1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Metode penyembuhan penyakit dg Tangan(bisa dpraktekn)

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by icham, Nov 13, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    icham Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,236 / -0
    Akupresur merupakan salah satu metode yang sangat mudah dan murah , karena hanya membutuhkan kedua tangan dalam mengatasi nyeri yang anda rasakan.

    Prinsip dari akupresur ini berasal dari pengobatan kedokteran timur, dimana dikenal adanya aliran energi vital di tubuh ( dikenal dengan nama Chi atau Qi ( Cina ) dan Ki ( Jepang ) ) . Aliran energi ini sangat mempengaruhi kesehatan. Ketika aliran ini terhambat atau berkurang maka anda akan sakit dan ketika aliran ini bebas/ baik maka andapun akan sehat. Suplai dan aliran energi vital berjalan di saluran listrik tubuh yang tidak kelihatan , yang disebut “ meridian”. Baik tidaknya meridian ini sangat bergantung dari diet, pola hidup, lingkungan, postur tubuh, cara bernafas, tingkah laku, gerakan tubuh, olah raga, sikap mental, kepribadian, dan sikap yang positif. Maka jelaslah bahwa pendekatan seseorang agar tetap sehat harus melihat pada banyak faktor ini.

    Salah satu teknik untuk melancarkan energi vital adalah dengan akupresur , yaitu : menekan titik tertentu ( yang dikenal dengan nama acupoint ) dengan menggunakan telunjuk maupun ibu jari untuk menstimulasi aliran energi di meridian. Tehnik ini sudah digunakan ratusan tahun dengan sangat aman dan efektif. Akupresur ini sangat mudah dipelajari dan juga membutuhkan waktu yang sedikit untuk menerapkannya.

    Sakit kepala tipe tegang dan migren
    Beberapa titik yang digunakan untuk mengurangi nyeri kepala adalah :

    1. Titik yang terletak di puncak kepala ; pertemuan antara garis yang menghubungkan kedua telinga dan garis yang ditarik dari bagian tengah hidung ( titik 1 a ). Efek : mengurangi rasa tegang di kepala.

    2. Titik yang terletak di bagian dalam alis mata, di atas sudut mata bagian dalam ( titik 2 a ). Efek : mengurangi rasa tegang di dahi dan nyeri sekitar mata.

    3. Titik yang terletak di sudut mata bagian luar ( titik 2 b ).
    Efek : mengurangi nyeri kepala, migren dan mata pedih.

    4. Titik yang terletak di dahi sekitar 1 ibu jari di atas bagian tengah alis ( titik 2 c ). Efek : menghilangkan nyeri kepala bagian depan dan penglihatan kabur.

    5. Titik yang terletak di bagian belakang kepala, pada perbatasan lekukan antara bagian dasar tengkorak dengan otot leher ( titik 3 a ).
    Efek : mengurangi nyeri kepala dan leher yang kaku.

    6. Titik yang terletak di tengah segitiga yang dibentuk oleh tulang ibu jari dan jari telunjuk ( titik 4 a ). Efek : mengurangi nyeri kepala dan mata pedih.

    7. Titik yang terletak di belakang pergelangan kaki ( titik 5 a ) .
    Efek : mengurangi nyeri kepala dan leher kaku.

    8. Titik yang terletak di tengah ,1 jari di atas batas rambut ( titik 1 b ).
    Efek : mengurangi nyeri kepala bagian depan dan mata pedih.

    9. Titik yang terletak di tengah antara dua alis ( titik 1 c ). Efek : mengurangi nyeri kepala bagian depan dan nyeri kepala akibat hidung tersumbat.

    10. Titik yang terletak 4 jari di bawah tempurung lutut ( titik 6 a ) . Efek : merupakan titik penguat sistem pencernaan dan mengurangi nyeri kepala akibat ketidakseimbangan sistem pencernaan, intoleransi makanan, dan kelelahan.

    11. Titik yang terletak 1 ibu jari dari ujung alis mata dan sudut luar mata
    ( titik 1 d ) . Efek : mengurangi nyeri akibat migren dan nyeri mata.

    12. Titik yang terletak 2 jari di atas telinga ( titik 1 e ). Efek : mengurangi nyeri kepala migren.

    13. Titik yang terletak di bagian luar dari lengan anda. 3 jari dari pergelangan tangan , di lekukan antara dua tulang. ( titik 7 a ). Efek : mengurangi nyeri akibat migren dan nyeri di pipi.

    14. Titik yang terletak di atas telapak kaki, 2 jari di atas sendi jari kaki, antara jari ke 4 dan 5. ( titik 6 b ). Efek : mengurangi nyeri migren, penglihatan kabur dan nyeri mata.

    Sakit gigi
    Pada penekanan daerah muka dilakukan pada sisi yang tidak sakit.

    1. Titik yang terletak di depan sudut tulang rahang ( titik 1 f ).
    Efek : mengurangi nyeri gigi dan pembengkakan di muka.

    2. Titik yang terletak pada tulang pipi. Di depan lubang telinga (titik 1 g).
    Efek : mengurangi nyeri gigi, nyeri pada wajah.

