1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Nasib Pria Azoospermia yang Sulit Menghamili Perempuan

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by soulhunter, Mar 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,942 / -0
    [​IMG]
    Jakarta, Sperma merupakan salah satu faktor yang menentukan seorang wanita bisa hamil. Banyak cara yang dilakukan pria untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik. Tapi bagi pria penderita azoospermia sangat sulit menghamili perempuan karena cairan spermanya tak berisi sel sperma alias kosong.

    Azoospermia adalah istilah yang digunakan ketika seorang pria tidak mengeluarkan sperma sama sekali pada saat terjadi ejakulasi hanya ada cairan yang kosong sel sperma. Ini adalah penyebab utama laki-laki subfertility, kondisi dimana seorang pria tidak mungkin untuk membuat seorang wanita hamil.

    Sistem reproduksi laki-laki terdiri dari testicles atau testis, prostat, penis, skrotum, vas deferens, epididimis, dan duktus seminalis. Biasanya, testis dalam skrotum menghasilkan sperma, yang kemudian mengalir melalui epididimis, vas deferens, dan saluran mani. Sperma bercampur dengan cairan di dalam saluran mani untuk membentuk air mani, yang meninggalkan tubuh melalui penis.

    Semen atau air mani adalah cairan kental, putih, berisi sperma dilepaskan selama ejakulasi. Masalah pada azoospermia berkaitan dengan masalah pada produksi sperma atau aliran sperma.

    Seperti dilansir dari maleinfertilityspecialists, Kamis (18/3/2010), ada tiga penyebab kurangnya produksi sperma, yakni gangguan hormon, kegagalan testis, dan
    varicocele.

    1. Gangguan hormon

    Testis memerlukan hormon hipofisis untuk merangsang membuat sperma. Jika hormon tersebut tidak ada atau sangat kurang, maka testis tidak akan memproduksi sperma secara maksimal. Gangguan hormon bisa dsebabkan oleh obat-obatan tertentu, seperti androgen (steroid), antibiotik, dan obat-obatan untuk mengobati peradangan atau kanker. Rokok, alkohol, dan narkotika juga dapat menyebabkan gangguan hormon.

    2. Kegaggalan testis

    Kegagalan testis merujuk pada ketidakmampuan testis (epitel seminiferus) memproduksi sperma, untuk membuat jumlah sperma matang yang memadai. Kegagalan ini bisa terjadi pada setiap tahap dalam produksi sperma. Ada beberapa alasan penyebab kegagalan testis, yaitu testis tidak memiliki sel-sel yang membelah menjadi sperma atau yang disebut 'Sertoli cell-only syndrome', sperma tidak mampu menyelesaikan tahap perkembangannya (maturation arrest), dan juga disebabkan oleh adanya kelainan genetik.

    3. Varicocele

    Varicocele atau varises di buah zakar adalah terbukanya pembuluh darah di dalam skrotum. Varicocele sama halnya dengan varises yang biasa terjadi di kaki. Pembuluh darah vena yang membesar dan terbuka disebabkan karena darah tidak mengalir dengan baik. Pelebaran pembuluh darah menyebabkan banyak darah yang mengalir ke skrotum, yang berakibat negatif pada produksi sperma.

    Pemeriksaan dan perawatan perlu dilakukan mengambil tindakan yang benar untuk mengobati azoospermia. Pemeriksaan yang bisa dilakukan antara lain:

    1. Pemeriksaan fisik
    Tes yang paling sederhana adalah pemeriksaan fisik. Sebagian besar testis terdiri dari unsur-unsur produksi sperma yaitu epitel seminiferus, ketika ukuran testis sangat berkurang, ini merupakan indikasi bahwa epitel seminiferus terpengaruh.

    2. Pemeriksaan hormon
    Follicle stimulating hormone (FSH) adalah hormon yang dihasilkan oleh hipofisis, yang bertanggung jawab merangsang testis untuk membuat sperma. Ketika kapasitas produksi sperma dari testis berkurang, hipofisis membuat lebih banyak FSH dalam usaha untuk membuat testis melakukan tugasnya.
    Oleh karena itu, jika FSH seorang pria sangat tinggi, maka ada indikasi bahwa testis tidak memproduksi sperma secara optimal.

