1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Ooparts

Discussion in 'History and Culture' started by raynz, Nov 29, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    raynz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,778 / -0
    OOPARTS adalah singkatan dari Out-Of-Place Artifacts, atau dalam bahasa Indonesia-nya adalah artifak yang tidak berada pada tempat semestinya. Pengertian dari artifak adalah objek yang dibuat atau dimodifikasi oleh seseorang pada kebudayaan/jaman tertentu.
    berikut beberapa OOPARTS yang gw dapet, semoga ada manfaatnya

    TENGKORAK KRISTAL DARI YUKATAN
    [​IMG]
    Foto diatas adalah sebuah TENGKORAK KRISTAL dari Yukatan, di Meksiko. Model tengkorak yang sempurna ini terbuat dari kristal kuarsa, ada juga yang terbuat dari batu amethyst. Biasa aja yah? secara dengan peralatan jaman sekarang, tengkorak kyk gini dibikinnya gampang..
    Nah, masalahnya, Tengkorak2 kayak gini, ditemukannya tuh di peradaban maya, dan peradaban kuno2 yang menurut para ahli belum mengenal teknologi canggih.. bagaimana mereka bisa membuat model tengkorak se-perfect itu?? bahkan sampai ronga2nya..


    UKIRAN2 HIEROGLYPH YANG "ANEH" DI PIRAMID MESIR

    [​IMG]
    Apa orang mesir jaman dulu pernah liat pesawat? ada heli jg

    BATU BUNDAR DI COSTA RICA
    [​IMG]
    Ini adalah batu bundar di Costa Rica, atau bahasa kerennya adalah ESFERAS DE COSTA RICA. Liat donk batunya, bulet sempurna dan halus bagaikan bola biliar. Jumlah dari bola batu ini lebih dari 300 buah, dan ditemukan di delta sungai Terraba (tau dah dimana). Yang paling besar memiliki berat berton-ton, lebih berat dari Sigit dan Eki digabungin. Bola-bola ini ditemukan pada tahun 1930, dan diperkirakan berumur ribuan tahun.

    BATU BATERAI KUNO DARI BAGHDAD..
    [​IMG] [​IMG]
    Orang Baghdad jaman dulu udah bisa nemuin batere? Periguuuuuut... Pertama kali ditemukan di Irak, dan diperkirakan udah ada sejak tahun 248 sebelum Masehi.

    "BURUNG" DARI RERUNTUHAN MESIR
    [​IMG] [​IMG]

    FOSIL MANUSIA MODERN DI DALAM BATU BARA

    [​IMG]
    [​IMG]

    JEJAK KAKI MANUSIA YANG BERDAMPINGAN DG JEJAK KAKI DINOSAURUS, UMURNYA SAMA
    [​IMG]
    Jejak kaki dinosaurusnya itu, jejaknya Iguanodon..
    sebelahnya jejak kaki manusia..
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    raynz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,778 / -0
    OOPART FROM LEBANON, "BAALBEK STONE"
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Batu super besar itu, bukan hasil cor semen, tp marmer asli yang di ambil bulat2 dari tambang marmer.. Ketepatan pemotongan batu2 yang digunakan untuk membangun kuil di Baalbek itu sangaat bagus, teknologinya jauh meninggalkan jamannya, Dan menurut penelitian yg telah dilakukan..
    GAK ADA CRANE(alat angkut yg biasa buat konstruksi2) MODERN YANG MAMPU MENGANGKAT BALOK BESAR ITU...
    Malah, sebagian peneliti itu ada yang berpendapat bahwa untuk bisa memindahkan balok besar itu, hanya bisa dilakukan dengan alat anti-gravitasi..
    sangat misterius memang..

    Penyumbat Telinga dari Aztec
    [​IMG]
    Obyek diatas, adalah sebuah tabung penyumbat telinga yang ditemukan di Aztec..(gak tau knapa disebut penyumbat telinga, padahal tabungnya bolong)
    Terbuat dari batu obsidian, yang rapuh bagai kaca..
    Dan perhatikan, lubang tabungnya.. tabung tersebut diasah hingga tebalnya gak lebih dari satu milimeter.. (liat aja, sampe tembus pandang gituh!!) Dan sepasang tabung itu, simetris secara sempurna!!
    Nah!! Apa lo percaya? kalo tabung kecil itu dibuat dengan peralatan batu, bambu dan diamplas pake pasir???
    Untuk zaman sekarang aja, perlu menggunakan alat pemotong yang advanced, untuk bisa motong se-sempurna itu... secara, yg dipotong adalah batu obsdian yang rapuh..

