1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other mitos mitos mengenai handphone (HP)

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by noerone, Sep 26, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    noerone Beginner Members

    Joined:
    Feb 26, 2009
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +4,318 / -0
    [​IMG]

    Banyak anggapan yang dipahami masyarakat yang salah mengenai ponsel. Coba pahami lebih jauh ponsel di tangan anda.

    Sebagai benda elektronik, ponsel seringkali dianggap memiliki berbagai akibat. Karena digunakan secara masal, seringkali pengguna awam tidak memahami apa yang sebenarnya terjadi pada ponselnya, dan apa akibatnya yang mungkin bakal menimpa. Misalnya saja soal ponsel dapat memicu penyakit kanker. Padahal sampai saat ini masih terdapat beda pendapat diantara para ahli mengenal persoalan tersebut. Demikian juga pengertian. Nah, kita mencoba membedah beberapa mitos yang berkembang di masyarakat mengenai ponsel. Sekaligus menyajikan fakta agar kita dapat memahami dengan utuh ponsel di tangan.

    1.Mitos: Radiasi ponsel akan menyebabkan kanker
    Fakta: Berdasarkan penelitian radiasi barang elektronik memang dapat memicu aktifitas menyimpan berkembang sel, sehingga menimbulkan kanker. Tapi sampai saat ini belum ada penelitian yang memaparkan secara pasti ambang batas radiasi elektromagnetik yang masih diperbolehkan. Beberapa penelitian memaparkan bahwa pengguna ponsel memang mempunyai resiko lebih tinggi terkena kanker dibanding orang yang tidak menggunakan ponsel sama sekali.


    2.Mitos: Menggunakan SMS akan membuat ponsel lebih murah
    Fakta: Dengan adanya SMS maka terdapat berbagai pilihan komunikasi, selain voice. Karena beranggapan lebih murah, maka penggunaan SMS menjadi sangat mubazir. Misalnya kita saling mengontak beberapa kali menggunakan SMS. Anggap saja sebuah SMS dapat menyampaikan maksimal 3 buah informasi. Tetapi kita seringkali menggunakan SMS untuk menyampaikan hanya sebuah informasi saja. Nah, komunikasi SMS pendek yang terus menerus (saling berbalas), pada akhirnya akan lebih mahal ketimbang menggunakan suara. Dalam banyak kasus, sejak adanya SMS, tagihan terhadap penggunaan voice tetap, sementara penggunaan SMS juga meningkat. Artinya, secara tidak langsung SMS bukan merupakan substitusi dari voice, tetapi hanya menjadi komplemen saja.


    3.Mitos: Ponsel yang digunakan di POM bensin dapat menyebabkan ledakan
    Fakta: Sampai saat ini belum ada peristiwa ledakan di pom bensin yang terjadi akibat penggunaan ponsel. Sebenarnya larangan penggunaan ponsel di pom bensin lebih pada kekhawatiran akan merusak ponsel atau perangkat penera bensin yang sebagian besar sudah berteknologi digital.


    4.Mitos: Sinyal ponsel dapat mengganggu alat navigasi pesawat.
    Fakta: Menurut penelitian para ahli, sinyal ponsel dapat merambat melalui jendela kemudian keluar sampai pada antena pesawat dan dapat mengganggu radar, alat navigasi, dan lain-lainnya. Tapi, sampai saat ini banyak pengguna yang masih berhalo-halo tanpa mengganggu perjalanan pesawat, selama ponselnya masih bisa menangkap sinyal. Indikasinya, larangan tersebut diberlakukan agar penumpang lebih memilih menggunakan lyanan telepon yang disediakan pada pesawat terbang.


    5.Mitos: Ponsel internal antena sinyalnya lebih lemah
    Fakta: Letak antena dari sebuah ponsel tidak mempunyai pengaruh yang besar (yang terasa) terhadap kuat lemahnya sinyal. Hal-hal yang mempengaruhi sinyal pada antena adalah karakteristik antena itu sendiri, daya yang dikonsumsi, area dimana ponsel berada, serta kondisi baterai sebagai penopang ponsel menangkap sinyal. Artinya, meskipun diletakkan tidak menonjol apabila kualitas sinyalnya bagus, maka daya tangkap ponsel juga akan bagus.


    6.Mitos: Menggunakan handsfree mengurangi radiasi.
    Fakta: Radiasi ponsel memang tersebar paling kuat diseputar antena ponsel. Jika demikian, penggunaan handsfree akan membuat posisi ponsel jauh dari kepala, sebab ponsel tidak dilekatkan ke telinga. Artinya kekuatan radiasi tidak berkurang hanya berpindah lokasi pancaran maksimal saja.


