1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Next Generation Network / WiMax / 4G

Discussion in 'Science and Technology' started by renkinjutsushi, Aug 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    renkinjutsushi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    1,434
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +12,279 / -0
    Next Generation Network

    From SpeedyWiki


    Next Generation Network (NGN) adalah teknologi telekomunikasi masa datang yang sebetulnya sudah mulai di dengungkan sejak tahun 2000-an awal. Para pembuat peralatan telekomunikasi besar seperti Siemens, Ericsson, Nortel, Bell dll, telah berjasa membangun teknologi telekomunikasi dunia sampai teknologi terakhir yang sedang marak yaitu 3G. Bagi yang pernah merasakan 3G di Indonesia, maka kecepatan rata-rata-nya sekitar 500Kbps kecuali jika anda cukup dekat dengan Base Station atau peralatan HSDPA mungkin bisa 2Mbps atau lebih.

    Teknologi Next Generation Network (NGN) merupakan teknologi yang berbeda dengan teknologi 3G maupun turunannya. Teknologi NGN ini merupakan teknologi yang berbasis Internet. Pada masa lalu, kita lebih mengenal teknologi NGN sebagai VoIP atau Internet Telepon. Memang baru belakangan ini kemampuan untuk membuat jasa selular bisa berjalan di jaringan NGN dengan mulai di implementasikan-nya standard IEEE 802.16e yang di approved 7 Desember 2005 yang lalu.

    Standard IEEE 802.16 merupakan “turunan” dari standard IEEE 802.11 yang banyak digunakan di hotspot Wifi yang banyak bertebaran di hotel, restoran, airport dll. Wifi telah menjadi solusi Internet murah di Indonesia seperti RT/RW-net dan Game Center dengan kecepatan rata-rata 11Mbps dan maksimum sekitar 54Mbps. Frekuensi yang digunakan kebanyakan 2.4GHz, sebagian lagi menggunakan 5.8GHz. Oleh karena itu jangan heran jika teknologi berbasis IEEE 802.16 mempunyai kecepatan maksimum sekitar 54Mbps jauh lebih cepat dari teknologi 3G yang ada di Indonesia hari ini.

    Teknologi IEEE 802.16 ini yang kemudian hari di kenal sebagai WiMAX. Sementara teknologi yang berbasis IEEE 802.11 di kenal sebagai WiFi.

    Secara teknologi, teknologi IEEE 802.16e mempunyai kecepatan maksimum sekitar 54Mbps, mampu untuk mengcover sebuah kota atau Metropolitan Area Network (MAN), dan yang paling penting dengan adanya standard IEEE 802.16e maka dapat dibawa mobile pada kecepatan sampai sekitar 200 km/jam. Dua (2) hal utama yang sangat membedakan IEEE 802.16 (WiMAX) dengan IEEE 802.11 (WiFi) adalah kemampuan untuk membangun jaringan di sebuah kota dan kemampuan untuk mobile pada kecepatan tinggi, jauh lebih tinggi daripada 3G. Sebagi catatan tambahan, usaha terus di lakukan dalam keluarga IEEE 802.16m untuk membuat kecepatan 100Mbps mobile dan1Gbps fixed Wireless.

    Pertanyaan mendasar yang sering ditanyakan adalah berapakah invetasi teknologi WiMAX ini? Pada tahun 2003-2004 base station WiMAX masih sekitar US$15.000, pada hari ini base station WiMAX sudah turun sekitar US$6000-an untuk fixed wireless. Untuk mobile wireless mungkin masih agak mahal sedikit. Sebuah base station WiMAX dapat dengan mudah memberikan servis pada 256 pelanggan. Jauh lebih tinggi daripada sebuah Access Point WiFi yang rata-rata hanya dapat memberikan servis pada 20-an pelanggan. Jika di bandingkan dengan 3G, maka base station WiMAX ini jauh lebih murah daripada 3G. Dari sisi investasi jauh lebih murah dari 3G, dari sisi performance jauh lebih baik daripada 3G.

