1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biography Napoléon Bonaparte

Discussion in 'World History' started by yoshikanji, Sep 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,467
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,409 / -0
    [​IMG]

    Kaisar Napoleon Bonaparte (lahir di pulau Korsika, 15 Agustus 1769 – meninggal 5 Mei 1821 pada umur 51 tahun). Napoleon Bonaparte adalah anak kedua dari tujuh bersaudara. Ia lahir di Casa Bounaparte, di kota Ajaccio, Korsika, pada tanggal 15 Agustus 1769, satu tahun setelah kepulauan tersebut diserahterimakan Republik Genoa kepada Perancis. Berasal dari sebuah keluarga bangsawan lokal dengan nama Napoleone di Buonaparte (dalam bahasa Korsika, Nabolione atau Nabulione). Di kemudian hari ia mengadaptasi nama Napoléon Bonaparte yang lebih berbau Perancis.

    Asal-usul dan pendidikan

    Keluarga Bounaparte adalah keluarga bangsawan yang berasal dari Italia, yang pindah ke Korsika di abad ke-16/ Ayahnya, Nobile Carlo Bounaparte, seorang pengacara, pernah menjadi perwakilan korsika saat Louis XVI berkuasa di tahun 1777. Ibunya bernama Maria Letizia Ramolino. Ia memiliki seorang kakak, Joseph; dan 5 adik, yaitu Lucien, Elisa, Louis, Pauline, Caroline, dan Jérôme. Napoleon di baptis sebagai katolik beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang kedua, tepatnya tanggal 21 Juli 1771 di Katerdal Ajaccio.

    Kebangsawanan, kekayaan, serta koneksi keluarganya yang luas memberikan Napoleon kesempatan yang luas untuk belajar hingga ke jenjang yang tinggi. Pada bulan Januari 1779, Napoleon didaftarkan pada sebuah sekolah agama di Autun, Perancis, untuk belajar bahasa Perancis, dan pada bulan Mei ia mendaftar di sebuah akademi militer di Brienne-le-Château. Di sekolah, ia berbicara dengan logat Korsika yang kental sehingga ia sering dicemooh teman-temannya; memaksanya untuk belajar. Napoleon pintar matematika, dan cukup memahami pelajaran sejarah dan geografi. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Brienne pada 1784, Napoleon mendaftar di sekolah elit École Militaire di Paris. Di sana ia dilatih menjadi seorang perwira artileri. Ketika bersekolah di sana, ayahnya meninggal. Ia pun dipaksa menyelesaikan sekolah yang normalnya memakan waktu dua tahun itu menjadi satu tahun. Ia diuji oleh ilmuwan terkenal Pierre-Simon Laplace, yang di kemudian hari ditunjuk oleh Napoleon untuk menjadi anggota senat.

    Karir Militer

    Ia menjadi siswa di Akademi Militer Brienne tahun 1779 pada usia 10 tahun, kecerdasannya membuat Napoleon lulus akademi di usia 15 tahun. Karir militernya menanjak pesat setelah dia berhasil menumpas kerusuhan yang dimotori kaum pendukung royalis dengan cara yang sangat mengejutkan: menembakkan meriam di kota Paris dari atas menara. Peristiwa itu terjadi tahun 1795 saat Napoleon berusia 26 tahun.

    Perang Napoleon

    • Latar belakang, 1789–1802
    • Perang Inggris dan Perancis, 1803–1814
    • Napoleon menjadi Kaisar Perancis pada tanggal 18 Mei 1804 dan menobatkan dirinya sendiri sebagai penguasa Notre-Dame pada tanggal 2 Desember
    • Koalisi ketiga, 1805
    • Koalisi keempat, 1806–1807
    • Koalisi kelima, 1809
    • Invasi ke Rusia, 1812
    • Koalisi keenam, 1812-1814
    • Perang Denmark-Inggris, 1807-1814
    • Koalisi ketujuh, 1815

    Daftar Perang yg Diikuti Napoleon
    A
    * Pertempuran Abukir 2 Januari - 20 Februari 1799
    * Pengempungan Acre 17 Maret - 20 Mei 1799
    * Pertempuran Arcole 15-17 November 1796
    * Pertempuran Aspern-Essling 22 Mei 1809
    * Pertempuran Auerstadt 14 Oktober 1806
    * Pertempuran Austerlitz 2 Desember 1805

    B

    * Pertempuran Badajoz 16 Maret - 6 Aprril 1812
    * Pertempuran Bautzen 21 Mei 1813
    * Pertempuran Borodino 7 September 1812

