1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

NU Kini Punya Teropong Bintang Keliling

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by alexupn, Mar 11, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    alexupn Superstar Veteran

    Joined:
    May 15, 2008
    Messages:
    13,315
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +504,904 / -1
    JAKARTA - Malam ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan meluncurkan mobil observasi keliling yang diberi nama NUMO, akronim dari Nahdlatul Ulama Mobile Observatory.

    NUMO adalah seperangkat teleskop yang ditempatkan dalam sebuah mini bus yang dirancang memiliki atap geser (Sun Roof) sehingga memungkinkan orang di dalam mobil bisa memantau langit dengan teleskop tersebut.

    Profesor riset astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, yang akan turut menghadiri peluncuran NUMO malam ini, menyambut gembira kehadiran perangkat tersebut.

    "Saya harap kehadiran fasilitas ini dapat lebih memudahkan sosialisasi pengetahuan astronomi di kalangan santri," kata Thomas ketika berbincang dengan Okezone, Rabu (10/3/2010).

    Thomas mengungkapkan, instrumen tersebut dikembangkan oleh Hendro Setyanto, santri NU sekaligus lulusan astronomi ITB yang sebelumnya pernah bekerja di Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung.

    Berdasarkan keterangannya, mobil NUMO dilengkapi sebuah teleskop, satu kamera dan seperangkat multimedia yang bisa menayangkan hasil pengamatan astronomi. Perangkat ini tentunya bisa juga dimanfaatkan untuk melihat hilal.

    "Saya rasa NUMO adalah satu terobosan yang kreatif. Selama ini, orang harus pergi ke observatorium atau tempat khusus untuk melakukan pengamatan bintang. Tapi dengan NUMO, perangkatnya yang akan mendatangi kita. Jadi lebih memudahkan," tandas Thomas.

    Peluncuran NUMO malam ini akan dihadiri Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi dan dapat disaksikan masyarakat umum, karena akan ada demontstrasi NUMO. Menteri Agama, Menteri Komunikasi dan Informatika serta Menteri Pendidikan Nasional pun dijadwalkan hadir dalam acara yang akan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB ini.

    Code:
    http://techno.okezone.com/read/2010/03/10/56/311320/nu-kini-punya-teropong-bintang-keliling
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    k1m0ch1 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,227
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,967 / -0
    musti malem ngeliatnya, :lalala: ribet ah :keringat: buat santri doank yah :keringat:
     
  4. Offline

    ekoetemon ★★★★ Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    39,201
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +13,968 / -19
    bagus deh kalo gitu,mudah2an jadi lebih gampang buat nentuin hilal
    sama biar bisa lebaran serentak diseluruh indonesia,aneh aja rasanya kalo ada yang lebaran duluan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.