1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Para Pejabat Singapura Minta Gajinya Diturunkan Karena Merasa ketinggian

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by seventhdivision, May 26, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    seventhdivision Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 21, 2011
    Messages:
    1,246
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +7,531 / -0
    Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, menepati janji kampanyenya untuk meninjau dan mereformasi gaji para pembantunya yang terdiri dari para menteri dan anggota parlemen. Dengan ini, gaji pejabat pemerintahan Singapura yang tergolong tinggi kemungkinan besar akan dipangkas.

    [​IMG]
    Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong​

    Dilansir dari laman Associated Press, 23 Mei 2011, Lee membentuk sebuah komite independen untuk meninjau tingkat gaji dan kelayakan pejabat dalam menerima gaji. Komite independen ini diketuai oleh seorang dokter, Gerard Ee, yang juga merupakan Kepala Rumah Sakit Changi.

    Tujuh orang anggota komite lain adalah orang-orang dari berbagai elemen masyarakat, baik sektor swasta, buruh, maupun pekerja sosial. Mereka akan membandingkan gaji para pejabat dengan pekerja sektor swasta dengan bidang yang setara. Selain itu, Ee dan timnya juga akan menjadikan tingkat gaji yang umum di Singapura sebagai patokan. Pada pidatonya usai diambil sumpah untuk kembali menjadi PM Singapura Sabtu pekan lalu, Lee mengatakan bahwa pembentukan komite ini untuk menjawab keresahan warga Singapura atas tidak imbangnya gaji pejabat dengan perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat.

    “Politik bukanlah pekerjaan atau peningkatan karir, namun itu adalah panggilan untuk melayani demi kepentingan yang lebih besar di Singapura,” ujar Lee dalam pidatonya pembentukan tim itu. Keresahan masyarakat atas gaji pejabat yang timpang dengan kinerja yang mereka hasilkan ini jugalah yang membuat popularitas partai Lee, Partai Aksi Rakyat (PAP), menurun drastis pada pemilu 7 Mei lalu. PAP tetap menjadi partai berkuasa, namun dukungan dari rakyat kini hanya 60 persen. Itu merupakan jumlah dukungan terburuk yang pernah dialami PAP, yang memerintah sejak Singapura resmi merdeka pada 1965. Dalam sepuluh tahun terakhir dukungan terhadap partai itu terus turun. Pada 2001 dukungan PAP masih sebesar 75 persen, sedangkan pada pemilu 2006 turun jadi 67 persen dan kini hanya 60 persen.

    Selain gaji pejabat yang dinilai terlampau tinggi, partai berkuasa juga kerap dikritik lantaran banyaknya penerimaan tenaga kerja asing di Singapura dan meningkatnya harga perumahan serta biaya hidup. Bagaimana rakyat tidak murka, sementara biaya hidup kian melangit lantaran harga-harga melonjak naik, para abdi masyarakat malah justru menikmati gaji yang disebut-sebut sebagai salah satu gaji pejabat pemerintahan terbesar di seluruh dunia.

    Gaji PM Lee Hsien Loong misalnya, saat ini ditaksir lebih dari 3 juta dolar Singapura atau sekitar Rp20,6 miliar per tahun. Gaji menteri muda saja di Singapura bisa mencapai 2 juta dolar Singapura atau Rp13,7 miliar per tahun. Ini terhitung besar jika dibandingkan dengan gaji Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang hanya US$400.000 atau Rp3,4 miliar per tahun. Jangan coba membandingkan dengan gaji Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, pasti kalah jauh. SBY dilaporkan hanya menerima gaji Rp62 juta per bulannya, artinya hanya Rp744 juta per tahun.

    Penggajian Sistem Perusahaan

    Sejak pertengahan dekade 90an, gaji pejabat tinggi di Singapura diukur dua per tiga dari gaji tertinggi di enam sektor swasta, di antaranya adalah akuntansi, perbankan, konstruksi, hukum, perusahaan manufaktur dan perusahaan multinasional. Pertumbuhan ekonomi juga menjadi tolak ukur bagi pemerintah dalam menentukan gaji. Saat kondisi ekonomi sedang memburuk pada 2008, Singapura memangkas gaji pegawai negeri, termasuk gaji Perdana Menterinya pada 2009.

    Pada 2008, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong masih menerima gaji 3,7 juta dolar Singapura atau sekitar Rp25 miliar. Namun, akibat krisis finansial global, pada 2009, gaji PM Lee diturunkan menjadi 3,04 juta dolar Singapura atau sekitar Rp 20 miliar per tahun. Pada saat ekonomi tumbuh, Singapura juga bermurah hari kepada para PNS. Sebut saja pada 2010, saat ekonomi negeri ini telah bangkit kembali, bahkan tumbuh 17,9 persen pada semester pertama.

    Menteri Perdagangan dan Industri juga memperkirakan produk domestik bruto (PDB) tumbuh sekitar 15 persen. Sebagai hadiahnya, pada akhir tahun 2010, PNS akan menerima dua bulan gaji. Satu kali gaji bulanan seperti biasa, satu kali lagi sebagai gaji ke-13.

    Lantas, pada Maret 2011, PNS juga akan mendapatkan gaji spesial yang dikenal sebagai bonus “pertumbuhan”. Ini sangat bergantung pada pertumbuhan ekonomi dan kinerja setiap individu. Pada saat itu, karyawan yang berprestasi akan menerima bonus sebesar 1-1,6 kali gaji, sedangkan yang kinerjanya buruk tidak akan menerima bonus.

    Lain Singapura, Lain Indonesia

    Tingginya gaji para pejabat pemerintahan di Singapura tidak terlepas dari peningkatan PDB per kapitanya setiap tahun. Reformasi birokrasi yang diterapkan pada kepemimpinan Lee berhasil membuat Singapura menempati peringkat keempat dunia dengan PDB per kapita sebesar US$52.840 atau Rp475 juta per tahun.