    Tembok Batu Peradaban Inca
    [​IMG]
    Batu2 itu disusun tanpa menggunakan semen.. yang membuat batu2 itu bisa bersatu erat, adalah pemotongan batu itu yang dipotong sedemikian rupa, hingga saling cocok, satu sama lain..perhatiin aja..
    nah, masalahnya, gimana membuat batu yang di bagian atas, cocok dengan batu di bawahnya??? dengan kata lain, mengcopi permukaan batu di bawahnya.. sekali lagi, perhatikan ketepatan ukuran, dan kecocokan antara batu diatas, dan batu dibawahnya..
    Para Ilmuwan udah menemukan teorinya..
    katanya, jd batu yang di bagian atas itu diangkat, digantung gitu, baru kemudian bagian bawah batu itu di pahat, hingga cocok dengan bagian atas batu di bawahnya.. agak ribet yah.. sulit njelasinnya..
    nah, masalahnya, para ilmuwan itu melakukan experimen, dengan menggunakan batu berukuran, 30cm.. jd wajar lah kalo bisa dilakukan kyk gitu.. masalahnya!! Batu yg dipake di bangunan itu besarnya ada yg sampe 3 meteran.. bagaimana caranya tuh batu dibuat melayang?? hehe..

    ICA STONE DARI PERU
    [​IMG]
    Tolong Perhatikan dengan seksama... batu2 itu se-umur dengan peradaban aztec dan Inca.. di setiap batu tersebut, terukir gambar2 dinosaurus, diantaranya, T-REX, Brontosaurus, Stegosaurus, Triceratops.. dinosaurus di zaman jurassic.. di batu tersebut juga ter-ukir gambar manusia.. bahkan terlihat juga dimana manusia tersebut berhasil menjinakkan dinosaurus dan menungganginya..

    Nah, menurut para scientist.. Orang purba, mengukir/menggambar segala sesuatu, sesuai dengan keadaan, karena mereka belum bisa berpikir terlalu abstrak.. jadi tanpa ada objeknya, mereka gak mungkin kepikiran..

    Nah, menurut sejarah yg kita ketahui, kan dinosaurus sudah punah sejak 65 jt tahun silam.. sedangkan batu ini baru berusia, sekitar beberapa ribu tahun..

    Jd, kita terpaksa harus mengubah cara kita memandang dunia masa lalu, entah dengan memajukan waktu kemunculan manusia di muka bumi, atau memundurkan anggapan kita tentang waktu kepunahan dinosaurus..
    entah manusia yang sudah ada sejak 65 jt tahun yg lalu, atau dinosaurus yang kepunahannya baru terjadi akhir2 ini..

    Palestrina, Mossaic
    [​IMG]
    kalo di palestrina, daerah mesir, ini.. gak cuma dinosaurus.. tp sampe sabertooth juga ada

    Lukisan Gua di Anasazi
    [​IMG]

    Patung Tanah Liat dari Acambaro
    [​IMG]

    Ancient astronaut, The Dogū (土偶)
    [​IMG]
    [​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    raynz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,778 / -0
    Moai (mo‘ai)
    Moai (mo‘ai) patung yg terletak di Polynesian island, Rapa Nui (Easter Island), anatara 1250 and 1500 BC. Hampir setengah nya terletak di Rano Raraku. Total jumlahnya 887 unit.
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    Komputer Kuno, The Antikythera Mechanism
    Antikythera mechanism adalah sebuah mekanisme kuno yang menurut para scientist, merupakan mekanisme yang diciptakan untuk menghitung posisi2 astronomi.. ditemukan di reruntuhan kapal di daerah Antikythera pada tahun 1900.. Pada tahun 2006 lalu, para ilmuan menemukan bahwa artifak ini berasal dari tahun 150 - 100 sebelum masehi..

    dan teknologi yang seperti artifak tersebut.. tidak muncul lagi sampai berribu tahun kemudian.. dengan kata lain.. teknologi itu terlalu cepat seribu atau duaribu tahun untuk manusia..
    [​IMG]
    gambarnya
    [​IMG]
    hasil x-raynya
    [​IMG]
    detailnya
    [​IMG]
    rekonstruksinya

    Batu misterius dari Danau Winnipesaukee
    [​IMG]
    ditemukan pada tahun 1872, ketika para pekerja sedang menggali lubang untuk mendirikan pagar..
    Batu itu berbentuk lonjong telur, berwarna gelap, dan berukirkan simbol2 aneh yang dipahat dengan perfect..
    selain itu.. dari bagian puncak batu itu, sampai ke bagian bawahnya.. terdapat lubang yg dibuat dengan cara dibor.. pemboran yang seperti dilakukan dengan teknologi advanced..
     
