1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Mitos vs Fakta Penyakit Menular Seksual

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by ireh, Nov 4, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ireh Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,310 / -0
    Seberapa luas pengetahuan Anda mengenai Penyakit Menular Seksual (PMS)? Mungkin saja yang selama ini Anda pikirkan benar ternyata salah total.

    Nah, berikut ini ada delapan mitos dan fakta menyangkut Penyakit Menular Seksual. Dengan menyimak paparan ini, diharapkan pengetahuan Anda soal penyakit menular bakal bertambah.

    Mitos ke – 1
    . Saya tidak mungkin terkena PMS karena setiap kali melakukannya dengan pasangan, saya tidak pernah melakukan secara total sampai penetrasi, hanya berciuman dan oral seks sekali – sekali.
    Faktanya : Anda sangat salah bila berpikir seperti itu! Penyakit karena hubungan seksual bisa menular baik melalui vagina, anal, maupun oral seks. Apalagi jika ada luka terbuka yang tidak terlihat dan ternyata pasangan Anda mempunyai penyakit tersebut, risiko tertular akan tetap ada. Ingatlah bahwa meski frekuensi Anda bermain cinta dengan sang pasangan hanya sekali – sekali tapi tetap bisa tertular, penyakit tidak memandang sering atau tidaknya frekuensi Anda bermain dengan pasangan!

    Mitos ke – 2. Saya tidak mungkin bisa terkena PMS soalnya saya menggunakan pil KB.
    Faktanya : Para pasangan, catat ini : Pil KB hanya melindungi dari risiko kehamilan dan bukan PMS. Anda tetap bisa tertular jika anda melakukan hubungan seks meskipun menggunakan pil KB.

    Mitos ke-3. Saya tidak memerlukan pengaman meskipun pasangan saya menderita herpes karena kita selalu hati – hati kok dalam berhubungan. Kita menghindari aktivitas bercinta saat herpesnya sedang kambuh dan ada luka terbuka.
    Faktanya : Pernyataan diatas tidak benar. Anda tetap bisa tertular meskipun herpes ini dalam keadaan tidak kambuh. Ingatlah satu hal, herpes ini ada dalam tubuh dan tertidur saat tidak kambuh, tapi bukan berarti tidak ada, jadi akan lebih baik jika Anda tetap menggunakan pengaman saat berhubungan dan mungkin akan lebih baik bagi pasangan agar berkonsultasi secara reguler ke dokternya untuk pengontrolan herpesnya.

    Mitos ke-4. Saya belakangan ini tertular penyakit menular seksual tapi saya sudah ke dokter dan minum obat kok, jadi tidak perlu datang lagi untuk dicek ulang.
    Faktanya: Memang untuk pengobatan ke dokter dan minum obatnya sampai habis haruslah dilakukan. Tapi sayang sekali saya harus mengecewakan Anda karena ada tindakan yang tidak benar yaitu Anda tidak mengecek ulang kembali penyakit Anda! Ketahuilah meskipun Anda sudah minum obatnya sampai habis, infeksi bisa saja masih tetap ada dan bisa jadi Anda harus meneruskan obat untuk beberapa lama lagi. Satu – satunya cara untuk mengetahui infeksinya sudah membaik ataupun hilang adalah dengan mengecek ulang dan temui dulu dokter Anda, pastikan semuanya tuntas diperiksa ulang.

    Mitos ke-5. Saya tidak mungkin punya penyakit menular seksual karena tidak ada gejalanya yang pernah muncul
    Faktanya : Perlu diketahui dan diingat oleh Anda semua, Anda bisa saja mempunyai penyakit menular seksual dan gejala tidaklah timbul. Gejalanya bisa saja tidak Anda sadari karena kelihatan seperti penyakit flu biasa atau gejala penyakit lainnya. Maka dari itu, bila Anda seorang yang aktif secara seksual sebaiknya seringlah melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahuinya.

    Mitos ke – 6. Saya sekarang sedang mengalami keputihan vagina dan agak gatal, tapi saya merasa belum perlu ke dokter karena masih bisa mengobati sendiri memakai obat yang dijual bebas untuk infeksi jamur vagina di apotik atau di toko – toko kesehatan.
    Faktanya : Para wanita, lebih baik Anda mencatat ini di dalam hati : keputihan belum tentu karena jamur,bisa saja karena infeksi dalam vagina karena bakteri, atau hal lainnya dan jelas pengobatan setiap penyakit berbeda – beda bila penyebabnya berbeda oleh karena itu, jangan diobati sendiri jika Anda tidak yakin apa penyebabnya, bisa jadi pengobatan yang Anda lakukan tanpa memeriksakan terlebih dahulu akan menambah problem bila ternyata Anda salah mengobati.

    Mitos ke-7. Saya merasa saya terkena penyakit menular seksual tapi saya terlalu takut untuk ke dokter dan saya tidak terlalu khawatir untuk penyakit saya, tinggal datang saja ke apotik membeli antibiotik atau apa deh, pasti bisa sembuh.
    Faktanya: Duh, ini merupakan kesalahan yang sangat besar bagi Anda semua bila berpikir seperti ini, perlu Anda ketahui, tidak semua penyakit seksual disembuhkan dengan memakai antibiotik, apalagi obat yang tidak sesuai dengan penyakitnya. Anda bisa terkena komplikasi penyakit seksual yang lebih berat atau bahkan bisa jadi Anda baru datang saat si penyakit sudah lebih parah dan akan lebih sulit untuk diobati. Jadi jangan takut ke dokter karena dokter sudah terlatih untuk melihat berbagai macam hal, termasuk urusan satu ini, jadi periksakan diri Anda dan jelaskan situasi yang Anda hadapi. Percayalah, ini jauh lebih baik daripada Anda mengobati sendiri dan ternyata salah pengobatan.