    3. USG transrectal
    Untuk meghilangkan penyumbatan pada saluran ejakulasi, sering dilakukan USG pada saluran ejakulasi dan vesikula seminalis. Dalam tes ini, USG ditempatkan di rektum dari saluran yang terletak di dekat dinding rektum. Selain itu juga pada saluran ejakulasi melewati prostat, sebuah kelenjar yang dapat dirasakan melalui dinding dubur laki-laki.

    4. Tes urin
    Ada kemungkinan ejakulasi terjadi ke arah yang berlawanan. Sperma didorong ke kandung kemih dan kemudian dikeluarkan ketika orang buang air kecil setelah ejakulasi.
    Untuk pengujian ini, pasien harus mengosongkan kandung kemih, dan kemudian ejakulasi ke dalam wadah. Pasien kemudian diminta buang air kecil lagi ke wadah spesimen yang berbeda. Jika ada sperma dalam air seni, berarti ia mengalami ejakulasi mundur. Kadang-kadang hal ini dapat diperbaiki dengan obat minum.

    5. Biopsi testis
    Tes dilakukan dengan mengambil sampel testis dengan jarum suntik atau melalui sayatan kecil dalam skrotum. Ini akan membantu menentukan kemampuan testis untuk memproduksi sperma normal.

    Apakah jika sudah divonis pria azoospermia bakal sulit punya anak? Tentu saja, tapi jika si pria berusaha melakukan pengobatan masalah spermanya bisa membaik.
    Penyakit ini masih dapat diobati dengan berbagai cara, antara lain:


    1. Obat-obatan, antibiotik bisa diberikan untuk mengobati infeksi pada sistem reproduksi. Hormon dapat digunakan untuk mengobati ketidakseimbangan hormon.
    2. Percutaneous embolization, prosedur ini dapat digunakan untuk mengobati varicocele. Sebuah obstruksi (penyumbatan) dibuat dalam pembuluh darah yang membesar. Ini akan menghentikan aliran darah dan mengobati varicocele.
    3. Ekstraksi sperma, sperma dapat diekstraksi atau dihapus dari testis atau epididimis jika ada halangan. Semen yang diekstrak dapat disimpan atau digunakan untuk membuahi telur seorang wanita.
    4. Operasi, seperti menghapus varicocele atau memperbaiki vas deferens yang tersumbat.

    Dr. Y Soni, Sp.U, Dokter Spesialis Bedah Urologi di RS Puri Indah mengatakan hasil analisis sperma dinilai akurat bila sudah melakukan tes analisis sperma paling sedikit 2 kali berturut-turut dalam 2 minggu dalam kondisi bebas berhubungan 3 hari sebelum pemeriksaan. Pemeriksaan sebaiknya dalam keadaan rileks dan nyaman.

    Bila kesimpulan akhir tetap suatu azoospermia, ini menjelaskan memang tidak terdapat sel sperma dalam cairan sperma yang dikeluarkan.

    "Penyebabnya dapat dikarenakan sumbatan pada kedua saluran sperma atau kegagalan hormon Gonad atau hormon stimulan Gonad secara sentral (Gonadotropin) pada laki-laki.Kegagalan hormon ini bisa karena bawaan atau kelainan susunan kromosom dan sebagainya," kata Dr Soni dalam jawaban konsultasi kesehatan di detikHealth.

    (mer/ir)
    Code:
    http://health.detik.com/read/2010/03/18/060116/1319971/763/nasib-pria-azoospermia-yang-sulit-menghamili-perempuan
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zippo12 Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    196
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +73 / -0
    Ada ngga ya yang berharap kaga punya anak :???: Pastinya ngga ada ya!

    Tapi itu yang ngga mau menghamili pacarnya mungkin seneng kali ya kalo punya penyakit gini... kaga bakalan hamil!! :swt:
     
  4. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,175 / -0
    Tapi tetap saja... ntar kalo dia dah serius berumah tangga dan pengen punya anak, bisa jadi masalah besar tuh...
    Apalagi sama ortu. Ortu mana yang gak sedih kalo anak laki2nya berpenyakit seperti ini.
     
