1. Diberitahukan akan ada maintenance (MT) susulan fixing beberapa fitur forum, error-error technical dan perbaikan `kosmetik' forum dan beberapa update lainnya. Forum akan tutup-buka dimulai Senin, 20 April 2015 - Jumat, 24 April 2015 dari jam 00:00 - 08:00 WIB pagi secara intensif atau bisa lebih panjang jika tidak selesai selama 8 jam per-harinya. Dan juga terjadi pada waktu² lainnya MT dadakan singkat. Mohon maaf atas gangguan ini.
  2. Dalam menyambut Star Wars Day, Kami menghadirkan beberapa User Title bertema Star Wars. Anda akan menemukan Jedi, Stormtrooper dan juga Darth diantara kalian. "May The Force Be With You".

Mengobati sakit maag di rumah

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by junshibuya, Jun 1, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. junshibuya Stormtrooper Banned User

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,853
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +353 / -0
    Andri (28), seorang karyawan swasta pulang ke rumah dalam keadaan pucat pasi. Tangan kanannya memegang erat perut sebelah kiri atas. Mukanya menunjukkan bahwa ia sedang menahan rasa sakit. Saat ditanya kenapa, Andri pun menjawab, “Sakit maagku kambuh.”

    Umumnya mereka yang sakit maag merasakan gejala-gejala seperti nyeri, rasa panas, melilit ulu hati terutama saat perut kosong. Biasanya nyeri akan membaik segera setelah makan dan minum, tetapi beberapa jam kemudian muncul lagi. Tidak jarang gejala yang muncul berupa mual, muntah, kembung, hilang nafsu makan dan badan lemah.

    Sebenarnya sakit maag terjadi karena gangguan atau radang selaput lendir dinding lambung karena produksi asam lambung berlebihan. Sakit maag dikenal pula sebagai gastritis. Sakit maag dapat berlangsung dalam waktu singkat, kambuh-kambuhan atau kronis (menahun).

    Sakit maag dapat disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, rangsangan produksi asam lambung oleh berbagai sebab dan obat-obatan yang dapat menyebabkan perih di lambung.

    Pemakaian berbagai obat misalnya obat pereda nyeri dan radang dari golongan salisilat seperti aspirin/asetosal ternyata dapat mengiritasi dinding lambung sehingga perut terasa perih. Oleh sebab itu, obat ini sebaiknya diminum setelah makan.

    Gaya hidup ikut andil dalam menyebabkan seseorang sakit maag seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan yang pedas, coklat, minum alkohol dan kopi. Hal ini disebabkan makanan & minuman tersebut dapat merangsang produksi asam lambung. Kebiasaan makan tidak teratur dan merokok juga meningkatkan risiko sakit maag.

    Faktor psikis memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan produksi asam lambung. Waspada bila Anda sering merasa cemas, emosi atau stres. Bisa-bisa, produksi asam lambung meningkat dan terserang sakit maag.


    Yuk, Obati Sakit Maag!

    Penanganan sakit maag terbagi menjadi dua yaitu, tanpa obat dan menggunakan obat. Pertama-tama, lakukan penanganan tanpa obat bila sakit maag yang dirasakan tergolong baru dan ringan, antara lain:

    1. Hindari perut kosong
    2. Atur jadual makan dengan pola porsi kecil dan frekuensi lebih sering
    3. Makanan lunak/mudah dicerna
    4. Hindari makanan/mnuman yang mengandung alkohol, gas karbondioksida (soft drink), kopi, coklat
    5. Selesaikan maslah dengan cepat untuk menghindari stres.


    Penanganan dengan obat baru dilakukan jika penanganan tanpa obat tidak berhasil. Pilihan utama untuk sakit maag adalah antasida. Antasida bekerja dengan menetralkan asam lambung yang berlebih, sehingga melindungi selaput lendir lambung dari kerusakan.

    Anda dapat membeli antasida di warung, toko obat sampai apotek karena termasuk obat bebas. Antasida yang beredar di pasaran biasanya terdiri dari campuran garam alumunium, garam magnesium dan simetikon.

    Garam alumunium dan magnesium akan mengikat asam lambung sehingga mengurangi keasamn pada lambung, sedangkan Simetikon berguna untuk membantu pengeluaran gas yang berlebihan di dalam saluran cerna.

    Namun perlu diingat bahwa tablet antasida dikunyah dahulu sampai lembut baru ditelan karena sudah dapat dicerna oleh enzim dalam air liur kita. Dosis lazimnya 1-2 tablet dengan maksimum 4 kali sehari. Untuk antasida cair dapat langsung diminum dengan dosis 1-2 sendok teh maksimal 4 kali sehari.

    Antasida paling baik diminum pada saat perut kosong (menjelang tidur, 2 jam setelah atau sebelum makan). Sedapat mungkin hindari penggunaan antasida bersamaan dengan obat lain karena dapat mengganggu absorpsi obat lain tersebut.

    Anda harus ingat bahwa penggunaan antasida tidak dianjurkan lebih dari 2 minggu karena penggunaan antasida jangka panjang justru dapat meningkatkan produksi asam lambung.


    Tetap Butuh Pertolongan Medis

    Tidak selamanya sakit maag bisa diobati sendiri di rumah. Konsultasi ke dokter diperlukan dalam pemakaian antasida jika: sedang diet rendah garam seperti pada hipertensi, hamil dan menyusui, anak di bawah 6 tahun, lanjut usia, atau setelah satu minggu diobati dengan antasida gejala maag tidak berkurang.