    3. Titik yang terletak di depan siku tangan, pada saat siku ini ditekuk
    (titik 8a). Efek : mengurangi nyeri gigi dan nyeri yang ada di mulut.

    Kesehatan sendi
    Beberapa acupoints dapat membantu menyehatkan sendi dan memperkuat sendi di seluruh tubuh. Beberapa acupoints juga membantu menguatkan otot yang menunjang sendi.

    1. Titik yang terletak di belakang leher, sejajar dengan pundak, 2 jari di samping tulang belakang. ( titik 3 b ). Efek : merupakan titik yang sangat berpengaruh pada kesehatan sendi di seluruh tubuh, meningkatkan kekuatan tubuh, tulang dan sendi yang sehat.

    2. Titik yang terletak di bagian belakang lutut. 4 jari di atas tulang kaki ( titik 9a ). Efek : menguatkan tulang di seluruh tubuh, khususnya tulang dan sendi lutut.

    3. Titik yang terletak di bagian luar dari kaki, di atas permukaan pertemuan antara 2 tulang ( titik 6 c ). Efek : menguatkan tendon dan otot pada seluruh tubuh, terutama : sendi kaki dan menguatkan otot kaki.

    4. Titik yang terletak di titik tertinggi dari pundak ( titik 3c ) .
    Efek : mengurangi kekakuan dan nyeri di daerah leher dan pundak .

    Siku tangan
    1. Titik 8 a. Efek : Menguatkan siku tangan

    2. Titik yang terletak di bagian luar dari tangan, 3 jari di atas pergelangan tangan, di antara kedua tulang ( titik 7 a ). Efek : meningkatkan mobilitas dari siku dan mengurangi nyeri di siku, lengan dan jari tangan.

    Pergelangan tangan dan tangan
    1. Titik 7 a.

    2. Titik yang terletak antara tendon di sisi dalam tangan, 3 jari di atas pergelangan tangan ( titik 10 a ). Mengurangi nyeri di siku , pergelangan tangan dan merilekskan otot di lengan bawah.

    3. Titik yang terletak di permukaan luar pergelangan tangan. Pada lekukan antar tulang, jika pergelangan tangan dilekukkan ke arah atas , sejajar dengan jari manis ( titik 7 b ) . Efek : mengurangi nyeri di pergelangan tangan, telapak tangan dan jari-jari.

    Kesehatan tulang belakang.
    Untuk menyehatkan tulang belakang dapat dilakukan penekanan titik-titik untuk kesehatan sendi. Ditambah dengan beberapa titik berikut :

    1. Titik yang terletak di puncak dari pundak, perbatasan dengan leher ( titik 3c ). Efek : mengurangi nyeri di daerah pundak dan punggung atas.

    2. Titik yang terletak di dekat lipatan siku , pada saat siku dibengkokkan ( titik 8 a ) . Efek : menghilangkan nyeri dan kekakuan pada tubuh bagian atas.

    3. Titik- titik yang terletak di bagian belakang tubuh ( titik 11 a ). Untuk penekanan titik- titik daerah ini dapat menggunakan 2 buah bola tenis yang dimasukkan dalam kaus kaki dan diletakkan dibelang punggung .
    Efek : mengurangi nyeri pinggang bawah.

    4. Titik yang terletak di bagian belakang lutut , diantara tendon ( titik 9a ). Efek : menghilangkan nyeri di daerah kaki dan tulang belakang.

    5. Titik yang terletak di bagian belakang pergelangan kaki ( titik 5a ).
    Efek : mengurangi nyeri di tulang belakang dan kaki.

    Kesehatan Sendi pinggul
    1. Titik yang terletak di bagian pinggul anda ( titik 11b ) .
    Efek : meningkatkan mobilitas dan mengurangi nyeri.

    Kesehatan Sendi lutut
    1. Titik yang terletak di bawah lutut , pada lekukan tulang ( knee acupoint). Efek : mengurangi nyeri dan kekakuan di lutut.

    2. Titik yang terletak di belakang pergelangan kaki ( titik 5a ) : efek mengurangi nyeri di lutut dan tungkai bawah.

    Kesehatan pergelangan kaki
    1. Titik yang terletak di belakang pergelangan kaki ( titik 5a ). Efek : mengurangi nyeri dan menguatkan pergelangan kaki.

    2. Titik yang terletak pada bagian luar dari pergelangan kaki dan di bagian luar dari tendon ( titik 6c ). Efek : mengurangi nyeri dan pembengkakan di pergelangan kaki.

    Kesehatan telapak kaki
    1. Titik yang terletak di dasar telapak kaki, pada bagian lekukan dekat dengan tonjolan telapak kaki ( titik 12 a ). Efek : megurangi nyeri pada telapak kaki.

    2. Titik-titik untuk kesehatan pergelangan kaki ( titik 6b, 6c )

    Acupoint untuk membantu anda lebih rileks.
    Beberapa acupoint di bagian tubuh dapat membuat anda lebih rileks. Beberapa titik tersebut adalah :
    1. Titik 1a . Efek : meningkatkan konsentrasi dan menyeimbangkan pikiran anda.