    Mitos ke-8. Saya cuma bercinta dengan pasangan saya kok dan itupun hanya dia seorang, jadi rasanya saya tidak perlu khawatir mengenai penyakit seksual.
    Faktanya : Hubungan monogami memang baik, tapi perlu Anda pikirkan, berapa banyak yang melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda sebelum Anda bersama dia? Meskipun dia mengatakan Andalah satu – satunya yang pertama untuk dia, tapi bisa jadi dia tidak mengatakan yang sebenarnya di depan Anda. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan melakukan pemeriksaan mengenai penyakit menular seksual. Mungkin Anda melakukan hubungan seks dengan memakai kondom untuk mencegah penularan, tapi kondom hanya mengurangi risiko penularan dan bukanlah mencegah Anda terkena penyakit tersebut, bisa saja kondisi yang tidak diharapkan terjadi meskipun Anda memakai kondom.

    Jadi? Seberapa banyak pemikiran Anda yang benar untuk penyakit menular seksual? Semoga tips ini bisa membantu Anda mengerti lebih banyak sehingga tidak ada lagi salah pengertian mengenai penyakit seksual.
    getting from:
    Code:
    http://techonly13.wordpress.com/2009/10/31/mitos-vs-fakta-penyakit-menular-seksual/
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    rizzanr Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    2,794
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,411 / -0
    saya tidak mungkin terkena PMS karena saya tidak akan melakukan hubungan seksual sebelum nikah :malu:

    dan saya akan pastikan sebelumnya bahwa saya dan istri saya sehat :haha:
     
    • Like Like x 1
  4. Offline

    prufessuer Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    2,163
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,651 / -0
    thread buatan heri bagus jg :aaaa:

    nice info :aaaa:

    yg mitos no.8 bener jg sih :aaaa:

    percaya sama pasangan saja tidak cukup :aaaa:

    harus ada bukti kongkrit :aaaa:
     
  5. Offline

    Arnez Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    329
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +86 / -0
    saya tidak mungkin terkena penyakit itu karena saya belum pernah "main or sejenisnya" dengan perempuan :malu:
    apa lagi dengan laki laki :hahai::hahai::hahai::hahai:
     
    Last edited: Nov 4, 2009
  6. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    yg pasti penyakit menular sexual: menular lewat kontak seksual. mau dengan pasangan, tetap atau dengan berganti2 pasangan, tetap aja berisiko terkena. kita kan tidak tau pasangan dah kontak dengan siapa, termasuk di masa lalunya...?

    kalo pil KB: semata2 hanya berkaitan dengan pencegahan kehamilan. tidak ada hubungan sama sekali dengan penularan penyakit menular seksual.
     
  7. Offline

    rahmad924 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    Alhamdulillah mudah-mudahan gw jauh dari PMS, belum nikah dan nggak mau melakukan hubungan seks sebelum nikah...
     
  8. Offline

    patub30 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    128
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +24 / -0
    Yang menjaga aja bisa kena apalaggi yang sering jajan T_T
     
  9. Offline

    taklitik Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    181
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +43 / -0
    safety first kk :panda:
    sekarang kalo mo merit juga mesti ngurus kartu sehat
     
  10. Offline

    namsadin Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 23, 2009
    Messages:
    4,212
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +86,793 / -0
    semoga aq tidak kena yg kaya gituan, wah jadi tambah semangat untuk tidak melakukan dengan bukan istri yg sah...
     
  11. Offline

    gearbot13 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 21, 2009
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +611 / -0
    nice info gan
    wkowkwo

    kalau sampe kena bahaya
     
  12. Offline

    fay_ang Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    841
    Trophy Points:
    101
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +387 / -0
    :kuning: komen bt Mitos ke-1:bs aja nular lah! yang namanya ciuman kan sama aja tukar menukar kuman. apalagi oral! kuman mana pilih2 tempat. kalo yang nempel mulut ya hinggaplah dy di mulut... :yareyare:

    pil KB: hmm...mungkin di zaman kapan bakalan ada pil KB khusus buat cegah hamil n PMS.. :hahai:
     
    Last edited: Nov 5, 2009
    • Like Like x 1
  13. Offline

    CarbuncLe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 25, 2009
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +251 / -0
    wew kalau emang lagi apes bisa saja tertular sama orang yang terkena penyakit itu meski tidak pernah berhubungan seks dengan siapapun juga.. misalnya mungkin di WC umum.. bisa jadi terkontaminasi dengan tissue disana.. makanya saya paling anti dengan tissue di WC umum.. takut bekas terpegang (meski tidak disengaja) dengan orang yang terkontaminasi penyakit ini :hihi:
     
  14. Offline

    finoeci Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    2,363
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,493 / -0
    Waduh...mesti ati2 & selalu menjaga diri ni, ckckck, mudah2an gw ga sampe tergoda biar ga kena PMS...

    Mending jadi PNS aja de daripada ena PMS :haha:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.