1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Meteor Jatuh di Jakarta

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Zervo, Apr 30, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,033 / -2
    Sebuah benda meremukan 4 rumah di Jakarta. Bukan bom, bukan ledakan tabung gas.


    [​IMG]

    sumber (ada videonya)

    Bunyi desingan itu terdengar keras. Lalu menggelegar. Kamis petang kemarin itu, Ibu Uci dan suaminya sedang melayani pelanggan di salon. Mendengar ledakan itu mereka lari terbirit-birit.
    Warga di Jalan Delima VI, Malakasari, Jakarta Timur itu juga berhamburan keluar rumah.
    Mereka berlari menyelamatkan diri. Empat rumah rusak parah. Tidak ada korban jiwa. Luka ringan banyak.
    Orang-orang di sana mengira, ledakan itu adalah bom. Ada pula yang menyebutkan ledakan bersumber dari tabung gas.
    Di negeri ini, urusan keselamatan tabung gas itu memang kerap diremehkan. Luka dan juga kematian karena ledakan tabung gas itu sudah sering terjadi.
    Adapula yang menduga ledakan kemarin petang itu adalah hasil kerja tukang santet. Sudarmojo, seorang warga yang rumahnya rusak parah, semula yakin betul bahwa ini kerjaan dukun santet. “Saya ini masih agak percaya sama santet,” katanya.

    Markas Besar (Mabes) Polri mengirim tim ahli dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) ke Malakasari. Ini tim khusus. Mereka kerap diterjunkan jika ledakan bom terjadi.
    Beberapa jam di sana, tim ini tidak menemukan tabung gas yang meledak, tidak menemukan residu bom, dan tentu saja, juga tidak menemukan seorang tukang santet.
    Kepala Departemen Balistik Metalurgi, Mabes Polri, Komisaris Besar, Amri Kamil, setelah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di rumah Sudarmojo memastikan tidak ditemukan bahan peledak di situ. Dia melanjutkan, “Fisik ledakan juga tidak ada.Tidak ada kawahnya.”
    Tiga jam meneliti lokasi itu, Amri meralat berita yang sudah beredar bahwa telah terjadi ledakan di Duren Sawit. Sebenarnya, kata Amri, yang terjadi bukan ledakan, tapi, “Hantaman dari benda-benda yang berat, yang jatuh ke bumi dengan kecepatan tinggi.” Dari lokasi di Malakasari itu, polisi mengambil debu, ada pula yang berbentuk pasir.
    Dugaan adanya benda jatuh dari langit—yang kemudian diduga sebagai meteor itu—juga berdasarkan bentuk kerusakan. Atap rumah Sudarmojo bolong besar, tapi tak ada sisa ledakan di lantai.

    Sejumlah warga di sana berkisah bahwa mereka sempat melihat benda dari langit menghantam rumah Sudarmojo.
    Pipit, seorang warga yang berusia 32 tahun menuturkan, "Saat itu sekitar jam empat sore. Langit mendung. Saya melihat semacam kilat, cahayanya terang banget di langit. Dengan kecepatan tinggi, dalam hitungan detik, cahaya itu turun dan menyambar rumah Pak Sudarmojo."
    Betulkah yang jatuh itu adalah meteor? Sedang diteliti memang. Dan satu dua hari ini hasilnya bisa diketahui. Profesor Thomas Djamaluddin, ahli Astronomi dari dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menuturkan bahwa yang perlu dilakukan adalah meneliti debu atau sisa bongkahan dari lokasi ledakan.
    Betulkah meteor bisa jadi debu jika menghantam bumi? “Itu bisa saja terjadi kalau itu jenis meteor rapuh,” kata sang profesor. Polisi memang sudah mengangkut debu-debu di lokasi ledakan. Namun Profesor Djamaludin menegaskan bahwa debu-debu itu bisa saja berasal dari pecahan meteor rapuh itu. “Tapi memang tetap harus ada sisa-sisa bongkahan,” katanya.
    Karena dugaan soal meteor jatuh itu, sejumlah ahli dari Lapan meluncur ke lokasi siang ini. Profesor Djamaluddin, yang sedang meluncur ke Bogor, Jawa Barat, harus berbalik arah dan meluncur ke Duren Sawit di Jakarta Timur itu.




    ******
    Kisah benda angkasa luar terjun ke bumi ini memang sudah sering terdengar belakangan ini. Tanggal 8 Oktober 2009 lalu, warga Bone di Sulawesi Selatan, dikejutkan oleh bola api yang melesak di angkasa, lalu meledak. Bunyi ledakan terdengar 6 kali. Sesudah itu, daratan seperti diamuk lindu.
    Warga Desa Latteko, Kabupaten Bone, panik bukan kepalang. Anak-anak sekolah berhamburan keluar kelas. Warga desa cemas.

    Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Makassar, mendeteksi adanya getaran pada titik koordinat 4,68 Lintas Selatan dan 120, 09 Bujur Timur .
    Getaran itu terjadi di kedalaman sekitar satu kilometer dari atas permukaan tanah. Magnitude getaran sekitar 1,9 SR (SkalaRichter).