    2. Titik 4a . Efek : mengurangi kecemasan. Catatan : jangan menekan titik ini terlalu keras pada wanita hamil.

    3. Titik yang terletak di dekat pergelangan tangan sejajar dengan jari ke 5 ( titik 10 b ). Efek : membuat rileks tubuh anda. Merupakan titik kunci untuk mengurangi segala kecemasan dan gangguan tidur.

    4. Titik yang terletak di antara tendon , tiga jari di atas pergelangan tangan ( gambar 10a ). Efek : mengurangi kecemasan dan membuat rileks tubuh anda.

    GAMBAR BEBERAPA TITIK AKUPRESUR UNTUK MENGURANGI NYERI

    [​IMG] [​IMG] [​IMG]

    [​IMG] [​IMG] [​IMG]

    [​IMG] [​IMG] [​IMG]

    [​IMG] [​IMG] [​IMG]


    http://www.medikaholistik.com/2033/2004/11/28/medika.html?xmodule=document_detail&xid=25

    Maav kk klo :repost: :repost:

    Klo mang suka ma info nie :thx: dan :grp:



    alangkah lebih baik'a CTRL D dlu aj biar ga lupa​

     
    Last edited by a moderator: Dec 6, 2011
    • Thanks Thanks x 19
    • Like Like x 12
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    eXcImEr Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,264
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +35,906 / -1
    lengkap banget ampe bingung mulai dari mana kalo mau nyobain:swt:
    btw :niceinfo:
     
  4. Offline

    logila Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +159 / -0
    eh barusan gw coba yang teken 2c beneran bisa loh, gw jadi enakan!
    o.o" makasih nih pengetahuannya!
    harus gw coba sering2 :)
     
  5. Offline

    riedjal Post Hunter Veteran

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,632
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,927 / -0
    :top: ... nambah satu lagi pengetahuan pengobatan alternatip .. :top: ...
     
  6. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    ini semacam akupresur kah? :???:
    ta' bookmark dulu... coba2 belajar sendiri sebelum memutuskan apakah akan ikut pelatihan resminya atau tidak :ngacir:
     
  7. Offline

    icham Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,236 / -0
    Yupz kk !!! nie akupresur. metode sangat mudah n tanpa biaya !!!
    Coba2 aja dl kk,.klo kk lg sakit d cobain aja
    moga2 manjur !!!
     
  8. Offline

    black_log Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    228
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    lgsung nyoba..
    punggung sakit kbnyakan maen komp..
    :niceinfo: gan
     
  9. Offline

    icham Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,236 / -0
    Bner bgt tu kk
    ane klo ud mlm kecapean badan
    ane pijit aja sndr pke tangan
    Lumayan buat hilangn pegel2
     
  10. Offline

    praline Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 28, 2009
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    bisa dipraktekin kapan-kapan..btw sodara gw juga pernah nyobain katanya sih bneran agak mendingan sakitnya
     
  11. Offline

    ich4n Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +814 / -0
    jadi ga perlu pake atw mengerti tentang chi atw ki seperti itu yah kk, cukup dengan memanfaatkan titik akupuntur :???:
     
  12. Offline

    Rein_Heartnet Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +11 / -0
    Blibet banget...:hot::hot::hot:
    Tapi dicoba dolo lah klo ada waktu...:piss::piss::piss:
     
  13. Offline

    dadans Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    505
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +17,155 / -0
    nice info gan, bisa dipraktekin nih....:niceinfo::niceinfo::niceinfo:
     
  14. Offline

    icham Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,236 / -0
    Yupz bener tuch...
    qt pelajari n praktekn aja
    smua titik yg ada, jikalau qt lg sakit !!!
     
  15. Offline

    melekete Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +347 / -0
    Beri -beri nais inpoh :D
    saia simpan y, pengetahuan berharga nih
     
  16. Offline

    hasssan Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kalau digabungin dengan meditasi yang teratur bisa mempercepat penyembuhan ya. info yang bagus gan.
     
  17. Offline

    osvaldo Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    203
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +120 / -0
    Informasi yang sangat berguna banget nih. Jadi ntar klo sakit ga usah langsung minum obat tapi dicoba pake teknik pijat dulu. Sip bener..... makasih infonya gan.
     
  18. Offline

    278crew Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 18, 2008
    Messages:
    102
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +142 / -0
    berguna bgt buat saya yg agak susah tidur nie bro...
    thx yah bro infona...
     
  19. Offline

    d0r4n Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +854 / -0
    ribet ya bro :) ke ahli akupuntur aja deh, tinggal tiduran, dia yg ngerjain...
     
  20. Offline

    aabule Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    2,721
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +14,819 / -0
    akupresur tuh sama dengan pijat refleksi ga sih??
    oh iya, kalau buat mata lelah, ada tips akupresurnya ga??


    mohon pencerahan...



    _________________________________
    stil on going with 01 September 2013..
     
  21. Offline

    morierti Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice.post. . .


    bermanfaat untuk camping. yang gag ada jasa pijet. bisa di praktekin. . . :hmm:
    :niceinfo:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.