1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Olahraga Kurangi Resiko Kanker Paru Pada Perokok

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by RitzRoscka, Jun 28, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    RitzRoscka Beginner Members

    Joined:
    Jun 27, 2009
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +376 / -1
    Kabar baik para wanita dan yang tak bisa mengerem kebiasaan merokok. Sebuah studi terbaru menyebutkan perempuan merokok bisa mengurangi resiko terserang kanker paru-paru dengan berolahraga.

    Tetapi para peneliti memperingatkan bahwa manfaat tadi sifatnya relatif jika dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh jika mereka benar-benar memutuskan berhenti merokok.

    Dalam studi tersebut, perempuan yang melakukan kegiatan fisik tercatat kurang dari 23 persen lebih rendah terserang kanker paru-paru dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif, demikian laporan Dr. Kathryn H. Schmitz dari Univesity of Pennsylvania di Philadelphia.

    Di antara perempuan perokok, mereka yang menjalankan aktivitas olahraga tercatat 28 persen lebih rendah terserang resiko kanker paru-paru. Sementara pada perempuan yang dulunya perokok memperlihatkan 37 persen lebih rendah resiko terserang penyakit saat mereka meningkatkan aktivitas fisiknya.

    Namun, perokok tetap menghadapi resiko kanker paru-paru yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tak pernah merokok, atau mereka yang telah berhenti, tambah Schmitz.

    "Berhenti merokok adalah satu tindakan paling penting yang dapat dilakukan seorang perokok untuk mengurangi resiko kanker paru-paru," jelas studi tersebut.

    Beberapa kajian yang meneliti dampak berolahraga pada resiko kanker paru-paru telah memberi hasil yang beragam.

    Untuk lebih memahami hubungan itu, mereka meneliti 36.929 perempuan yang ikut dalam Studi Kesehatan, Perempuan Iowa, yang dimulai dari 1986 sampai 2002.

    Mereka yang melaporkan ikut dalam kegiatan aktif setidaknya dua kali dalam satu pekan, atau kegiatan ringan lebih dari empat kali dalam satu pekan, diklasifikasikan sebagai memiliki tingkat kegiatan fisik yang tinggi.

    Secara keseluruhan, para peneliti mendapati perempuan yang paling aktif adalah 23 persen lebih rendah terserang kanker paru-paru, sementara mereka yang melakukan kegiatan ringan (yang berarti mereka berolahrga secara aktif satu kali dalam sepekan atau olahraga ringan empat kali sepekan) memiliki peluang 21 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif.

    Perempuan yang melaporkan melakukan kegiatan fisik aktif lebih dari satu kali dalam sepekan mengurangi resiko terserang kanker sampai 29 persen.

    Olahraga juga mengurangi resiko terserang kanker paru-paru di kalangan perokok, tapi memiliki dampak paling kuat pada bekas perokok, kata para peneliti tersebut.

    Meskipun olahraga dapat bermanfaat bagi perokok yang tak ingin menghentikan kebiasaan mereka, dan juga dapat bermanfaat bagi perempuan yang khawatir bahwa berat badan mereka akan bertambah ketika mereka berhenti merokok, meninggalkan kebiasaan itu tetap "menjadi tindakan paling penting yang tak perlu diperdebatkan untuk mengurangi resiko kanker paru-paru", demikian kesimpulan para peneliti tersebut.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Rein_Heartnet Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +11 / -0
    Weew...
    Thx atas info na...:top::top:

    Tapi, walaupun olahraga mengurangi resiko tetep persentase kena kanker paru na tinggi kan?
    :onion-64::onion-64::onion-64:
     
  4. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,233 / -0
    apalagi yg perokok pasif tuwh...musti bener2 jaga kesehatan bener2...:rokok:
     
  5. Offline

    BanZaii Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    emang olah raga itu obat dari banyak penyakit, bukan cuma kanker aja, makanya rajin olah raga kalau mau sehat:hero:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.