1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Olahraga dan Diet Sehat Picu Menopause Dini?

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Oct 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Pecinta fitnes dan penggemar diet sehat mungkin perlu lebih berhati-hati dengan kebiasaan hidup mereka. Para peneliti Jepang menemukan, wanita yang hidup sehat dan berolahraga lebih mungkin memasuki masa menopause lebih cepat dan memiliki risiko gangguan kesehatan lebih banyak.

    Seperti dikutip dari laman Shine, para peneliti mengikuti keseharian 3.115 wanita selama 10 tahun. Mereka mengumpulkan data-data dari kebiasan makan dan olahraga mereka. Mereka menemukan, wanita yang menghabiskan 8 sampai 10 jam seminggu untuk berolahraga, 17 persen lebih mungkin mendapat menopause lebih dini, dibandingkan dengan wanita yang tidak berolahraga.

    Mereka yang makan cukup banyak lemak polyunsaturated (yang ditemukan pada ikan dan minyak sayur) 15 persen memasuki masa menopause lebih dini, dibandingkan wanita yang mengonsumsi sedikit dari lemak tersebut.

    "Lemak ikan dan jenis lemak lainnya, diet kaya serat, kedelai yang mengandung isoflavon, dan alkohol mungkin tidak ada hubungannya dengan masa menopause," tulis Dr. Chisato Nagata dan rekan dari Gifu University dalam penelitiannya.

    Dia menyebut, selalu ada pro dan kontra terkait masalah menopause dini. Di satu sisi, wanita yang berada dalam masa menopause memiliki hormon esterogen yang rendah, yang dapat mengurangi risiko kanker payudara. Namun di sisi lain, wanita menopause juga lebih mungkin terkena penyakit jantung dan hilangnya kepadatan tulang. Wanita menopause juga lebih mungkin mengalami disfungsi seksual. Namun tidak berovulasi dan rendahnya tingkat estrogen bukan berarti wanita tak subur.

    Para ahli menanggapi penelitian Nagata dengan menyatakan studi ini tidak membuktikan bahwa berolahraga dapat menyebabkan menopause dini. Di situ hanya disebutkan bahwa olahraga dan menopause mungkin saling berkaitan.

    "Saya tidak ingin wanita menghkawatirkan bahwa mereka mungkin dalam risiko yang tinggi mengalami penyakit jantung atau osteoporosis jika mereka mengubah gaya hidup mereka," ujar Kepala Perkumpulan Masyarakat Menopause Amerika Utara (North America Menopause Society) Dr. JoAnn E. Manson dari Harvard Medical School dikutip dari laman Reuters. "Manfaat gaya hidup sehat jauh lebih penting dari risiko apapun."

    Penelitian yang dimuat dalam jurnal "Menopause" itu juga menimbulkan beberapa pertanyaan lain. Para peneliti memfokuskan pada wanita berusia antara 36-55 tahun selama 10 tahun. Namun, umumnya menopause dimulai antara usia 41-55 tahun.

    Fokus sebenarnya, tambah Manson, seharusnya lebih kepada fakta bahwa olahraga bisa menyebabkan rendahnya hormon estrogen wanita. Dan, rendahnya hormon tersebut bisa mengurangi risiko mengalami kanker tertentu.

    "Aktifitas fisik dan pola kesehatan jantung sehari-hari sangat disarankan untuk mengurangi risiko dari beberapa hormon yang menyebabkan kanker dan osteoporosis," ujarnya. "Ini cara yang sederhana, namun penting." (eh)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/255553-olahraga-dan-diet-sehat-picu-menopause-dini-
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.