanya berkembang di Perancis. Sehingga akhirnya berkembang ke seluruh daratan Eropa dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

    Namun jauh sebelum itu, ada seorang pelaut Prancis pada abad 19 bernama Georges Hebert yang mengembangkan metode latihan yang mampu mengeluarkan energi manusia yang tersembunyi dalam tubuhnya. Hebert terinspirasi oleh suku di Afrika yang memiliki kemampuan atletik dan gimnastik. Ternyata, yang bisa membuat suku tersebut kuat adalah lingkungan sekitarnya yang telah melatih mereka dengan sendirinya selama bertahun-tahun.

    Akhirnya, Hebert menciptakan sebuah latihan yang diberi nama methode naturalle yang terkenal dengan moto ‘etre fort pour etre utile’ atau ‘to be strong, to be useful’.

    Latihan ini meliputi sepuluh gerakan dasar yaitu walking, running, jumping, swinging, quapedral movement, balancing, throwing, lifting, climbing, dan swimming. Metode itulah yang akhirnya dipakai para tentara Prancis di perang Vietnam. Salah satu yang mendalami latihan itu adalah Raymond Belle, ayah David Belle itu sendiri.

    Terinspirasi dari ayahnya, Raymond Belle seorang tentara Perancis yang akhirnya bergabung dengan sapeurs-pompiers ( pemadam kebakaran militer). Lahir di tengah keluarga pemadam kebakaran membuat David terinspirasi dengan cerita-cerita tentang kepahlawanan. Saat berumur 16 tahun, David memutuskan untuk meninggalkan sekolah untuk mencari kecintaannya akan kebebasan, aksi, dan untuk mengembangkan kekuatan dan ketangkasan yang dimilikinya agar berguna dalam kehidupannya, seperti yang selalu dinasehatkan oleh ayahnya.

    Raymond memperkenalkan pada anaknya tentang sebuah latihan halang rintang dan metode natural yang akhirnya dikenal dengan nama Parkour. Sejak saat itu ,setiap David sepulang sekolah ia mulai memainkan skenario sendiri bagaimana dia bisa meloloskan diri dari situasi yang sulit. Menurut David, Parkour dapat berguna sebagai self-defense dalam keadaan tidak terduga. Saat martial art bisa disebut sebagai sebuah bentuk latihan untuk fight (bertarung), parkour merupakan suatu bentuk latihan untuk flight (kabur).

    Sejak Usia 15 tahun, David Belle pindah ke Lisses (salah satu kota di Perancis). Pada waktu itu, dia bertemu dengan para remaja di sana yang tertarik dengan apa yang dilakukan oleh David. Disinilah cikal bakal dari lahirnya sebuah grup Parkour yang dikenal dengan nama Yamakasi. Bersama teman masa kecilnya, Sebastian Foucan beserta beberapa pemuda lainnya mulai mengembangkan Yamakasi sebagai tim Parkour yang dikenal di Perancis. Namun karena perbedaan prinsip, David dan Sebastian berpisah dan meninggalkan Yamakasi. Sehingga saat film Yamakasi yang dibuat pada tahun 2001 harus tetap berjalan tanpa kehadiran mereka berdua.

    David tetap memegang prinsip Parkour yang tetap mengedepankan tentang keefektifan dan efisiensi yang menampilkan kesederhanaan dan memiliki filosofi melewati rintangan dengan cepat dan efisient. Sedangkan Sebastian lebih memilih untuk membuat gerakan-gerakan dari parkour terlihat lebih indah yang dapat membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik. Sehingga akhirnya ia menambahkan gerakan acrobat seperti flip atau salto dikombinasi dengan gerakan “pacours du combatant” yang akhirnya menjadi Freerunning. Hal tersebut yang membuat David Belle berbeda pandangan dengan Sebastian Foucan. Karena menurut David Belle, gerakan acrobat atau salto sangat tidak efisien dan sangat bertolak belakang dengan originalitas Parkour. Selain itu, keinginan untuk melakukan gerakan hanya untuk dilihat orang lain tanpa keinginan untuk melakukan gerakan itu dari diri sendiri, merupakan hal yang bertolak belakang dengan parkour.

    Saat ini David Belle memulai tur dunia dengan asosiasi yang dia dirikan (PAWA) bersama tim Parkour yang dulu dia dirikan. Dan ini hanyalah sebuah awal

    Terminology

    Parkour berasal dari kata parcours du combatant yang berarti pelatihan halang rintang untuk sesi militer. Kata Parcours “c” diganti menjadi “k” dan “s”nya dipakai untuk menjelaskan filosofi Parkour itu sendiri. “Parkour’s philosophy about efficiency” .

