1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Mitos tentang makanan dan minuman

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by ddesta, Nov 11, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ddesta Post Hunter Veteran

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    3,111
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +8,976 / -0
    Mitos tentang makanan dan minuman

    Cukup makan saat flu. Bila tidak, akan menyebabkan panas tinggi

    SALAH. Makan cukup tidak menjamin anda tidak akan demam. Demam merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk melawan kuman penyakit. Karena kuman yang memiliki suhu tubuh sebagai suhu optimum pertumbuhan akan terhambat 'operasi'nya saat tubuh kita demam. Panas tinggi maupun flu dapat menyebabkan kekurangan cairan. Ingat, flu tidak sama dengan selesma alias batuk-pilek(+demam)! Minum banyak cairan seperti air putih dan jus buah segar dapat membantu mencegah dehidrasi. Pada saat terkena panas tinggi maupun flu, sangat baik untuk tetap makan teratur. Kekurangan gizi dapat memperlambat kesembuhan.

    Satu jam sesudah makan baru boleh berenang

    SALAH. Tidak perlu menunggu satu jam sesudah makan baru masuk ke dalam kolam renang. Bagaimanapun, dianjurkan agar menunggu pencernaan selesai bekerja, terutama bila Anda makan makanan berlemak dan berniat untuk berenang agak lama dengan mengerahkan seluruh tenaga. Juga disarankan untuk tidak berenang sambil memakan permen karet atau makan karena dapat menyebabkan "shock". *hehe, shock karena keselek kali ya?*

    Kopi menghambat pertumbuhan

    SALAH. Kopi (kafein) memang tidak berpengaruh pada pertumbuhan anak. Namun sebaiknya jangan masukkan kopi dalam daftar diet (pola makan) anak-anak. Kafein dapat menghalangi / mengurangi efisiensi penyerapan kalsium dan bahan nutrisi yang lain.

    Ikan merupakan makanan yang baik bagi perkembangan otak

    BETUL. Ikan merupakan sumber asam omega-3 yang baik yang ditemukan sebagai makanan penting bagi fungsi otak. Namun demikian, ikan-ikan tertentu mempunyai kandungan merkuri (raksa) dalam jumlah yang dapat berefek buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, disarankan agar wanita hamil atau sedang menyusui mengurangi serta membatasi konsumsi ikan tuna, ikan todak (apa ini ya?), dan ikan hiu. (hmm, sepertinya makan ikan hiu agak tidak umum ya di Indonesia? kecuali di restoran masakan Cina mungkin)

    Cokelat sebabkan jerawat

    BETUL… dan SALAH. Penelitian membuktikan bahwa tidak ada makanan yang spesifik sebagai penyebab jerawat. Makanan tertentu dapat menyebabkan jerawat bagi orang-orang tertentu. Misalnya, ada yang berjerawat sesudah makan coklat, sementara orang lain justru berjerawat setelah minum kopi berlebihan. Jadi, sebaiknya perhatikan makanan atau minuman apa yang menimbulkan jerawat dan hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

    Makanan pedas dapat menyebabkan bisul

    SALAH. Pada orang-orang tertentu, makanan pedas dapat memperburuk gejala bisul mereka, tetapi makanan pedas tersebut bukan penyebabnya. Infeksi bakteri atau penggunaan obat analgesik yang berlebihan, seperti aspirin atau obat antibiotik, dapat merupakan penyebabnya.

    Makan wortel dapat memperbaiki penglihatan

    SALAH (!!). Mitos ini dimulai pada perang dunia kedua ketika badan intelijen Inggris menyebarkan gosip bahwa penglihatan pilot mereka sangat baik di malam hari karena mereka makan banyak wortel; mereka tidak mau tentara Jerman tahu bahwa mereka menggunakan radar! Wortel dan sayuran lain yang mengandung vitamin A kadar tinggi dapat membantu menjaga mata yang sehat, tetapi memakannya lebih dari yang direkomendasikan tidak berpengaruh memperbaiki penglihatan. (waah… gosip yang populer!)

