1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Mengenai tidur siang

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Jul 4, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    Kompas.com - Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologi. Memejamkan mata barang sejenak di siang hari juga efektif mengusir rasa lelah. Akan tetapi tidak semua orang disarankan untuk tidur siang karena bisa merugikan.
    Jika Anda tidak punya masalah dengan tidur di malam hari, meluangkan waktu sejenak untuk tidur di siang hari memang bisa memberi manfaat positif. Penelitian di tahun 2008 menunjukkan tidur siang 45 menit bisa meningkatkan fungsi memori, menurunkan tekanan darah dan meredakan stres.
    Namun untuk orang-orang yang menderita gangguan tidur seperti insomnia, tidur siang justru akan kontraproduktif. "Tidur siang, bahkan hanya sebentar bisa mengurangi rasa kantuk di siang hari," Ralp Downey III, Phd, direktur Sleep Disorders Center.
    Ia menambahkan, tidur siang akan efektif untuk orang-orang yang menderita gangguan tidur temporer, misalnya karena sedang menderita penyakit tertentu atau insomnia akibat jet lag.
    Pada anak-anak, tambahan jam tidur di siang hari biasanya tidak mutlak diperlukan jika ia sudah berusia 3 tahun ke atas. Anak-anak memerlukan tidur siang jika kebutuhan tidurnya di malam hari tidak terpenuhi. Selain itu, anak yang terlihat rewel di malam hari karena kelelahan sebaiknya dijadwalkan untuk tidur siang.

    Sumber : http://health.kompas.com/read/2011/03/23/10344970/Tidur.Siang.Bisa.Merugikan

    KOMPAS.com — Tidur siang ternyata bukan saja bermanfaat bagi anak-anak atau bayi yang baru lahir. Studi terbaru menunjukkan, orang dewasa juga bisa memeroleh manfaat yang signifikan dari tidur sekejap di siang hari.
    Menurut kajian para ahli dari Sarah Conklin of Allegheny College di Meadville, Pennsylvania Amerika Serikat, beristirahat setidaknya selama 45 menit pada siang hari dapat membantu menjaga tekanan darah pada level yang lebih rendah meskipun Anda akan menghadapi kondisi penuh tekanan.
    Seperti dilaporkan dalam International Journal of Behavioral Medicine, para ahli melibatkan 85 siswa yang dibagi dalam dua kelompok. Salah satu kelompok diberi kesempatan terlebih dulu untuk beristirahat tidur siang selama satu jam.
    Kemudian, seluruh siswa dari kedua kelompok diberikan semacam kuis yang didesain untuk membuat para siswa menjadi stres. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan tekanan darah.
    Setelah itu, tensi para siswa diukur. Hasilnya menunjukkan siswa yang diberi kesempatan untuk beristirahat memiliki tensi darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak diberi kesempatan untuk tidur siang sebelumnya.
    Para peneliti tidak menjelaskan secara detail alasan dibalik pengaruh tidur siang terhadap tensi darah. Namun, mereka menduga, tidur dapat mempercepat pemulihan kondisi jantung pascamomen stres.
    ”Temuan kami mengindikasikan bahwa tidur di siang hari menawarkan manfaat baik kesehatan kardiovaskular dengan mempercepat pemulihan pembuluh darah dan jantung setelah menghadapi pemicu stres ,” kata peneliti.
    Menurut peneliti, studi mendalam dan lebih lanjut dibutuhkan untuk mengungkap mekanisme tidur siang seperti apa yang berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah dan jantung.

    ”Dan mengevaluasi tidur siang sebagai tindakan rekuperatif dan pencegahan, khususnya bagi individu yang berisiko penyakit jantung dan mereka yang memiliki kualitas tidur kurang baik,” tambahnya.

    Sumber : http://health.kompas.com/read/2011/03/04/15454045/Lawan.Stres.dengan.Tidur.Siang.

    Siapa yang sering merasa ngantuk sesudah makan siang atau menjelang pukul 3 sore? Jangan-jangan, sebagian besar dari kita akan mengangkat tangan. Mengantuk di siang hari, menurut Hiromi Shinya, adalah hal yang wajar. Penyebabnya adalah enzim kita banyak digunakan saat bangun dan beraktivitas.

    Jika tubuh sudah memberi sinyal demikian, dengarkanlah. Jangan abaikan karena alasan apa pun. Jangan juga khawatir pekerjaan tertunda. Sebab, untuk memulihkan tenaga, kita cuma perlu waktu 5 menit.

    Untuk kita terapkan, carilah tempat di mana kita tidak akan diganggu. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam dan lemaskan seluruh otot tubuh. Kalau memang mengantuk, tidur saja.