    Indonesia dengan PDB sebesar US$3.550 atau Rp30,7 juta per tahun dinilai masih tidak mampu menaikkan gaji pejabat negara apalagi presiden. Kenaikan gaji presiden Indonesia telah menjadi wacana sejak lama. Presiden SBY pernah mengaku sendiri bahwa dia sudah selama tujuh tahun tidak menikmati kenaikan gaji.
    Jangankan dulu dibandingkan dengan gaji perdana menteri Singapura, dibandingkan dengan para direktur BUMN dalam negeri saja gaji SBY kalah jauh. Sebut saja dengan gaji Dirut Bank Mandiri yang penghasilannya per tahun mencapai Rp7 miliar atau lebih dari Rp700 juta per bulan. Gaji Presiden SBY juga jauh di bawah Gubernur BI. Gubernur Bank Sentral itu mendapat gaji pokok Rp41,1 juta plus tunjangan jabatan Rp121,4 juta per bulan.

    Jika ditambah dengan beragam tunjangan, Gubernur BI bisa memperoleh Rp2,4 miliar per tahun.

    :maaf: jika terjadi :repost:
    SUMBER
     
    Last edited: May 26, 2011
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    XiaoHenPen Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    udah enak gaji gede malah minta diturunin @@
     
  4. Offline

    escafl0wne Post Hunter Veteran

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    3,206
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +3,180 / -2
    baca :swt:
    kalo jadi presiden niatnya cari duit emang salah:swt:

    kerja dlu yang bener, baru gaji naek:voodoo:
     
    • Like Like x 2
  5. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,467
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,401 / -0
    klo d ibaratkan pns tingkat kelurahan
    pak sby itu PNS tingkat 1 sedangkan pejabat DPR kelas camat, klo direktur BUMN itu lurah [​IMG]
     
    • Like Like x 1
  6. Offline

    reweleyD Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +59 / -0
    cuma minta ya,, jangan2 cuma sekilas aja ngomongnya biar membuat pencitraan diri aja,,
    padahal ga bener bener diturunkan gajinya..
     
  7. Offline

    priezt Post Hunter Veteran

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    2,048
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +26,818 / -0
    beneran tuh para pejabat SG bisa bertindak bijak kek gitu :???:

    di indo aja minta jatah pulsa per bulannya 14 juta
    :dead:
     
  8. Offline

    alkana Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 18, 2011
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Beda banget sama pejabat disini. wakakakak
    malu ane.. zz
     
  9. Offline

    aibo2138 Silent Reader Members

    Joined:
    May 14, 2009
    Messages:
    178
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    bagus banget nih....
    semua demi rakyat....
    gak kayak di indonesia, memperkaya diri sendiri dulu, keluarga, kerabat dekat, dll dll, baru urutan terakhir rakyat...
    :dead:
     
  10. Offline

    aareza Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    759
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +142 / -0
    mental terdidik kayaq gini yg harusnya dipupuk.
    jadi jelas keliatan bangsa yg maju dengan yg tertinggal.
     
  11. Offline

    robbzzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 20, 2011
    Messages:
    996
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +975 / -0
    :top: bwat para pejabat singapura...
    mrk bisa bgt krna mencintai negara dan ingin memakmurkan rakyatnya...
    lha klo pejabat kt??
    boro2 dah...
     
  12. Offline

    Hitori Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 15, 2010
    Messages:
    1,251
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +9,543 / -0
    gak heran kalau di singapore gaji para pejabat tinggi, pendapatan per kapita aja udah tinggi
    tapi salut dah mereka mau turun gaji, berarti mereka tahu diri kalau gajinya ketinggian :haha:
    tapi tetap lebih tinggi gaji CR7, sekitar Rp 180 miliar per tahun :top:
     
  13. Offline

    narsa Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 15, 2010
    Messages:
    420
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +23 / -0
    ni baru namannya pejabat yang tau diri...
     
  14. Offline

    keiyakufever Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,410
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,814 / -0
    :sigh: kapan ya indonesia punya petinggin kayak gini :sigh
     
  15. Offline

    henrikya Silent Reader Members

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    gitu dong, harusnya pejabat2 di Indoensia bisa mencontoh mereka dan menjadikan mereka sebagai teladan!!
     
  16. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,467
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,401 / -0
    anggota DPR gk bakal masukin singapura ke daftar study banding :lalala:
    takut d suruh turun gaji juga :lol:
     
  17. Offline

    micz123 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +518 / -0
    andai aja pejabat" d indo kek gt smw makmur dah indo..:sigh:
    emank singapore msti di acungi jempol c orang"ny udah bs sadar diri..:haha:
     
  18. Offline

    Tanzmania Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 26, 2009
    Messages:
    964
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,483 / -0
    xlo sampe ada pejabat bgto di indo rasanya sedikit bego dah..ha4
    Xlo d sini drpd gajinya mendingin urusin kerjanya ge...

    Sent from my FIH_FOX using Tapatalk
     
  19. Offline

    skyers64ul Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    491
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,068 / -0
    waduh ada yah yg kek gini
    pantas ditiru ini sama pejabat di negeri kita hehehe
     
  20. Offline

    KID_VX Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 1, 2010
    Messages:
    178
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    gak salah minta turun gaji ? :bingung:
    sebabnya kenapa ?
    apa karena i desak rakyat terlebih dahulu / emang bener bener inisiatif :bingung: mungkin saja ini hanya politik.
     
  21. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    coba pejabat disini
    naek seberapa tinggipun kaga pernah ada kata cukup buat mereka
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.