  5. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,942 / -0
    betul sekali, kerasa sekali kalo udah nikah . .
    karena keinginan memiliki keturunan adalah fitrah manusia
     
  6. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,942 / -0
    maaf dobel :swt:
    :maaf:
     
    Last edited: Mar 18, 2010
  7. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,175 / -0
    apalagi banyak orang yang masih salah kaprah...
    kalo sepasang suami istri susah punya anak, sang istri yg lebih dulu dijadikan kambing hitam.
    Padahal persentase penyebab infertilitas itu: 40% dari pria, 40% dari wanita, 10% dari keduanya, 10% tidak diketahui.
     
  8. Offline

    suprie200284 Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +31 / -0
    Wah Kasian juga yach..., Sperma kosong??? ada tempat isi ulang gak yak????
     
  9. Offline

    rhay230 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 6, 2009
    Messages:
    720
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +13,218 / -0
    numpang di pit stop mas
     
  10. Offline

    undead098 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,953 / -0
    seharusnya kita2 yang sehat ini bersyukur..... dan cepet2 kawin dan punya anak....
    ntar kalo dapet giliran kena tu penyakit bakalan nyesel seumur hidup...
    :lol:
     
  11. Offline

    luchs Beginner Members

    Joined:
    Dec 17, 2008
    Messages:
    446
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +62 / -0
    Hooee~ :panik: Mari menabung sperma utk istri2 kita :takut:
     
  12. Offline

    karepmu Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 6, 2009
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    62
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,049 / -0
    Cara mengetahui kualitas sperma yg bagus tanpa hasil laborat gmn yah?:puff:

    apalagi bagi yg belum punya istri dan masih perjaka ting2????:hot:
     
  13. Offline

    Ciel_Seven Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 1, 2009
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +340 / -0
    Mau ditabung berapa lama juga bakalan Keluar Lewat Mimpi Basah....

    @ Karepmu - Yang paling akurat sih lewat LAB - Mau dilihat Viscositas - Quantity - sama Motilitas juga Morfologi Sperma nya...

    Yah - kalo nggak bisa Punya anak mending diadopsi deh... Yang penting kan Kasih sayang Orang Tua - Meskipun kalau Sedarah tapi Nggak ada kasih sayang sama saja Bohong...
     
    Last edited: Mar 18, 2010
  14. Offline

    daisuki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    846
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,152 / -0
    huehehehehe:lol:
    iya setuju2, mudah2an kaga kejadian deh yang diatas ama kita2
     
  15. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,175 / -0
    Setau gw sich tidak bisa. Harus pake analisis laborat.
    Lagian, perjaka bisa kok ngecek kualitas sperma... :haha:
     
  16. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,728 / -1
    Sebagai seorang cowo ane takut kalo terkena penyakit ginian :takut:
    Apalagi ada alasan pribadi... hmm :fufufu:\
    Oh ya Sperma normal banyaknya seberapa seh bu Dokter :???:
     
  17. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,175 / -0
    Saya rada lupa, tapi kalo tidak salah 20-100 juta per cc.
     
  18. Offline

    wsteve Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    299
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    amit2 dah kalo kena beginia,.
     
  19. Offline

    jruckziege Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    3,051
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +37,522 / -0
    @atas : akibat operasi di bawah perut,, bisa mngakibatkan hal2 sperti diatas juga ya,,,, sperma normal gmn warnanya ya... kentalnya gmn???
    hiiii takut.... pnyakitnya seraaaaam,,,,
    ad obatnya ga...?
     
  20. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,728 / -1
    Aih bisa tanya soal ini :malu2:
    Bukannya tergantung makanan dan intensitas hubungan ya kalo soal kental :???:
    Bu Dokternya mana neh :???:
     
  21. Offline

    sugibara Beginner Members

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +29 / -0
    wah, lom coba menghamili wanita, apa test dulu aja gt ya, takutnya gw kena penyakit kek ginian lagi ~_~

    klinik wat test kesuburan sperma di indo ada ga sih? soalnya denger2 bank sperma kl di indo kagak ada >.<
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.