    Shinya menyebut tidur siang sejenak ini sebagai power nap. Sebab, hanya dalam waktu 5 menit atau paling banyak 30 menit, kita pasti akan terbangun dengan kekuatan penuh. Istirahat singkat, menurut penulis buku Miracle of Enzyme itu, mengizinkan tubuh melakukan homestatis atau pemulihan diri. Walhasil, kinerja kita di sesi selanjutnya akan berlangsung dengan efektif.

    sumber : http://health.kompas.com/read/2010/12/06/16112917/Tidur.Siang.Cukup.5.Menit

    KOMPAS.com — Beberapa ahli memiliki pendapat berbeda mengenai perlu-tidaknya anak-anak untuk tidur siang. Sebagian ahli mengatakan bahwa tidur siang untuk anak itu baik untuk kesehatan tubuh, apalagi yang sedang melalui masa pertumbuhan.

    Sepanjang tidur siang, hormon kortisol yang bermanfaat akan menetralisasi stres sehingga saat bangun tubuh dalam keadaan segar dan mampu berkonsentrasi dengan baik. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan tidur siang:
    1. Mengembalikan kondisi fisik dan mental.
    2. Mudah berkonsentrasi.
    3. Mudah berkomunikasi dan menangkap pembicaraan.
    4. Mudah beradaptasi.

    Anak sulit tidur siang karena asyik bermain, atau sedang merasa sangat senang. Akibatnya, anak menjadi rewel berkepanjangan, kurang konsentrasi, susah bergaul, dan mengalami gangguan tidur pada malam harinya. Nah, berikut yang bisa dilakukan orangtua untuk "membujuk" si kecil agar mau tidur siang:

    - Jelaskan pada si kecil mengenai pentingnya tidur siang yang harus ia lakukan. "Kalau Adik tidur siang, berarti badan Adik beristirahat sebentar. Badan yang tadinya capek jadi segar lagi. Kalau badan sehat dan segar, Adik jadi enggak mudah sakit."

    - Minimal satu jam sebelum tidur siang, anak tidak diberi aktivitas yang melelahkan. Ajak anak melakukan aktivitas tenang di kamar tidurnya.

    - Lakukan berbagai cara seperti halnya menjelang tidur malam, semisal, membacakan buku cerita dengan suasana yang relaks, atau diperdengarkan lagu-lagu lembut pengantar tidur.

    Namun, bagi anak usia sekolah, pada prinsipnya tidur siang bukan keharusan. Tetapi, jika memang ada waktu, misal anak pulang sekolah pukul 14.00, lalu tidur siang sampai pukul 16.00, bermain sebentar, lalu mandi dan belajar, ini masih diperbolehkan. Yang tidak disarankan bila anak mulai tidur pukul 18.00 lalu bangun pukul 20.00. Sebab, setelah terbangun badannya kembali segar dan tidak bisa tidur malam tepat waktu. Akibatnya, keesokan harinya sulit bangun.

    sumber : http://health.kompas.com/read/2010/03/27/20103831/Perlukah.Anak-anak.Tidur.Siang.

    NEW YORK, KOMPAS.com — Meluangkan waktu untuk tidur siang di sela-sela mengerjakan tugas-tugas yang sulit ternyata bisa membuat pekerjaan terasa lebih ringan setelah bangun tidur. Para peneliti dalam laporannya di jurnal Current Biology menawarkan bukti bahwa tidur siang bisa jadi strategi agar ilmu yang diserap lebih baik.

    Penelitian dilakukan terhadap 99 responden yang diminta duduk di depan layar komputer dan mempelajari tata letak (lay out) sebuah tempat berbentuk labirin berbentuk tiga dimensi. Mereka diminta mencari rute untuk kembali ke titik awal. Sementara itu, secara berkala, gambar pohon ditampilkan secara acak.

    Ternyata, para responden yang mengambil jeda untuk tidur siang dan bermimpi tentang tugas tata letak tadi memiliki performa yang lebih baik dibanding mereka yang tidak tidur siang atau tidak bermimpi. Bentuk mimpi yang dilaporkan tidak harus berupa gambar tata letak, tetapi juga sekadar musik dari gambar-gambar tersebut.

    Para peneliti menyimpulkan, sebuah mimpi adalah tanda bahwa otak bekerja pada level yang sama dalam kehidupan nyata. "Mimpi merupakan bentuk bahwa otak mencari asosiasi dari proses memori yang bisa dipakai pada masa mendatang," kata Robert Stickgold, PhD, dari Center for Sleep and Cognition dari Harvard Medical School.

    Ditambahkan, bukan mimpi yang membuat daya ingat lebih baik. Namun, mimpi adalah tanda bahwa bagian bawah sadar otak bekerja keras untuk mengingat. Dengan kata lain, mimpi adalah efek samping dari proses memori.

    Para peneliti meyakini, sebaiknya belajar dengan keras dilakukan sebelum tidur atau mencari jeda untuk tidur siang di sela-sela periode waktu belajar.

    sumber : http://health.kompas.com/read/2010/04/24/0735244/Mau.Ujian.Tidur.Siang.Saja.Dulu.

    KOMPAS.com - Sewaktu kita masih kecil, kewajiban tidur siang yang diberikan oleh orangtua rasanya menjadi siksaan bagi kita. Anehnya, ketika kita dewasa, kita harus mencuri-curi waktu agar bisa memejamkan mata barang setengah jam. Bisa terlelap sebentar saja pengaruhnya begitu besar untuk kita: tubuh jadi terasa lebih bugar sesudahnya.
    Penelitian baru juga mengatakan, tidur siang yang lelap juga mampu mendongkrak kapasitas belajar otak secara dramatis. Hebat, kan?

