1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biography Pang Tong, orang yang setara dengan Zhuge Liang

Discussion in 'World History' started by bagoz, Oct 26, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    bagoz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    345
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    Boz......
    :thx: & :grp:

    [​IMG]


    Nama Lengkap: Pang Shiyuan
    Lahir: A.D. 178
    Meninggal: A.D. 213

    Pang Tong dikenal sebagai salah satu lawan yang seimbang bagi Zhuge Liang. Sima Hui memberitahu Liu Bei bahwa dia dapat menguasai dunia apabila mendapatkan salah satu diantara mereka.

    Pada awal pertempuran di Chibi, Cao Cao menyetujui usul Pang Tong untuk menggabungkan kapal-kapal yang ada dengan rantai. Dengan penggabungan tersebut maka kapal-kapal menjadi lebih stabil terhadap gelombang air dan mengurangi jumlah tentara yang mabuk karena gelombang Sungai Yangtze. Meskipun diperingatkan oleh Cheng Yu bahwa hal itu sangat berbahaya dan rentan terhadap serangan api, Cao Cao membantah hal itu dan mengatakan serangan dengan api tidak mungkin karena arah angin yang tidak mendukung.

    Tetapi Cao Cao salah dan tertipu oleh rencana Pang Tong sehingga membawa kehancuran besar pada saat arah angin berubah tiba-tiba. Pada hari dimana terjadi kehancuran besar-besaran terhadap tentara Cao Cao, Pang Tong entah berada dimana.

    Zhuge Liang memberikan surat rekomendasi kepada Pang Tong dan membujuk agar Pang Tong bersedia mengabdi kepada Liu Bei. Awalnya Pang Tong berkeinginan mengabdi kepada Sun Quan, bahkan telah mendapat rekomendasi dari Lu Su. Tetapi Sun Quan menolak karena wajah Pang Tong yang buruk sehingga dia menemui Liu Bei. Dengan tidak memberi tahu tentang adanya surat rekomendasi dari Zhuge Liang dan Lu Su, Pang Tong mendapatkan tugas sebagai pejabat pemerintah pada sebuah daerah kecil. Zhang Fei marah ketika mengetahui bahwa Pang Tong hanya mendapat posisi kecil.

    Dengan tidak menuruti amarah hati dan bertindak keras, Zhang Fei memberikan Pang Tong kesempatan untuk membuktikan diri. Pang Tong mencapai keberhasilan dengan menyelesaikan banyak kasus dalam waktu yang sangat singkat. Zhang Fei terkesan akan hal tersebut dan membawa Pang Tong menemui Liu Bei. Liu Bei mengangkatnya sebagai Wakil Jenderal setelah melihat rekomendasi dari Zhuge Liang dan Lu Su. Ketika ditanya oleh Liu Bei kenapa Pang Tong tidak memperlihatkan surat rekomendasi tersebut dari awal, Pang Tong menjawab bahwa dirinya tidak ingin tergantung pada koneksi yang dimiliki untuk mencapai kedudukan tinggi.

    Saat Liu Zhang meminta bantuan Liu Bei menyelamatkan Xichuan dari serangan Zhang Lu. Pang Tong memaksa Liu Bei untuk memanfaatkan kesempatan ini masuk ke Xichuan dan mengambil alih kekuasaan. Tetapi usul tersebut ditolak oleh Liu Bei. Liu Bei menghargai Liu Zhang sebagai saudara jauh. Sayangnya Liu Zhang yang tidak tahu diri tidak merasakan hal yang sama. Ketika Liu Bei meminta perbekalan dan bala tentara, yang didapat hanya perbekalan tidak berguna dan tentara tua serta lemah.

    Marah karena perlakuan dari Liu Zhang yang tidak tahu diri sedangkan dilain pihak Liu Bei berusaha sekuat tenaga mempertahankan daerah Liu Zhang dari serangan Zhang Lu, Liu Bei mengumumkan perang terhadap Liu Zhang. Pang Tong memberikan Liu Bei tiga buah pilihan, yaitu:

    1. Melupakan keinginan untuk menguasai Xichuan dan kembali ke Jingzhou.
    2. Menuju Chengdu dan melakukan penyerangan yang sangat berbahaya dengan jumlah tentara yang terbatas.
    3. Menguasai Terusan Fu untuk mengamankan jalan pulang ke Jingzhou dan pada saat yang sama menyediakan jalur aman bagi datangnya bala bantuan dari Jingzhou.

    Liu Bei memilih pilihan yang ketiga dan berhasil menguasai Terusan Fu dengan mudah. Penguasaan Terusan Fu membuka jalan bagi penguasaan Luocheng. Terdapat dua jalur yang dapat dilalui untuk menuju Luocheng. Pang Tong mengambil jalan sempit yang menuju ke gerbang bagian barat. Sebelum memulai perjalanan, Liu Bei memberikan kuda putihnya untuk Pang Tong. Pang Tong sangat terharu dengan perlakuan baik dari Liu Bei, namun tidak menyadari bahwa mengendarai kuda putih Liu Bei akan membawa malapetaka.

