1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Education Minta Saran: Yang anda lakukan ketika terancam DO (Drop Out)

Discussion in 'CurHat' started by zillagod7, Jun 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    zillagod7 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +22 / -0
    Buat temen2 yang udah kena pada deadline DO ato siapa saja yang bisa bantuin.. saia mo minta saran nih....

    BEGINI CERITA-NYA:
    A long time ago in the Galaxy, far, far away... (eh bukan ding... ini mah opening-nya STAR WARS) :hahai:

    setelah lulus SMU saya masuk Universitas Negeri X pada satu jurusan yang saya sukai, sebenar-nya ortu saya waktu udah mendorong saya untuk masuk jurusan pilihan mereka yaitu ekonomi saja. tapi saya memilih pilihan saya sendiri, karena sepupu saya pernah keluar dari tempat kuliah-nya karena tidak cocok dengan jurusan yang dipilih-kan ortu-nya... saya paham maksud orang tua saya karena bagaimanapun suatu saat saya pasti berurusan dengan yang nama-nya ekonomi tapi waktu itu saya benar2 ingin belajar sesuatu yang saya sukai dan berpikir kalau saya akan lebih enjoy kalau saya belajar hal yang saya sukai tersebut...

    setelah masuk satu semester saya agak terkejut dengan kegiatan perkuliahan di Universitas Negeri X, karena kehidupan mahasiswa ternyata sangat tidak nyaman dan tidak seperti waktu Sekolah dulu, yang menjadi masalah dalam kehidupan perkuliahan saya:

    beberapa dosen tidak disiplin waktu, mereka jarang hadir dalam perkuliahan dan tidak pernah ada asisten dosen parah-nya dua minggu terakhir sebelum perkuliahan selalu ada tugas yang selalu banyak sebagai syarat Ujian akhir......

    Ilmu yang saya dapat dalam perkuliahan cuma pengetahuan dasar, bahkan saya merasa tidak mendapat apa-apa selama berkuliah di Universitas tersebut...... Ilmu-ilmu yang saya dapat selama bekuliah kebanyakakan saya terima dari luar perkuliahan. Memang ada beberapa dosen yang menguasai bidang ilmu-nya tapi kebanyakan dosen mengisi kuliah hanya dengan cerita sehari-hari, Presentasi... konsultasi...dan tentu saja Tugasyang buanyak!!! kadang2 saya bertanya-tanya kapan dosen tersebut akan membagi ilmu-nya...(apa kuliah itu cuma untuk datang ke kampus dan mengerjakan tugas?) padahal dosen-dosen di universitas saya memiliki prestasi yang baik di luar kampus namun entah mengapa, mereka seperti-nya tidak cocok sebagai pengajar....

    sebagian besar masalah utama perkuliahan di fakultas saya terletak pada dosen........
    ada beberapa dosen yang "bermasalah" di mata saya yang menyebabkan saya tidak respect pada beliau:

    • dosen bermasalah pertama terlalu sering berkutat dengan urusan keluarga-nya punya banyak anak, sering cuti hamil dan jarang mengajar pada perkuliahan-nya, yang paling menyebalkan adalah waktu beliau beralasan tidak mengajar karena hujan padahal beliau masih ada di areal kampus......
    • ada satu dosen yang tidak bisa ngomong.... bicara-nya terbata-bata dan materi perkuliahan-nya susah diterima, sebenar-nya ada sesi tanya jawab setelah perkuliahan tapi apa guna-nya kalau gaya bicara-nya saja tidak bisa didengarkan dengan baik.....
    • Dosen yang lain sebenar-nya selalu rajin mengajar beliau selalu datang tepat waktu tapi perkuliahan-nya terlalu banyak diisi dengan humor yang tidak saya mengerti, kadang-kadang suka tidak fokus dan mengganti topik perkuliahan dengan humor garing yang padahal tidak satu mahasiswa pun dalam kelas tersebut tertawa.... what for???
    • ada lagi dosenyang tidak mengajar kalau tidak dihubungi mahasiswa terlebih dahulu....
    • atau dosen uzur yang sudah pikun yang saya sarankan segera pensiun karena suka lupa memberi nilai pada mahasiswa-nya......
    • Dosen nomaden yang sering pindah-pindah tempat perkuliahan, seminggu sekali ganti tempat mengajar sekali tidak masuk hilang-lah sudah.... parah-nya beliau sangat sulit dihubungi.....
    • atau dosen pelit yang fotokopi-an perkuliahan-nya dijual seharga Rp 25.000 (idih amit2...)
    • atau ada dosen yang memberi nilai secara random....:hahai:
    • di kampus saya Dosen Killer bahkan lebih dihormati daripada dosen2 tersebut di atas.....
    • dan parah-nya dosen2 killer tersebut belakangan malah sibuk belajar lagi ke jenjang S2 dan yang tertinggal di kampus cuma dosen2 kroco di atas...