    C

    * Pertempuran Copenhagen 2 April 1801
    * Pertempuran Corunna 16 Januari 1809

    D

    *Pertempuran Dresden 26-27 Agustus 1813

    E

    * Pertempuran Eckmühl 22 April 1809
    * Pertempuran Eylau 7-8 Februari 1807

    F

    Pertempuran Friedland 14 Juni 1807

    H

    * Pengepungan Hamburg 30 Mei 1813 - 27 Mei 1814
    * Pertempuran Heilsberg 10 Juni 1807

    J

    Pertempuran Jena 14 Oktober 1806

    L

    * Pertempuran Leipzig 16-19 Oktober 1813
    * Pertempuran Ligny 16 Juni 1815
    * Pertempuran Lodi 10 Mei 1796
    * Pertempuran Lützen 2 Mei 1813

    M

    * Pertempuran Marengo 14 Juni 1800
    * Pertempuran Medellín 28 Maret 1809
    * Pertempuran Sungai Mincio 8 Februari 1814

    N
    Pertempuran Sungai Nil 1-2 Agustus 1798

    O
    Pertempuran Ocana 19 November 1809

    P
    Pertempuran Piramida 21 Juli 1798

    Q
    Pertempuran Quatre Bras 16 Juni 1815

    R
    Pertempuran Rivoli 14-15 Januari 1797

    S

    * Pertempuran Saalfeld 10 Oktober 1806
    * Pertempuran Salamanca 22 Juli 1812
    * Pertempuran Somosierra 30 November 1808

    T

    * Pertempuran Talavera 27-28 Juli 1809
    * Pertempuran Trafalgar 21 Oktober 1805
    * Pengepungan Toulon September - Desember 1793

    U
    Pertempuran Ulm 16-19 Oktober 1805

    V
    * Pertempuran Vimeiro 20 Agustus 1808
    * Pertempuran Vitoria 21 Juni 1813

    W

    * Pertempuran Wagram 5-6 Juli 1809
    * Pertempuran Waterloo 18 Juni 1815
    * Pertempuran Wavre 18-19 Juni 1815

    Pengaruh politik

    Perang Napoleon membawa perubahan besar di Eropa. Meskipun hampir semua wilayah di Eropa Barat dibawah kekuasaan Napoleon (prestasi yang hanya bisa dibandingkan dengan kekaisaran Romawi tempo dulu), peperangan antara Perancis dengan kekuatan lain di benua Eropa selama lebih dari dua dekade akhirnya sampai pada titik penghabisan. Setelah perang Napoleon berakhir, dominasi Perancis di Eropa praktis lenyap, dan kembali lagi seperti pada masa Louis XIV.

    Inggris akhirnya muncul sebagai negara superpower di dunia dan tidak dapat dibantah lagi bahwa Angkatan laut Inggris menjadi yang terkuat di dunia, demikian juga mereka menjadi negara maju di bidang ekonomi dan industri.

    Hampir di semua negara Eropa, cita-cita dari Revolusi Perancis (seperti demokrasi, hak dan persamaan dalam bidang hukum, dll.) mulai diadopsi. Hal ini mengakibatkan sulitnya para Raja di Eropa mengembalikan hukum lama mereka dan terpaksa tetap memegang hukum-hukum yang diterapkan oleh Napoleon. Bahkan hingga hari ini beberapa dari hukum tersebut masih dipakai, misalnya di banyak negara Eropa hukum sipil-nya jelas-jelas mengadopsi kode Napoleon.

    Faham nasionalisme yang relatif baru saat itu dengan cepat berkembang di Eropa dan nantinya banyak mempengaruhi jalannya sejarah disana, mulai dari berdirinya negara baru atau berakhirnya suatu negara. Peta politik di Eropa berubah drastis setelah era Napoleon, tidak lagi berbasis aristrokat atau monarki mutlak tetapi berdasarkan kerakyatan. Era Napoleon telah menyebarkan benih bagi berdirinya negara Jerman dan Italia dengan bergabungnya negara-negara bagian kecil dan juga kerajaan.

    Ide lain yang diadopsi dari Napoleon (walaupun dia sendiri gagal mewujudkannya) adalah harapannya untuk mewujudkan Eropa yang bersatu (ide ini digulirkan lagi setelah berakhirnya Perang Dunia II), dimana saat ini sudah diwujudkan dengan adanya mata uang tunggal Uni Eropa, Euro. Akhirnya tercapai kan cita2 sang Kaisar.

