1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tips Merawat ban

Discussion in 'Otomotif' started by aalfin, Dec 30, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    aalfin Members

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +17 / -0
    Untuk mendapatkan kinerja maksimal, ban harus dirawat dengan baik. Berikut panduannya.

    1. Gunakan tipe ban yang tepat sesuai dengan kondisi penggunaan, kapasitas pembebanan dan kecepatannya.

    2. Tekanan ban harus dijaga sesuai spesifikasi pada masing-masing penggunaan. Walaupun hal ini sangat penting dan mudah untuk dilakukan, namun banyak pengguna motor yang tidak memperhatikan.

    3. Kadang terjadi penurunan tekanan yang disebabkanh oleh pentil dan tutup pentil yang tidak terpasang dengan baik atau sudah aus. Usahakan selalu memasang pentil dalam kondisi bersih dari debu dan tutup dengan tutup pentil yang sesuai..Tutup pentil akan mencegah masuknya kotoran dan juga berfungsi sebagai penyekat tambahan.

    4. Jika anda memakai ban tubeless (tanpa ban dalam), usahakan saat mengganti ban dengan yang baru, ganti juga pentilnya karena pada pentil terdapat O ring yang terbuat dari karet yang akan berubah sifat kekerasan dan elastisitasnya seiring dengan waktu. O ring yang sudah mengeras biasa saka retak sehingga mengakibatkan kebocoran.

    5. Jika anda menggunakan rim/velg biasa dengan jari-jari, pastikan karet pelindung rim dalam kondisi bagus. Karet pelindung rim adalah karet yang berfungsi melapisi bagian dalam rim yang terdapat tonjolan kepala jari-jari sehiingga menjaga ban dalam agar tidak rusak karena tonjolan tsb.

    6. Ban yang aus akan berkurang kemampuannya baik dalam ketahanan maupun fungsi traksinya. Sebaiknya ban diganti jika kembang ban sudah tinggal sedalam 0.8 mm. Jangan menunggu ban benar-benar gundul.

    7. Disarankan saat mengganti ban luar, ban dalam juga diganti bersamaan. Ban dalam yang sudah lama dipakai, walaupun belum pernah bocor, sudah meregang dan jika dimasukkan ke dalam ban luar yang baru bisa saja tidak pas sehingga tidak berfungsi optimal. Ban dalam juga disarankan untuk diganti jika sudah terlalu banyak tambalan.

    8. Stel kembali kelurusan roda setiap kali roda belakang dilepas agar ban tidak mengalami keausan yang tidak merata.

    9. Berkendaralah dengan baik. Terlalu sering berakselerasi dan juga sering melakukan pengereman mendadak memperberat kerja ban sehingga akan mengurangi umur pakai ban.

    10. Kalau anda mempunyai ban yang tidak akan langsung dipakai, simpanlah dalam tempat yang dingin dan gelap. Sinar matahari dan panas akan mempercepat degradasi kualitas karetnya.
    Dengan sedikit perhatian lebih, diharapkan didapat manfaat yang optimal pada motor kita.
     
    • Like Like x 5
    • Thanks Thanks x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    hebat Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    ckckck,, komen2 diatas,, beneran langsung coba? ini ban loh,,, mo dicoba gimana :))
     
  4. Offline

    intifadha Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +777 / -0
    tipsnya sangat berguna, tapi ada sedikit pemahaman saya yg berbeda soal point ini:

    7. Disarankan saat mengganti ban luar, ban dalam juga diganti bersamaan. Ban dalam yang sudah lama dipakai, walaupun belum pernah bocor, sudah meregang dan jika dimasukkan ke dalam ban luar yang baru bisa saja tidak pas sehingga tidak berfungsi optimal. Ban dalam juga disarankan untuk diganti jika sudah terlalu banyak tambalan.

    point ini bukankah bukan merawat tapi menggantinya dengan yg baru,
    btw nice info :top:
     
  5. Offline

    fjr324budiman Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    415
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,050 / -0
    kebetulan bgt gw mau ganti ban nih
    oh iya bro, sama mau nambahin dikit,
    gw sih kalo motor ditinggal pergi agak lama, pakenya standar tengah, biar tekanan ke bannya merata gitu. CMIIW
     
  6. Offline

    imutmanja Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 17, 2009
    Messages:
    105
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +7 / -0
    kalo bengkel ngasi ludah di pentil pas kita mompa tu manfaatnya apa ya??
     
  7. Offline

    fjr324budiman Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    415
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,050 / -0
    kalo ga salah buat ngecek pentilnya bocor ato ngga
    sama ngecek kekencengannya
     
  8. Offline

    opelrename Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    TQ

    kayak ny labih nyaman ban tubles drpd ban dalam gan.. :D
     
  9. Offline

    steromfel Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 20, 2010
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    wow... thank banget neh. luar biasa neh tip merawat nya.
    gw baru mau ganti ban tubless buat supra 125 gw. hehehe...
     
  10. Offline

    inin_dodo Members

    Joined:
    Jan 21, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
  11. Offline

    indahfida Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,705 / -0
    Gw ada 1 saran buat semua bikers" idws.
    kalo ada bajet lebih. lebih baik ganti ban motor yg tubless.
    tambalnya cuma 5 menit. lebih cepet daripada pake ban dalem yg -+ 45 menit.
    memang sedikit mahal 1 lubang. 10rb.
    tapi klo kena paku ga langsung bocor.^^
     
  12. Offline

    gunawanac Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 25, 2010
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    waduh bos, kalo pake ban tubless tuh velgnya harus cast whell, lha kalo velgnya pake ruji aja kan harus nambah buget lagi buat ganti velg CW
    lagian yang sudah terbukti tuh, velg CW cuman ok buat medan jalan yang mulus, kalo jalan yang makadam velg CW cepet bengkok, alhasil ban jadi malah cepet gundul.
    tapi kalo velg ruji kan tinggal nyetel aja lagi ketukang velg, so pasti biaya jadi hemat
     
  13. Offline

    shinobi32 Forza Inter! Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,347
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +70,945 / -10
    wah, kirain perawatan tiap hari.
    inimah kudu ke bengkel..
     
  14. Offline

    megapro04 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    386
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,027 / -0
    Yang penting untuk ukuran ban n pelek ngga salah..

    Lihat aja nich tabel...

    [​IMG]

    dan juga.. harus tepat tekanan udara pada ban..

    Always be smart with safety riding...
     
  15. Offline

    tawieshame Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +47 / -0
    makasih infonya membantu banget... :top:
     
  16. Offline

    natands Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Ga ada yang tentang berapa tekanan ban mobil nih??
    Sekalian minta info kalo isi pake gas nitrogen ngaruh banyak ga??
     
  17. Offline

    olesigoblog Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    nice inpoh :niceinfo:
     
  18. Offline

    tot Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    1,101
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,031 / -0
    o ya, kalo ganti ban langsung di buang + digunting..tar malah dibikin ban vulkanisir
     
  19. Offline

    garuda_guard Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 19, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +3 / -0
    nice tips gan ,thanks
     
  20. Offline

    tawieshame Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +47 / -0
    haha rencana pingin buru² ganti ban, eh malah kebutuhan lain² malah buanyak banget, kira² :???: kapan ya bisa cepet² ngganti ban gw
     
  21. Offline

    gero666 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +17 / -0
    tipsnya berguna banget
    thx ya gan :)
    ane baru mao ganti ban buat fu 125 ane
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.