1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Minyak Pelumas Jantung dan Otak

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by gusrus, May 12, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gusrus Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,429 / -0
    Ternyata bukan hanya kendaraan bermotor saja yang memerlukan minyak pelumas agar mesinnya senantiasa tokcer saat digunakan. Manusia pun membutuhkan minyak pelumas agar onderdil alias jeroan tubuhnya agar dapat berfungsi dengan baik dan minyak tersebut adalah senyawa Omega-3. Akhir-akhir ini banyak produk suplemen di pasaran yang mengklaim dapat menyuplai kebutuhan Omega-3 bagi tubuh. Tapi apa sebetulnya yang dimaksud Omega-3 itu dan apa manfaat dari keberadaan senyawa tersebut bagi kemaslahatan manusia?

    Omega-3 adalah asam lemak yang merupakan turunan dari asam lemak esensial linoleat dan lindenat sebagai prekursor(induk)nya. Tubuh tidak dapat membentuk sendiri asam lemak esensial dan harus memperoleh pasokan langsung dari asupan makanan. Selanjutnya prekursor masuk melalui sebuah proses tertentu dalam tubuh yang pada akhirnya menghasilkan tiga bentuk asam lemak Omega-3, yaitu LNA (asam alfa-linoleat), EPA (eikusa-pentaenrat) dan DHA (dokosa-heksaenrat). Lebih dari 60% Omega-3 diperlukan sebagai penyusun dinding sel neuron otak yang terjadi dalam masa 20-36 minggu kehamilan dan berakhir ketika anak mencapai usia 2 tahun. DHA yang tersisa selanjutnya menjadi unsur pembentuk wadah rhodopsin yang merupakan senyawa primer dalam proses penerimaan dan respon balik sinyal informasi dari mata ke otak. Kekurangan Omega-3 ditengarai dapat memicu terjadinya pendarahan otak, stroke, dan kematian sel otak pada bayi. Dalam kasus yang parah dapat beresiko lahirnya bayi cacat.

    Sementara itu pada orang dewasa, Omega-3 berfungsi sebagai stabilisator tekanan darah dan kadar kolesterol yang notabene faktor utama untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat lainnya adalah mempertahankan fungsi syaraf normal dan kekebalan tubuh.

    Ada dua cara untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan Omega-3 (Darwin Karyadi, 1998), yaitu mengkonsumsi suplemen dan pengaturan pola makan.

    Suplemen Omega-3 yang dijual bebas mayoritas memanfaatkan minyak ikan laut sebagai bahan bakunya. Ada tiga jenis ikan laut yang menjadi favorit produsen suplemen; yaitu ikan salmon, hiu dan cod. Minyak dari ketiga jenis ikan tersebut memiliki kekhasan masing-masing yang layak dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah merk tertentu. Minyak ikan cod misalnya, mengandung lebih banyak lemak jenuh dan kolesterol dibanding ikan salem dan juga sangat kaya vitamin A serta vitamin D yang bila dikonsumsi terlalu banyak bisa memforsir kerja hati. Sementara minyak ikan hiu (Squalene) berfungsi melancarkan peredaran darah dan membantu suplai oksigen dari darah ke otak. Sebaliknya minyak ikan salmon yang kaya EPA berfungsi memperlambat proses pembekuan darah.

    Namun perlu diperhatikan hasil penelitian para ahli yang mendapati fakta bahwa konsumsi suplemen secara terus-menerus dapat memicu terjadinya keracunan pada tubuh. Tubuh yang bau amis, gangguan pencernaan dan lambannya proses penyembuhan luka pasca operasi bedah adalah contoh efek fatal akibat konsumsi suplemen Omega-3 over dosis disamping obesitas serta kerusakan hati.

    Jadi, mengkonsumsi makanan segar yang merupakan sumber alami asam lemak esensial adalah alternatif yang lebih cerdas karena relatif lebih aman dan murah. Minimal 2-3 porsi menu ikan laut setiap minggunya dinilai telah mencukupi keburuhan 8 gr Omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk fungsi normal syaraf manusia. Ikan tuna, tongkol, cakalang, rumput laut, dan ganggang laut dapat direkomendasikan untuk menu harian yang kaya akan Omega-3 selain sayuran hijau serta minyak nabati.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    x1210x Beginner Members

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +739 / -0
    klo di supply pake minuman gt sama aja ga bro?
     
  4. Offline

    a_wa Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    suplemen tuh tambahan makanan, bukan pengganti makanan. :awas: diperlukan kalo emang kita ngga bisa memenuhi AKG harian nutrisi buat tubuh kita. kalo emang bisa memenuhi AKG harian pakai real food, ya ngga perlu.
     
  5. Offline

    myth73 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,370 / -0
    Kayaknya koq berat banget buat anak kost nih, bisa makan aja udah syukur.
    tapi kalo dipikir2, semestinya mahasiswa menjadikan ini sebagai menu utama...
     
  6. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,160 / -0
    Setuju brader, yg penting sich ikan laut, karena itu memang sumber utamanya omega 3...
    Yg bener2 harus tercukupi kebutuhan omega-3nya itu anak2 dan janin/bayi yah... Karena dalam 2 tahun pertama otak sedang tumbuh dengan pesat dan membutuhkan nutrisi2 penting, termasuk omega 3 ini :piss:
     
  7. Offline

    nunu1234 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    491
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,251 / -0
    tubuh setiap hari butuh berapa banyak omega 3 nya?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.