    7.Mitos: Bila sering berponsel dengan kendaraan kecepatan tinggi baterainya cepat habis
    Fakta: Berponsel di atas kendaraan yang berkecepatan tinggi, secara otomatis akan membuat kita sering berpindah BTS (handover). Nah, biasanya saat perpindahan itu ponsel memerlukan energi lebih untuk memantapkan sinyalnya. Apalagi jika sinyal di wilayah tersebut tidak bagus, maka ponsel akan bekerja esktra mendapatkan sinyal untuk komunikasi. Sebetulnya, kekuatan baterai ponsel lebih bergantung pada kondisi sinyal di wilayah itu ketimbang pada kecepatan kendaraan. Kecepatan kendaraan akan berpengaruh pada kondisi perpindahan antar BTS yang mengangi ponsel tersebut.


    8.Mitos: Baterai Lithium lebih awet daripada Nicad dan NiMh
    Fakta: Baterai Lithium mempunyai tegangan 3,6 volt pada terminalnya, berarti mempunyai kekuatan tiga kali baterai NiMh. Lithium juga memiliki dua kali lebih banyak cadangan dayanya untuk setiap gram-nya dibandingkan baterai NiCad. Jadi bisa dikatakan baterai Lithium lebih awet ketimbang dua jenis baterai lainnya.


    9.Mitos: Menyalakan ponsel saat charging akan merusak baterai
    Fakta: Jika kita menyalakan ponsel saat charging, akan lebih memperpendek umur baterai. Jika ponsel tetap aktif selama charging, maka daya baterai tidak akan pernah maksimal terpenuhi karena selama ponsel aktif konsumsi daya terus berkurang. Apabila kondisi ini terus menerus terjadi, charging akan semakin sering dilakukan sehingga umur baterai akan lebih cepat berakhir dibandingkan apabila kita charging saat ponsel mati.


    10.Mitos: Semakin lama mencharge ponsel lebih tahan lama
    Fakta: Pada dasarnya charger ponsel terbagi menjadi dua macam, yaitu charger ‘cepat’ yang dapat mencharge sekitar 2 jam atau kurang dan charger dengan arus listrik yang lebih kecil sehingga proses pengisian baterai lebih lama. Lama atau tidaknya proses charging bergantung juga pada jenis charger dan kondisi baterainya, belum tentu lama men-charge lama pula bertahan.


    11.Mitos: Baterai ponsel punya lifetime
    Fakta: Setiap baterai ponsel ada lifetime atau masa hidup yang berbeda-beda tergantung kualitas bahan baterai tersebut. Masing-masing baterai akan mencapai titik tertentu dimana baterai tidak akan dapat digunakan/diisi kembali. Umumnya lifetime baterai sekitar 400 – 500 kali charger. Seandainya baterai ponsel ini ingin lebih awet, sebaiknya diisi apabila memang benar-benar sudah membutuhkan energi tambahan.


    12.Mitos: Berganti-ganti charger bisa merusak baterai
    Fakta: Sebetulnya tergantung dari kualitas dan spesifikasi charger itu sendiri. Charger yang paling baik adalah bila mempunyai sensor temperatur dan tegangan baterai sebagaimana timer. Apabila ponsel menggunakan charger dengan kualitas yang tidak sesuai maka sudah tentu masa hidup baterai juga jadi akan lebih singkat karena proses serta waktu charging menjadi tidak menentu.
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    fakkumod Beginner Members

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +225 / -0
    Iya nih, masalah radiasi kanker dari BB itu pernah gw tanyain ke dosen gw (gw anak kedokteran) dan menurut dia belum ada penelitian yang benar-benar menyatakan make BB bisa ampe menyebabkan kanker.. Gw msih agak ragu dan gw cari di jurnal-jurnal eh ternyata emang ga ada tuh..
     
  4. Offline

    noerone Beginner Members

    Joined:
    Feb 26, 2009
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +4,318 / -0
    yups betul gan,, setau ane sih klo penelitian ntu harus adanya pengujian dan analisa dulu....
    cz klo dari mitos yg ada kebanyakan bersumber dari teori-nya aja / cuma di atas kertas.... :fufufu:
     
  5. Offline

    Thira Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    6,234
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,898 / -0
    kalo soal battery,,,,,emang butuh perawatan yang bagus kalo mau awet :fufufu:
     
  6. Offline

    tanker77 Say My Name ! Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 30, 2011
    Messages:
    636
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10,173 / -5
    kalo boleh tau perangkat penera itu apa ya :lol:
    trus kerusakan penera tdi itu krn radiasi ponsel atau apa ?
     
  7. Offline

    blackyway22 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    2,003
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,389 / -0
    wah makasih infonya, sedikit ngerti dengan beberapa mitos yang jarang bisa dijelasin sama orang2 awam.. :niceinfo:
     
  8. Offline

    R3Qui3M Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    622
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,837 / -0
    Saya setuju dgn yg ini. Saya pernah smsan di pom bensin, tapi gak jg terjadi ledakan. Yg kedua, saya pernah lihat orang teleponan di pesawat di tengah2 perjalanan, tp pesawatnya gak kenapa2.. :peace:
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Ya betul, ternyata tidak ada masalah apa2 soal signal hape dan alat navigasi pesawat.

    Ada statementnya.

