1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Michael Jackson dan "Child Abuse"

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by selfrit, Jul 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    selfrit Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +530 / -0
    Dikutip dari artikel kompas tentang michael jackson
    inilah pandangan dr Nalini Muhdi, psikiater Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga tentang luka batin MJ serta hipotesis tentang kematian MJ

    Cinta, gelombang kasih yang tulus hingga usia tengah abad/selebihnya hanya kau yang tahu....

    Mungkin hanya kebetulan saja penggalan lirik lagu "Tembang Lestari" karya Leo Kristi di atas seolah mengingatkan kita pada nasib tragis mahabintang Michael Jackson yang tewas pada usia yang baru saja lewat setengah abad. Lagu ini dinyanyikan dengan amat indah oleh Berlian Hutauruk dan pianis Yockie Suryoprayogo di Bentara Budaya Jakarta, Senin (29/6) malam. Sayangnya, lirik ”lanjutkan usiamu, lanjutkan semangatmu...” tidak berlaku lagi Jacko....

    Hingga kini penyebab kematian Michael Jackson (MJ) masih simpang siur. Jaringan televisi Fox hari Minggu petang melaporkan bahwa MJ meninggal karena henti jantung (cardiac arrest), diduga akibat ia meminum secara cocktail atau sekaligus tujuh jenis obat-obat keras yang harus diresepkan dokter. Tiga di antaranya adalah narkotik analgetik (penghilang rasa sakit), yaitu Demerol, Dilaudid, dan Vicodin. Empat obat lainnya masuk kategori antidepresan, antitukak lambung, relaksan otot, dan sedatif.

    Menurut pakar farmakologi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr Rianto Setiabudhi, tiga jenis narkotik analgetik yang dikonsumsi MJ seharusnya tidak menimbulkan efek melemahnya denyut jantung hingga henti jantung, hanya menimbulkan depresi napas dan efek sedasi (mengantuk). Namun diakuinya, Demerol (yang mengandung meperidin), Dilaudid (hidromorfon), dan Vicodin (hidrokodon parasetamol) dapat menimbulkan adiksi (kecanduan).

    ”Mungkin Michael Jackson menderita nyeri tubuh yang kita belum tahu di mana sehingga ia meminum tiga jenis narkotik penghilang rasa nyeri itu sekaligus. Ia mungkin juga menderita depresi, dan henti jantung justru kemungkinan besar ditimbulkan oleh antidepresan yang diminumnya,” tutur Prof Rianto. Antidepresan mengakibatkan denyut jantung MJ memanjang dan aritmia ventrikel atau bilik jantung berdenyut tak teratur, hingga tiba pada suatu situasi yang disebut torsade de pointes atau irama denyut jantung melambat dan berakhir dengan henti jantung.

    Fatamorgana

    Nasib tragis dan kematian MJ seolah mengulang cara kematian maharaja rock ’n roll Elvis Presley karena overdosis obat-obat penenang. Kebetulan MJ menikahi putri tunggal Elvis, Lisa Marie Presley, tahun 1994-1996. Kepada Lisa Marie, MJ pernah menyatakan kekhawatirannya akan meninggal mendadak seperti Elvis. Sungguh semacam self-fulfilling prophecy atau nubuat yang tergenapi dengan sendirinya....

    Menyibak sebab musabab kematian MJ, tak bisa tidak, kita harus menelusuri masa kecilnya. Kuat dugaan, luka batinnya akibat child abuse yang dilakukan ayah kandungnya, Joseph Jackson, justru lebih serius ketimbang sakit fisiknya. ”Kita mesti melihat Jacko dari masa kecilnya. Dari film biografi keluarga Jackson, kita dapat menyimak sedikit psikodinamika kehidupannya,” demikian dr Nalini Muhdi, psikiater Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang semalam menuliskan e-mail tentang MJ dari Hongkong.

    Kendati demikian, Deepak Chopra, guru rohani yang juga dokter dan sahabat MJ, menyatakan bahwa sejak tahun 2005 ia mengkhawatirkan penyalahgunaan narkotik analgetik oleh MJ ketika bintang ini tinggal bersamanya. Waktu itu Chopra mendampingi MJ ketika menjalani persidangan tuntutan *** abuse terhadap anak-anak kecil. Majalah Newsweek (edisi 6-213 Juli 2009) melaporkan sebuah apotek di Los Angeles tahun 2007 menagih utang 100.000 dollar AS untuk obat-obat resepnya selama dua tahun.