    aneh-nya tidak satu-pun mahasiswa yang ada di fakultas tersebut tergerak untuk melakukan protes......

    mahasiswa angkatan saya yang masih "waras" hampir separuh-nya sudah meninggalkan kampus dengan keputusan sendiri.....

    kehidupan perkuliahan yang seperti ini membuat saya tidak nyaman dan mengajukan rencana keluar dari kampus tersebut pada semester kedua tapi masalah-nya orang tua saya menuntut saya untuk bertanggung jawab dengan pilihan saya dan mau tidak mau harus melanjutkan kehidupan perkuliahan yang sudah tidak nyaman tersebut.....

    akhir-nya saya melanjutkan kuliah hanya dengan niatan untuk mendapat Ijazah sebagaimana tuntutan orang tua saya.... jam-jam yang saya habiskan saat perkuliahan selalu tidak menyenangkan, dua jam perkuliahan saja terasa seperti seminggu.... pada masa-masa tersebut saya pernah depresi berat dan mengurung diri di kamar selama tiga minggu.....

    sekarang saya sudah berada di ambang batas akhir perkuliahan dan belum juga menyelesaikan perkuliahan..... apalagi teman-teman seangkatan saya sudah pada lulus.... ditambah lagi tuntutan orang tua saya untuk menyelesaikan kuliah atau keluar saja....(ditambah embel-embel malu omongan tetangga) padahal kalo keluar sekarangpun pasti sudah terlambat...... parah-nya lagi sebentar lagi adek saya mo kuliah juga dan orang tua saya takut tidak bisa membiayai biaya kuliah kami berdua.....

    saya bingung musti gimana mohon bantuan ide, solusi dan pencerahan-nya...PLZ. ato mau di sukur-sukurin juga gak pa pa, saya sudah gak tau mau mikir apa nih.....:hulk:
     
    Last edited: Jun 16, 2010
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    hidayato Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,046
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +14,640 / -0
    ini berarti kamu dah sebentar lagi lulus yah?? Klo gitu yah kerjain aja semaksimal yg kamu bisa toh sebentar lagi juga lulus

    Kuliah saya juga sama, ga enjoy karena dosen2nya pada makan gaji buta :ngeselin: . Ada 1 dosen yg enak ngajarnya tp ga nyambung sama materi ujian. Ada juga dosen yg baik tp ngajarnya ga becus. Ada yg masuknya sebulan sekali, dll......

    Rata dosen saya memang kyk gitu
     
  4. Offline

    silverkhingz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    2,770
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +26,733 / -0
    wah ribet juga kasusnya ene, ketemu fakultas yg kagak bener

    kalo menurut pendapat saia sih, kalo udah deket" dg 'tamat'(sem2 akir) ya dipaksa" apa boleh buat -> demi ijazah

    habisnya mau gmana lagi, ketimbang udh buang2 brapa tahun n gada ijazah ama sekali

    btw ene di judul ama isi kok rada ga nyambung ya, saia sih berdasar judulnya, menangkap bahwa maksud
    yg di bold tuh kayak udah di 'batas maksimal' waktu perkuliahan ?? (kalo S1 max 7th kan)

    tapi ene agak membingungkan juga, bukan saia nge judge ya, cuma di sini agan kesannya 'menyalahkan' dosen" yg ga kompeten (wajar seh ini), cuma agan sendiri kenapa bisa di ujung DO ??
    gara" sering bolos?
     