    Jadi, signal hape baru berbahaya kalo (pada pesawat yg posisi lavatorynya di depan) ada penumpang yg sengaja main2 ke dekat lavatory lalu membuka pintu kabin dan menjulurkan hapenya ke arah alat navigasi (which is impossible).

    Dari sini: http://www.airlinesafety.com/faq/cellphones.htm
     
  10. Offline

    liquidliquor Beginner Members

    Joined:
    Nov 25, 2009
    Messages:
    431
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +2,878 / -1
    penera itu yang buat mengukur liter bbm yang dikeluarkan dan harganya..
     
  11. Offline

    yudhis273 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    884
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,073 / -0
    saya pernah baca di majalah the economist, katanya sekuat apapun radio transmitter yg ada, sinyal radio ngga mungkin menyebabkan radiasi yg menyebabkab ionisasi, sampai terjadi kanker. kemungkinan yg ada, palingan cuma sedikit meningkatkan suhu dari jaringan tubuh (tissue).

    dan udah ada penelitian yg mengatakan ngga ada efek negatif dari menggunakan ponsel terhadap kesehatan manusia.
     
    Last edited: Nov 16, 2011
  12. Offline

    odjee Members

    Joined:
    Feb 13, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    hmmm ternyata larangan ber-HP dipesawat tak lebih dari bisnis yah... UUD
     
  13. Offline

    Hitori Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 15, 2010
    Messages:
    1,251
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +9,543 / -0
    yg ini bukan mitos
    hp bisa bikin orang jadi autis :fufufu:
     
  14. Offline

    nee_neetha Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +28 / -0
    kalo sms sekali doang murah lah gan daripada telponan :malu: apalagi kalo beda operator
     
  15. Offline

    clanalfian Silent Reader Members

    Joined:
    May 11, 2011
    Messages:
    141
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +5 / -0
    duuh yg ane sering lakuin sih ngecas hp pas hp masih nyala..n emang bikin hp cepet lobet
    tau" mlendung tuh batre
     
  16. Offline

    Rick_hardner Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    1,867
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,803 / -0
    paling ngeselin ini :panda:

    pasti ditegur pramugari kalo nyalain HP padahal gw dah alasan dah di offline n cuman dengerin musik :panda:

    masih disuruh matiin aja :panda:
     
  17. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    nah, yg bikin bingung lagi apa pula fungsi fitur "Flight Mode" di hape2 baru... :iii:
    Gw lebih sering liat orang pake fitur itu saat dia tidak mau diganggu atau saat meeting penting, mungkin lebih sering memang dipakai buat keperluan itu daripada di pesawat.
     
  18. Offline

    bad_ted Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    gw juga pernah ditegur pas di pesawat ...
    tapi gw cuek aja soalnya cuma dengerin musik aja & "Flight Mode" ...
     
  19. Offline

    Di4m0nD Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +88 / -0
    1.Mitos: Radiasi ponsel akan menyebabkan kanker
    Fakta: Berdasarkan penelitian radiasi barang elektronik memang dapat memicu aktifitas menyimpan berkembang sel, sehingga menimbulkan kanker. Tapi sampai saat ini belum ada penelitian yang memaparkan secara pasti ambang batas radiasi elektromagnetik yang masih diperbolehkan. Beberapa penelitian memaparkan bahwa pengguna ponsel memang mempunyai resiko lebih tinggi terkena kanker dibanding orang yang tidak menggunakan ponsel sama sekali.

    3.Mitos: Ponsel yang digunakan di POM bensin dapat menyebabkan ledakan
    Fakta: Sampai saat ini belum ada peristiwa ledakan di pom bensin yang terjadi akibat penggunaan ponsel. Sebenarnya larangan penggunaan ponsel di pom bensin lebih pada kekhawatiran akan merusak ponsel atau perangkat penera bensin yang sebagian besar sudah berteknologi digital.

    4.Mitos: Sinyal ponsel dapat mengganggu alat navigasi pesawat.
    Fakta: Menurut penelitian para ahli, sinyal ponsel dapat merambat melalui jendela kemudian keluar sampai pada antena pesawat dan dapat mengganggu radar, alat navigasi, dan lain-lainnya. Tapi, sampai saat ini banyak pengguna yang masih berhalo-halo tanpa mengganggu perjalanan pesawat, selama ponselnya masih bisa menangkap sinyal. Indikasinya, larangan tersebut diberlakukan agar penumpang lebih memilih menggunakan lyanan telepon yang disediakan pada pesawat terbang.
    setau gw 3 mitos ini yg paling banyak diomongin org..
     
  20. Offline

    razelawliet Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 19, 2012
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    lumayan lah buat nambah'' pengetahuan, btw itu yg no 3 ama 4 kyknya bakal jadi mitos doang ya:oghoho:
     
  21. Offline

    blue1985 Beginner Members

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +408 / -0
    3.Mitos: Ponsel yang digunakan di POM bensin dapat menyebabkan ledakan

    Itu video yang di yusuf, ponsel lagi melakukan penggilan deket kertas yang disirem bensin, kertasnya langsung kebakar
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.