    Sedangkan istilah Traceur adalah sebuah sebutan untuk para praktisi Parkour. Seseorang bisa dikatakan traceur jika orang tersebut sudah memahami arti, basic, dan filosofi dari Parkour itu sendiri. Traceur berasal dari kata “tracer” yang berarti cepat, mempercepat (to trace/ to go fast).

    Filosofi dan nilai moral dalam Parkour.

    Definisi dari Parkour sendiri adalah seni berpindah tempat melewati beberapa obstacle dari point A menuju point B. Seni ini adalah cara baru untuk beradaptasi lingkungan atau melewati segala macam bentuk obstacles yang ada di sekitar kita hanya dengan mengandalkan kekuatan tubuh manusia seutuhnya.

    Tujuan dan inti dari Parkour itu sendiri adalah mampu menghadapi semua rintangan atau obstacles di sepanjang track yang kita lalui, baik itu di lingkungan alam maupun di lingkungan perkotaan, dengan mengunakan beberapa gerakan yang istimewa dan indah dengan cara mengkombinasikan beberapa gerakan yang mengalir dan control yang penuh.

    Parkour juga mengandung pembelajaran yang positif untuk diri sendiri, yaitu manjawab tantangan untuk melawan semua rasa takut dari dalam diri kita sendiri. Karena kadangkala setiap rintangan dan obstacles yang akan kita lalui tidak seperti yang pernah kita bayangkan.

    Nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam Parkour

    1. Seni untuk melewati semua masalah dalam track kehidupan.

    Saat kita menjalankan track kehidupan, terdapat banyak rintangan dan masalah hidup yang terlihat seperti obstacles dalam hidup. Semua orang pasti mempunyai tjuan akhir. Tapi saat kita bergerak ke tujuan akhir, banyak rintangan (obstacles) yang menghadang. Dengan memakai prinsip dari Parkour, kita akan berusaha melewati rintangan obstacles tersebut dengan indah dan penuh control. Memecahkan masalah yang kita hadapi dengan efektif dan efisien. Semua manusia pasti mempunyai track kehidupannya masing-masing.

    2. Melawan Rasa takut.

    Seseorang yang takut untuk mencoba, tidak akan berbuat apa-apa dan tidak akan menjadi siapa-siapa. Semua manusia pasti melewati proses seperti ini. Kalau kita tidak bisa melawan rasa takut, ngga akan ada kemajuan dalam kehidupan. Kita bisa naik motor, sukses dalam bisnis, menang tender dan sebagainya adalah buah dari keberanian kita melawan rasa takut.

    Tapi ingat ukur ketakutan dan keberanianmu dengan meteran nyali. Kalau kita terlalu berani, kita akan bertindak bodoh, ceroboh bahkan celaka. Tapi kalo terlalu takut, maka kita tidak akan berbuat apa-apa. Jadi antara rasa takut dan berani harus seimbang.

    3. Bangkit dari kegagalan.

    Saat kita mencoba suatu gerakan di Parkour, kita akan selalu mengalami kegagalan atau jatuh. Tapi kalo kita terus bangkit berdiri dan mencoba lagi, kita pasti akan bisa menguasai salah satu gerakan tersebut. Begitu pula dalam kehidupan. Intinya berani gagal alias berani jatuh. Coba lagi dan pelajari supaya tidak gagal dan jatuh lagi.

    4. Flexibilitas dan fluiditas.

    Berlatih Parkour akan membuat diri kita flexible dan semangat kita terus mengalir. Begitu pula dalam kehidupan. Saat kita berada dalam lingkungan baru, kita berpikir untuk tetap flexible dan mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Walaupun lingkungan tersebut awalnya tidak membuat diri kita nyaman. Sedangkan fluiditas akan membuat diri kita mempunyai semangat yang terus mengalir untuk menjalani kehidupan walaupun mempunyai masalah yang berat.

    5. Kreatifitas dan kebebasan.

    Dalam Parkour kita bisa berkreasi untuk menciptakan gerakan atau menggabungkan beberapa gerakan dasar menjadi gerakan baru tergantung kreatifitas kita. Hidup pun begitu, kita harus kreatif sehingga bisa berguna dan bermanfaat dalam kehidupan. Selain itu, Parkour juga mengajarkan kita untuk bergerak bebas menuju kebebasan tanpa melawan aturan.

    Parkour menentang kompetisi.