    Last edited: Jun 17, 2010
  5. Offline

    zillagod7 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +22 / -0
    wow!.... thanks atas masukan-masukan-nya......
    sori kalo judul-nya gak nyambung saia emang udah kayak orang bingung sekarang.....:hot:
    kalo masalah bolos udah saya jelasin di-atas toh kalo saya emang udah gak nikmat lagi ngejalanin kuliah jadi apa boleh buat.....
    tapi maksud saya bolos itu begini ... saya datang ke kampus tepat waktu..... dosen saya ternyata belum pada pada datang..... saya tunggu 1/2 jam belum ada tanda2 dateng.... mo dihubungi juga habis2in pulsa toh klo dia niat ngajar mesti-nya kan dateng dengan sendiri-nya tanpa nungguin mahasiswa-nya, trus 1 jam nunggu saya bosen juga dan akhir-nya pulang.... dan cerita-nya beberapa menit setelah satu jam itu ternyata beliau-nya baru dateng dengan alasan barusan jemput anak-nya sekolah dan kuliah berlanjut seperti biasa dan tentu saja saya tetep dihitung absen....
    yang jadi pertanyaan saya.... kenapa jadwal kuliah gak digeser saja kalo pada jam tersebut dia musti jemput anak-nya? saya mo nanya begitu tapi takut beliau-nya tersinggung lagian jemput anak playgroup dalam satu kota aja makan waktu 1 jam? gak ada jemputan sopir? anak-nya sekolah di gunung? entahlah.....
    kasus dosen yang satu ini saia ambil karena dia yang paling banyak mendominasi perkuliahan di kampus saia:panik:
     
    Last edited: Jun 17, 2010
  6. Offline

    hidayato Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,046
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +14,640 / -0
    yah seperti yg saya bilang sebelumnya, dosen2 kyk gitu namanya dosen yg makan gaji buta :muntah:
    mereka sukanya cari2 alasan klo ga masuk ato terlambat masuk.

    Cara yg paling jitu klo dosen blom masuk, yaitu ngobrol atau maen sama temen.
    dengan begitu klo ada info2 yg kita ga tau jadi tau, dan klo ada mata kuliah yg ga ngerti bisa ditanya
     
  7. Offline

    shabutaro Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 7, 2008
    Messages:
    2,666
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,225 / -0
    yg ini pasrah aja deh... :swt: atau kamu ngomong ke dekan/prodi/rektoral

    saya juga pernah dapet dosen yg ga jelas bicara-nya (bawaan dari kecil mungkin). tapi jelasin-nya enak...
    ini juga ngomongkan ke dekan/prodi/rektoral dong... :swt:

    kuliah ga hanya share ilmu, bro..
    aku juga kadang dapet matkul yg dosennya ngajarnya ga niat. tapi dia nilainya 'nyaman' :haha:

    sama :lol:
    jangan2 dosen yg sama :nongol:

    ada batasannya pensiun kan?

    ini yg ga enak sama sekali. hubungi, konsultasi dengan doli, atau fakultas/rektoral to...

    :voodoo::voodoo::voodoo:

    sama juga. jangan2 kita satu dosen :lol:
    dosenku nilai random, tapi minimal 70 :top:

    nasibmu.... :sepi:
     
    • Like Like x 1
  8. Offline

    avalokitesvara Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +592 / -0
    namanya jg perkuliahan bro;

    kl aku kasih saran ke kamu ya; balik lagi:

    1. tetap fokus ke kampus yg tinggal dikit lagi beres;
    2. sambil cari2 pekerjaan ang sesuai; kl misalnya dapat dan mereka ga butuh sertifikat kelulusan ya lanjut aja ^^

    have fun ^^
     
  9. Offline

    hives Silent Reader Members

    Joined:
    May 16, 2009
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    saya jg sempet nih bro terancam di DO dan di univ negeri juga..
    waktu itu sih caranya cuman belajar aja mati2an.. terus berusaha buat ngejer target minimal biar ga kena DO..
    masalah dosen yang semena - mena sih emang susah deh ngatesinnya, mau di protes juga biasanya dia malah marah, drpd mahasiswanya kena nilai sensi jadi yah mungkin memang mereka memilih diam aja
    kalo udah ketemu dosen kaya gini kita yang harus mati2an menyesuaikan diri..
    jadi intinya jangan tenggelam dalam kebingungan bro hadepin aja semuanya, sayang banget kalo usaha bro selama ini harus dilepas gitu aja dengan menyerah.. bro pasti bisa !
     
  10. Offline

    Cybil Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 28, 2010
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +87 / -0
    Saran gw :

    Sebaiknya sih memang tetap fokus kemata kuliah yang sekarang,,coba dikejar biar bisa cepet-cepet lulus. Memang sistem perkuliahan kadang-kadang absurd dan terlalu kontradiktif sama masa sekolah tapi ya itu bagian dari proses jadi diikutin aja, kadang-kadang memang lebih baik ikut arus daripada coba-coba rebel dan jadinya malah ga sesuai keinginan. Terus setelah itu baru pilih mata kuliahan yang bener-bener disuka, walaupun harus ngulang biarin aja yang penting senang daripada dibikin menderita. Fighting! :)
     
  11. Offline

    halakbatak Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    4,421
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +416,822 / -0
    kalo masih bisa diselamatin sih mendingan tetep fokus ama sisa2 kuliah...
    tapi kalo udah parah mendingan mengundurkan diri daripada di DO...

    cuma mau ngasih tau aja neh...
    kata senior2 gw yang udah lulus, seberat apapun dunia kuliah lw, lebih berat lagi yang namanya dunia kerja.

    btw, nih thread seharusnya masuk SF curhat...
     
  12. Offline

    xaea Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 17, 2008
    Messages:
    1,519
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +14,806 / -0
    kalo emang dosenĀ² tu gak bisa diandelin, coba cari jalan laen. belajar bareng temen, baek yang setingkat atau adek tingkat. jangan takut malu. bagaimanapun juga, masuk ke jurusan ini adalah pilihan lu sendiri, lu harus tanggung jawab
     
    • Like Like x 1
  13. Offline

    leprotto Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 13, 2009
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +35 / -0
    hmmm,
    kalau mnurut saya, perkuliahan itu memang tidak sama seperti jenjang sekolah, smua yg kamu rasakan itu lah perbedaannya,
    perkuliahan itu jalan menuju dewasa, dimana sudah disiapkan sebelumnya si SMA
    menuju dewasa itu artinya tidak lagi kita harus 'menerima' dari orang lain, kita harus mencari , menemukan , dan mungkin 'memberi' pada orang nantinya (dalam hal perkuliahan ini, ilmu salah satunya)
    jadi di dunia perkuliahan memang dosen2 tidak selalu harus selalu memberi sesuatu ke mahasiswa, tapi mahasiswa yg harus mencari,
    jadi sebenarnya mahasiswa/i harus lebih banyak berbicara daripada dosen mereka,
    dosen hanya membimbing, (dan memberi nilai yg jelas XD)
    jadi kalau seperti yg kamu bilang ada dosen yg bicaranya ga jelas, sebagai mahasiswa , harusnya langsung tanya aja sampai jelas, apalagi kalau semua teman2 di kelas juga merasa sama
    saran sih, lanjutkan saja, apalagi itu pilihan sendiri, memang terasa berat, tapi kamu kan ga sendiri kuliah, ada temen2 juga :)
    lakukan yg kamu mau, tapi pertimbangkan juga apa yg harus kamu lakukan :D
     
  14. Offline

    daigo_madoka Beginner Members

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +445 / -0
    Mungkin kalo bicaranya nggak jelas masih bisa di tolerir, tapi kalo sampe suka telat?
    Dari yang TS bilang, ada dosen yang nggak kuliah gara2 hujan, padahal masih di area kampus. <<--- ini mah keterlaluan banget. Ada lagi dosen yang nggak ngajar kalo nggak ditelepon mahasiswanya dulu. <<--- WTF...?