    Selain itu juga perlu membedakan sakit perut karena ternyata tidak semua sakit perut itu sakit maag. Waspadalah jika muncul gejala nyeri ulu hati. Nyeri ulu hati ini juga banyak macamnya antara lain:

    * Nyeri ulu hati disertai diare,
    * Nyeri ulu hati disertai sesak napas, demam, keringat dingin,
    * Nyeri ulu hati tidak membaik atau semakin sakit dengan pemberian makan,
    * Nyeri ulu hati disertai muntah darah,
    * Nyeri ulu hati disertai mual dan muntah lebih dari 3 kali sehari.


    Jika terjadi gejala seperti di atas, sebaiknya segera ke dokter
     
  2. pandawaltz Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 1, 2008
    Messages:
    142
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +5 / -0
    minum cuka apel juga membantu loh.. (pengalaman soalnya hehe)
     
  3. junshibuya Stormtrooper Banned User

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,853
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +353 / -0
    enak gak rasa cuka apelnya?

    gak pernah coba nih

    asem kan?
     
  4. Romeo2728 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +36 / -0
    Wah, asssuuuueeemmm bangetz!

    Tapi kalo perutnya cocok minum cuka apel, ok2 aja!

    Tapi kalo gw ngga cocok, malah langsung ___________________________________:ngacir: ke wc!
     
  5. bumi Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    May 22, 2008
    Messages:
    967
    Trophy Points:
    68
    Ratings:
    +78 / -0
    bener tuh udah pernah coba

    wihhhhh......gak kuat banget

    ampun dehh....
     
  6. wilson Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +0 / -0
    wah berarti minum yang asem gitu emang langsung bisa ya
     
  7. Hell_Raiser Jedi Knight Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    3,111
    Trophy Points:
    153
    Ratings:
    +800 / -0
    Kalo aku minum obat maag, dan nasi diganti jadi bubur nasi 2 hari sembuh

    nih berita kayaknya pernah lihat dimana ya???? persis banget
     
  8. jung Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2008
    Messages:
    322
    Trophy Points:
    58
    Ratings:
    +10 / -0
    Gw pernah sakit perut di tengah perut, mual pengen muntah dari malem sampe pagi, besokannya kedokter katanya maag. Terus pernah sakit yg serupa tapi ngga kedokter, cuma minum 2 tablet Mylanta, dalam waktu 1 jam sakitnya ilang. Coba sebelumnya langsung minum Mylanta ngga usah sampe kesakitan semalam.
     
  9. zutara Darth Gatotkaca

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    10,406
    Trophy Points:
    113
    Ratings:
    +3,316 / -0
    mo tanya nich...
    apakah usus buntu itu ada hubungannya dengan sakit maag ???
    coz kemaren tetangga gw bilang kl dia sering sakit maag,,
    ternyata eh ternyata.......................udah usus buntu akut..
    trs dia operasi,,eh...malah meninggal...... :madesu:
     
  10. Marco86 Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,650
    Trophy Points:
    83
    Ratings:
    +535 / -0
    Paling gampang.. Minum promag ato mylanta.. :haha:
     
  11. Sandykun Stormtrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    2,623
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +408 / -0
    Wah... Kalo usus buntu kan sakitnya di bagian perut sebelah kanan,. Itu diteken aja udah sakit.

    Bedanya sama maag, kalo maag sakitnya di perut sebelah kiri, n sakitnya pada saat tertenntu aja... Misalnya kalo telat makan, perut kosong, makan yg pedes2, dll...

    Tambah lagi, kalo usus buntu itu biasanya diiringi mah demam gitu deh,...

    Btw, kronis banget usus buntu tetanggamu.. ampe meninggal.. KAsiannyaa....
     
  12. Caln Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2008
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    68
    Ratings:
    +91 / -0
    makan berlebihan atau telat makan isa menyebabkan sakit maag, tapi kalo kita ngandelin obat maag ada efek sampingnya ga nih?
     
  13. Sunoe Clonetrooper Gatotkaca

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,973
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +212 / -0
    klo mo yg natural dan ga ill feel...
    cobain lidah buaya deh...
    gile, adem banget perutnya..
     
  14. xiphius Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +10 / -0
    gw juga sering kena maag nih
    biasanya sih minum air gula anget
    itu nolong banget kalo uda lagi sakit
     
  15. kopralmetal Members

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    sehat alami

    Cara aman, mudah, alami dan sehat untuk:
    • melangsingkan badan, mengecilkan perut yang buncit
    • menaikkan dan menurunkan berat badan
    • menghilangkan jerawat dan bekas cacar air
    • menyembuhkan penyakit kulit di wajah maupun badan
    • memutihkan dan menyegarkan kulit secara alami
    • ingin tampil cantik dan awet muda
    Jangan ragu lagi...
    konsultasi: 02194384940
     
  16. happybratboy Jedi Master Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,310
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +268 / -0
    maag pun ga bisa dianggep remeh
     
  17. oktober121 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +1 / -0
    wah ... gw biasa pake streptomycin+enzyplex
     
  18. knight11 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    minum air rebusan kunyit deh , itu terasa bgt lho manfaatnya.
     
  19. FBR_master Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    ane pernah kena dispepsia psychologist gan :malu:
    gara2 stress sidang skripsi udah deket :ngakak:
     
  20. steeven Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 22, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    pengalaman g sih minum protein powder..
    abis klo pake obat2 gitu takut efek sampingnya klo terlalu sring ~~
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page