  5. Offline

    raynz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,778 / -0
    PYRAMID
    Karakteristik bangunannya..

    Piramid Khufu.. dibangun dari 2,3 juta buah batu, yang masing2 batunya berbobot sekitar 2,5 ton.. bahkan ada yg bobotnya sampai 9 ton.. dasar piramid menutupi area seluas 13 hektar.. tingginya dulu, 481 kaki atau 1466,088 meter..
    Diperkirakan, waktu yang dibutuhkan untuk membangunnya adalah 20 tahun.. kalo ada anak yg lahir waktu konstruksinya mulai.. tuh anak maybe udah kimpoi pas konstruksinya selesai..hehe
    Next..
    Kita langsung ke fakta2 yang agak aneh..
    yg pertama :
    perhatikan posisi2 piramid2 di komplek piramid di GIZA ini..
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    UNIK yah posisinya.. seperti menandai sesuatu.. pattern yg terlalu smart untuk zamannya.. dan sepertinya sih.. itu emang untuk menandai sesuatu!! ini fakta berikutnya..
    Letak tiga piramid itu..
    jika ditarik garis lurus ke 4 penjuru mata angin..
    maka akan membagi daratan di dunia secara rapi..
    piramid itu terletak tepat di bagian tengah daratan bumi ini..
    untuk lebih jelasnya.. silakan lihat gambarnya..
    [​IMG]
    Pyramid itu emang hebat banget.. dengan teknik konstruksi yang sedemikian rupa.. di dalam piramid itu pembusukan tidak terjadi.. bakteri pembusuk sulit untuk bertahan hidup di dalam ruangan piramid tersebut.. makanya itu termasuk misteri besar di dunia kita ini.

    PETA KULIT GAZELLE
    Pada tahun 1929, sekelompok ahli sejarah, menemukan sebuah peta menakjubkan yang terlukis diatas kulit Gazelle..

    Penelitian yang dilakukan kemudian, menunjukkan bahwa peta itu adalah dokumen asli yang digambar pada tahun 1513 oleh Piri Reis, seorang laksamana dari angkatan laut turki waktu itu.. Laksamana Piri Reis adalah seorang yang sangat menyukai Kartography (ilmu ngegambar peta). dan dengan pangkatnya yang tinggi, maka dia bisa mendapatkan akses Imperial Library of Constantinople.. beliau mengumpulkan data2 dari banyaak sekali peta2 yang terdahulu.. yang bahkan beberapa diantara sumbernya berasal dari 4 abad sebelum masehi... akhirnya beliau melukiskan peta super fantastis ini..
    [​IMG]
    Masih pada penasaran kan? apa yang fantastis dari peta ini??

    di peta itu, terlukis dengan sempurna, pesisir barat benua afrika, pesisir timur benua amerika bagian selatan, dan yang membuatnya fantastis adalah, peta itu juga memuat bagian pesisir utara benua antartika!!!

    misterinya adalah, bagaimana si Piri Reis ini, bisa menggambarkan benua antartika, 300 tahun sebelum benua ini ditemukan..

    bukan itu ajaaa

    saat pertama kali ditemukan, benua antartika sudah tertutup es abadi.. jadi permukaan tanah aslinya tidak kelihatan.. baru beberapa tahun kemudian dengan teknologi sonar dan satelit, bisa diketahui bentuk tanah dibawah permukaan es beku yang tebal itu..

    akan tetapi yang digambar di peta itu oleh Piri Reis, adalah kondisi asli benua Antartika!! dengan kata lain, bentuk tanah asli benua antartika dibawah lapisan esnya... sangat cocok dengan hasil sonar yang ditemukan bertahun2 kemudian!! dan menurut para ahli, terakhir kali benua antartika bebas dari es, adalah pada tahun 4000 sebelum masehi!!!
    NAH LO!!!! GIMANA CARA PIRI REIS MENGGAMBAR ITU SEMUA??!!
    kalo memang seperti yang dia bilang, bahwa dia menggambar itu berdasarkan kumpulan data peta-peta lain yang lebih kuno.. Gimana cara orang2 yang menggambar peta kuno itu menggambarnya?!! apa mereka udah punya teknologi sonar???