    @TS: Keknya salah pilih kampus deh bro. Kampus saya sama sekali nggak gitu.
    Sory, bukannya menjelek2an, tapi kesannya dosenmu emang cuma makan gaji buta sama nggak tanggung jawab.

    Contohnya aja sih, dikampus saya kalo dosen telat lebih dari 15 menit, mahasiswanya boleh ke bagian akademik buat absen, trus dosennya wajib mengadakan kuliah pengganti. Dosennya juga nggak perlu ditelpon2 buat ngajar, toh mereka dibayar emang buat itu.

    Saran saya sih coba aja berusaha selesaikan kuliahnya sungguh2 sekarang. Mungkin masih sempat. Semangat bro. :piss:
     
  15. Offline

    zillagod7 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +22 / -0
    makasih guys.... atas masukan dan saran-nya yang "mendorong" semua, paling nggak membantu saia untuk berusaha lebih keras semester berikut-nya.....

    sebenar-nya saia juga udah capek banget ngurusin perkuliahan yang gak bener kayak gini.... niat memperbaiki diri untuk lebih kuat sih selalu ada tapi klo pembibing-nya aja udah pada kayak gini miris juga..... semoga kali terakhir ini semua-nya lancar.....

    BTW, sori klo salah post, klo berknan tolong dipindahin juga gak papa....
     
  16. Offline

    luminairateic Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    352
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +21 / -0
    saya coba kasih saran ya bro, tapi saya coba yang rada kasar deh :lol:
    maap juga kalo di masukin kategori flame...

    itu yang namanya gak niat bro ! jangan nyalahkan dosen aja...
    mungkin pilihan yang bro ambil waktu pilih tempat kuliah ataupun jurusan salah... tapi itu pilihan yang bro ambil sendiri !
    pilihan yang menyerukan pada diri bro sendiri "saya sudah harus berpikir dewasa, saya harus ambil pilihan sendiri !"
    itu bagus bro !!!
    coba waktu itu bro ambil pilihan ortu bro, bro pasti kepikiran sama cita0cita yang bro tinggalin...
    bro termasuk orang yang berani !! jarang ada orang yang ambil keputusan di usia semuda itu, kebanyakan ikut ortu aja...
    bro orang yang berani !!
    sekarang jangan jadi penakut dengan seperti ini dengan mengatasnamakan dosen yang ga becus !!!
    buktikan sama semua orang kalo bro udah buat keputusan yang benar !
    jangan sesali keputusan brother...
    masih ada waktu, kejar cita-cita brother !!! dengan cara apapun !!!
    walaupun harus nyeret dosennya buat ngajar brother !!!
    biarin dosennya mau ngerasa gmn, yg bro butuh sekarang bukan dosennya !!!
    yang brother butuh itu ilmu nya dia dan ijasah !!!
    kalo alasannya anaknya... tawarin dia jasa jemput anak nya skalian... yang pnting bro bisa belajar...
    saya yakin kalo bro melakukannya dengan menancapkan harapan dan cita" di kepala brother...
    brother akan melakukannya dengan ikhlas dan enjoy...
    hilangkan semua beban dan pikiran buruk... tancapkan 2 hal saja !!!
    "ilmu dan lulus"
    saya yakin brother bisa mengingat brother adalah orang yang berani mengambil keputusan !!!

    note :saran saja, coba pulang ke rumah ortu (kalu kost) dan minta doa restu mereka apapun yang terjadi nanti!!!


    BROTHER BISA!!!!
     