    Pernikahan

    Joséphine de Beauharnais (Les Trois-Îlets, 23 Juni 1763 – Rueil-Malmaison, 29 Mei 1814) adalah istri pertama Napoleon Bonaparte.
    Saat berusia 16 tahun, Joséphine bersama ayahnya hijrah dari kampung halaman di pulau Martinique ke Perancis Daratan. Ia menikah dengan Alexandre François Marie de Beauharnais pada 13 Desember 1779 dan dikaruniai dua anak. Setelah Alexandre dipenjara dan dihukum mati pada 1794, Joséphine menjadi istri simpanan bagi beberapa politikus.

    Ia berjumpa dengan Jenderal Napoleon pada 1795. Keduanya menikah setahun kemudian tanggal 9 Maret. Setelah dirudung beberapa aksi selingkuh dan kenyataan bahwa Joséphine tidak dapat menghasilkan anak bagi Napoleon, keduanya cerai pada 10 Januari 1810.

    Joséphine lalu menetap di kota Rueil-Malmaison, dekat Paris, hingga akhir hayatnya pada tahun 1814.

    Kemenangan dan kekalahan

    Namun tidak semua peperangan di Eropa dimenangkannya. Kegagalannya menghadapi gerilyawan di Spanyol. Kekalahan pada pertempuran laut di Trafalgar antara armada Perancis-Spanyol yang dipimpin oleh Admiral Villeneuve dengan armada Britania Raya yang dipimpin oleh Laksamana Nelson meskipun Nelson gugur dalam pertempuran ini (terkena tembakan sniper Perancis). Kegagalan dalam kampanye di Mesir yang akibatnya berhadapan dengan kekuatan Britania, Mesir dan Turki. Kegagalan dalam menyerang Rusia karena ketangguhan dan kecerdikan strategi Jendral Kotusov dan Tsar Aleksandr I dalam menghadapi pasukan Perancis dengan memanfaatkan musim dingin Rusia yang dikenal mematikan serta pengkhianatan Raja Swedia Jendral Bernadotte. Strategi Rusia dalam hal ini adalah membakar kota Moskwa ketika Napoleon berhasil menaklukkan kota itu dan mengharapkan sumber logistik baru. Kekalahan di Rusia diulangi lagi oleh Adolf Hitler dari Jerman pada Perang Dunia II. Kekalahan yang mengakhiri kariernya sebagai Kaisar Perancis setelah melarikan diri dari Pulau Elba dan memerintah kembali di Perancis selama 100 hari adalah kekalahan di Waterloo ketika berhadapan dengan kekuatan Inggris yang dipimpin Duke of Wellington, Belanda oleh Pangeran van Oranje dan Prusia yang dipimpin oleh General Blücher serta persenjataan baru hasil temuan Jendral Shrapnel dari Inggris, yang mengakibatkan dia dibuang ke Pulau Saint Helena sampai wafatnya.



    Source: 1 | 2 | 3 | 4


     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,177 / -0
    Gw tambahin ya.

    Napoleon Bonaparte konon meninggal karena kanker lambung pada usia 51 tahun.
    Ada jurnal medisnya segala nih.

    [​IMG]
     
  4. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,467
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,409 / -0
    sepi banget ini trit...
    apa d klos aja yah...
    :sepi:



    sis itu gambarnya kok kedetek IDM sbg pdf yah??
    auto downloadnya langsung nyala...
    :iii:
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,177 / -0
    iya sih itu gw ambil dari preview PDF...
    cuma di gw kebacanya sebagai pic kok...

    udah pelajari belum sebab kematian napoleon om :bingung:
     
  6. Offline

    KRTC Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2011
    Messages:
    1,262
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,181 / -1
    napoleon seorang jenius dalam strategi peperangan!!!

    tapi soal badan dia itu cebol bener gak yach:cerutu:
     
  7. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,467
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,409 / -0
    ngga...
    sis kan dokter sis aja yg mleajarin sekalian di buat tesis...
    :iii:






    :XD:
     
  8. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,177 / -0
    dengar2 nggak bener... tingginya 170 cm kalo ga salah.

    itu beda bidangnya kanji, dia masuk bidang (saya lupa nama ilmunya, yg mempelajari masalah kesehatan tokoh2 di masa lalu dan coba menebak2 penyebab kematian tokoh tersebut).
    Jadi dia campurannya kedokteran ma sejarah, cmiiw.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.