    Zhang Ren sudah bersiap sedia dengan sekitar 3.000 tentara untuk melakukan serangan tiba-tiba pada jalur sempit. Tentara Wei Yan diabaikan dan serangan tiba-tiba akan dilancarkan atas tentara Liu Bei, yang sebenarnya Pang Tong. Zhang Ren menyangka yang mengendarai kuda putih adalah Liu Bei dan memerintahkan anak buahnya melepaskan hujan panah kepada penunggang kuda putih tersebut. Dengan panah yang datang seperti hujan, Pang Tong tidak dapat melarikan diri dan tumbang. Sebelum Pang Tong menghembuskan nafas terakhirnya, dia menyerahkan peta Xichuan kepada salah seorang anak buahnya dan memerintahkan untuk disampaikan kepada Liu Bei.

    Kematian Pang Tong membawa kesedihan yang mendalam bagi Liu Bei dan menjadi salah satu sebab bagi Zhuge Liang memimpin tentara keluar dari Jingzhou untuk menyelamatkan pasukan Liu Bei yang terpukul.


     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    tidus_crenz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    836
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +19,585 / -0
    itu dia sayangnya, kenapa pang tong umurnya pendek...

    klo dia umur panjang ,gw rasa shu dah sulit bgt dikalahkan
     
  4. Offline

    Raestloz Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    5,098
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    Oh shit... hoax dari novelnya lagi... di Artikel Bersejarah... :tega:

    Sampai kapan fiksi mau dipost di Artikel Bersejarah? :lempar:

    1) Pang Tong tidak pernah menyarankan pada Cao Cao untuk merantai kapal-kapalnya, semua itu siasat Cao Cao sendiri. Jangankan menyarankan strategi pada Cao Cao, batang hidung Pang Tong tidak ada di Chi bi

    2) Pang Tong tidak tewas disergap di Lembah Kematian Phoenix, melainkan tewas karena terkena anak panah nyasar sewaktu menyerang salah satu kota musuh

    Sumber? :shuriken:

    lama2 sejarah bisa diganti fiksi... :shuriken:
     
  5. Offline

    link0551 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    599
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +274 / -0
    pangtong meninggalnya kena panah kan? salah dalam membaca strategi...

    yah kalo dibandingin menurut gw zhugeliang emang lebih pintar sih.. kalo pang tong "hanya" jenius dalam ber strategi, sementara zhuge bisa menciptakan "crossbow"
     
  6. Offline

    dibu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +99 / -0

    jadi yang diatas hoax yah?
    rada ga ngerti sejarah samkok neh...
    tapi kalo menurut gw seh masih lebih keren zhuge liang...:piss:
     
  7. Offline

    Eiyuu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    1,047
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    mnurut gw ttp ga ada yg ngalahin si zhuge liang lah.udah ahli strategi,ahli nujum pula.bisa baca cuaca lbh tepat dibanding BMG.yep.pang tong ga pna nyaranin ke cao2 buat rante kapal kapal itu.nice,bro raestloz..^^..dan anehnya emg soal samkok,versi critanya bnr2 banyak..bahkan terkadang ada yg bener2 "ajaib"..lol
     
  8. Offline

    Cio Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 6, 2008
    Messages:
    3,569
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +9,415 / -0
    Begitulah bro, karena kebanyakan taunya cuman versi novelnya doank alias yang fiksi, kayaknya akan lebih enak kalo bikin jadi 1 topik aja, tapi bukan di artikel bersejarah, makanya dari kemaren2 gua uda bilang ke TSnya supaya jangan bikin banyak2 topic seperti itu, tapi lebih baik dirangkum jadi 1 (malah sebenernya udah ada Romance of Three Kingdom (Free Talk) ). Apalagi post #1 nya selalu ambil dari novelnya (kalo ga salah dari wikipedia indonesia deh) :piss:

    hoax, atau tepatnya sejarah yang kejadian2 nya banyak di hiperboliskan/dibesar besarkan oleh Luo Guan Zong dalam novelnya.
     
  9. Offline

    ruychii Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 5, 2008
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +5 / -0
    dah lihat sumbernya bro...dari wiki kan...
    ternyata yang gw kira sejarah itu ternyata dari novel romance of 3 kingdom yah...
    ternyata bukan sejarah asli...
    wah jadi terbuka nih pandangan gw...
    thanks bro....
     
  10. Offline

    Recs Post Hunter Veteran

    Joined:
    Aug 4, 2008
    Messages:
    4,444
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,228 / -0
    novel si biar seru y banyak bumbu2ny yg beda ama sejarah asli.

    Gw juga kurang suka novelnya yg banyak mendiskreditkan Zhou Yu.

    Btw dibanding Pang Tong gw lebih suka Xu Shu atau Guo Jia:ngacir:
     
  11. Offline

    Raestloz Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    5,098
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    Itu TS udah dikasih tau sama momod supaya kalo bikin trit di Artikel Bersejarah itu yang berdasarkan catatan sejarah, tapi ini yang terakhir (Pang Tong) masih mbandel :shuriken:

    Akibatnya sejarah dipermalukan disini :shuriken: bisa2 Pang Tong ngakak di alam baka dinyatakan berada di tempat yang tidak seharusnya dan melakuakn apa yang nggak dia lakukan :ngacir:
     
  12. Offline

    dmanska Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    400
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +113 / -0
    ternyata pang tong itu hebat ya....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.