    [​IMG]

    Meteor atau bukan, memang belum ada jawaban pasti. Selain dugaan soal meteor itu, sejumlah kalangan mengira benda yang jatuh di Bone itu adalah sampah dari antariksa.
    Sebuah pancaran bola api yang diduga meteor juga jatuh di Wisconsin, Amerika Serikat, 16 April 2010. Bola api itu jatuh tidak begitu jauh dari Universitas Wisconsin. Departemen Atmosfir dan Kelautan universitas itu sempat merekam jatuhnya bola api itu. Gambar video itu beredar ke seluruh dunia.
    Banyak kejadian seperti ini di sejumlah tempat di muka bumi ini. Tapi para ahli dunia belum memastikan, apa persisnya benda-benda yang tiba2 menghujam bumi itu.
    Warga di Duren Sawit Jakarta Timur itu, kini terus merubung lokasi Malakasari. Mereka juga menunggu jawaban, apakah yang menyebabkan rumah Sudarmojo nyaris remuk itu benar-benar ulah meteor, sampah antariksa atau ulah tukang santet yang sedang mencoba kedasyatan ilmunya.
     
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    kanga6us Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,207
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +328,391 / -0
    gambarnya g di spoiler kk...:haha:
     
  4. Offline

    Meramera Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 5, 2009
    Messages:
    963
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,264 / -0
    serem kk... :takut: yg kecil aja bisa sampe kek gitu.......


    apalagi jg gede..... :dead:
     
  5. Offline

    itsmefrey Beginner Members

    Joined:
    Apr 27, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +26 / -0
    :voodoo::voodoo: Meteor uda masuk tanda lapisan lapisan langit menipis
     
  6. Offline

    bl4ck_aca Silent Reader Members

    Joined:
    May 3, 2009
    Messages:
    137
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    wahhh keren...
    Meteornya...ada 2 ya..
    tapi serem juga ya..ampe ke permukaan...apalagi mendarat di rumah orang...
    Mengerikan...:apa:

    kmaren aku juga sempet liat sih,
    di langit ada benda bersinar melintas sekejap mata lalu meledak dan menghilang begitu saja...
    yang pasti itu bukan kembang api..
    entah apa itu...mungkin meteor kali ya...:keringat:
     
  7. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,033 / -2
    di spoiler juga ga efek..
    tetep aja keload.. bandwidth dah kemakan.
    spoiler disini kan bgtu

    Yup.. bisa berarti atmosfer makin menipis.
    bisa juga krn memang meteornya cukup besar, cepat, atau padat(keras)
     
    • Like Like x 3
  8. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    wah pecahan kecilnya bisa ngerusak segitu parah yah...
    tp memang disini sering dikaitin dengan mistik sih.
     
    • Like Like x 1
  9. Offline

    C0_conan Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    buset dah meteor aslie tuh sob???
     
  10. Offline

    fish11 Beginner Members

    Joined:
    Apr 26, 2009
    Messages:
    282
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +64 / -0
    wiih ngeri amat:takut:
    kecil2 cabe rawit tuh meteor:hihi:
     
  11. Offline

    hanamaru Post Hunter Moderator

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,886
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,146 / -0
    sekecil itu aja dah bisa ngancurin rumah. apalagi yang agak gedean. satu kampung bisa musnah tuh :panik:
     
    • Like Like x 2
  12. Offline

    shiro666 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    572
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +685 / -0
    Ada serbuk hitam bikin panas katanya , kalo kena kulit bahaya :sigh:

    Tahun lalu di Bone , sekarang Jakarta .Yang di Jakarta tidak terdeteksi , kok bisa :???: .
     
  13. Offline

    Usopp Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    1,356
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,642 / -0
    sial amat nih yang rumahna kena tabrak meteor...:swt:

    kecil aja dah bisa kayak gitu.. kalo besar bisa kayak bola biliard nih..:yareyare:
     
    • Like Like x 2
  14. Offline

    doraemonix TEMP\DUNYA\.... Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 31, 2008
    Messages:
    1,276
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +32,975 / -2
    kan hasil ledakan bergantung ama kecepatan juga kakak :sigh:

    wlo pun kecil, klo kecepatannya kenceng, efeknya guedeeee :lalala:
     
    • Like Like x 3
  15. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    wah.. bahaya juga tuh kalu ada hujan meteror.
    rumahnya bisa hancur gitu, padahal meteornya gak terlalu besar.
    :takut:
     
  16. Offline

    Shigeru Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    2,034
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +4,333 / -0
    bruakakak. yang laennya berita serius
    endingnya gue ngakak :hahai:
     
  17. Offline

    modjokujo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 13, 2009
    Messages:
    1,191
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,555 / -0
    :takut::takut:
    efeknya sangat menyeramkan yaaahh...

    ya Allah, semoga jangan ada lagi kejadian kaya gini..
    banyak2 bertobat2..
     
  18. Offline

    royal_h Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,666 / -0
    :kaget: bisa hancurin 3 rumah sekaligus gitu ya
    moga2 nggak nyampe t4 gw besok2nya :swt:
     
    • Like Like x 4
  19. Offline

    rmwahyud Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 20, 2010
    Messages:
    150
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    waduh ngeri banget.. mudah2an jangan jato di indonesia.
     
  20. Offline

    aero Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    157
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    seremnya hujan meteor. kalo hujan uang mau dah gw [​IMG]
     
  21. Offline

    Rouletz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    4,038
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,305 / -0
    ooo... jadi yang jatuh di jkt itu ternyata benerean meteor ya ? :???: baru tau :sigh:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.