    Mitos tentang kondisi kesehatan

    Keluar rumah dengan rambut yang masih basah bisa sebabkan pilek.

    SALAH. Cuaca dingin dan rambut basah tidak menyebabkan pilek atau influenza. Viruslah penyebabnya. Orang-orang cenderung terserang pilek dan flu lebih sering pada musim dingin atau musim hujan, karena virus tersebar lebih mudah di udara kering. Udara kering, baik di dalam maupun di luar ruangan (yang berarti ruangan ber-AC), dapat menurunkan ketahanan seseorang terhadap infeksi.

    Membaca dengan lampu yang temaram dapat merusak mata

    SALAH. Membaca dengan cahaya lampu yang temaram memang tidak berbahaya. Namun cahaya yang baik dapat membantu mencegah mata cepat lelah dan membuat membaca lebih mudah.

    Terlalu banyak menonton televisi dapat merusak mata

    SALAH. Menonton televisi tidak merusak mata (tidak peduli seberapa jauh jarak dari televisi), walaupun terlalu banyak menonton televisi dapat memberi pengaruh buruk pada anak-anak (secara psikologis). Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang menonton televisi lebih dari 10 jam seminggu cenderung kelebihan berat badan (mungkin karena kurang gerak tapi makannya ngga berkurang), agresif, dan lambat mengikuti pelajaran di sekolah.

    Bila Anda menjulingkan mata, maka mata Anda akan tetap juling

    SALAH. Menjulingkan mata tidak menyebabkan mata juling selamanya. Mata juling disebabkan oleh gangguan pada garis mata. (dijamin salah, aku pernah coba dan ngga jadi juling beneran kok )

    Mengisap jempol dapat menyebabkan gigi maju (tonggos)

    BETUL, dan SALAH. Mengisap jempol sering dimulai sebelum lahir dan umumnya tetap berlangsung sampai usia 5 tahun. Mengisap jempol tidaklah berbahaya bila anak-anak berhenti melakukannya pada usia 4 sampai 5 tahun. Namun, tetap disarankan agar orang tua tidak membiarkan anak-anak mengisap jempolnya sesudah usia mereka mencapai 4 tahun, karena pada saat ini, gusi, rahang, dan gigi tetap mulai tumbuh. Itulah sebabnya, di atas usia 4 tahun, ada kemungkinan mengisap jempol akan merupakan penyebab gigi maju.

    Menggigit ujung kuku dapat menyebabkan artritis.

    SALAH. Namun, kebiasaan menggigit ujung kuku cenderung menyebabkan tangan bengkak, melemahkan genggaman, dan dapat melemahkan fungsi tangan.

    Terlalu banyak mendengar suara bising dapat menyebabkan kurang pendengaran

    BETUL. Hanya dalam 15 menit mendengarkan musik yang keras dan nyaring, suara mesin, atau suara bising lainnya dapat menyebabkan kurangnya pendengaran dan tinnitus (apa ya ini?) yang bersifat sementara. Suara nyaring dapat menyebabkan gendang telinga bergetar berlebihan dan merusak selaput telinga. Mendengarkan suara nyaring terus-menerus dapat menyebabkan hilangnya pendengaran secara permanen...
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Feischmaker Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,021 / -0
    Really??? lalu bagaimana dengan radiasi warna yang dipancarkan CRT? Wew, this is maybe the most popular myths.. Even I got deceived...
    Can you give me some medical/technical references?
     
  4. Offline

    kurama013 Lurking Around Veteran

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,615
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,008 / -0
    BETUL tuh harusnya..
    khan ada sinar radiasi nya juga..
    kalo kedekatan nontonnya juga rusak..
    kalo kelamaan juga bisa merusak otot otot mata..
    so mana yg benar?
    :haha:
     
  5. Offline

    xterminator Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 24, 2008
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    Keluar rumah dengan rambut yang masih basah bisa sebabkan pilek.