    Sebuah kampanye datang dari beberapa praktisi Parkour tentang menentang keras adanya kompetisi dan rival di dalam Parkour. Kompetisi tidak sesuai dengan filosofi dan nilai moral dari parkour yang mengutamakan kebebasan. Kompetisi hanya akan mendorong seseorang untuk mengalahkan orang lain yang disaksikan oleh penonton atau hanya akan menambah keuntungan oleh beberapa corporasi yang hanya mengambil keuntungan dari Parkour.

    Latihan Parkour bukan ditujukan untuk melawan atau mengalahkan orang lain. Parkour ditujukan untuk membantu orang lain sehingga manusia mempunyai cara berpikir moderasi (sederhana) dan memiliki ketahanan fisik yang lama.

    Parkour Bukan Olah Raga Ekstrem.

    Banyak orang awam yang melihat video-video Parkour mulai beranggapan bahwa Parkour adalah olah raga ekstrem dan menggolongkannya dengan olahraga seperti skate board, bmx dan lainnya. Sehingga banyak orang yang nekat melakukan gerakan-gerakan berbahaya yang akhirnya berakibat pada cedera serius.

    Parkour tidak hanya berhubungan dengan nyali saja, tapi sangat berhubungan erat dengan pikiran matang, latihan fisik dan dan teknik yang terus menerus dilakukan. Gerakan-gerakan yang kita lihat melalui video seperti yang dilakukan David Belle dan anggota Yamakasi merupakan hasil dari sebuah latihan panjang selama belasan tahun.

    Mengembangkan dan menyebarkan Parkour

    Saat ini Parkour mulai dikenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri. Perlahan-lahan beberapa traceur yang mengerti akan filosofi dan teknik dalam Parkour mulai bertambah. Berkat pembelajaran dari beberapa informasi yang benar mengenai originalitas tentang parkour dari sumber-sumber terpercaya, lambat laun Parkour menjadi sebuah kebutuhan dan disiplin dalam setiap traceur yang memiliki pemahaman dalam jiwanya masing-masing. Pengetahuan seperti inilah yang harus disebarkan ke masyarakat luar dan memberikan edukasi yang benar tentang Parkour mulai dari sejarah dan filosofi yang terkait di dalamnya.

    Intinya adalah, Parkour bukan hanya melatih fisik saja. Parkour juga mencerminkan sebuah filosofi moral dengan nilai-nilai tersendiri. Bukan hanya sekedar sebuah olah raga, tapi juga sebuah seni. Dan yang paling penting Parkour adalah sebuah filosofi yang selalu dipakai semua orang setiap hari.

    bagi yang mau ikut latihan silahkan buka situs dibawah ini
    http://www.parkourindonesia.web.id/
    disini ada jadwal ama tempat latihan di beberapa kota
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    oraDonk Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    5,832
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,029 / -0
    Sering lihat Traceur lagi asik di UGM...kapan-kapan pengen lihat aksinya lagi

    Seru, Obstacle-nya tapi lebih hot di UMY sih :peace:
     
  4. Offline

    anakbupati Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 6, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    oh ini seni melarikan diri ya gan?
     
  5. Offline

    Nebunedzar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2009
    Messages:
    944
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,272 / -0
    itu yg keliatannya kok, dicoba dulu aja. hanya conditioning yg penting, porsi latian fisik dan teknik besaran fisiknya. jadi teknik cukup dimengerti aja caranya

    di forum sebelah ada tuh tutor-nya yg bagus2 untuk basic, yg penting niat

    parkour itu simpel, tidak sesulit dan seekstrim yang diperlihatkan dan orang2 mengerti pada umumnya

    bisa dipakai untuk itu sih, tapi esensinya itu gmn caranya agar bisa seefisien mungkin mencapai ke suatu tempat tujuan

    parkour itu disiplin.. tapi bukan disiplin bela diri, makanya ada conditioning-nya (latian fisik) yg teratur..

    dan justru conditioning ini bukan sesuatu yang ada syaratnya. setahu saya, itu latiannya disesuaikan dengan fisik masing2

    bahkan praktisi yang sudah expert bilang, "mereka lebih senang kalau kalian tidak memaksakan diri"

    atau, "kalau bisa, bukan berarti harus"
     
    Last edited: Mar 24, 2014
  6. Offline

    byahigh Beginner Members

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    282
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +35 / -0
    kalo ada niat dan pernah ikut latian pasti motivasi buat lebih baik akan tumbuh
    karna salah satu esensi dari parkour itu sendiri adalah
    "bagaimana kita bisa lebih baik dari hari ini"
     
  7. Offline

    kucing_mandul Beginner Members

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +325 / -0
    jangan bilang susah kalo belom dicoba

    prinsipnya : jika seseorang terlalu banyak rasa takut, maka tidak akan maju.

    salam dari traceur jakarta chapter UNJ~
     
  8. Offline

    irwan4all Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    Ane dulu pernah lama aktif d UGM tapi krn kesibukan kerja akhirnya vacum.. :p
     
  9. Offline

    hanhanyuki Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 4, 2010
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +87 / -0
    parkour itu pemain skate board y?
     