    Selain obat-obatan, MJ mengalami masalah keuangan yang serius. Tahun 2008 ia gagal membayar utang sebesar 24,5 juta dollar AS, hingga ranch-nya di Neverland nyaris ditutup. Konser-konser come back-nya keliling dunia yang menurut rencana akan dimulai di London, Juli ini, diperkirakan tak akan menutup utangnya.

    Betapapun, menurut dr Nalini, MJ memang hebat. Paling tidak, untuk rentang waktu tertentu ia mampu ”mengalahkan” luka batinnya, masa kecilnya yang terkoyak, lewat prestasinya dalam dunia musik pop dunia. MJ yang kaya, yang tersohor, dengan sederet prestasi gemilangnya, ternyata berakhir hidupnya dalam gelimang sunyi yang sulit dimengerti awam. Gaya hidupnya yang aneh dan menutup diri, mencari dan mencari sesuatu untuk mengisi emosi yang kosong. Ia seperti selalu mengejar fatamorgana.

    Semasa kecil, konon MJ harus berlatih keras dan disiplin kaku yang melebihi kapasitas yang dapat disangga seorang anak kecil. Ayahnya mahakeras mendidik anak-anaknya, hampir mereka kehilangan masa kecil yang indah dan ceria, terlambat latihan akan diganjar gebukan ayahnya. ”Cinta kepada ayahnya sedikit demi sedikit tergerus dan digantikan kebencian. Kendati akhirnya mereka berhasil dalam prestasi menyanyi, luka jiwanya yang tak terperi masih terus meninggalkan parut tajam di ingatannya,” ujar dr Nalini.

    Dikatakan, child abuse (perlakuan salah terhadap anak) memang bukan perkara sederhana seperti banyak orang memandang dan berpikir selama ini. Child abuse adalah sebuah tragedi kehidupan. Luka fisik bisa terobati, tetapi luka batin meninggalkan jejak panjang seumur hidup yang mau tidak mau membutuhkan bimbingan yang akurat. Child abuse sebagai bagian kekerasan dalam rumah tangga mengakibatkan banyak parut gangguan mental emosional. Pribadi korban menjadi rapuh, citra diri yang buruk, merasa tidak berdaya, marah, sedih, bingung, penuh kecemasan, depresi, dan yang lebih berat lagi.

    ”Kendati Jacko lantas sukses, tapi pijakannya rapuh dan gampang goyah. Self-esteem yang buruk diatasinya dengan pencapaian-pencapaian di dunianya. Dunia hiburan yang penuh gemerlap dan banyak kegembiraan semu menawarkan pelipur lara kehidupannya, tetapi hanya sementara. Self-esteem yang buruk tersebut lantas membuahkan gangguan body image (body dysmorphic disorder) pada Jacko. Terbukti bagaimana ia mencoba berganti-ganti mengubah penampilan lewat bedah plastik. Jacko yang sebetulnya tidak jelek itu selalu merasa tidak puas dengan tubuhnya dan umumnya disertai dengan gangguan depresi. Jacko merasa tidak berdaya di tengah keberdayaannya di dunia hiburan. Dengan demikian, ketika tiba saatnya bintang itu meredup seiring dengan berjalannya waktu, Jacko limbung,” papar dr Nalini.

    Mungkin MJ menggantungkan pride-nya pada gegap gempita tepuk tangan penggemar. Ketika tepuk tangan itu tak terdengar lagi, ia jadi linglung dan kosong. Sesuatu yang kerap terjadi pada beberapa bintang pop, mengidap ”sindrom primadona”. Nyeri sekali menyadari kenyataan bahwa tak ada lagi riuh rendah dan puja-puji penggemar. Apalagi dilandasi kepribadian yang memang rapuh. ”Maka, tak heran kesunyian adalah bencana yang tak tertahankan, depresi menindas hidupnya,” lanjut dr Nalini. (Kompas)

    moga2 nasib malah yang dialami MJ bisa buat jadi pelajaran buat semua dan satu lagi
    STOP CHILD ABUSE !!
     
    Last edited: Jul 2, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    sugarcane Members

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    still.... salute to jacko... kasian juga yak...
     
  4. Offline

    Sine Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +638 / -0
    Wah baru tau tuh g kira slama ini gmn gt....
     