    Tantangan yang mungkin paling besar bagi para operator 4G di Indonesia adalah perolehan “MAC Address”. Berbeda dengan teknologi IEEE yang lainnya, MAC Address biasanya di set oleh pabrikan / pembuatan peralatan jaringan. Pada teknologi IEEE 802.16e, di perkenalkan Base Station ID yang panjangnya 48 bit untuk mengidentifikasi sebuah Base Station. Base Station ID ini programmable, dan 24 most significant bit digunakan untuk operator ID (OpID). Nah, 24 bit Operator ID (OpID) di assign oleh IEEE Registration Authority. WiMAX Forum pun tampaknya berusaha untuk menjadi Registration Authority untuk assignment dari 24 bit Operator ID tersebut. Biaya yang perlu di keluarkan untuk memperoleh Operator ID adalah US$1200 dapat dilihat dengan jelas pada URL https://standards.ieee.org/regauth/BOPID/IEEERegistrationAuthority_BOPID.html Hanya mereka yang benar-benar serius akan berlomba untuk memperoleh Operator ID dari Registration Authority yang memberikan Operator ID WiMAX.

    Tantangan lain yang juga akan menghantui implementasi WiMAX / NGN / 4G adalah alokasi nomor telepon dari pemerintah Indonesia untuk ENUM. Server ENUM yang sudah beroperasi di Indonesia pada hari ini adalah milik VoIP Rakyat www.enum.voiprakyat.or.id,

    Pada hari ini, implementasi NGN & 4G di Indonesia sebetulnya telah terjadi. Salah satu operator yang paling besar untuk NGN & 4G adalah VoIP Rakyat (http://www.voiprakyat.or.id). Anda dapat memperoleh nomor telepon gratis di VoIP Rakyat, yang dapat digunakan untuk menelepon di atas Internet. Sementara teknologi pre-4G lebih banyak berbasis WiFi mengandalkan pesawat telepon PDA maupun Nokia Seri E yang sudah siap untuk NGN.
     
    Last edited: Aug 1, 2009
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    pitiex Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +838 / -0
    wah baru aja menikmati 3.5G sudah ada 4G........
    teknologi memang berkembang terlalu cepat.....
     
  4. Offline

    rinaldi Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    61
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21 / -0
    Kapan ya implementasinya bisa digunakan oleh masyarakatluas ??
     
  5. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,243 / -0
    penting negh buat yg suka touring....stay OL dlm kecepatan tinggi....:top:
    cuman sayangnya device2 yg support jaringan wimax masih mahal harganya....:madesu:
     
  6. Offline

    SemaRMeseM Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 16, 2008
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,820 / -0
    ini semacam kek wifi gt y ? atw wireles broadband ?
     
  7. Offline

    fat_279 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +138 / -0
    dampaknya bagi kesehatan gmn bro
    bisa2 nanti banyak orang sakit2an :???:
     
  8. Offline

    Dunceney Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    515
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,654 / -0
    pengin bisa secepet itu, tapi susah ndapetinnya
     
  9. Offline

    renkinjutsushi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    1,434
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +12,279 / -0
    sampe saat ini belum ada pemberitaan tentang menganai dampaknya buat kesehatan

    tapi kalo dilihat dari bahaya wifi dibandingkan sinyal HP,
    radiasinya masih lebih berbahaya sinyal HP daripada Wifi
    WiMax ini kan pengembangan dari wifi,
    mungkin gak akan beda jauh koq efek radiasi buat kesehatan

    dan kita juga kan jarang mendengar orang sakit-sakitan gara-gara HP,
    apalagi dari wifi / WiMax
     
  10. Offline

    Rush_Sykes Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,724 / -0
    gila, 3G aja gw belom punya udh ada lagi 4G
    hahaha
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.