    SALAH. Cuaca dingin dan rambut basah tidak menyebabkan pilek atau influenza. Viruslah penyebabnya. Orang-orang cenderung terserang pilek dan flu lebih sering pada musim dingin atau musim hujan, karena virus tersebar lebih mudah di udara kering. Udara kering, baik di dalam maupun di luar ruangan (yang berarti ruangan ber-AC), dapat menurunkan ketahanan seseorang terhadap infeksi.

    bisa masuk angin kale
     
  6. Offline

    meneng Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    435
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    tepat sekali, temenku yang alergi cokelat juga ngomong persis seperti di text, tapi klo ak gpp malah!!
    betul sekali, sejak kecil sudah kebiasaan, tapi ak gpp tuh!!
     
  7. Offline

    Arthuria Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    hooo tapi kopi kalo ama anak2 jadinya kan emang menghambat pertumbuhan dunk, secara dia menghambat penyerapan kalsium, sedang kalsium kan penting buat pertumbuhan
     
  8. Offline

    fakeacc Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    324
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +194 / -0
    ^
    ^

    mungkin maksudnya bukan menghambat secara langsung, makanya ada yang sering berpendapat, anak kecil jangan minum kopi, kopi minuman orang dewasa, gitu kali
     
  9. Offline

    bilabong Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 22, 2008
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +182 / -0

    katanya kalo ibu2 ngidam kopi anaknya bisa item.
    bener gak????
    kata tmn gw sih iya.:innocent::innocent:
     
  10. Offline

    Sunoe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,947 / -0
    tidak peduli seberapa jauh jarak dari TV???
    pake plasma ya...

    klo jerawat tu berhubungan ma emosi bener ga???
     
  11. Offline

    Sandykun Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    1,238
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,070 / -0
    Salah
    Demam disebabkan karena respon imun tubuh. Bukan makanan. :D


    Salah. Terserah aja mau berenang kapan. Tpi kalo berenangnya niatnya untuk ngecilin badan, ada baiknya gak usah makan dulu sebelum renang. Coz ntar yg digunain dalam energinya lemak kalo kita gada asupan karbohidratnya. jadi jangan makan dulu malah lebih baik...



    SALAH. Dan Benar.
    Untuk beberapa orang yang alergi mungkin bisa. Karena pada dasarnya jerawat itu proses peradangan. dan peradangan itu bisa ditimbulkan oleh alergi.

    Setujuu... :top:




    Salah. Wortel hanya sebagai penyedia vitamin A. dan vitamin A berfungsi utk "menjaga" kesehtan mata. Kalo mata udah rusak ya rusak lah.. makan wortel segunung pun gak bakal sembuh.. :p

    Btw, kelebihan asupan VIT A bisa nimbulin kulit jadi berwarna menguning.

    Setujuu! ^^



    Setuju. Gada salahnya ngebaca di lampu yang agak redup.. palingan cuma lelah mata doank.. gak bakal buta kok.. :D
     
  12. Offline

    whateva Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +10,369 / -0
    wah, wa baru tau kalo demam tuh mekanisme tubuh... soalnya dolo kecil diksi tau kalo makan kebnykan yg panas2 bs demam, kirain... :D
     
  13. Offline

    Satoru Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    1,085
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +453 / -0
    Bro, sumbernya darimana ya?
    Bagus jg isinya.
    gw mo nyebarin ke temen2 yg lain, tp butuh sumbernya, biar kredibel.
     
  14. Offline

    drake7 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,956 / -0
    nonton tv ga ngerusak mata?
    bisa kasih info lengkap ga bro, ini penjelasan gamblangnya dari mana.
    jangan sampe ketipu sama mitosnya info bukan mitos
    terus mata rusaknya kenapa, kalo ga karena baca dlm gelap dan nonton tv kebanyakan/jarak dekat???
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.