    relief stegosaurus di ankor wat
    [​IMG]

    Dendera Lamps
    [​IMG]
    kuil hathor.. Hathor adalah dewi kesuburan dan dewi sapi..
    nah di kuil ini.. terdapat hieroglyph yang sangaaat mind provoking..
    [​IMG]
    ini dia!!!
    gimana bentuknya?
    familiar kan?

    yak!! itu adalah image sebuah lampu..

    misterinya adalah begini..

    di yunani, dan roma.. dulu mereka menggunakan obor, sebagai penerang dalam kuil2 dan bangunan mereka..
    obor pun pasti bakal diletakkan di sebuah tempat, misalnya gantungan..
    dan pasti ada bekas gosong di temboknya..

    sedangkan!!!

    di bangunan2 kuil di mesir kuno..
    GAK ADA SAMASEKALI BEKAS GOSONG..

    so then? apa mereka bner2 memakai lampu?

    hmm.. maybe gambar diatas kurang jelas.. jd gw tambahkan gambar yg lebih lengkap..

    [​IMG]
    keterangan..
    1. Priest
    2. Kawat Ionisasi
    3. Electric Discharge
    4. Soket lampu
    5. Kabel
    6. Dewa Udara
    7. Isolator
    8. Pembawa cahaya (Thoth, dewa pengetahuan)
    9. Simbol untuk "Aliran"
    10. Polaritas berbalik (inverse polarity)
    11. Sumber Energy

    oiya, ada ilmuan yg pernah mencoba membuat benda yang sama berdasarkan hieroglyph itu.. dan BERHASIL!!

    nah.. silakan di pikirkan..
    silakan dinikmati..
    hehe

    Kensington Runestone
    [​IMG]
    dimanakah batu2 sperti ini biasa ditemukan?

    yak!! batu2 seperti ini seharusnya hanya ditemukan di daerah skandinavia yg terletak dekat eropa..
    ini petanya..
    [​IMG]
     
    • Like Like x 1
  6. Offline

    raynz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,778 / -0
    Tecaxic-Calixtlahuaca Head
    [​IMG]
    yg ini jg ditemukan di daerah amerika.. di dalam wilayah kebudayaan aztec..
    namun.. coba perhatikan bentuknya..
    itu samasekali bukan benda yang berasal dari kebudayaan aztec...

    karena memang.. benda itu berasal dari Roma...
    namun, sejarah mencatat, bahwa benua amerika, sebelum datangnya columbus, merupakan benua yang terisolasi.. karena penduduknya belum bisa menjelajah samudera..

    so.. bagaimana benda2 itu bisa nongol disana?

    dan yang terakhir ini, juga ditemukan di benua amerika lebih tepatnya di Bolivia..

    Fuente Magna
    [​IMG] [​IMG]
    [​IMG]
    ditemukannya di benua amerika.. tp budayanya.. budaya mesopotamia..
    mesopotamia tuh, kalo gak salah, di sekitar irak.. nama mesopotamia itu sendiri adalah bahasa yunani yakni, "negeri diantara dua sungai", karena mesopotamia memang terletak diantara 2 sungai, yakni, Sungai Eufrat dan sungai Tigris..
    benda itu berasal kira2 dari tahun 3000-3500 sebelum masehi.. jaaaauhhhh dari saat penemuan benua amerika..

    tree of life
    dari MESOPOTAMIA
    [​IMG]
    dari OLMEC, amerika
    [​IMG]
    dari YUNANI KUNO, tongkatnya hermes, lambang kesehatan
    [​IMG]

    ada yg sadar bentuknya itu sperti apa??
    [​IMG]
    hmm, apa orang jaman dulu dah bisa ngeliat DNA ya..
     
    Last edited: Nov 29, 2008
    • Like Like x 5
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    bakakurosu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 15, 2008
    Messages:
    1,859
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +11,469 / -0
    ooo yg crystal skull itu ada di indiana jones bukan??
    lambangnya hermes mirip lambang alchemist...
     