    Para peneliti mendapati bahwa tidur siang selama sejam saja sudah cukup untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mempelajari fakta-fakta baru dalam jam-jam berikutnya. Di pihak lain, semakin lama kita bertahan untuk melek, semakin lamban pikiran kita.
    Penemuan baru ini mendukung data sebelumnya dari tim peneliti yang sama, bahwa begadang semalaman bisa mengurangi kemampuan untuk memasukkan hal-hal baru hampir sebanyak 40 persen. Hal ini disebabkan penutupan bagian-bagian otak selama kita kehilangan waktu tidur.

    "Tidur tak hanya menjadi jalan keluar dari keadaan terjaga yang berkepanjangan, tetapi -pada level neurokognitif- hal ini akan menggerakkan Anda di luar di mana Anda berada sebelum Anda tidur," ujar Matthew Walker, asisten profesor bidang psikologi di UC Berkeley, dan pemimpin investigasi pada studi ini. ? ?
    Beberapa tokoh paling berpengaruh di dunia ini juga dikenal sebagai "tukang tidur siang". Mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher pernah mengklaim bahwa ia hanya tidur empat jam setiap malam, namun selalu tidur sebentar pada siang hari. Sementara itu, Bill Clinton juga selalu menyempatkan diri untuk tidur selama setengah jam sesudah makan siang.

    Para peneliti mengatakan bahwa tidur juga diperlukan untuk menjernihkan memori jangka pendek otak dan menyediakan ruang untuk penyerapan informasi yang baru. "Ibaratnya, inbox email pada hippocampus (bagian dari otak besar) kita penuh, dan jika kita tidak tidur dan membuang email-email yang tak perlu itu, kita tidak akan bisa menerima email yang baru," kata Dr Walker.

    sumber : http://health.kompas.com/read/2010/02/23/12420273/Tidur.Siang.Bikin.Kita.Lebih.Pintar.
     
    Last edited by a moderator: Jul 5, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    karstenaa Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +251 / -0
    infonya si bagus bro
    tapi ga perlu di post ampe 6 kali lah
    berlebihan banget
     
  4. Offline

    RisingSun Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 1, 2011
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +4,123 / -0
    sekarang udah susah bgt cari jadwal tidur, jangankan tidur siang . . tidur malem aja kadang-kadang gan . . :matabelo:
    agan-agan yg mahasiswa pasti pernah deh ngrasain hal yg sama :lol:
     
  5. Offline

    iksanmiru Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2011
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +18 / -0
    emg fungsi dr tidur siang bnyk bgt
    klo mnrut gw tidur siang bs bikn muka kita segar
     
  6. Offline

    stevanuss Beginner Members

    Joined:
    Dec 17, 2010
    Messages:
    240
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +295 / -0
    saya suka tidur siang.. biarpun cuma 30menit, badan rasanya seger banget pas bangunnya
     
  7. Offline

    hollowz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +17,230 / -0
    ga bisa tidur siang soalnya kalo tidur siang, pasti malemnya ga bisa tidur..:sedih1
     
  8. Offline

    cungju Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    1,382
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,514 / -0
    gw itu tipe yg kalo sehat ga bisa tidur siang

    kalo sakit baru bisa tidur siang

    ga tau knapa ya kalo sehat siang hari ga ngantuk tuh!!!
     
  9. Offline

    noswald Beginner Members

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    215
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    :niceinfo: kk
    emang tidur siang di anjurkan biar tubuh makin sehat dan fresh, tapi jgn ampe kebablasan aja lebih dari 2 jam :haha: bisa2 malem ga bisa tidur lagi kk
     
  10. Offline

    gilanggie Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 2, 2010
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +21 / -0
    hoo pas banged emang untuk gw yang jaga warnet ampe malem, pulang kul tidur siang trus sore jaga warnet ampe malem
    :hahai:

    btw sebenernya mahasiswa bisa kok tidur asal tau sela nya aja, baik waktu ma tempat bukan waktu nya yang lama yang penting bisa rebahan sambil rileks ni otak juga cukup kok
     
  11. Offline

    Phoenix Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 2, 2008
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    Gw suka tidur siang..tapi kadang suka kebablasan :p
    Kalo udah gitu siap2 aja malamnya begadang :D
     
  12. Offline

    thehappiness Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 28, 2011
    Messages:
    988
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,360 / -0
    dulu wkt msh bocah saia inget bgt yg namanya
    tdr siang itu wajib... smp2 dipaksa sama emak kl gak
    tdr bakalan di sabet pake sapu lidi... :hot:
    tp skrg mah boro2,,mlm aja kadang2 kgk tdr... :jotos
     
  13. Offline

    psypirates26 Beginner Members

    Joined:
    Jul 14, 2011
    Messages:
    306
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -0
    memang enak tidur siang, menghilangkan lelah sejenak
    asal jangan lama lama, bisa bisa insomnia ntar
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.