  10. Offline

    Zark Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 27, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    @hanhanuki
    bukan
    itu olahraga lari tpi ekstrim soalnya biasa dilakuin di bangunan ato gunung2 gitu
     
  11. Offline

    Nebunedzar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2009
    Messages:
    944
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,272 / -0
    um, dibilang ekstrim juga nggak lho. maknanya negatif lho klo pakai ekstrim? :O

    dan biar lebih dipercaya kenapa begitu..

    nih saya pakai video dokumenter dari traceur di bandung ya.

    http://www.parkourindonesia.web.id/forum/viewtopic.php?f=4&t=2618

    di situ semua dijelaskan segamblang2nya ama mereka ^^;
     
  12. Offline

    DarwinFreak Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 15, 2010
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +35 / -0
    Wow:matabelo:
    Sumpah, videonya keren banget jadi inget ama Mirror's Edge, di Bali ada yang kek gini nda y?
     
  13. Offline

    Nebunedzar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2009
    Messages:
    944
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,272 / -0
    Latihan Rutin untuk Bali

    Hari : Rabu, Pukul 15.00 WITA Alias Jam 3 Sore
    Tempat : Lapangan Renon Denpasar

    Hari : Minggu, Pukul 15.00 WITA Alias Jam 3 Sore
    Tempat : Stadion Ngurah Rai Denpasar

    Random Place : SMA 8, Lapangan Puputan, Tanjung Sanur

    Contact Person :
    Kade : 085935038500
    Hadhi : 081999019135
    Surya : 085238207027
    komang sudiantara : 081916374029

    Ket : Jadwal Tetap Latihan Kami, sewaktu – waktu kita juga merubah jadwal diatas dan mengadakan latihan tambahan

    http://www.parkourindonesia.web.id/jadwal-latihan/latihan-rutin-bali.html

    Btw, saya kenal parkour malah dari game itu lho ehehe, tuh di siggy masih ada si Faith/Quorra ^^;
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  14. Offline

    DarwinFreak Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 15, 2010
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +35 / -0
    wah ga nyangka di Bali ada yg ginian juga, ntar rebo mo cek ke tkp, mo liat2 aj dulu
    btw umurku ud 29 tahun bro, masih cocok ga ikut ginian, takutnya sendi ama tulangku lepas smua:hahai:
     
  15. Offline

    Nebunedzar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2009
    Messages:
    944
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,272 / -0
    bsa, yg penting jangan dipaksa. bkn olahraga ekstrim kok. :peace:

    nih saya punya cerita pas latian di PK Jakarta.. :siul:

    ada ortu nemenin anaknya kan, eh dia malah ikutan jg. jd gak ada masalah kan? :top:
     
  16. Offline

    xepher Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    461
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +20 / -0
    di bandung juga ada praktisi yg umurnya udh kepala 4 kok, santai aja :garing:
     
  17. Offline

    star1890 Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    waahh, mantap nih olah raga, pgn join ah, hehe
     
  18. Offline

    Nebunedzar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2009
    Messages:
    944
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,272 / -0
    klo pada awalnya karna ingin senang2 masa muda boleh, coba2 jg boleh.. hehe

    yg penting nemuin sendiri motivasinya setelah mengikuti latiannya--itu filosofi dr parkour ^^;

    karna masing2 individu beda2, pemahamannya pun disesuaikan; walaupun ujung2nya sama
     
  19. Offline

    xepher Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    461
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +20 / -0
    hayuk gan buruan gabung latian sama kami :D
     
  20. Offline

    kucing_mandul Beginner Members

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +325 / -0
    ada yang nge VM gua, ternyata ngepost grup parkour

    salken dulu lah :hahai::hahai:

    biasa latihan di KL (krida loka) :hero:
     
  21. Offline

    radenmask Silent Reader Members

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    wow dokumentasinya :top:
    gerak sana gerak sini :hahai:
    btw, awas jatuh mas :malu
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.