    • Like Like x 2
  8. Offline

    spiderio Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 17, 2007
    Messages:
    564
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +3,613 / -0
    klo orang dulu lebih LEBIH lebih HEBAT dari kita
    menurut gue mungkin..
    malah bisa aja

    Teknologi kita *BEDA* dengan teknologi mereka
    menurut gue sih klo kita terlalu rasional
    mungkin mereka lebih ke supranatural
     
  9. Offline

    tomiero Post Hunter Veteran

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    3,464
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +7,234 / -0
    sumpah muantap2 trit lw boz!! :top:
    gw suka banget ma yg beginian
    emg misteri sejarah ga ada yg bakal bisa mecahin..
    gw jadi pengen punya tv waktu-nya doraemon trus nonton kehidupan orang2 jaman dulu dah :D
     
    • Like Like x 1
  10. Offline

    Yuvia Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2008
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +114 / -0
    hebat juga benda2 aneh jaman dulu, sayang catatan tentang penjelasannya dari orang2 jaman dulu nggak lengkap ya...

    tp yang di Peru juga ada kan gambar burung besar

    itu maksudnya pesawat atau apa ya?
     
    Last edited: Dec 4, 2008
  11. Offline

    shinbakayarou ダメ人間 Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2008
    Messages:
    8,603
    Trophy Points:
    251
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +24,979 / -0
    wewww mantep bank ..
    mereka keknya make teknologi DEWA bisa ampe gitu
    klo tambah lagi dunk....
     
    • Like Like x 4
  12. Offline

    wiruki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2008
    Messages:
    712
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +622 / -0
    waw keren...
    Banyak sekali misteri yg belum dipecahkan di dunia ini..
    Saya jadi merinding sendiri lho bacanya.. Sumpah..
     
  13. Offline

    Yuvia Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2008
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +114 / -0
    yah kadang2 ngeri juga ngebayangin masa lalu yang seperti itu..

    apalagi kalau ngebayangin apa yang ngehapus masa lalu yang modern itu jadi kembali ke masa2 purba
     
  14. Offline

    kurama013 Lurking Around Veteran

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,615
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,010 / -0
    nice threads !!
    demen gw baca yg gini2..
    :haha:
    cakep bos !~
    GRP-nya satu satyu ya..
    tunggu ajah..
    :top:
     
  15. Offline

    raynz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,778 / -0
    oke deh...
    duh gw kehabisan ide nih mau nyari apa lagi yang pantas diungkit..
    ada ide g?
    kl ada VM gw aja yah...
     
  16. Offline

    Yuvia Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2008
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +114 / -0
    jaman dulu udah ada gear aja udah bikin heran
     
  17. Offline

    raynz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,778 / -0
    hehehe...
    masalahnya tak sesimpel itu bro...
    kl jaman sekarang sih tu hal simpel..
    kl jaman dulu yang belon ada teknologinya terasa aneh sudah memiliki kebudayaan yang cukup menyamai kebudayaan sekarang..
    nah pertanyaannya tu darimana mereka mendapatkan kebudayaan itu??
     
  18. Offline

    Azure Senpai Veteran

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    7,462
    Trophy Points:
    216
    Ratings:
    +4,499 / -0
    gmn klo bahas tentang ukiran gambar raksasa di padang pasir mana gitu ?

    atau Kaballah....
     
    • Like Like x 1
  19. Offline

    Yuvia Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2008
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +114 / -0
    lebih aneh lagi apa yangmenyebabkan peradaban masa lalu itu kehapus dari sejarah. sisanya tinggal peninggalan doang
     
    • Like Like x 1
  20. Offline

    Azure Senpai Veteran

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    7,462
    Trophy Points:
    216
    Ratings:
    +4,499 / -0
    yang menyebabkan peradaban itu hilang kan waktu n bencana alam

    banyak bgt peninggalan yg hilang gara2 bencana
     
  21. Offline

    raynz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,778 / -0
    yoi makanya karena hal itu manusia sulit untuk mengungkapkan apa yang sebenernya terjadi di masa lalu.. Benda yang dirasa bener2 aneh atau serasa tak sesuai dengan jamannya~menurut pemikiran ilmuwan yang berusaha memecahkan~ diberi nama ooparts..

    @Azure
    ukiran gambar raksasa di padang pasir yang mana yah??
    bisa kasih tahu namanya dengan jelas g atau ada clue yang lainnya?
    ntar gw bantuin nyari n posting disini..

    kl soal kabah, gw juga pengen bahas, cm sesuai peraturan, takutnya malah berbau SARA..
    maap yah, kl lo mau mending PM dulu aja momodnya..
    kl dibilang ma momod yes, gw bantuin ntar postingnya....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.