  17. Offline

    azkhaz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    2,210
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +121,600 / -1
    Menurutku mending dilanjutkan aja bro, karena sudah hampir selesai, soal setelah itu pasti ada jalan lain.. yang penting berusaha dan berdoa.. :piss:
     
  18. Offline

    zillagod7 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +22 / -0
    hahaha.... dosen-nya ditarik? bisa aja..... pengen-nya malah digantung sekalian kok bro.....:hahai:
    yah.... saya ga ada maksud melimpahkan masalah ke orang lain lho..... cuman saya udah mentok sebel-nya sama kondisi perkuliahan yang gak sehat.... masa dateng kuliah cuman nungguin dosen, nongkrong sambil jelek2in dosen nambah2in dosa aja......
    semester kemaren parah sih... masak 3 minggu pertengahan semester banyak dosen absen.... (LVUP dari yang dulunya sering terlambat sekarang sering absen....)
    tapi krn emang udah jadi tanggugan gw toh... bener kata bro itu semua dah jadi pilihan saia...
    apa lagi pas ini kan musim SNMPTN nih kayak-nya bakal nambah "calon korban" baru nih, di fakultas saia.....
     
    Last edited: Jun 19, 2010
  19. Offline

    crumclimax2 Senpai Moderator

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    5,953
    Trophy Points:
    236
    Ratings:
    +59,596 / -0
    Klo diliat dari deskripsi dosen2 koq sama seperti dosen2 saya ya? jangan2 kita satu kapal :lol:
    saya juga bernasib seperti kk koq :malu: juli tgl 30 dah harus ujuan skripsi padahal seminar proposal aja belum :malu:

    saran saya sih (sedang dilakukan sekarang)
    maju terus pantang mundur dan pasang muka beton :lol: pasang muka melas ke kaprodi, enaknya gimana, kaprodi saya enak sih untungnya, angkatan akhir diberi kemudahan dikit :haha:
    cuman yg bikin jengkel saya itu kajurnya. minta dibunuh ni orang :voodoo:
     
  20. Offline

    heartnetz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    572
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,536 / -0
    lebih baik kmu segera pindah perguruan tinggi....
    klo masih suka dgn jurusan yg lama d transfer aja nilai2 IPK ny... jdi kmu tetep bs trus kuliah n gak ngulangi lgi mata kuliah2 yg sudah d lewati...
     
  21. Offline

    articuzwolf Senpai Super Moderator

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    7,936
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +40,915 / -1
    Namanya juga kuliah, pasti ada aja yg kyk gitu...rata2 dosen itu nyambi apa gitu

    Gw gatau jurusan nya sih bro, tapi kalo saran gw sih pindah aja ke univ yg lain...

    Pindah yg ke lv nya lebih tinggi dan terjamin (UI, ITB, atau beberapa universitas swasta juga banyak yg bagus, tergantung jurusan)

    Dulu gw di ITB walaupun ada yg kayak gitu tapi sebagian besar dosennya bertanggung jawab kok (bukan maksud sombong cuma ngasih perbandingan)

    Mumpung masih muda, masih ada kesempatan buat nge-restart...jangan sampai nyesel ntar udah tua

    Inget bro! :awas::awas::awas:

    Tujuan lu kuliah itu buat diri lu sendiri dulu, bukan buat orang lain! nyenengin orang tua itu datengnya nomer dua atau sekian...

    gimana mau nyenengin orang tua kalo hidup sendiri aja ga bener, orang tua juga pasti ga seneng lah kalo liat anaknya gagal!

    Kalo masih semester 2 sih masih sempet restart, atau semester depannya bisa dipake buat belajar masuk universitas bagus ato cari2 beasiswa ke luar negeri!

    Tapi yg serius loh, jangan malah maen :lol:

    cuma saran aja sih, sisanya tergantung lu...

    Good luck
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. melanjutkan kuliah setelah di do

    ,
  2. kuliah lagi setelah drop out

    ,
  3. transfer menghindari drop out kuliah

    ,
  4. apa yang harus di lakukan ketika jamu di do dari kampus,
  5. di do kuliah trus di usir,
  6. ketika anda mau di drop out apa yang,
  7. jika saya di do kuliah

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.