1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Mulut Sensitif Picu Bercak Putih

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinminho, Jul 25, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    KETIKA sakit gigi mendera, yang terpikir adalah menghilangkan rasa sakit tersebut. Ada yang minum obat penghilang nyeri, ada pula yang meletakkan obat di bagian gigi yang sakit.

    Cara kedua, menurut Dr drg Diah Savitri Nugroho SpPM MSi, sebaiknya tidak dilakukan. Sebab, ada beberapa orang yang rongga mulutnya sensitif. Jadi, rongga mulut sensitif tidak hanya akibat konsumsi makanan dan minuman tertentu. ''Yang jelas, cara pengobatan tersebut akan memunculkan sensasi terbakar di rongga mulut. Mukosa berwarna sangat merah dan akhirnya menjadi bercak keputihan,'' katanya.

    Efek mengurangi rasa sakit tidak akan didapat. Justru yang ada adalah rasa panas di dalam rongga mulut. Kondisi tersebut membuat pasien tidak nyaman. ''Jangan sembarangan gunakan obat,'' tegas staf pengajar departemen penyakit mulut FKG Unair itu.

    Dampak yang sama terkadang didapat dari penggunaan obat kumur dan sariawan. Pada orang-orang yang sensitif, penggunaan obat tersebut justru memunculkan bercak putih di lapisan mukosa. Nah, bila tidak segera ditangani, kondisi itu akan berlanjut menjadi melepuh. ''Kondisi tersebut tidak bisa diobati sendiri. Segera ke dokter gigi untuk diobati lebih lanjut,'' paparnya.

    Diah mengatakan, ada banyak hal yang mengakibatkan munculnya bercak putih di lapisan mukosa. Jamur salah satunya atau kebiasaan merokok. ''Kalau gara-gara jamur, bercak putih dapat dihilangkan. Misalnya, dikerok dengan alat khusus. Ini yang menandakan perbedaan bercak putih akibat jamur dan penyebab lain,'' tuturnya.

    Penanganannya, kata dia, sesuai jenis gangguan. Bila penyebabnya jamur, akan diberikan obat antijamur. Begitu juga, bercak putih akibat sensitivitas obat bisa diterapi hingga sembuh. ''Yang ditakutkan, bercak putih tersebut adalah lesi praganas atau leukoplakia,'' ujarnya. Bila tidak terdeteksi sejak dini, lanjut Diah, itu akan membahayakan jiwa pasien.

    Bagaimana pencegahannya? Dia menyatakan jangan sembarangan minum, menggunakan, atau menempelkan obat ke bagian gigi yang sakit. Apalagi, bila sebelumnya mengalami kondisi tersebut. Kalau kemudian muncul bercak putih, coba hilangkan dengan alat. Jika bercak putih tersebut tidak bisa hilang, segera berobat ke dokter. ''Menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut berperan utama. Bila kesulitan, konsultasi ke dokter gigi,'' katanya. (ai/c6/nda)

    sumber:jawapos
     
  2. Offline

    minhwan4ever Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 20, 2009
    Messages:
    190
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    hooo gitu toh,
    sering banget nih sakit gigi,
    :niceinfo:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.