  5. Offline

    DDDgw Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 15, 2009
    Messages:
    1,906
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +21,851 / -0
    Waktu itu pernah denger di TV katanya klo MJ itu selalu merasa bahwa dirinya itu seorang anak kecil berumur 10 tahun...

    bener apa gk ya
     
  6. Offline

    Xinez Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,933
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,267 / -0
    eh beneran ta?? :???:

    bru tau gw...
     
  7. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    meskipun gitu Jacko tetep king of the pop:onion-72:


    kalo skg jadi king of download kali:hihi:
     
  8. Offline

    Arthuria Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    MJ emang punya masalah kejiwaan akibat masa kanak2nya yg bsia dibilang suram, Kalian tau kenapa dia menamai taman hiburannya Neverland valley, karena dia ingin menjadi peterpan yang selalu jadi anak kecil
     
  9. Offline

    aquaphx Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 25, 2007
    Messages:
    803
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,560 / -0
    iya gw juga denger kemaren di tivi, yang pas kasus pedofil itu kan akhirnya tidak terbukti dan menurut psikiater, michael merasa dirinya seperti anak kecil itu.
    gw jadi sedih pas denger brooke shield cerita ttg mereka.
     
  10. Offline

    raynaldo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 8, 2009
    Messages:
    1,858
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +47,688 / -0
    kasian MJ ternyata hidup-nya kek gitu

    tp gw masi salut ma MJ :top:
     
  11. Offline

    kuroneko Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 1, 2009
    Messages:
    347
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +2,764 / -0
    jacko oh jacko....
    dah ah ga baek ngomongin org yg dah almarhum...
     
  12. Offline

    midorikawa Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +959 / -0
    kasian bgt jacko.. hiks :onion-14: selamat jalan King Of The Pop
     
  13. Offline

    tompilover Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    695
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +13,574 / -0
    heem ya....slamat jalan....the most inspirational dancer of decades....
     
  14. Offline

    budikikiw Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    1,005
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,168 / -0
    itu beneran gak ya???
    apa cuma gosip doank...???
     
  15. Offline

    baxxxzz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 6, 2009
    Messages:
    324
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +242 / -0
    ^

    hanya Jacko yang tahu

    DDDgw: bener tuh
    ketika dia masih kecil dia ingin cepat menjadi tumbuh dewasa
    ketika dewasa dia ingin kembali menjadi seorang anak kecil karena dia merasa kehilangan masa kecilnya
     
  16. Offline

    mikan Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    emang kasian ini orang.. dari kecil dah di exploitasi ama babenya..dari 51 taun hidupnya 42 thn dipake nyari duit T___T

    dia deket sama anak kecil sih, jadi ga menutup kemungkinan deh...
     
  17. Offline

    valr1st Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +181 / -0
    sudahlah semua skrg cuma bisa di inget doank masalah dia pernah pelecehan anak kecil atau apa yg jelas liad jasa2 nya aja deh yg buruk2 lebih baik buang aja toh dia udah ga ada kan ,,,

    karena dia banyak anak2 terlantar bisa jadi tersenyum dengan adanya dia .... kalo terbukti dia melakukan pelecehan toh knapa pas dia tiada semua org berduka berarti jasa dia itu lebih banyak daripada kesalahan dia kan ....

    hehehe cuma mau bilang ... maafin aja kesalahan dia ... liad jasa2 nya jgn diliad kesalahannya aja... namanya juga manusia

    ferewel jacko ferewel king of pop ..

    best regard from your fans ...

    you are not alone
     
  18. Offline

    lucielle Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +22 / -0
    yang jelas
    apapun yang pernah terjadi di masa lalu
    jacko bakal tetap dikenang sebagai salah satu the king of pop
     
  19. Offline

    selfrit Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +530 / -0
    kok malah bicarain pelecehan anak yang dilakukan jacko ???
    justru ini bicarain jacko yang jadi korban
    baca dulu dunk makanya artikelnya
     
  20. Offline

    mamank_gaya Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    yang gila emang bapaknya MJ.....meskipun MJ jadi penyanyi yg plg sukses di jagat ini tp itu tetep ga bisa ngegantiin masa kecilnya yg hilang gr2 bapaknya ntu....
     
  21. Offline

    sinaga86 Beginner Members

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +38 / -0
    apapun masalahnya jacko is jacko...always KING OF POP.....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.